Ketahui Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

buah buahan untuk ibu hamil

Kehamilan adalah suatu momen yang paling dinanti setealah pernikahan. Hal itu tentu membuat hampir semua pasangan suami istri bersiap mempersiapkan segala kebutuhan bagi sang ibu dan janin. Mulai dari asupan nutrisi hingga kebuthan primer lainnya. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi lengkap seimbang seperti buah-buahan segar yang baik untuk ibu hamil. Agar kondisi sang ibu tetap sehat, menunjang perkembangan janin selama dalam kandungan, dan juga diperuntukkan pada saat persalinan kelak supaya tidak terjadi kendala berarti.

Ketika hamil, sang ibu akan lebih sering merasakan keinginan untuk buang air kecil dan besar karena reaksi tidak biasa dari proses kehamilan. Hal ini menjadi dasar agar ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang juga kaya akan serat dan vitamin seperti buah-buahan dan sayuran.

Tanaman Buah-buahan menjadi beberapa pilihan pokok yang sangat baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan bagi si ibu yang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayur. Buah yang kaya serat dan vitamin terbukti efektif membantu ibu yang sedang hamil agar terhindar dari sembelit. Serta  terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mieral pada momen penting tersebut. Buah dapat dipilih para ibu hamil sebagai semilan sehat yang kaya manfaat dari kandungan nutrisinya.

 

7 Buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi Ibu Hamil Pendukung Bagi Kesehatan Kandungan Anda

 

1. Alpukat

buah alpukat untuk ibu hamil

Alpukat adalah buah rekomendasi para dokter spesialis kandungan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat yang terdapat pada buah alpukat sangat dibutuhkan dalam perkembangan anggota tubuh agar tumbuh sempurna, serta membantu pembentukan jaringan otak pada janin.

Alpukat juga dianjurkan, untuk mengurangi rasa mual berlebihan atau yang sering dikenal dengan sebutan morning sickness.

Anda dapat mengkonsumsi jus alpukat, dan menjadikan potongan alpukat sebagai campuran salad yang nikmat.

 

2. Pisang

pisang

Lalu ada buah pisang. Buah seribu umat yang kaya manfaat.

Selain enak rasanya, pisang juga sangat mudah ditemmui dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua orang.

Pisang merupakan salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pisang memiliki kandungan kalori dan gula alami yang sangat diperlukan ibu hamil agar tetap berenergi. Buah pisang juga sarat akan serat, zat ini tentu diperlukan agar sang ibu tetap buang air dengan lancar.

Buah pisang ternyata berfungsi sebagai penenang alami bagi sang bayi didalam kandungan, supaya janin tidak merasa tertekan oleh kesibukan ataupun kegatan dari si ibu.

 

3. Jambu Biji

jambu biji

Seperti yang kita ketahui, jambu biji adalah buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi. Selain kandungan vitamin Cnya, jambu biji juga menyimpan kalium dan fosfor yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang bayi.

Antioksidan yang terdapat pada jambu biji menjadi tameng bagi si ibu hamil dan bayi dari radikal bebas yang dapat memberi pengaruh buruk pada pertumbuhan janin.

Jambu biji yang nikmat dapat dikonsumsi secara langsung, ataupun diolah menjadi minuman segar sebagai variasi.

 

4. Semangka

semangka

Semangka juga menjadi alternatif untuk mengatasi dehidrasi bagi ibu hamil. Buah dengan kandungan air tinggi ini dipercaya dapat membantu proses kelahiran bayi menjadi lancar.

Buah semangka banyak dipilih ibu hamil untuk menenangkan kondisi tubuh yang sering kali merasa mual berlebihan.

Konsumsilah semangka secara teratur agar si ibu hamil tehindar dari rasa keram dan kesemutan keetika memasuki waktu kehamilan semester tengah.

 

5. Apel

buah apel untuk ibu hamil

Mengkonsumsi buah apel dipagi hari dipercaya banyak masyarakat untuk menjadikan kulit janin agar terlahir bagus tanpa cacat. Sebenarnya hal tersebut tidaklah salah. Kandungan multivitamin komplit pada apel seperti vitamin A, E, B12 dan C menjadi dasar penunjangnya mitos tersebut.

Vitamin A dan E terkenal luas sebagai zat pembentuk jaringan kulit dan rambut. Sedangkan vitamin C dan B12nya berperan untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan.

Buah apel juga dapat mengurangi resiko bayi terlahir sumbing.

 

6. Jeruk

buah jeruk

Hampir semua masyarakat mengenal buah ini. Buah dengan kandungan air mencapai 80 persen ini kerap menjadi penghalau bau kurang sedap yang sering kali menghampiri sensitivitas penciuman ibu hamil.

Buah jeruk sudah diketahui sebagai sumber vitamin C tinggi yang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh baik bagi ibu hamil maupun si calon buah hati.

 

7. Delima

buah delima untuk ibu hamil

Buah delima adalah buah unik dan nikmat terakhir yang menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah yang kaya beta karoten ini melengkapi nutrisi penting yang dibutuhkan bagi perkembangan dan menunjang kesehatan si ibu hamil.

Mengkonsumsi buah delima sebanyak 150 gram sebelum tidur, terbukti mampu membuat kondisi ibu hamil lebih bugar dan terhindar dari rasa kram pada otot kaki.

Berikan perhatian yang lebih kepada ibu yang sedang hamil. Keadaan mengandung yang kadang melelahkan kerap membuat emosi dan mood si ibu menjadi berantakan. Curahkan kasih sayang dan cinta yang banyak kepada si calon ibu dan anak. Dan pastikan nutrisi ibu hamil terpenuhi, agar bayi yang lahir kelak sempurna dan tanpa kurang apapun.