Panduan Perawatan Tanaman Alocasia Pink Dragon

Dengan daun lebar dan urat dalam yang tampak seperti sisik naga, bagian bawah daun berwarna merah anggur, dan batang berwarna merah jambu yang indah, spesies ini berhak disebut sebagai Alocasia Pink Dragon. Tanaman ini tidak hanya cantik, tetapi juga sangat lugas dalam hal perawatan dan perbanyakannya. Tanaman yang tampak unik seperti ini jarang ditemukan dan perawatannya gampang-gampang susah.

Alocasia Pink Dragon

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesies Alocasia Pink Dragon, cara merawatnya, dan cara memajangnya di dalam ruangan, teruslah membaca artikel ini.

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Alocasia

Tentang Genus Alocasia

Genus Alocasia terdiri atas lebih dari 70 spesies berbeda, semuanya cantik, anggun, dan merupakan tanaman hias yang sangat populer karena dedaunannya. Mereka memiliki daun lebar yang tumbuh di tangkai daun yang panjang. Ini adalah tanaman tropis yang dapat tumbuh dengan sangat baik di bawah pengaturan dan kondisi dalam ruangan. Beberapa tumbuhan Alocasia yang populer antara lain Alocasia Silver Dragon, Alocasia Odora, dan Alocasia Baginda.

Nama Umum dan Sinonim

– Alocasia Baginda Pink Dragon

– Elephant Ears Pink Dragon

Asal dan Persebaran

Tanaman alokasia paling sering ditemukan di sekitar daerah tropis serta subtropis di Asia dan Australia Timur. Namun mereka dibudidayakan secara luas dan disebarkan ke seluruh dunia. Lokasi yang memiliki kelembapan lebih dan suhu hangat cocok untuk spesies ini daripada daerah dingin di dunia.

Ciri Tanaman Alocasia Pink Dragon

Dedaunan dan Batang

Tanaman ini sangat disukai karena penampilan tropis dan dedaunannya yang luas. Daunnya agak melengkung, mengkilap, dan gelap. Mereka berwarna hijau dengan venasi berwarna terang di mana-mana di permukaannya yang halus. Daunnya memiliki bagian bawah warna merah anggur yang indah dan tumbuh di tangkai daun merah muda. Daun ini bisa tumbuh hingga mencapai 50 cm.

Evergreen

Kabar gembira bagi para penyuka tanaman hias tahunan, Alocasia Pink Dragon memiliki dedaunan yang selalu hijau yang menandakan akan tetap cantik dan anggun sepanjang tahun.

Tinggi dan Lebar

Dalam kondisi yang baik, Alocasia Pink Dragon dapat tumbuh setinggi 1,2 meter dan dapat menyebar hingga lebar 80 cm. Ukuran ini menjadikannya tanaman yang menggemaskan untuk ditampilkan di sekitar pengaturan dalam ruangan.

Toleransi Suhu

Meskipun mungkin dapat tumbuh subur dalam cuaca yang lebih hangat, suhu dingin dan beku bukanlah favoritnya. Jadi pastikan Anda memindahkannya ke lokasi yang lebih sesuai di dalam rumah segera setelah cuaca mulai dingin dan jauhkan dari paparan langsung suhu ekstrem seperti di depan AC, ventilator, atau jendela yang terbuka.

Toleransi Kelembaban

Berasal dari lingkungan tropis, Alocasia jenis ini sangat toleran terhadap kelembaban. Mereka menghargai upaya ekstra untuk meningkatkan kelembapan di udara. Jadi jangan ragu-ragu menyalakan pelembab udara di sekitar tanaman atau sesekali menyemprotnya. Tanaman yang terhidrasi dengan baik adalah suatu keharusan. Pastikan Anda memberi tanaman sirkulasi udara yang cukup sehingga bisa cepat kering. Kelembaban yang berlama-lama dan menumpuk dapat menyebabkan semua jenis masalah bagi Alocasia Anda.

Ketahanan Terhadap Kekeringan

Mempertimbangkan betapa Alocasia Pink Dragon menyukai kelembapan, tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik di bawah kondisi kering dan kekurangan air. Jadi ingatlah untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik dan benar-benar terjaga dalam hal penyiraman.

Toleransi Terhadap Tekanan

Berkat daunnya yang lebar dan tangguh, Alocasia Pink Dragon cukup tahan terhadap tekanan dan tidak akan langsung mati jika ditekan atau diinjak. Namun tekanan eksternal yang konstan dalam jumlah yang lebih kecil dapat menghambat pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Mereka mungkin tidak dapat tumbuh hingga ukuran penuhnya. Jadi pastikan Anda meletakkannya di tempat yang luas dan bebas.

Ketahanan Terhadap Penyakit dan Hama

Tanaman alokasia tidak tahan terhadap penyakit atau hama. Masalah paling umum yang mereka temui adalah bercak daun, busuk batang dan akar, dan tamu yang tidak diinginkan seperti kutu putih serta tungau laba-laba yang jahat. Namun mereka tahan terhadap serangan hewan besar seperti kelinci.

Cara termudah untuk memastikan tanaman Anda tetap aman dari segala jenis penyakit dan serangan hewan adalah dengan menjaga kebersihan. Pastikan tidak ada debu atau kelembapan yang menempel di dan di sekitar tanaman. Jika ada penyakit, isolasi tanaman dan semprot dengan fungisida dan insektisida komersial. Anda mungkin juga harus memangkas dan menyingkirkan bagian tanaman yang mati dan sakit.

Pertumbuhan

Tingkat pertumbuhan Alocasia Pink Dragon cukup cepat. Namun itu tetap tergantung pada jumlah dan kualitas perawatan yang didapat.

Toksisitas

Sayangnya, tanaman Alocasia sangat beracun. Mereka tidak bisa dimakan atau salah penanganan. Efek berbahaya termasuk ruam pada kulit, radang mulut dan lidah, dan iritasi pada mata.

Daya tahan

Karena mereka menjalani gaya hidup abadi, tanaman Alocasia Pink Dragon ini sangat tahan lama dan Anda tidak perlu khawatir untuk menggantinya setidaknya selama beberapa tahun.

Pemeliharaan

Salah satu dari banyak alasan penggemar tanaman hias menyukai spesies ini adalah karena sangat mudah dipelihara dan tidak memerlukan rutinitas perawatan yang berlebihan. Anda dapat merawat Alocasia Pink Dragon seperti Anda merawat semua tanaman Anda yang lain dan tanaman itu akan tumbuh dengan baik di bawah suhu ruangan dan tingkat kelembapan.

Dormansi

Spesies ini, seperti semua tanaman Alocasia lainnya, mengalami dormansi selama musim dingin di daerah empat musim. Pastikan Anda tidak menyiram atau memberi pupuk tanaman secara berlebihan selama fase ini dan terutama hindari perbanyakan dan pemangkasan.

Perawatan Alocasia Pink Dragon

Perawatan Alocasia Pink Dragon membutuhkan banyak air dan sinar matahari tidak langsung dalam jumlah sedang. Area rumah yang teduh dengan suhu 15-30 derajat Celcius lebih disukai. Anda dapat memupuknya selama masa pertumbuhan dan merawatnya setiap minggu untuk mempertahankan bentuk dan strukturnya yang indah.

Kebutuhan Air

Ini adalah tanaman yang menyukai air, jadi Anda bisa sering menyiraminya. Namun, persyaratannya bervariasi berdasarkan waktu dalam setahun. Pastikan Anda tidak menyirami tanaman secara berlebihan selama musim penghujan. Sebaliknya, kebutuhan air akan meningkat pada hari-hari panas tanpa hujan. Ingatlah untuk menjaga tanaman tetap terairi dengan baik selama waktu ini. Periksa 5 cm lapisan tanah atas, apakah sudah kering atau masih lembab. Anda harus membiarkan tanahnya benar-benar kering sebelum menyiramnya kembali.

Tanah

Tanaman Alocasia Pink Dragon tumbuh subur jika ditanam di tanah yang gembur, berdrainase baik, dan berpori. Namun media pertumbuhan harus diangin-anginkan dengan baik agar tidak tergenang air. Akar yang mati lemas bisa mati dengan sangat cepat jika tidak ditangani sejak dini. Komposisi media tanam yang sempurna adalah satu bagian dari pasir, bagian gambut, dan bagian tanah. Anda juga bisa menambahkan kompos ke dalam campuran ini.

Sinar Matahari

Alocasia Pink Dragon adalah tanaman yang toleran dalam hal sinar matahari. Mereka dapat mentolerir naungan penuh dan parsial, dan dengan demikian akan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Paparan sinar matahari langsung tidak boleh. Daunnya rentan terbakar sinar matahari dan akan mulai terlihat kusam jika berjemur di bawah sinar matahari selama berjam-jam. Alocasia lebih baik diletakkan di ruangan yang cukup terang atau di bawah lampu pertumbuhan. Jika Anda ingin meletakkannya di dekat jendela, yang menghadap ke barat adalah yang paling cocok.

Suhu

Tanaman ini tumbuh dengan baik pada suhu ruangan. Kisaran umumnya adalah 15 hingga 30 derajat Celcius. Karena preferensi tumbuh tropis mereka, mereka selalu berkembang di lingkungan yang lebih hangat. Jadi pastikan Anda meletakkan tanaman ini di tempat yang tidak terlalu dingin selama musim dingin (jika Anda tinggal di negara subtropis).

Kelembaban

Alocasia Pink Dragon menyukai kelembapan di dekat akarnya dan di sekitar daunnya. Tingkat kelembapan di atas rata-rata diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh hingga ukuran maksimumnya. Untuk mewujudkannya, Anda dapat menggunakan cara buatan eksternal untuk memaksimalkan kelembapan di udara. Ini termasuk menggunakan humidifier, semprotan gerimis, dan penggunaan nampan kerikil.

Pupuk

Anda bisa menyuburkan tanaman saat tumbuh aktif di sepanjang musim. Cara terbaik untuk meningkatkan pertumbuhannya adalah dengan menambahkan kompos. Anda dapat melakukannya dengan menggaruk lapisan paling atas dari tanah secara lembut. Pastikan Anda tidak mengganggu akarnya.

Repotting

Alocasia Pink Dragon tetap kompak sepanjang hidupnya jadi merepoting tidak merepotkan. Anda dapat memindahkannya ke pot yang lebih besar dan lebih luas setiap satu hingga dua tahun tergantung pada kesehatan tanaman dan penilaian Anda. Anda juga bisa memperbanyak tanaman selama merepotting.

Perawatan dan Pemangkasan

Perawatan rutin mingguan dan pembersihan tanaman diperlukan untuk menghindari hama dan penyakit. Cukup basahi tanaman dengan air suling atau minyak Neem dan bersihkan. Buang semua serangga atau daun mati dari sekitar tanaman dan pastikan terlihat bagus dan sehat. Pemangkasan tidak terlalu diperlukan karena mereka secara alami memiliki kebiasaan tumbuh yang rapi.

Budidaya dan Perbanyakan

Anda dapat memperbanyak dan membudidayakan Alocasia Pink Dragon melalui pembagian rimpang. Langkah-langkah berikut akan memudahkan Anda memahami prosedur dan mengikutinya.

– Pilih tanaman induk dewasa yang rimpangnya ingin Anda ambil.

– Lepaskan dari potnya saat ini dan bagi tanaman menjadi rimpang.

– Anda sekarang dapat melakukan pot ulang tanaman induk atau memasukkannya kembali ke dalam pot aslinya.

– Saatnya menanam rimpang yang terpisah ini ke dalam tanah yang sesuai.

– Isi pot dengan ukuran yang sesuai menggunakan media tanam yang khusus diracik untuk Alocasia Pink Dragon.

– Ingatlah untuk menjaga rimpang tetap tegak. Tekan tanah di sekitarnya agar tetap stabil.

– Sirami rimpang secara teratur dan beri pupuk sekitar beberapa minggu pertama pertumbuhan.

– Tempatkan di bawah cahaya, panas, dan kelembapan yang optimal.

Laju Pertumbuhan

Minggu 1-3: Tanam rimpang dengan hati-hati ke dalam pot yang dialokasikan. Beri mereka perawatan dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.

Minggu 3-6: Akar akan mulai tumbuh secara bertahap pada saat ini.

Minggu 7-9: Tunas akan mulai muncul dan dengan cepat akan berkembang menjadi daun hijau berdasarkan lingkungan yang Anda sediakan.

Bulan 4-6: Tetap rawat tanaman dengan baik dan terus lakukan hingga tumbuh menjadi Pink Dragon yang matang sepenuhnya.

Alocasia Pink Dragon Vs Alocasia Polly

Karena kemiripan yang luar biasa antara kedua tanaman tersebut, banyak orang bingung membedakannya. Ini adalah kesalahpahaman yang dipercaya secara luas. Jika Anda melihat lebih dekat kedua spesies tersebut, perbedaannya terletak pada daunnya. Alocasia Pink Dragon memiliki tepi yang jauh lebih lembut daripada Alocasia Polly. Yang terakhir memiliki daun yang lebih berlekuk dengan urat berwarna lebih terang.

Memajang Tanaman Alocasia Pink Dragon

Dengan ukurannya yang pas dan daunnya yang mencolok, Anda dapat dengan mudah mencerahkan setiap sudut ruangan Anda dengan memajang salah satu tanaman ini. Tanamannya cocok untuk segala sudut dan Anda bisa meletakkannya di meja kopi, sudut kosong, atau rak buku. Pastikan saja mereka berada di suatu tempat yang tinggi dan stabil sehingga anak-anak dan hewan peliharaan tidak dapat menjangkaunya.

Selain cantik secara estetika, spesies ini juga memurnikan udara. Jadi tidak hanya menambahkan nuansa tropis ke dalam ruangan Anda, tetapi ini juga merupakan pembersih udara alami yang bekerja keras.

Memilih Alocasia Pink Dragon

Ketika Anda pergi keluar untuk membeli salah satu tanaman ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan. Pertama dan terpenting, pastikan Alocasia Pink Dragon yang dijual benar-benar sehat dan bebas dari infeksi dan hama. Perhatikan baik-baik di sekitar daun dan batang untuk mengidentifikasi pertumbuhan dan warna yang tidak normal. Kedua, Anda harus yakin bahwa spesies yang Anda pertimbangkan adalah Alocasia Pink Dragon dan bukan Alocasia Polly. Kemiripan antara keduanya membuat banyak orang salah membeli dan merasa tertipu.

Penutup

Alocasia Pink Dragon adalah tanaman Alocasia yang populer, dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Tanaman itu indah, dan mendapatkan semua manfaatnya karena perawatannya yang mudah dan rutinitas perawatan yang sederhana. Namun satu-satunya kelemahannya adalah sangat beracun, jadi Anda harus berhati-hati agar tidak ada yang memakan tanaman ini atau salah menanganinya.

Komentar