Panduan Lengkap Cara Merawat Tanaman Alocasia Zebrina

Alocasia Zebrina adalah tanaman tropis yang indah. Daunnya yang besar sangat menonjol, tetapi batangnya yang seperti zebra juga indah. Ini bukan tanaman termudah untuk dirawat dan akan menggugurkan beberapa daun, tetapi ini tidak perlu dikhawatirkan. Jika Anda merawat tanaman ini dengan baik, dia hanya akan menjatuhkan daun lamanya untuk memberi ruang bagi daun baru yang besar.

Harga Alocasia Zebrina

Mari kita simak panduan perawatan tanaman Alocasia Zebrina

Perawatan Tanaman Alocasia Zebrina

Kelembaban dan penyiraman

Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang lembab karena merupakan tanaman tropis. Jika terlalu kering maka ini akan rentan terserang penyakit. Untungnya, ada metode yang sangat sederhana untuk menjaga agar tanaman ini cukup lembab: semprotkan sesekali. Tidak masalah jika Anda melakukan ini di pagi atau sore hari, pastikan Anda melakukannya setidaknya sekali seminggu.

Kapan waktu menyiramnya?

Fakta bahwa Alocasia Zebrina menyukai iklim yang lembab bukan berarti tanaman ini suka banyak disiram. Faktanya, lebih baik tanaman ini kekurangan air. Batangnya yang tebal mengandung banyak kelembapan, sehingga tidak perlu banyak disiram. Ini juga berarti, ketika sangat membutuhkan air, tanaman ini akan memberi tahu Anda. Batang dan daunnya akan mulai bergelambir jika tidak mendapat cukup air. Ini adalah saat Anda menyiramnya dengan banyak.

Bagaimana cara menyiramnya?

Trik sederhana yang bisa Anda gunakan saat menyiram tanaman ini adalah dengan menyiraminya hingga air mulai menetes keluar dari lubang drainase yang ada di dasar pot. Jika Anda tidak memiliki pot dengan lubang drainase, cukup gunakan pot plastik untuk menahan tanaman dan letakkan pot plastik ini di dalam pot ornamental.

Dengan cara ini, setiap kali Anda menyiram tanaman, Anda harus mengangkat pot plastik dan menyirami tanaman sampai mulai menetes dari dasar. Kemudian diamkan selama sekitar 5 menit (atau sampai tidak lagi menetes) dan memasukkannya kembali ke dalam pot ornamental tanpa lubang drainase. Dengan cara ini, kelebihan air tidak akan tertinggal di dalam pot.

Jika ini juga bukan pilihan Anda, cukup sirami lebih sering, tetapi hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Tujuannya adalah untuk menjaga agar tanah sedikit lembap, tetapi tidak terlalu banyak air yang terkumpul di dasar pot.

Angkat pot untuk memeriksa beratnya

Untuk tanaman yang banyak, Anda cukup menyentuh tanah dan jika terasa kering, Anda dapat menyiraminya. Ini tidak terjadi pada tanaman ini. Alocasia ini sangat sensitif terhadap air. Cara terbaik untuk menentukan apakah mereka perlu minum atau tidak (selain melihat batang yang terkulai) adalah dengan mengangkat pot. Bila pot terasa ringan, siramlah. Ini membutuhkan beberapa latihan. Jadi ketika Anda melihat tanaman Anda terkulai, jangan langsung disiram, tetapi angkat dulu. Sekarang Anda akan bisa mengetahui berapa beratnya dan menilai apakah sudah waktunya untuk menyiram.

Kebutuhan sinar matahari

Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari. Jangan meletakkannya tepat di samping jendela, ini akan membakar daunnya yang besar dan indah. Jika tanaman Anda memiliki daun yang agak kuning, Anda tahu sinar matahari terlalu berlebihan untuk tanaman dan Anda harus memindahkannya ke tempat yang sedikit lebih teduh.

Putar tanaman

Tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari, bahkan jika Anda tidak memberinya cukup banyak, dia akan mulai menumbuhkan batangnya lebih panjang hanya untuk menemukan tempat dengan sinar matahari paling banyak. Artinya tanaman ini akan tumbuh ke arah matahari. Jika Anda tidak cukup memperhatikan hal ini, tanaman akan tumbuh ke satu sisi, bukan ke atas. Solusi sederhana untuk mencegah hal ini adalah dengan memutar tanaman ini 90 derajat (seperempat) setelah setiap kali Anda menyiramnya. Jika tanaman Anda tidak berusaha mencapai matahari, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, tanaman Anda puas dengan tempatnya.

Media Tanam

Pemilihan media tanam sangat penting saat memelihara tanaman. Anda perlu melihat kebutuhan spesifik untuk setiap tanaman. Seperti disebutkan sebelumnya dalam panduan ini, tanaman ini sebaiknya berada dalam kondisi kekurangan air daripada kelebihan air, karena pengairan yang berlebihan dapat mematikannya.

Salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya overwatering adalah dengan menggunakan tanah yang drainasenya sangat baik. Ini akan memastikan semua kelebihan air dikeluarkan dari pot dan hanya air yang dibutuhkan minimum yang tertinggal. Karena tanaman ini sangat sensitif terhadap penyiraman berlebihan, ini sempurna. Ia hanya akan mampu menyerap sedikit air dan akarnya tidak akan berisiko membusuk dengan mudah.

Pupuk

Alocasia Zebrina tumbuh sangat cepat dalam masa pertumbuhannya. Selama waktu ini, Anda harus memupuk tanaman setiap dua minggu untuk memberikan energi yang dibutuhkannya agar tumbuh dengan cepat. Selalu pastikan Anda membuang sisa-sisa pupuk setiap beberapa bulan. Anda dapat melakukannya dengan menyiram tanaman secara menyeluruh dan membiarkan air mengalir melalui dasar pot. Ini akan membuat tanah menjadi tempat yang layak huni untuk tanaman Anda.

Ukuran pot

Alocasia Zebrina suka bila akarnya penuh melingkar di dalam pot kecil. Jadi jangan merepoting tanaman ini dalam pot yang lebih besar terlalu cepat. Zebrina sangat bahagia berada di pot kecil. Ketika Anda akhirnya harus memindahkan tanaman ini ke pot yang lebih besar, pastikan untuk melakukannya sedikit demi sedikit. Anda ingin Alocasia Anda nyaman di pot yang sedikit lebih besar dengan cepat agar tetap bahagia. Saat Anda melihat akar mulai keluar dari dasar pot, Anda tahu Zebrina Anda adalah tanaman yang bahagia.

Racun

Alocasia Zebrina beracun jika tertelan dan getah dari batangnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Jadi yang terbaik adalah menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan. Dengan cara ini Anda dapat menikmati tanaman ini sepenuhnya dan akan terlihat paling indah dalam jangka panjang.

Ukuran Alocasia Zebrina

Alocasia Zebrina dapat bervariasi ukurannya, dari tanaman kecil yang tumbuh dari umbi hingga tanaman dewasa besar yang tingginya mencapai 1 meter. Tanaman lain dalam keluarga Alocasia bisa menjadi jauh lebih besar, tetapi Alocasia Zebrina tetap cukup kecil untuk menjadi tanaman rumahan yang sempurna.

Ciri-ciri Karakter Alocasia Zebrina

Setiap tanaman memiliki ciri-ciri masing-masing, seperti bunga. Alocasia Zebrina juga memiliki beberapa ciri karakter yang terlihat lebih buruk dari yang sebenarnya. Bagian ini untuk membantu Anda memahami mengapa tanaman Anda melakukan hal-hal tertentu dan mengapa Anda tidak boleh menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang secara alami dilakukan oleh tanaman Anda.

Menjatuhkan daun

Saat Alocasia Zebrina tumbuh, dia akan merontokkan cukup banyak daun dalam waktu singkat. Sampai titik tertentu, ini sama sekali tidak berpengaruh pada tanaman. Setelah tanaman Anda memiliki sekitar 5 daun, dia akan mulai menjatuhkan daun yang paling lemah dengan cara yang spektakuler.

Tanaman memotong nutrisi ke daun terlemah untuk mendistribusikannya ke pertumbuhan baru. Tanaman hanya dapat menopang 4-5 daun sekaligus dan bila daun baru tumbuh, daun tua dan daun lemah akan mati. Tidak ada yang salah dengan ini, begitulah cara tumbuhan ini berperilaku secara alami. Tidak ada cara untuk menyelamatkan daun dan Anda harus melihatnya sebagai pertanda baik bahwa ada daun baru yang akan dimunculkan.

Daun berkeringat

Saat Anda merawat Alocasia Zebrina Anda, Anda mungkin pernah melihat tetesan air pada daun sebelumnya. Ini muncul ketika tanaman Anda sedikit kelebihan air dan mencoba untuk “mengeluarkan” kelebihan air dengan membiarkannya keluar dari pori-pori kecil di daun. Ini bukan alasan untuk khawatir, tanaman itu baik-baik saja. Namun ada baiknya untuk diingat untuk penyiraman mendatang.

Alocasia lain dengan perawatan serupa

Ada beberapa Alocasia lain yang membutuhkan perawatan serupa dengan Alocasia Zebrina. Jadi jika anda memiliki salah satu dari tumbuhan Alocasia berikut, anda bisa menggunakan panduan ini untuk merawat Alocasia anda juga.

Alocasia Stingray

Alocasia Stringray terlihat sedikit mirip dengan Alocasia Zebrina. Faktanya batangnya menyimpan kelembaban seperti halnya Alocasia Zebrina.

Alocasia Cucullata

Alocasia Cucullata terlihat berbeda dari Alocasia lainnya, tetapi masih memiliki batang besar yang menyimpan semua kelembapan itu. Itu sebabnya tanaman ini bisa bertahan cukup lama tanpa disiram.

Demikian pembahasan kami tentang Alocasia Zebrina. Semoga bermanfaat dalam merawat alokasia Anda.

Komentar