Cara Merawat Tanaman Hias Anthurium Metallicum dan Perbanyakannya

Anthurium Metallicum adalah aroid yang indah. Bilah daun tanaman ini berwarna hijau tua beludru dengan urat yang sangat menonjol. Tanaman milik keluarga Araceae ini berasal dari Kolombia. Spesies Anthurium ini memiliki magnetisme yang tak terbantahkan di dalamnya.

Harga Anthurium Metallicum

Agar Anthurium Metallicum berkembang baik di rumah kita, tanaman ini membutuhkan perawatan yang tepat. Mereka tumbuh subur paling baik di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah. Sirami tanaman Anda secukupnya. Tanaman Anda akan cocok pada suhu antara 15-21 °C. Anthurium Metallicum membutuhkan kelembaban tinggi. Anthurium mendapat manfaat dari pemupukan teratur tetapi terkontrol.

Perawatan Tanaman Anthurium Metallicum

Tanah

Beberapa hibrida dapat berhasil ditanam di media tanam dengan penyiraman hati-hati dengan cara yang mirip dengan Philodendron, memungkinkan tanah sedikit mengering di antara penyiraman. Namun karena Anthurium berkembang di lingkungan asalnya di lumut dan serasah daun di cabang pohon, mereka menyukai sesuatu yang lebih mirip dengan kombinasi media tanam anggrek.

Biasanya ini adalah campuran tanah, lumut gambut, kulit kayu atau mulsa, arang, kompos, pasir malang atau sekam, dan sphagnum moss. Perawatan anthurium dapat dibuat sedikit lebih mudah dengan menggunakan bentuk campuran tanah ini.

Air

Penyiraman yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan Anthurium Metallicum. Selama masa pertumbuhan, jaga agar tanah sedikit lembab, biarkan lapisan atas mendekati kekeringan di antara penyiraman.

Jadikan rutinitas untuk memeriksanya setidaknya sekali atau dua kali seminggu dengan menggali tanah secara perlahan. Tanah harus terasa hampir lembab. Tunggu sedikit lebih lama jika masih terasa lembab sebelum disiram lagi.

Pahami bahwa kebutuhan penyiraman tanaman Anda pada akhirnya bergantung pada cahaya dan kelembapan unik di rumah Anda dan juga dapat berubah secara signifikan dengan perubahan musim dan cuaca.

Anthurium Anda mungkin hanya membutuhkan air sekali setiap minggu di musim hujan, sementara itu mereka membutuhkan air setiap beberapa hari sekali di musim kemarau. Juga, kenali tanaman Anda dan kebutuhannya dengan terus mengawasinya selama beberapa minggu pertama setelah membawanya pulang.

Cahaya

Anthurium Metallicium membutuhkan cahaya tidak langsung sedang hingga terang untuk bertahan hidup di rumah kita, meskipun mereka akan mentolerir lebih sedikit cahay selama waktu dorman mereka di musim dingin. Mereka peka terhadap cahaya langsung dan mudah terbakar, jadi berhati-hatilah untuk melindunginya dari panas matahari sore.

Anthurium berbunga membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung. Sinar matahari langsung akan membakar daun dan bunganya. Cahaya redup akan memperlambat pertumbuhan dan menghasilkan lebih sedikit bunga yang lebih kecil.

Suhu

Di musim dingin di iklim sedang, perawatan yang tepat untuk Anthurium membutuhkan pengawasan yang cermat dan melindungi tanaman Anda dari pintu dan jendela yang kotor. Mereka akan kesulitan hidup di bawah suhu 12 derajat Celcius atau bahkan mati dan merasa nyaman di antara suhu 18 hingga 21 derajat Celcius. Anthurium Anda juga perlu dilindungi dari udara yang terlalu dingin atau panas.

Jika Anthurium Metallicum terlalu dekat dengan pemanas, kipas angin, dan AC, itu dapat merusak tanaman. Tapi mereka akan berhasil dengan sirkulasi udara yang lembut, seperti jendela yang terbuka di hari yang hangat dan lembab.

Kelembaban

Sebelum membawa pulang sebuah Anthurium, kelembapan tentunya menjadi pertimbangan yang harus diingat dan sangat penting untuk perawatan Anthurium. Secara khusus, varietas dedaunan membutuhkan kelembapan yang tinggi untuk tumbuh dan akan kesulitan tanpanya, seringkali memiliki tepi daun berwarna coklat.

Pertimbangkan untuk menaruh Anthurium Mettallicum Anda di kamar mandi yang cukup terang atau di dekat wastafel dapur Anda. Anda bisa menggunakan humidifier di dekat Anthurium, semprotkan secara teratur. Anda juga bisa menggunakan nampan kerikil polos di bawah pot jika menaruh di kamar mandi atau dekat wastafel dapur dianggap tidak praktis.

Pupuk

Anthurium mendapat manfaat dari pemupukan yang normal namun terkendali. Formula tanaman dalam ruangan cukup untuk varietas dedaunan setiap 6-8 minggu sekali dari bulan Maret hingga September. Pada saat yang sama, formula pupuk yang digunakan lebih sering (setiap 3-6 minggu) untuk anggrek atau tanaman berbunga indoor lainnya akan mendorong mekarnya varietas berbunga.

Namun Anda harus menggunakan pupuk yang seimbang agar Anthurium Metallicum Anda berkembang dengan baik.  Potensi garam yang terbentuk dari pupuk akan merusak tanaman Anda, jadi dengan penyiraman yang menyeluruh dan mendalam, Anda dapat menyiram seluruh bonggol akar secara berkala.

Repotting

Untuk merepotting Anthurium Metallicum Anda, siapkan pot yang satu ukuran lebih besar dari pot yang ada. Lebar wadah baru, sebagai aturan umum, tidak boleh lebih dari 2 atau 5 inci. Untuk mencegah tanah keluar melalui lubang di pot, tutupi bukaan drainase dengan sepotong jaring kecil, tisu, atau batu bata.

Beberapa jam sebelum direpotting, siram dengan baik Anthurium; akar yang lembab lebih cepat direpoting dan juga lebih sehat untuk tanaman. Coba gunakan media tanam yang mendekati campuran media tanam yang sebelumnya. Media yang sangat gembur dengan pH sekitar 6,5 diperlukan untuk Anthurium.

Gunakan kombinasi seperti dua bagian campuran anggrek, satu bagian peat, dan satu bagian sekam, atau bagian yang sama dari peat, kulit kayu pinus, dan pasir akan membantu. Dengan hati-hati keluarkan Anthurium dari potnya saat ini. Dengan ibu jari Anda, sasak akar yang telah memadat dengan lembut untuk mengendurkan akarnya.

Di dalam pot baru, masukkan Anthurium, lalu isi dengan media tanam di sekitar akar. Dengan jari-jari Anda, padatkan media tanam dengan lembut. Pertimbangkan untuk menempatkan media tanam fresh di pot baru, gunakan secukupnya untuk menaikkan bagian atas akar Anthurium hingga sekitar 2 cm atau kurang di bawah tepi pot.

Saat direpot, tanaman harus tetap berada di permukaan tanah yang sama dengan saat ditempatkan di pot awal. Sirami dengan lembut untuk menggemburkan tanah, lalu jika perlu tambahkan sedikit lagi tanah. Sekali lagi, penting untuk memposisikan bagian atas akar Anthurium di sekitar tingkat yang sama dengan pot lamanya. Menanam bagian mahkota tanaman terlalu dalam akan menyebabkan tanaman menjadi busuk.

Pemangkasan

Pemangkasan anthurium harus dilakukan secara berkala agar tanaman tetap sehat dan seimbang. Hal itu dapat menyebabkan batang membengkok dan mengakibatkan perlambatan pertumbuhan dengan membiarkan daun yang lebih tua bertahan di tanaman.

Perhatikan tanaman Anthurium Anda dengan hati-hati, lalu mulailah memangkas dari atas ke bawah. Mulailah dengan membuang daun yang berubah warna atau mati. Bunga yang layu atau sekarat perlu dipotong sampai ke pangkal batang. Untuk meningkatkan penampilan tanaman, Anda juga dapat membuang daun yang jelek, tetapi sisakan setidaknya tiga hingga lima daun. Buang daun yang lebih tua terlebih dahulu, jika memungkinkan.

Ambil anakan dari pangkal Anthurium jika ada; jika tidak, mereka akan mengekstraksi energi dari tanaman induk, sehingga mengecilkan ukuran bunganya. Saat masih kecil, rapikan anakan; memangkas anakan besar akan merusak pangkal tanaman.

Gunakan alat pemotong dengan kualitas yang sangat baik, karena mata pisau yang berkarat dapat merobek dan menghancurkan batang, membuat tanaman lebih rentan terhadap penyakit dan hama. Bersihkan alat pemotong di antara setiap sesi. Anda dapat menggunakan alkohol gosok atau larutan pemutih 10 persen untuk membersihkan dan menghindari infeksi bakteri.

Pasang tanaman di tempat yang teduh selama beberapa hari. Jangan khawatir jika tanaman terlihat sedikit lebih jelek dalam beberapa hari pertama. Sedikit layu mungkin terjadi saat Anthurium dipindah pot. Hindari pupuk selama beberapa bulan setelah merepotting Anthurium agar tanaman memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dalam wadah barunya.

Perbanyakan

Anda dapat memperbanyak tanaman Anthurium Metallicum dengan metode stek:

– Cari tanaman Anthurium Metallicum yang akan Anda potong. Potong panjang satu batang minimal 15 cm, gunakan gunting setek. Gunakan batang yang memiliki daun dalam dua atau tiga set.

– Isi pot tanaman tanah liat berdiameter 25 cm dengan campuran media tanam porous. Gunakan pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawah.

– Buat lubang sedalam 5-8 cm di tengah tanah. Untuk membuat lubang, Anda bisa menggunakan jari Anda atau alat lain, seperti sekop taman kecil.

– Tempatkan ujung potongan Anthurium sampai ke dalam rongga dan tutupi rongga dengan tanah pot ekstra. Saat daun bagian bawah terseret ke dalam lubang atau mengenai tanah, gunakan ujung jari Anda untuk melepaskannya.

– Sirami tanah sampai jenuh. Setelah itu, minimal dua hari sekali, sirami tanah saja jangan sampai lapisan atasnya mengering. Biasanya, Anthurium tumbuh di hutan hujan dan menikmati lingkungan yang lembab.

– Tempatkan stek pada posisi yang memiliki kelembapan tinggi dan sinar matahari terkontrol. Tunggu sampai tanaman menumbuhkan akarnya, yang akan memakan waktu antara empat hingga enam minggu. Anda akan tahu bahwa ketika Anda mulai melihat dedaunan baru atau setek tumbuh lebih tinggi, akar telah tumbuh.

Bunga

Musim berbunga dalam ruangan biasanya selalu sekitar musim panas. Ini berpotensi berkembang sepanjang tahun jika tips perawatan dan pengembangan ini berhasil diterapkan. Umur Anthurium Metallicum Anda akan bertahan sangat lama dalam kondisi pertumbuhan yang ideal. Mereka mekar terus dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan

Bergantung pada ukuran seludang, panjang batang tanaman dapat tumbuh hingga tinggi 40-50 cm. Biasanya daunnya sederhana, lebar, berwarna indah, dan terikat pada batang yang panjang.

Pertumbuhan tanaman Anda sangat bergantung pada kondisi lingkungan rumah Anda. Beberapa orang tidak memiliki kesabaran untuk menunggu dan melihat tanaman mereka menumbuhkan daun dan menjadi dewasa. Karenanya tanaman ini bukanlah pilihan yang tepat untuk mereka yang tidak sabaran.

Masalah Umum untuk Anthurium Metallicum

Hawar bakteri

Tanda pertama yang tampak adalah kelompok kekuningan (klorotik) basah di sepanjang tepi daun yang dengan cepat berkembang menjadi lesi mati berbentuk V yang merupakan ciri khas penyakit ini. Penyakit ini mempengaruhi tanaman Anthurium dengan menembus pori-pori di sepanjang tepi daun.

Bakteri juga dapat menyerang ketika jaringan daun robek oleh pemangkasan, atau ketika serangga merusak jaringan daun. Bakteri bisa masuk melalui luka saat bunga dipanen. Bakteri bisa berenang melalui permukaan basah; Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga dedaunan tetap kering. Cara paling efisien untuk melakukannya adalah dengan penyiraman tetes.

Turunkan kelembapan dan suhu dengan meningkatkan sirkulasi udara dan ventilasi di sekitar tanaman. Beri ruang di antara tanaman. Suhu hangat, kelembaban tinggi, dan tanah jenuh menyebabkan masalah ini. Tanaman yang terinfeksi harus dibuang secepatnya.

Busuk Akar Rhizoctonia

Kata “lonyot” digunakan untuk menjelaskan gejala khas ini. Batang muda dan halus lemah, jenuh dalam air, dan tidak mampu menahan beban tanaman. Rhizoctonia mempengaruhi akar dan batang bawah tanaman, tetapi juga dapat menyerang dan menyebar di tajuk daun bagian atas dalam kondisi basah.

Jangan pernah memasukkan tanah tropis ke dalam campuran media tanam tanpa perlakuan termal. Gunakan campuran tanah yang bisa mengering dengan baik. Hindari menyimpan lumut gambut, sphagnum moss, serpihan, atau media tanam langsung di permukaan tanah tempat jamur dapat berkoloni. Tanaman harus ditanam di rak tinggi untuk meminimalisir kontak akar dengan tanah. Rhizoctonia juga memiliki akses ke tanaman melalui bahan yang terkontaminasi.

Layu Bakteri

Daun menguning biasanya merupakan indikasi pertama yang terlihat. Penyakit ini menyebar dengan cepat ke seluruh sistem vaskular tanaman, mengubah urat daun dan batang menjadi coklat, warna perunggu. Bakteri akan keluar saat batang tanaman yang terinfeksi virus dipotong. Tanaman akan menunjukkan tanda-tanda layu meskipun tersedia kelembaban tanah yang cukup.

Sanitasi yang komprehensif adalah cara paling efektif untuk menghindari penyebaran virus ini dan pada akhirnya menghilangkannya dari tanaman Anthurium. Fungisida yang mengandung asam fosfor juga telah terbukti mengurangi infeksi secara efektif; Namun ini tidak bisa menyembuhkan tanaman yang terinfeksi secara sistemik.

Phytophthora

Infeksi phytophthora terutama menargetkan sistem akar. Tanaman bisa layu bahkan jika tersedia kelembaban tanah yang cukup. Teknik diagnostik utama adalah pengelupasan akar. Dalam kondisi ekstrim, daun dapat memiliki lesi daun berwarna hitam hingga coklat. Indikasi ini mirip dengan yang dihasilkan oleh Rhizoctonia; tetapi, untaian jamur jarang terlihat pada infeksi Phytophthora.

Gunakan campuran tanah sintetis yang porous. Tanaman dengan tanda penyakit harus dibuang, dan sisa tanaman harus diobati dengan fungisida. Saat pot digunakan kembali, wadah tersebut harus dibersihkan dan disterilkan. Alat potong gunting, pisau, dan perkakas lain harus dicelupkan ke dalam disinfektan yang efektif. Penggunaan fungisida juga dapat membantu Anda menyingkirkan infeksi.

Tips untuk Menumbuhkan Anthurium Metallicum

– Tempatkan Anthurium Metallicum Anda dalam cahaya yang terfilter terang untuk mendapatkan tanaman yang sehat.

– Jangan pernah menyirami tanaman Anda secara berlebihan; berikan jumlah air yang cukup.

– Jika tanaman terinfeksi oleh jenis penyakit apa pun, pilihan pertama untuk penyembuhannya adalah penggunaan fungisida.

– Penggunaan pupuk yang mengandung fosfor tinggi akan membantu mendorong perkembangan varietas berbunga.

– Tanam di pot yang lebih besar saat Anthurium Anda tumbuh. Akar yang tersumbat dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

– Anthurium adalah tanaman yang bisa tumbuh lambat atau sedang. Jika lingkungan sesuai dengan selera mereka, tanaman ini dapat tumbuh lebih cepat.

Tanya Jawab tentang Anthurium Metallicum

Pupuk apa yang terbaik untuk Anthurium Metallicum?

Tanaman anthurium tidak membutuhkan terlalu banyak pupuk untuk merawatnya. Tanaman Anthurium Anda hanya perlu dipupuk setiap tiga hingga empat bulan sekali dengan pupuk intensitas seperempat. Lebih disukai menggunakan pupuk yang memiliki jumlah fosfor lebih tinggi untuk mendapatkan bunga terbaik.

Berapa lama tanaman Anthurium Metallicum saya akan bertahan?

Anthurium akan tumbuh subur sepanjang tahun jika dirawat dengan benar, dengan setiap bunga berlangsung antara dua dan tiga bulan. Anthurium Anda dapat menghasilkan hingga enam bunga per tahun dengan meniru kondisi habitat hutan hujan alami. Anda bisa memelihara tanaman ini selama bertahun-tahun jika Anda memberikan perawatan yang tepat.

Bagaimana cara agar Anthuriums Metallicum saya terus berkembang?

Anthurium selektif dengan lingkungannya, dan bunga dapat terhenti oleh masalah seperti tanah yang basah atau pencahayaan yang buruk. Dorong Anthurium untuk berbunga dengan pupuk kaya fosfor yang diencerkan dan memberi banyak sinar matahari tidak langsung, penyiraman yang memadai, kelembaban tinggi, dan pemberian pupuk mingguan.

Apakah Anthurium Metallicum tanaman indoor yang bagus?

Anthurium termasuk dalam daftar spesies pemurni udara NASA. Mereka adalah salah satu tanaman hias terbaik untuk pemurnian udara dalam ruangan. Daunnya yang besar dan berwarna gelap bisa menyedot amonia, formaldehida, toluena, dan xilena, jadi mereka adalah tanaman yang bagus untuk lingkungan kerja.

Apakah Anthurium Metallicum beracun?

Setiap bagian tanaman Anthurium beracun bagi hewan peliharaan. Jika tertelan menyebabkan gangguan lambung ringan, dan getah tanaman Anthurium menyebabkan iritasi kulit.

Kesimpulan

Anthurium adalah tanaman aroid yang diyakini berasal dari Neotropik, di mana sebagian besar spesies di hutan tropis yang subur tumbuh secara epifit di cabang-cabang pohon. Tanaman liar ini dapat didomestikasi dan menjadi tambahan yang bagus untuk rumah hanya dengan sedikit perawatan.

Bagi siapa pun yang merasa telah menguasai philodendron dan mencari tantangan baru, ini adalah keharusan bagi setiap kolektor tanaman hias. Beberapa poin utama di atas membedakan perawatan Anthurium dari tanaman hias lainnya.

Komentar