Mengetahui Kepopuleran Buah Plum yang Mendunia

buah plum

Buah plum atau prem dalam bahasa indonesia adalah tanaman buah dalam keluarga Rosaceae atau yang berasal dari suku mawar-mawaran. Tanaman berjenis ceri-cerian ini merupakan tanaman daerah dataran tinggi. Dapat tumbih dengan baik pada wilayah ketinggian diatas 1000 mdpl. Namun dewasa kini, terdapat pula tanaman buah plum merah yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada wilayah dataran rendah di Indonesia.

Tanaman buah plum berasal dari dataran benua Australia dan Inggris, spesifikasinya tidak dapat dijelaskan lebih lanjut karena hampir dapat ditemui di seluruh wilayah beriklim dingin. Terdapat lebih dari 500 jenis buah plum yang ada didunia. Tapi hanya beberapa saja yang umum dikonsumsi masyarakat, diantaranya buah plum yang berasal dari China dan Eropa.

Tanaman Buah Plum

Meskipun buah ini merupakan buah impor, anda dapat dengan mudah menemukankannya di supermarket-supermarket. Berbentuk segar ataupun yang sudah dikeringkan, semuanya dapat langsung dikonsumsi atau diolah untuk berbagai kebutuhan. Walaupun harga yang harus anda keluarkan cukup tinggi.

Di Indonesia masyarakat mengenalnya seperti namanya plum. Jika anda mencoba mencari buah ini di supermarket, jangan heran apabila yang tertulis pada petunjuk kemasannya berupa “Buah Prem” karena memang itulah namanya dalam bahasa Indonesia.

Buah prem segar biasanya dijual dalam keranjang  atau tempat besar seperti menjual buah apel, agar konsumen dapat memilih buah terbaiknya sebelum membeli. hanya saja ukuran buah ini tidak lebih besar dari kepalan tangan anak-anak. Adapula para penjual yang sudah mengemas dalam kemasan berat tertentu untuk memudahkan pembeli.

Jika anda berminat untuk membeli buah ini dalam keadaan segar, pastikan anda memilih langsung buah yang akan anda konsumsi.

Pilihlah buah yang masih kencang kulitnya, berwarna unggu kemerahaan atau yang agak gelap. Pilih juga yang tidak terdapat cacat pada permukaannya, hal itu menunjukkan bahwa buah plum masih dalam kondisi baik dan tidak busuk ataupun terserang hama ulat.

Di belahan dunia, buah plum dikenal sebagai nutrifood, karena kandungan gizinya yang begitu kaya. Diantaranya.

 

Buah Plum yang Kaya Antioksidan

Buah plum terkenal kaya akan antioksidan. Zat penangkal radikal bebeas ini begitu kita butuhkan untuk menjaga imun tubuh dari gangguan penyakit. Para peneliti di Amerika sudah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang mampu memyamai buah manggis yang sangat terkenal sebagai Queen Of Fruits.

Antioksidannya mampu melindungi sel sel sehat dalam tubuh dari kerusakan jaringan. Zat ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung.

 Buah Plum

 

Cocok Untuk yang Sedang Diet

Buah plum tidak hanya kaya antioksidan, tapi juga penuh oleh vitamin. Terlebih vitamin C namun dengan jumlah kalori yang terbilang rendah. Sarat akan serat yang sangat baik bagi pencernaan, menjadikan buah plum semakin diincar banyak orang yang sedang melakukan diet.

Kandungan senyawa aktif seperti antosianin dan flovanoid yang terkandung dalam buah ini dan antiinflamasinya dapat menekan nafsu makan dan memberikan efek kenyang lebih lama. Tentu hal ini sangat dibutuhkan oleh pelaku diet bukan.

 

Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya sayuran berwarna terang seperti wortel dan lobak, buah plum diklaim mampu menjaga dan merawat kesehatan mata anda karena kandungan Vitamin A nya yang juga tinggi.

 

Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Siapa yang menyangka bahwa buah plum juga dapat membantu pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap kuat. Kemampuan untuk meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah disertai kandungan zat besinya yang tidak sedikit menjadikan rambut lebih subur dan sehat.

 

Buah Plum Untuk Kecantikan Kulit dan Menyembuhkan Luka

Satu lagi khasiat luar biasa buah ini. Kandungan antioksidannya yang sangat baik tidak hanya menjaga jantung dan imun tubuh dari kerusakan, tapi juga dapat menutrisi kulit agar lebih kenyal dan elastis. Mengencangkan kulit, serta menceganya dari penuaan dini.

Hal ini lah juga yang membentuk sel-sel kulit baru bagi anda yang terluka atau pun sedang mencari alternatif untuk menghilangkan bekas luka maupun flek-flek pada kulit wajah.

Sangat menarik bukan. Merogoh kocek yang agak dalam untuk mendapatkan buah dengan semua manfaat seperti yang dijelaskan diatas bukanlah persoalan lagi. Tetaplah atur pola makan sehat dan seimbang anda. Rajinlah berolah raga agar tubuh tetab bugar dan sehat. Konsumsilah buah-buahan yang kaya akan vitamin dan serat agar pencernaan anda tetap baik.