Mengenal Jenis Mawar Berdasarkan Warna dan Artinya

mawar

Bunga mawar. Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini?

Mawar merupakan jenis bunga yang paling banyak digemari, baik untuk dijadikan tanaman hiasan dalam pot maupun bunga potong hadiah. Warna  bunga mawar yang paling terkenal adalah mawar merah dan mawar putih, namun ternyata  mawar memiliki banyak variasi warna tetapi harum khas bunganya hampir sama anata satu dengan yang lainnya. Tidak hanya itu, tiap-tiap warna mempunyai simbol dan arti tersendiri. Namun, yang perlu anda perhatikan di sini, arti dan lambang dari bunga mawar ini hanya sebagai tanda yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang, bukan mengartikan hal-hal yang mengaitkan dengan sesuatu yang berkaitan dengan hukum Islam (Musyrik). Berikut beberapa penjelasannya.

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Warna

Mawar Merah (Sexy Red)

Mawar jenis ini biasa digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan karena dikenal sebagai bunga ungkapan kesucian, cinta sejati serta keanggunan. Bunga mawar merah diperkirakan telah ada sejak abad ke-18 dan selalu identik dengan keromantisan. Keberadaan bunga mawar ini lebih sulit didapatkan karena para petani selalu menanam bunga ini lebih sedikit dari warna lainnya. Pasalnya, harga bibit dari mawar ini sangat tinggi sehingga petani sulit untuk membelinya, selain itu perawatannya tidaklah mudah. Hasil panennya pun bisa berbanding 1:3 dengan bunga mawar dengan warna lainnya.

Mawar Putih (White Avalance)

Bunga ini dikenal melambangkan keharmonisan. Dalam bahasa asing, bunga putih disebut dengan White Avalance. Karakteristik dari bunga mawar ini adalah memiliki tangkai panjang dan kuat yang dapat mencapai 100 cm bakan lebih. Dalam waktu 3-5 tahun pembudidayaan, kelopak yang dihasilkan dapat mencapai 17-25 lembar dan dapat mekar berulang-ulang hingga 3 kali dalam seminggu.

Mawar Kuning (Mohana)

Bunga ini dikenal melambangkan rasa solidaritas tinggi, kekeluargaan, keceriaan, dan rasa gembira. Biasanya bunga ini diberikan pada beberapa momen seperti seseorang yang baru melahirkan ataupun wisuda. Ketahanan dari bungan mawar kuning dikenal dapat sangat lama.

Mawar Pink

Makna yang tersimpan dari mawar pink adalah ungkapan simpati dan penghargaan. Tak hanya itu, mawar putih juga biasa dijadikan hadiah bagi ibu hamil yang baru saja melahirkan sebagai penghargaan dan feminitas serta dijadikan sebagai hand bouqet bagi pengantin yang baru saja melangsungkan pesta pernikahan. Jika anda memberikan bunga ini pada saat hari valentine untuk pasangan anda, maka pilihan anda bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, pasangan yang memberikan bunga mawar pink dapat diartikan sebagai keraguan akan rasa cintanya terhadap pasangan. Itulah sebabnya mawar merah lebih banyak digunakan pada perayaan hari valentine.

Mawar Biru

Mawar ini merupakan mawar yang paling banyak ditemukan di toko-toko bunga karena bunga ini merupakan hasil dari proses osmosis. Warna biru dari mawar ini bukanlah warna asli, karena melalui proses osmosis yang merupakan pencelupan mawar putih ke dalam suatu cairan khusus. Makna yang terkandung dari mawar biru ini memiliki arti misteri, pesimistis, dan kemustahilan.

Mawar Hijau

Perbedaan mawar hijau dengan mawar jenis lainnya terletak pada mahkota bunganya. Bunga mawar ini termasuk sulit untuk didapatkan. Di Indonesia, mawar hijau dapat kita temukan di Kebun Raya Bali di kasawan Bedugul sejak 1976. Namun, keberadaannya sering tak terlihat karena mungkin tersamarkan dengan dedaunan. Selain di Bali, anda juga dapat menemukannya di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

Warma hijau dari mawar ini memiliki makna kesuburan, kesejahteraan, dan perdamaian.

Mawar Orange

Mawar ini memiliki makna antusiasme, kebanggan, dan kehormatan. Biasanya mawar ini digunakan sebagai bucket bunga bagi pasangan yang baru saja menggelar pernikahan sebagai pesan kesungguhan, ketulusan, serta rasa semangat dengan apa yang dilakukan. Mawar ini bukanlah spesies mawar asli, melainkan hasil dari proses persilangan antara mawar merah dengan mawar kuning.

Mawar Ungu

Bunga ini memiliki batang berduri yang berfungsi sebagai pengait pada saat merambat. Selain itu, duri dari mawar ini juga berfungsi sebagai pertahanan dari ancaman musuh. Mawar ini biasa dijadikan simbol kemewahan dan kemegahan.

Mawar Hitam

Jika mawar warna lain cenderung melambangkan simbol positif, berbeda dengan mawar warna ini. mawar hitam cenderung melambangkan arah yang negatif seperti kebencian, kematian, serta perlawanan. Warna hitam pada mawar ini ternyata tidak benar-benar hitam pekat, melainkan intensitas warna merahnya yang begitu pekat sehingga timbul warna kehitam-hitaman. Jika anda menemukan mawar dengan warna yang pekat, bisa jadi itu bukan jenis mawar asli melainkan mawar putih yang telah diproses melalui teknik osmosis atau teknik pewarnaan menggunakan tinta khusus.

 

Itulah berbagai jenis mawar berdasarkan warna dan arti dari setiap warna. Warna apakah yang cocok untuk melambangkan kasih sayang anda kepada pasangan, teman, atau keluarga?