Mau Diet? Coba Konsumsi Buah Cermai yang Khas dengan Rasa ASAM.

buah cermai

Rasa buahnya asam segar, berbentuk bulat kecil seperti kelereng dengan rusuk 8-10 rusuk yang bergelombang dipermukaannya. Warna buahnya putih kekuningan dengan daging buah batu. Buah cermai adalah salah satu buah mungil dengan kandungan vitamin yang tinggi.

Cermai atau yang memiliki nama Ilmiah Phyllanthus acidus ini merupakan tanaman dengan pohon yang kecil. Batang tanaman cerrmai tidak dapat tumbuh lebih dari 10 meter. Cabang pohonnya rendah dan ramping. Jika diperhatikan, kita akan meilihat kemitipan pohon cermai ini seperti pohon belimbing wuluh. Dimana buah yang muncul disepanjang batang pohon dengan tangkai yang pendek.

Buah Cermai

Penyebaran buah ini di Indonesia dinilai mudah dan tanpa hambatan. Karenan daerah tanam tumbuhan ini menyukai wilayah tropis dengan curah hujan sedang. Tanaman buah cermai dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 800mdpl.

Karena karakteristik tanaman cermai yang rindang, pohon cermai sering digunakan sebagai peneduh pada halaman rumah ataupun pekarangan belakang.

Buah cermai sering diolah menjadi manisan dengan mencampurkan gula dan garam. Beberapa warga yang menyukai rasa asam juga kerap membuat rujak dari buah mungil ini. Sedangkan daunnya yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Tidak hanya dapat dapat dikonsumsi, juga memiliki khasiat untuk kesehatan seperti mengobati masalah gusi dan sariawan.

Penyebaran cermai diduga berasal dari Madagaskar, lepas pesisir Timur Afrika yang kemudian tersebar ke berbagai wilayah seperti Indonesia, Laos, Vietnam dan Semenanjung Malaya. Di tahun 1793 tanaman buah cermai dibawa dari daerah Timor ke Jamaika, sejak saat itu cermai tersebar luas ke seluruh penjuru kepulauan Kribia hingga Amerika.

Kandungan nutrisi dan manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh

Terlepas dari karakteristik dan asal usulnya, buah cermai memiliki kandungan mineral dan ragam vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Kalsium, fosfor dan potasium yang terdapat pada buah asam ini menjadi pelengkap mineral.

Selain itu, buah cermai juga menyimpan senyawa flavonoid, quercetin, magnesium dan tanin yang memiliki peran dalam menunjang kesehatan.

Berikut ini beberapa penjelasan singkat khasiat yang dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah cermai secara rutin.

1. Buah cermai untuk membantu menurunkan berat badan

Cermai

Bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, dapat menjadi alternatif sebagai stimulan untuk tubuh dalam proses pembakaran lemak. Kalori yang terdapat pada 100gram buah ini hanya mencapai tidak lebih dari 50mg. Serat dan vitamin C tinggi juga menjadikan buah cermai sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang diet.

2. Meredakan sariawan dan gusi bengkak akibat kekurangan vitamin

Tidak perlu diraguka lagi, buah cermai merupakan buah mungil dengan kandungan vitamin A, C, dan B kompleks yang sangat lengkap. Sariawan dan gusi bengkak adalah salah satu penyakit yang umum diderita karena kurangnya asupan vitamin dalam tubuh. Tidak hanya vitamin C, vitamin B6 dan 9 juga sangat dibutuhkan sebagai anti Inflamasi atau peradangan pada bagian-bagian tubuh.

3. Membantu melancarkan saluran perncernaan

Vitamin dan Serat dalam buah cermai menjadi senjata ampuh untuk membantu tubuh dalam memproses sisa-sisa makanan pada saluran pencernaan. Hal ini menjadiakan buah cermai yang asam sebagai obat dalm mengatasi sulit buang air dan sembelit. Meski begitu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara berlebihan karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lain dibalik manfaatnya.

4. Menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan menjaga kesehatan jantung

Kolesterol dan darah tinggi adalah dua penyakit yang saling berkaitan satu sama lain. Tekanan darah tinggi yang terjadi akobat menumpuknya kadar kolesterol pada tubuh memicu pembuluh darah menjadi sempit dan tidak dapat berjalan normal. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kinerja jantung sehingga harus bekerja lebih keras, menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung yang akut.

Ada yang menarik pada buah mungil nan asam ini. Kandungan senyawa flavonoid dan tanin pada buah cermai efektif memperlambat terbentuknya kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja vitamin B12 dan magnesiumnya menjadi komponen pendukung untuk melebarkan pembuluh darah agar dapat berjalan lancar, sehingga menurunkan resiko terkena serangan jantumg tiba-tiba.

5. Antioksidan dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang, kulit dan rambut.

Buah cermin baik yang masih muda ataupun yang sudah masak jelas mengandung zat antioksidan yang tidak dapat disepelekan. Kandungan kalsium dan fosfornya juga brperan penting menjaga kesehatan tulang dan menjadi pendukung anioksidan dalam memperbarui sel kulit mati dan rambut.