Cara Merawat Tanaman Alocasia Silver Dragon yang Benar

Sesuai namanya, tanaman ini menyerupai sisik naga perak, sehingga diberi nama Alocasia Silver Dragon. Jika Anda ingin menambahkan tanaman hias unik ini ke dalam ruangan rumah atau kantor, pertimbangkan spesies ini sebagai pilihan yang berharga. Selain luar biasa cantik dan menarik perhatian, ini sangat sederhana perawatan dan pemeliharaannya.

Harga Alocasia Silver Dragon

Teruslah mencoba mencari tahu lebih banyak tentang genus ini, spesiesnya, dan di mana Anda bisa menemukan Alocasia Silver Dragon untuk dijual.

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Alocasia

Tentang Genus Alocasia

Alocasia adalah kelompok besar tumbuhan tahunan yang terdiri dari 79 spesies. Semuanya berbunga dan termasuk dalam wilayah tropis Asia di tanah subtropis Australia Timur. Selain dari daerah-daerah tersebut, tanaman ini dibudidayakan secara luas di seluruh dunia.

Nama Umum dan Sinonim

– Alocasia Baginda Silver Dragon

– Elephant Ear Silver Dragon

Asal dan Persebaran

Awalnya, tanaman Alocasia berasal dari Asia Tenggara dan Australia Timur.

Ciri Alocasia Silver Dragon

Dedaunan dan Batang

Tanaman ini terkenal dengan dedaunannya yang unik. Daunnya yang besar, keperakan, dan bergaris tampak anggun dan menyeramkan, keduanya hadir pada saat bersamaan. Tanaman ini berbentuk panah dan bisa tumbuh sepanjang 2 meter. Tangkai daun yang besar bisa menahan daun-daun ini, tetapi membutuhkan penyangga ketika tanaman tumbuh lebih besar dan lebih berat. Tanamannya berwarna perak secara keseluruhan tetapi dipenuhi dengan urat daun hijau tua. Dedaunannya tetap compact di sepanjang hidupnya.

Evergreen

Beruntung bagi orang yang ingin menggunakan tanaman ini sebagai ornamen, daunnya selalu hijau, artinya tetap berwarna perak dan “menyeramkan” sepanjang tahun. Musim-musim yang berlalu tidak berdampak negatif padanya.

Tinggi

Saat sudah dewasa sepenuhnya, tanaman ini bisa tumbuh setinggi 0,45 meter dan bisa menyebar selebar 0,4 meter. Ukurannya yang sempurna membuatnya sangat mudah untuk dipajang di sudut-sudut kosong di rumah.

Toleransi Suhu

Meskipun Alocasia Silver Dragon toleran dengan suhu hangat, mereka tidak akan tumbuh dengan baik di cuaca beku. Oleh karena itu, mereka tidak terlalu tahan suhu selama musim dingin di negara empat musim dan akan mulai terlihat tidak sehat segera jika terkena suhu dingin.

Toleransi Kelembaban

Untungnya, bagi mereka yang ingin membeli tanaman ini tetapi tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi, Alocasia Silver Dragon menyukai kelembaban dan lebih menyukai kelembaban udara di sekitarnya. Oleh karena itu, mereka sangat toleran terhadap lingkungan yang lembab.

Tahan Kekeringan

Karena tanaman ini menyukai air, mereka tidak suka dibiarkan kering dan dehidrasi. Alocasia Silver Dragon bukanlah tanaman tahan kekeringan jadi jaga agar tetap terhidrasi dengan baik.

Resistensi Terhadap Penyakit dan Hama

Dalam hal masalah tumbuh, tanaman ini hanya memiliki sedikit masalah. Infeksi bakteri dan jamur seperti bercak daun, busuk akar, dan Xanthomonas bisa menyerang. Soal hama dan serangga yang tidak diinginkan, kutu putih, tungau laba-laba, dan kutu daun adalah temuan umum.

Meskipun semua masalah ini berbeda, semuanya memiliki asal yang sama: permukaan dan tanah tanaman yang terlalu lembab. Jadi cara terbaik untuk mencegah semua masalah ini adalah dengan memastikan tanaman selalu bersih dan kering. Namun jika suatu tanaman dapat menangkap serangga atau penyakit, penanganan yang tepat mencakup isolasi dan penyemprotan fungisida atau insektisida sesuai persyaratan.

Pertumbuhan

Alocasia Silver Dragon adalah tanaman yang tumbuh cepat. Jika dirawat dengan baik, spesies ini membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga hanya beberapa bulan untuk sepenuhnya berkembang ke ukuran dewasa. Pertumbuhan mereka bisa sangat cepat jika lingkungannya ideal.

Toksisitas

Sayangnya, tanaman Alocasia tidak bisa dimakan. Sebaliknya, mereka sangat beracun. Mereka dapat mengakibatkan berbagai gejala nyeri dan tidak nyaman yang dapat menjadi parah dan pada akhirnya menyebabkan kematian jika tidak ditangani tepat waktu. Oleh karena itu, Anda harus menjauhkan hewan peliharaan dan anak-anak Anda dari tanaman ini.

Daya tahan

Di iklim yang lebih hangat, tanaman ini tumbuh sebagai tanaman keras. Namun di daerah dingin, mereka perlu ditanam kembali setiap tahun.

Pemeliharaan

Sebagai bukti, tanaman ini memiliki perawatan yang cukup rendah karena tidak memiliki perawatan atau persyaratan ekstra atau khusus. Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu atau uang ekstra untuk itu.

Dormansi

Selama bulan-bulan dingin di daerah subtropis, tanaman ini cenderung tidak aktif. Dengan kata sederhana, itu berarti berhenti tumbuh dan umumnya masuk ke periode “tidur.” Menyiram berlebihan atau memberi pupuk tanaman secara berlebihan dengan harapan membangunkannya bukanlah ide yang baik. Pendekatan terbaik adalah membiarkannya dan merawatnya sebagaimana mestinya. Sirami sesuai kebutuhan dan hindari perbanyakan atau pemangkasan tanaman selama fase ini.

Perawatan Alocasia Silver Dragon

Perawatan Alocasia Silver Dragon membutuhkan sinar matahari penuh hingga teduh parsial. Anda bisa menyiraminya sesekali saat tanah mengering. Pastikan saja tanah tetap lembab dan kaya nutrisi serta memiliki pH 5,0 hingga 7,5. Suhu yang sangat dingin sangat dilarang untuk tanaman ini.

Air

Tanaman ini hanya membutuhkan penyiraman sesekali. Namun mereka sangat sensitif tentang jumlah air yang diberikan kepada mereka. Jika Anda menyiraminya secara berlebihan, tanah akan tergenang air, akarnya akan mati lemas, dan tanaman akan mati. Jika Anda menyiram tanaman di bawah air, tanaman akan mengalami dehidrasi hingga mati.

Jadi, bagaimana Anda tahu berapa banyak air yang dibutuhkan dan kapan?

Itu mudah. Sirami tanaman sekali sampai bersih. Kemudian gunakan jari Anda untuk merasakan tekstur tanah sebelum Anda menyiramnya kembali. Jika Anda merasa bahwa lapisan atas sudah mulai mengering dengan baik, Anda bisa menyirami Alocasia lagi. Jika masih basah, biarkan beberapa hari lagi. Anda juga dapat menggunakan pengukur kelembaban untuk tujuan ini. Ditambah lagi, persyaratan ini bervariasi sesuai dengan cuaca dan iklim. Umumnya, kebutuhan air meningkat selama musim panas dan berkurang selama bulan-bulan musim hujan.

Tanah

Tanah yang lembab dan kaya drainase sangat ideal untuk tanaman Alocasia Silver Dragon. Drainase merupakan faktor penting bagi tanah untuk menghindari penumpukan air di dekat akar. Namun tanah juga harus mampu mempertahankan kelembapan yang diperlukan. Keseimbangan itu penting. Oleh karena itu, jauhi tekstur yang kering, berpasir, serta tanah seperti tanah liat yang sulit mengalirkan air. Anda dapat menambahkan kompos atau lumut gambut sebagai campuran media tanam dan membiarkan pH tetap asam hingga netral (5,0 hingga 7,5).

Sinar Matahari

Seperti semua tanaman Alocasia, yang satu ini juga sangat toleran terhadap paparan sinar matahari. Mereka bisa hidup dengan baik di bawah cahaya terang tetapi juga tidak peduli dengan cahaya teduh. Kunci pertumbuhan yang sehat adalah menemukan moderasi. Cahaya yang langsung dan menyengat selama berjam-jam dapat membakar daun tanaman. Dengan demikian, menaruh tanaman di ruangan yang cukup terang dengan banyak sinar matahari tidak langsung, tersaring, dan tersebar akan jauh lebih baik daripada meletakkannya di luar ruangan tanpa perlindungan.

Jika Anda harus meletakkannya di tempat seperti itu, gunakan waring atau paranet yang akan mengurangi intensitas sinar matahari yang menerpa daunnya. Faktor ini sangat penting jika tanaman itu variegata. Tanaman semacam itu membutuhkan cahaya ekstra untuk membantunya berfotosintesis dengan benar.

Rutinitas yang ideal adalah memaparkan tanaman ke sinar matahari langsung di pagi hari dan juga sore hari. Selama kedua waktu ini, cahaya langsung tidak terlalu berbahaya dan merusak daun tanaman dan variegasinya.

Suhu

Karena mereka berasal dari tropis dan subtropis, suhu hangat adalah suatu keharusan. Suhu di atas 16 derajat Celsius sudah cukup baik. Namun sedikit variasi dapat ditoleransi oleh spesies tersebut. Apa yang tidak ditanggapi dengan baik adalah dingin. Suhu yang lebih rendah dan lingkungan yang dingin tidak baik untuk tanaman Alocasia Silver Dragon. Jadi pastikan Anda memindahkan tanaman ke tempat yang lebih hangat saat suhu mulai turun di luar.

Kelembaban

Meskipun tidak ada kriteria atau kewajiban yang ditetapkan, tanaman Alocasia Silver Dragon menyukai kelembaban di udara dan akan berkembang dalam kondisi seperti itu. Jadi pastikan Anda memberikan banyak kelembapan di sekitarnya. Jika Anda tinggal di daerah yang sangat lembab, maka tanaman ini cocok untuk Anda.

Tetapi jika Anda tinggal di daerah kering, Anda mungkin perlu melakukan sedikit usaha ekstra untuk tanaman Anda. Ada beberapa cara untuk meningkatkan faktor kelembapan di dalam rumah. Misalnya, Anda dapat memasang humidifier dalam ruangan untuk koleksi tanaman rumah atau taman dalam ruangan Anda. Anda dapat mengaturnya untuk memberikan tingkat kelembapan yang Anda inginkan.

Jika tidak, Anda dapat memasang instalasi semprot / misting biasa dan menggunakan baki air berkerikil. Agar lebih sederhana, cukup semprot tanaman dengan air beberapa kali sehari atau minggu (sesuai kebutuhan) atau taruh pot di nampan kerikil yang masing-masing diisi dengan air. Pada metode terakhir, air akan menguap dan memberikan kelembapan yang konstan di udara di sekitar tanaman. Ini akan bertindak sebagai pelembab DIY.

Pupuk

Tanaman ini lebih menyukai pupuk yang berjenis slow release. Pastikan pupuk kaya dengan bahan organik dan merupakan pupuk berkualitas baik. Pupuk murah cenderung mengandung bahan kimia berat dan garam yang dapat membunuh tanaman Anda lebih cepat dari yang Anda kira. Pupuk lepas lambat hanya perlu diberikan sekitar tiga atau empat kali setahun sesuai dengan kebutuhan tanaman dan penilaian Anda.

Repotting

Tanaman alokasi suka bila akarnya memenuhi pot (rootbound), sehingga tidak mewajibkan repotting. Sering merepoting tanaman dapat mengiritasi dan memperlambat pertumbuhannya. Saat Anda menanam tanaman pada awalnya, letakkan di wadah dengan ukuran yang sesuai di tempat pertama, dan biarkan selama satu tahun atau lebih. Setelah itu, yang terbaik adalah memindahkannya ke pot yang lebih besar hanya setiap beberapa tahun. Namun Anda dapat melakukan langkah ini lebih awal jika terjadi keadaan darurat seperti tanaman yang tumbuh terlalu banyak atau terserang infeksi.

Perawatan dan Pemangkasan

Mengingat tanaman Alocasia Silver Dragon memiliki struktur yang rapi dan teratur secara alami, Anda tidak perlu terlalu peduli dengan pemangkasan. Meskipun demikian, perawatan rutin adalah hal yang bagus. Semakin bersih tanamannya, semakin kecil kemungkinannya terkena infeksi dan mengundang serangan hama, dan dengan demikian pertumbuhannya semakin sehat.

Budidaya dan Perbanyakan

Cara biasa untuk memperbanyak Alocasia Silver Dragon adalah dengan pembagian. Rimpang dipisahkan dan dipotong-potong untuk ditanam terpisah. Masing-masing bagian ini tumbuh menjadi tanaman individu dan perlu dirawat dengan tepat. Hindari memperbanyak Alocasia saat tanaman tidak aktif atau dorman.

Caranya adalah sebagai berikut:

– Sterilkan semua alat dan perlengkapan Anda untuk mengurangi timbulnya infeksi.

– Pilih tanaman induk yang sehat dan keluarkan dari potnya.

– Pisahkan rimpang dari tanaman dewasa dan potong-potong.

– Tanam masing-masing rimpang ini secara terpisah dan letakkan semuanya dalam kondisi optimal termasuk cahaya yang baik, suhu hangat, dan banyak kelembapan.

– Sirami tanaman sesering mungkin dan biarkan tumbuh.

Laju Pertumbuhan

Minggu 1-3: Tempatkan rimpang di tanah dan tempatkan di bawah kondisi yang baik dan merangsang pertumbuhan.

Minggu 3-5: Akar kecil akan mulai tumbuh di bagian bawah stek.

Minggu 6-7: Sekarang, stek akan mulai bertunas dan Anda akan melihat tunas bermunculan. Ini kemudian tumbuh menjadi daun dewasa dan tanaman secara bertahap tumbuh semakin besar tergantung pada perawatan yang Anda berikan.

Bulan 3-6: Pertahankan tingkat perawatan dan saksikan tanaman tumbuh hingga ukuran penuh.

Memajang Tanaman Alocasia Silver Dragon

Karena warna dan strukturnya yang unik, Anda dapat menampilkannya di mana pun Anda mau. Namun tanaman dengan dedaunan yang menarik layak mendapatkan semua perhatian orang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memajangnya di suatu tempat sendirian agar dapat menonjol. Desain tanaman sangat cocok untuk pengaturan dalam ruangan formal dan modern.

Selain sebagai tambahan yang indah untuk koleksi tanaman rumah dalam ruangan, tanaman ini berguna untuk membersihkan udara yang Anda hirup. Letakkan saja di sudut ruangan yang kosong, sirami, dan rawat mereka dengan baik, dan mereka akan membalas budi dengan memberikan udara bersih, murni, dan segar untuk dihirup.

Apa Perbedaan Antara Alocasia Silver Dragon dan Alocasia Dragon Scale Plant?

Terutama, keduanya dibedakan berdasarkan warnanya. Alocasia Dragon Scale lebih hijau dibandingkan dengan Alocasia Silver Dragon. Yang terakhir memiliki lebih banyak warna perak dan terlihat lebih menyeramkan daripada yang pertama. Jika Anda melihatnya berdampingan, perbedaannya mudah dikenali.

Memilih Alocasia Silver Dragon

Sebelum Anda membeli Alocasia Silver Dragon, pemeriksaan tanaman yang tepat diperlukan. Periksa baik-baik permukaan daun serta di bawah dan di sekitarnya. Periksa apakah Anda dapat melihat bercak, bintik, atau pertumbuhan yang tidak normal. Selain itu, pastikan Anda melihat Alocasia Silver Dragon dan bukan Alocasia Dragon Scale. Kadang-kadang, perbedaannya tidak mudah terlihat dalam cahaya redup atau suram dan begitu pula dengan kelainannya. Bawa tanaman ke dalam cahaya alami dan periksalah dengan benar.

Penutup

Alocasia Silver Dragon merupakan tumbuhan unik yang tidak hanya menarik untuk dilihat, tetapi juga sangat mudah perawatannya. Tanaman ini adalah cara yang bagus untuk menambah estetika ke ruangan Anda dan menjernihkan udara, keduanya pada saat yang bersamaan. Ukuran dan strukturnya yang ideal membuatnya sempurna untuk sudut dan rak kosong di rumah Anda. Namun mereka beracun, jadi pastikan Anda menyimpannya jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Nah semoga panduan singkat kami tentang perawatan tanaman Alocasia Silver Dragon ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Komentar