Yuk Kenalan Dengan Buah Parijoto dan Fakta Khasiatnya Untuk Kesehatan

buah parijoto 2

Jika ditanah Arab terdapat Buah Zuriat yang sangat baik bagi ang sedang merencanakan program kehamilan. Di Indonesia terdapat Buah Parijoto yang berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya pada daerah Kudus.

Dikisahkan pada zaman dahulu di tanah Jawa dilereng gunung Muria, tinggallah seorang wali. Karena tempat tinggalnya yang berada di lereng gunung Muria, warga sekitar lalu memanggil sang wali dengan sebutan Sunan Muria. Suatu malam rumah sang wali diketuk oleh warga yang panik karena menunggu istrinya yang tak kunjung melahirkan. Sang walipun bergegas mengikuti. Setibanya di rumah warga tersebut, benarlah bahwa istri dari warga tadi sedang kesakitan menunggu kelahiran, namun jabang bayi tak kunjung keluar walau sudah dirangsang dengan berbagai cara.

buah parijoto 2

Diceritakan pada saat itu Sunan Muria duduk disamping sang ibu hamil sambil membaca doa, kemudian Sunan Muria mengeluarkan buah bentuk kecil-kecil berwarna ungu persis seperti buah anggur dari dalam jubahnya, hanya saja ukurannya lebih kecil. Buah kecil itu lalu diberikan kepada ibu yang sedang kesakitan tadi untuk dimakan dan tak berapa lama, proses persalinan berjalan dengan lancar. Konon buah itulah yang dikenal sebagai buah parijoto yang akan banyak anda temui pada daerah  pegunungan Muria.

Cerita diatas diperaya oleh warga yang tinggal disekitar gunung Muria, dan benar saja banyak warga yang membudidayakan buah parijoto ini. Baik untuk dipanen buahnya maupun untuk tanaman hias yang indah karena buahnya yang imut.

 

Fakta buah parijoto

buah parijoto

Buah parijoto memiliki nama latin Medinilla speciosa. Buahnya berbentuk bulat berukuran kecil seperti anggur, malah lebih kecil dengan warna ungu gelapnya ketika sudah masak. Pohonnya bersemak dengan ketinggian tidak lebih dari satu meter dan tumbuh secara bergerombol. Tanaman semak ini memiliki bentuk daun seperti sisik, namun dengan ukuran yang besar.

Faktanya tidak hanya ditemukan di daerah Jawa Tengah saja, namun juga ditemukan di negara Vietnam, Filipina, hingga China, yang dikenal dengan sebutan Anggur Asia.

Tanaman buah parijoto tumbuh subur pada wilayah dataran tinggi sekitar 1000-2000mdpl, hal inilah yang membuat tanaman ini sangat mudah ditemui pada daerah-daerah dataran tinggi seperti pegunungan dengan curah hujan yang tinggi.

Di Indonesia, tanaman parijoto dikenal dan dibudidayakan oleh warga pegunungan Muria sebagai tanaman obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

Tanaman Parijoto Sebagai Hiasan

Tidak hanya dibudidayakan sebagai tanaman herbal, tanaman parijoto memiliki bunga indah yang tumbuh menjuntai berwarna merah muda keunguan. Tanaman buah ini kerap kali sengaja ditanam untuk dijadikan tanaman hias yang cantik dengan harga yang lumayan mahal.

 

Olahan Buah Parijoto

Rasa buah parijoto tergolong enak untuk dikonsumsi dengan rasa manis dan sedikit asam. Hal itu membuat warga yang membudidayakannya mencoba mengkonsumsi buah berkhasiat ini dengan cara yang lain, diantaranya degan mengekstrak sari buah parijoto ini untk kemudian diolah menjadi minuman segar seperti syrup dan selai yang disimpan dalam kemasan kaca.

 

Dikonsumsi Untuk Kesuburan dan Kesehatan Kandungan Ibu Hamil

Selain nikmat dikonsumsi, seperti yang sudah dijelaskan buah ini menjadi incaran para ibu yang sedang program untuk kehamilan ataupun yang sedang dalam masa hamil. Kenapa bisa begitu? Beberapa peneliti kemudian mengungkap rahasia dari buah mungil ini.

Kandungan anti oksidannya yang tinggi sangat baik bagi kesuburan wanita dan membantu kondisi tubuh untuk lebih sehat. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang mendambakan kehadiran buah hati.

 

Buah Parijoto Sebagai Inspirasi Batik Khas Kudus

Tanaman buah ini menjadi terkenal dikalangan masyarakat karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesuburan dan kesehatan janin. Selain  itu tampilan bunganya yang sedap dipandang mata, menjadi nilai tambah tanaman peninggalan Sunan Muria ini. Sehingga tanaman buah ini menempati posisi tanaman buah primadona dikalangan masyarakat pegunungan Muria.

Bahkan beberapa pengrajin batik yang ada pada wilayah tersebut terinspirasi membuat motif batik dari tanaman buah parijoto yang sangat unik dengan nilai jual yang tinggi sampai menembus pasar Internasional.

Jika anda berkunjung ke daerah pegunungan di Jawa Tengah, anda tidak akan kesulitan untuk menemui buah kecil-kecil berwarna ungu ini. Karena banyak penjual yang sengaja menjajahkan buah parijoto ini di pinggi jalan hingga pasar tradisional.