Serba Serbi Buah Delima Hingga Manfaatnya Bagi Kesehatan

buah delima 2

Ulasan kali ini, kita akan membahas serba serbi tentang Buah Pomegranate atau Delima. Tanaman buah delima bewarna cantik ini ternyata tidak hanya memiliki bentuk dan warna buah yag menarik. Tapi juga menyiman manfaat yang ciamik. Apa saja? Yuk simak pembahasannya.

Tanaman Buah delima adalah hasil dari tanaman delima atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Punica granatum. Buah delima dikenal oleh masyarakat dunia dengan nama Pomegranate. Tanaman ini berasal dari wilayah di Timur Tegah yang diperkirakan dari Negara Iran. Pomegranate dibawa ke Mediterania untuk dikembang biakkan hingga disebarkan ke seluruh penjuru negara. Khususnya daerah Tiogkok dan Asia Tenggara.

buah delima 2

Tanaman delima dapat tumbuh dengan baik pada wilayah dengan iklim sbtropik hingga tropik seperti di Indonesia. Mulai dari ketinggian dataran o-800mdpl dengan tanah yang gembur. Tanaman ini menyukai tanah yang tidak terlalu basah untuk tumbuh.

 

Tanaman Buah Delima

tanaman delima

Pohon buah delima merupakan tanaman perdu yang berkayu kecil, tanaman ini dapat tumbuh dengan krtinggian 3-6 meter. Cabang batangnya banyak dengan duri yang sedikit pada ketiak daun. Daunnya sendiri berbentuk lojong ramping dengan ujung tumpul membulat dan pangkal yang runcing. Permukaan daunnya mengkilat berwarna hijau. Sedangkan bunga tanaman delima merupakan bunga tunggal berukuran kecil dengan tangkai yang mungilnya tumbuh diujung batang bagian atas. Bunga delima dapat mekar sepanjang tahun, bunganya berwarna jingga terang dimana penutup bunga bagian bawahnnya inilah yang nanti akan berubah menjadi buah delima.

Buah delima memiliki permukaan kulit yang mengilat dan licin. Buah yang sudah masak biasanya berwarna merah terang dengan kuit yang agak tebal namun rapuh. Namun ada juga jenisnya buahnya yang berwarna putih kekuningan dengan sedikit corak kemerahan dan buah delima dengan permukaan kulit yang berwarna ungu gelap mencapai hitam, atau disebut juga dengan delima hitam. Bagian dalam buah delima berbentuk bijian kecil-kecil, warna isinnya mengikuti warna permukaan kulit luarnya. Ukuran besar buah delima yang sudah masak dapat sedikit lebih besar dari kepalan tangan orang dewasa. Rasanya manis segar dengan sedikit asam bila dimakan langsung, buah delima tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung tapi juga sering kali diolah oleh masyarakat untuk menghasilkan sari buah atau sebagai campuran jus dan salad.

Diketahui tanaman pome ini sering kali sengaja ditanam tidak hanya untuk diikmati buahnya, tapi juga digunakan sebagai tanaman hias yang berbuah nikmat dan beberapa orang memanfaatkanya sebagai tanaman obat.

 

Manfaat Tanaman Buah Delima untuk kesehatan jantung

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa biji buah delima mengandung senyawa polifeol yang sangat tinggi. Polifenol sendiri merupakan zat kimia yang terkandung dalam tumbuh-tumbuhan. Senyawa aktif polifenol yang terdapat pada buah delima berperan sebagai antioksidan. Antioksidan polifenol ini sangat bemanfaat dalam mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga kanker.

 

Manfaat Tanaman Buah Delima untuk mengurangi resiko kanker

Kanker adalah suatu penyakit yang terjadi karena hormon atau sel pada tubuh tidak berjalan secara teratur sehingga mengakibatkan tumbuhnya jaringan daging pada tubuh yang sehat. Hal ini juga dikenal sebagai tumor ganas, karena karakter jaringannya yang tumbuh dan menjalari daerah tubuh sekitarnya tanpa terkendali.

Kanker sendiri sebenarnya dapat dicegah, dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Hal itu tentu terdegar mudah, namun jika kita perhatikan, alam sudah menyediakan solusinya untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi buah dan biji dari tanaman delima. Polifenol yang terdapat pada biji delima disinyalir mampu menekan perkembangan dan pembentukan sel kanker dalam tubuh.

 

Manfaat Tanaman Buah Delima untuk mengatur gula darah

Bagi anda penderita Diabetes pasti memiliki pantangan makanan-makanan yang sangat ketat. Namun ada kabar gembira dari para ahli gizi, yaitu mengenai manfaat mengkonsumsi jus buah ini segar untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah anda. Pastikan anda hanya minum jus buah segar ya, dan bukan yang kemasan.

 

Manfaat untuk mempertahankan imun tubuh

Lagi-lagi hal yang sangat penting bagi kesehatan. Yaitu mempertahankan imun tubuh agar tetap terjaga. Imun tubuh merupakan tameng utama untuk menangkal radikal bebas yang dapat memberikan efek buruk pada kesehatan. Kandungan polifenol dan vitamin C yang terkandung pada delima dapat menunjang imun tubuh agar bekerja secara maksimal melindungi kita dari penyakit.

 

Manfaat untuk menurunkan berat badan

Kemudian ada manfaat buah delima untuk menurunkkan berat badan. Pelaku diet adalah orang-orang yang sangat teratur, mulai dari minum air hingga apa apa saja yang boleh dimakan.

Kadar kalori yang rendah dengan tingkat serat dan vitamin yang tinggi menjadikannya sebagai salah satu buah andalan bagi orang orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan namun tetap memenuhi kebutuhan akan konsumsi yang nikmat.