Cara Merawat dan Memperbanyak Anthurium Radicans

Anthurium Radicans, yang melambangkan keramahan, adalah pilihan tanaman hias yang populer. Alasannya adalah karena daunnya yang mencolok dan berbentuk hati. Ini adalah tanaman yang tahan lama dan mudah tumbuh, yang merupakan dua penyebab kekagumannya yang meluas.

Harga Anthurium Radicans

Tanaman tropis ini tidak membutuhkan perawatan yang terlalu banyak. Tanaman Anthurium Radicans suka tumbuh di tanah yang lembab dan mudah mengering dengan sinar matahari yang berbintik-bintik / terfilter.

Tanaman ini tumbuh subur dalam suhu sedang dan memiliki kebutuhan penyiraman sedang. Mereka bisa disebut tanaman yang menyukai air. Namun penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang parah.

Anthurium Radicans, juga dikenal sebagai Anthurium Malyi, adalah satu-satunya anggota bagian Chamaerepium. Spesies aroid ini berasal dari Brasil Tenggara dan sebagian Ekuador. Hingga saat ini, spesies Radicans adalah Anthurium merayap terkecil di antara yang lain. Daun bullate dan cordate dari Anthurium Radicans menambah keindahannya.

Tanaman Radicans sering digunakan untuk menghasilkan berbagai hibrida. Spesies hibrida memunculkan tanaman unik dengan dedaunan yang menarik.

Namun mereka mandul, jadi mereka tidak membuat generasi berikutnya. Fakta menarik lainnya tentang spesies Anthurium adalah mereka semua menghasilkan bunga yang indah dengan organ betina dan jantan. Tapi spesies Anthurium Radicans tidak melakukan penyerbukan sendiri. Bunga betina menjadi reseptif lebih awal dari pada bunga jantan. Karena itu, bunga betina mengandalkan serangga untuk penyerbukan.

Perawatan Dasar Anthurium Radicans

Tanah

Umumnya, spesies tropis ini tumbuh subur di tanah organik yang mudah mengering dan lembab. Kandungan media tanam yang ideal untuk Anthurium Radicans adalah campuran metan anggrek yang mengandung pasir tambahan dan lumut gambut. PH sempurna untuk tanaman Radican adalah 6,1 hingga 6,5 ​​(sedikit asam).

Jika Anda menanam Anthurium Radicans di dalam ruangan, campuran yang sama antara media tanam biasa dan tanah anggrek atau perlit akan memberikan kondisi yang sempurna bagi tanaman untuk tumbuh. Dalam kasus di luar ruangan, letakkan tanaman di pot / tanah yang dapat mengering dengan bebas.

Air

Meskipun tanaman Radicans tidak membutuhkan banyak perawatan, tanaman ini menyukai air. Kebutuhan penyiramannya rendah hingga sedang, tergantung pada lingkungan dan genetika. Untuk perkiraan kasar, sirami Anthurium Radican Anda saat 5 cm bagian atas tanah kering.

Untuk iklim panas, kami sarankan untuk menyiram tanaman Radicans setiap 2 hingga 3 hari sekali. Bagi Anda yang tinggal di lokasi yang relatif lebih dingin atau hujan, sirami Anthurium Radicans seperlunya. Biarkan tanah Anthurium Radicans mengering sebelum disiram kembali.

Ingatlah untuk tidak menyirami berlebihan atau membenamkan tanaman Radicans Anda. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan pengukur kelembapan untuk memeriksa tingkat kelembapan tanaman.

Cahaya

Anthurium Radicans membutuhkan sekitar 70-85% cahaya. Tempatkan Radicans Anda di tempat dengan sinar matahari tidak langsung yang telah difilter. Cahaya yang terlalu langsung kemungkinan besar akan menghanguskan daun dan bunga tanaman.

Selama musim panas, letakkan tanaman di tempat teduh parsial di mana sinar matahari yang berbintik-bintik cerah menerpa. Jika suhu turun ekstrim, bawa tanaman Anda ke dalam ruangan. Namun jika suhunya tak terlalu dingin, biarkan tetap di luar, tapi pastikan menerima banyak sinar matahari tidak langsung.

Karena Anuthirum Radicans adalah tanaman tropis, lindungi dari suhu musim dingin yang keras. Namun ingatlah untuk membiarkan tanaman menerima sinar matahari yang cukup karena cahaya redup memperlambat pertumbuhan tanaman dan menghasilkan lebih sedikit bunga yang lebih kecil.

Suhu

Iklim lembab dan panas di tanah Brasil adalah rumah bagi spesies aroid ini. Oleh karena itu, spesies Anthurium Radicans lebih menyukai suhu hangat. Kisaran suhu optimal untuk tanaman Radicans adalah 21 hingga 32 derajat Celcius.

Jika Anda tidak tinggal di suhu yang begitu hangat, jangan khawatir. Untungnya, spesies ini dapat beradaptasi dan memiliki kemampuan untuk berkembang dalam berbagai suhu. Namun seperti kebanyakan tanaman, Anthurium Radicans juga tidak dapat mentolerir suhu yang ekstrim. Jika termostat Anda turun di bawah 10 derajat Celsius, maka saatnya untuk sedikit menghangatkannya.

Demikian pula, jika rumah Anda terlalu panas, tanaman Radicans bisa layu. Pastikan untuk menjauhkannya dari lingkungan dingin yang memiliki AC dan kipas langsung.

Kelembaban

Spesies Anthurium Radicans tumbuh subur di lingkungan yang lembab. Tingkat kelembaban yang ideal untuk tanaman Radicans adalah 60% sampai 80%. Anda dapat mengukur tingkat kelembapan di rumah Anda dengan menggunakan higrometer. Perangkat ini secara akurat memberi tahu tingkat kelembapan dan bisa sangat membantu untuk memelihara tanaman di dalam ruangan.

Sebagai alternatif, Anda dapat membeli humidifier untuk mencapai tingkat kelembapan yang diinginkan. Jika Anda bukan penggemar perangkat teknologi, Anda juga dapat mengubah tingkat kelembapan di rumah Anda secara alami. Salah satu caranya adalah dengan mengisi nampan kecil dengan kerikil dan air dan menempatkan tanaman Radicans Anda di dalam atau di sekitarnya.

Pilihan lain adalah mengelompokkan semua tanaman hias Anda jika Anda juga memiliki tanaman hias dalam ruangan. Ini dapat meningkatkan kelembapan dalam waktu singkat dan memastikan distribusi kelembapan yang merata di antara tanaman.

Untungnya, varietas berbunga Anthurium Radicans dapat tahan terhadap kekeringan, yang memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menetapkan tingkat kelembapan yang ideal. Sebaliknya, jenis dengan daun yang lebih bertekstur dan memanjang mungkin membutuhkan perawatan dan kelembapan yang lebih baik.

Pupuk

Salah satu alasan mengapa Anthurium Radicans menjadi pilihan tanaman hias yang populer adalah karena kebutuhan perawatannya yang minimum hingga sedang. Mereka hanya perlu diberi pupuk beberapa kali sepanjang tahun, sehingga mudah dikelola.

Untuk menumbuhkan Anthurium Radicans yang sehat, belilah pupuk berkualitas baik dengan kandungan fosfor yang tinggi. Fosfor akan mendorong lebih banyak bunga. Pastikan pupuk tidak mengandung terlalu banyak garam karena pupuk tersebut dapat menyebabkan busuk akar dan memiliki efek buruk secara keseluruhan.

Pupuk Anthurium Radican sekitar tiga kali setahun. Untuk memupuk tanaman Radicans Anda, gunakan pupuk slow release dan letakkan sekitar 15 cm dari pangkal tanaman. Ini akan membantu pupuk menyebar secara merata. Kami sarankan untuk menggunakan pupuk yang khusus dibuat untuk Anthurium jika Anda tidak yakin.

Repotting

Tanaman Anthurium Radicans memiliki tingkat pertumbuhan yang rata-rata. Namun seperti tanaman lainnya, pertumbuhannya dapat berkurang secara signifikan jika dibiarkan di ruang tertutup. Jika Anda melihat tingkat pertumbuhan tanaman Radicans Anda melambat lebih dari biasanya, kami sarankan Anda untuk merepotingnya.

Indikasi lain dari merepoting adalah pertumbuhan tanaman sudah melampaui ukuran potnya saat ini. Anthurium Radicans harus dipindah pot setiap dua hingga tiga tahun sekali atau ketika telah mencapai ketinggian sekitar 50 cm.

Anda juga dapat memeriksa apakah akarnya mengelilingi permukaan media tanam atau tumbuh keluar dari lubang drainase. Keduanya menandakan waktunya repotting. Tempatkan tanaman Radicans Anda dalam pot baru yang lebih besar dan isi dengan media yang sesuai untuk direpoting. Dengan ketukan ringan pada jari Anda, kencangkan media tanam. Tambahkan air untuk mengendapkan tanah. Sekarang, taburkan lagi media tanam jika perlu.

Pemangkasan

Meski Anthurium Radicans cantik secara visual, tanaman ini tetap perlu pemangkasan dari waktu ke waktu. Tanaman Radicans Anda dapat dipangkas kapan saja sepanjang tahun. Salah satu alasan mengapa Anda perlu memangkas Anthrum Radicans yang eksotis adalah agar terlihat estetis. Daun yang tidak beraturan dan mati bisa terlihat tidak sedap dipandang.

Jadi yang terbaik adalah memotongnya. Alasan lain untuk memangkas tanaman Radicans adalah bila daunnya sudah tumbuh kuning atau coklat karena usia tua, kelembaban rendah, atau nutrisi yang tidak mencukupi.

Anda juga dapat memangkas Anthurium Radicans untuk kontrol ukuran. Jika Anda memiliki ruang terbatas di dalam ruangan atau tidak ingin tanaman Anda tumbuh lebih besar dari pot / ruangnya, Anda selalu dapat memangkasnya dengan gunting pemangkas.

Pastikan Anda menggunakan alat pemotong berkualitas baik, karena mata pisau yang tumpul dapat merusak dan menghancurkan batang tanaman. Penggunaan alat yang tidak steril juga bisa meningkatkan kemungkinan serangan hama dan penyakit. Untuk mencegah infeksi mikroba, bersihkan alat pemotong Anda setelah digunakan. Manfaatkan alkohol gosok atau larutan anti bakteri.

Perbanyakan

Proses perbanyakan Anthurium Radicans cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Yang Anda butuhkan hanyalah stek batang tanaman Anda, dan langkah selanjutnya sangat mirip dengan metode perbanyakan tanaman lain. Setelah proses pemotongan batang, Anda hanya perlu memastikan bahwa tanaman baru ditempatkan dan ditanam di lingkungan yang ideal.

Selalu pastikan bahwa peralatan berkebun Anda sudah disterilkan dan bebas dari pertumbuhan mikroba. Penggunaan alat yang terpapar jamur / bakteri akan membuat tanaman Anda mudah terserang penyakit dan infeksi. Lebih baik kenakan pakaian / sarung tangan pelindung selama proses perbanyakan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbanyak spesies eksotis ini:

– Potong salah satu batang tanaman Radicans Anda sepanjang 15 cm dengan pisau / gunting kebun. Kami merekomendasikan Anda untuk memotong batang dengan 2 hingga 3 daun di atasnya.

– Pilih pot tanaman yang berdiameter sekitar 25 cm. Isi ini dengan campuran media tanam yang porous. Pilih pot tanam dengan lubang drainase di dalamnya.

– Sekarang buat lubang sedalam sekitar 5 sampai 8 cm di tengah tanah yang telah disiapkan. Anda dapat menggunakan jari Anda atau alat lain, seperti sekop taman, untuk membuat lubang ini.

– Tempatkan potongan batang Anda di lubang ini dan masukkan lebih banyak tanah pot untuk menutup sepenuhnya celah di sekitar batang. Jika daun di bagian bawah menyentuh tanah atau masuk ke dalam lubang, tarik perlahan dengan jari Anda.

– Selanjutnya, sirami media tanam dengan stek batang hingga tampak jenuh.

– Ingatlah untuk menyirami tanah dengan selang waktu 2 hingga 3 hari atau setiap kali Anda merasa lapisan atas mengering. Tujuannya adalah untuk menjaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu berair.

– Terakhir, pindahkan pot Anda ke lokasi yang memiliki kelembapan tinggi dan sinar matahari yang cerah.

– Bersabarlah saat akar tumbuh dari tanaman. Saat akarnya sudah bertunas, Anda akan melihat dedaunan baru, atau setek akan tampak lebih tinggi.

Jika tanaman Anda tampak lebih besar dan memiliki daun baru yang tumbuh, kemungkinan besar tanaman tersebut sudah cukup dewasa untuk dipindahkan ke pot yang lebih besar. Ini bisa memakan waktu empat hingga enam minggu.

Bunga

Anthurium Radicans menghasilkan bunga yang mencolok dan unik. Mereka sebagian besar berwarna ungu dengan seludang merah marun pucat yang diwarnai dengan hijau. Radicans sering berbunga sepanjang tahun. Setiap periode mekar berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan. Jika tumbuh dalam kondisi yang mirip dengan habitat aslinya, yaitu hutan hujan, mereka bisa menghasilkan hingga enam bunga setiap tahun.

Pertumbuhan

Untungnya, Anthurium Radicans tumbuh hampir sepanjang tahun Namun, tingkat pertumbuhannya lebih cepat selama bulan-bulan panas karena kondisi yang menguntungkan. Jika ditempatkan di tanah yang tepat dengan kelembapan yang memadai, mereka dapat menumbuhkan bunga yang indah dan tahan lama.

Tanaman Anthurium Radicans dapat mencapai tinggi 40 hingga 50 cm. Pertumbuhannya tergantung pada lingkungan dan genetika. Namun dalam banyak kasus, semakin besar seludangnya, semakin panjang batangnya.

Masalah Umum Tanaman Anthurium Radicans

Meskipun spesies Anthurium umumnya mudah tumbuh, mereka terkadang dapat menimbulkan masalah. Untungnya, masalah-masalah ini sedikit dan sebagian besar dapat diselesaikan dengan hati-hati. Beberapa masalah umum adalah sebagai berikut:

Kebutuhan Spesifik

Seperti disebutkan sebelumnya, Anthurium lebih menyukai suhu hangat mulai dari 21 hingga 32 derajat Celsius daripada suhu rendah yang lebih dingin. Jika suhu tersebut tidak disediakan dan dipertahankan, tanaman dapat mengalami kerusakan parah.

Di tempat yang hangat, Anda dapat membiarkan tanaman Radicans tumbuh dan berkembang di luar ruangan. Namun jika Anda adalah penduduk di daerah yang lebih dingin, yang terbaik adalah membawa tanaman Radicans Anda ke dalam ruangan.

Anda selalu dapat membawa tanaman Anda keluar selama musim panas ketika suhu lebih sesuai untuk spesies khusus ini. Agar tanaman Anda lebih mudah beradaptasi, tingkatkan waktunya secara bertahap di luar ruangan selama dua hingga tiga minggu.

Overwatering

Anthurium harus sering disiram. Namun penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. Akar tanaman Radicans Anda bisa mati lemas dan mulai membusuk. Ini pada akhirnya akan menyebabkan tanaman Anda layu dan mati.

Solusi mudah untuk masalah yang tampaknya rumit ini adalah menyiram tanaman hanya ketika tanahnya agak kering. Tunggu hingga 5 cm bagian atas mengering sebelum menyiram tanaman Radicans Anda. Selanjutnya, Anda bisa membasahi tanaman dengan air sesekali menggunakan botol semprot. Ini juga akan mencegah penumpukan debu di daun.

Pemupukan berlebihan

Pupuk baik untuk tanaman asalkan diberikan dalam batasan tertentu. Pemupukan berlebihan pada tanaman Radicans dapat menyebabkan daun terbakar, yang dimulai dengan warna coklat di tepi daun. Meskipun sebagian besar nitrogen bermanfaat bagi tanaman, terkadang dapat mempengaruhi mereka secara negatif. Ini mendorong pertumbuhan dedaunan baru. Namun kelebihannya menyebabkan berkembangnya hambatan.

Solusi mudah untuk masalah ini adalah pupuk yang larut dalam air yang tidak mengandung terlalu banyak nitrogen, fosfor, atau kalium. Pilih pupuk dengan perbandingan 1-2-1. Basuh akar tanaman Anda dengan air dari waktu ke waktu untuk mencegah penumpukan garam.

Hama dan Penyakit

Secara umum, spesies Anthurium mentolerir hama dan penyakit dengan baik. Namun terkadang mereka bisa menjadi sasaran hama. Untuk mencegah masalah seperti itu, pastikan sebelum menempatkan tanaman baru dengan tanaman hias yang ada, Anda terlebih dahulu harus mengisolasi tanaman baru untuk sementara waktu.

Perhatikan apakah terjadi perubahan abnormal pada tanaman baru. Ini akan mencegah penyebaran kemungkinan infeksi. Anthurium dapat menderita tungau laba-laba. Oleh karena itu, semprot tanaman Anda dengan insektisida atau cuci daunnya dengan sabun insektisida. Selain itu, hindari penyiraman berlebihan dan gunakan fungisida, jika perlu. Selain itu, jaga agar alat berkebun Anda tetap steril dan bebas kuman.

Tips untuk Menumbuhkan Anthurium Radicans

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan untuk Anthurium Radicans Anda:

– Gunakan tanah yang memiliki drainase yang baik untuk menghindari pembusukan akar. Namun pastikan itu bisa mengunci kelembaban yang cukup untuk tanaman Radicans.

– Jika Anda melihat akar tumbuh dari batang tanaman Anda, jangan khawatir. Ini normal. Jika Anda tidak menyukainya, potong saja dengan hati-hati menggunakan gunting tanam.

– Jangan biarkan akar tanaman Anda melingkar memenuhi pot. Ini akan menghambat pertumbuhannya dan berdampak buruk pada dedaunan yang ada. Pindahkan ke pot yang lebih besar sesegera mungkin.

– Jika bunga memudar dan Anda ingin menyingkirkannya, potong dekat pangkal batang bunga untuk mencegah kemungkinan kerusakan pada bagian tanaman lainnya.

Tanya Jawab tentang Anthurium Radicans

Apakah Anthurium Radicans mudah dirawat?

Anthurium Radicans membutuhkan sedikit perawatan dan tahan lama. Oleh karena itu, umumnya mereka mudah dirawat sebagai tanaman hias.

Apakah Anthurium Radicans mekar lebih dari sekali?

Sebagian besar, Anthurium Radicans mekar sepanjang tahun. Namun mereka menghasilkan lebih banyak bunga selama musim panas dibandingkan dengan musim dingin.

Berapa lama tanaman Anthurium Radicans hidup?

Jika diberikan perawatan yang tepat dan ditempatkan dalam kondisi yang ideal, mereka dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Pupuk mana yang terbaik untuk tanaman Anthurium Radicans?

Cara terbaik adalah menggunakan pupuk yang dibuat khusus untuk Anthurium Radicans. Namun Anda dapat menggunakannya dengan kandungan fosfor tinggi untuk hasil terbaik.

Mengapa bunga Anthurium Radicans saya berubah menjadi hijau?

Kemungkinan besar ada masalah di lingkungannya. Pastikan Anda tidak menyiram atau memberi makan tanaman secara berlebihan. Masalah lain mungkin busuk akar, jadi pastikan akar memiliki cukup ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi, Anthurium Radicans adalah spesies yang unik. Spesies tropis ini adalah pilihan yang sangat baik untuk ditanam sebagai tanaman hias karena persyaratan minimum dan daya tahannya.

Mereka bisa membuat sudut rumah Anda terlihat menyenangkan dan ramah secara estetika. Namun mereka memiliki sifat toksik, oleh karena itu tidak boleh dikonsumsi. Jauhkan tanaman Anthurium Radicans dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Komentar