Dahsyatnya Manfaat Yang Diberikan Oleh Daun Sirih!

Halo sahabat tanam, apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan baik.

Mengulas ragam tanaman yang tumbuh di tanah Nusantara ini memang tidak ada habisnya. Mulai dari berbagai tanaman penghasil buah nikmat dan bergizi, tanaman hias cantik nan harum, hingga tanaman herbal berkhasiat luar biasa. Dan salah satu tumbuhan khas Indonesia yang akan kita bahas kali ini adalah Daun Sirih.

Daun sirih atau dalam bahasa biologinya dikenal dengan nama Piper betie adalah satu dari sekian banyak tanaman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terutama bagi persoalan masa;ah kesehatan penduduk setempat dan tak jarang pula digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai upacara adat lokal melayu seperti pada daerah-daerah di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei dan Vietnam.

Kerakteristik tanaman daun sirih

Tumbuh secara merambat menggapai segala jenis permukaan yang dilaluinya, daun sirih merupakan jenis tanaman yang berdiri diatas golongannya sendiri. Umumnya terdapat dua jenis daun sirih yang dikategorikan berdasarkan warna dasar daun tanaman tersebut yaitu Sirih Hijau dan Sirih Merah.

Sama-sama memiliki kegunaan dan manfaat yang sangat baik bagi kehidupan, Sirih hijau adalah yang paling sering digunakan dalam banyak keadaan dan kesempatan. Mengingat sifat dari herba ini yang mendinginkan dan menenangkan karena kandungan minyak atsirinya. Daun sirih hijau dapat dilihat dengan mengenal ciri-ciri warna menyeluruh tanamannya yang dominan hijau, mulai dari batang, dan daunnya hijau mengkilap berbentuk melebar, ujungnya meruncing dengan tulang-tulang yang menyusun rapi.

Sedangkan sirih merah memiliki rupa sedikit berbeda dari daun sirih biasanya. Ukuran daun sirih merah lebih kecil dibanding sirih diatas, meski tetap dengan warna hijaunya yang berpadu dengan corak guratan keputih-putihan mengkilap pada permukaan daun dan berwana merah terang cenderung ke maroon pada bagian bawahnya.

Batang daun sirih tidak memiliki kayu. Bersifat menutupi permukaan atau wilayah tumbuh dan hidup menjalar ke segala penjuru. Batangnya berwrna hijau kecoklatan, bulat dan ramping. Terdapat ruas-ruas disepanjang batang sirih tempat munculnya akar.

Baik daun sirih hijau maupun merah, adalah daun tunggal yang tumbuh berselang seling satu-satu sepanjang batangnya. Bentuknya mirip seperti hati namun bertangkai.

Dan bunganya berbentuk bulir-bulir yang tumbuh disepanjang tangkai berisi tidak lebih dari lima kepala putik. Terdapat beberapa daun yang jika diperhatikan bersifat melindungi bunga tersebut. Bunganya mungil berwarna putih sedikit kuning kehijau-hijauan.

Pemanfaatan

Di Indonesia tanaman sirih merupakan herba yang banyak dipuja orang. Selain karena manfaat dan khasiatnya, daun sirih juga dikenal atas kharismanya yang kerap diikutkan untuk melengkapi acara-acara adat. Cobalah untuk meremas daun sirih yang masih segar, anda akan dimanjakan oleh aroma sedap yang khas bersal dari senyawa penghasil minyak esential.

Daun sirih sendiri sudah digunakan oleh nenek moyang untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari yang paling ringan hingga olesan untuk mengobati luka bakar. Bahkan beberapa penelitian menyatakan fakta mengejutkan bahwa kandungan yang terdapat pada daun sirih dapat menjadi alternatif zat anti kanker.

Daun sirih untuk menjaga kesehatan mulut

Pernahkah anda membaca komposisi atau kandungan dari pasta gigi yang anda beli di supermarket? Jika iya, anda pasti tidak asing melihat daun sirih sebagai salah satu herba yang menjadi bahan utama pembuatan pasta gigi tersebut.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, pasalnya daun sirih memiliki sifat anti kuman dan bakteri yang apabila diekstrak dan dijadikan pasta gigi akan memberikan manfaat luar biasa terhadap gigi, gusi dan organ mulut lainnya.

Terdapatnya senyawa organik yang ada pada daun berkhasiat ini berfungsi membunuh kuman, jamur, juga bakteri penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap. Orang tua zaman dahulu biasa mengunyah daun sirih yang dicampur getah gambir untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan gigi dan mulut.

Sebagai obat batuk dan pelega tenggorokan

Tanaman sirih adalah tanaman obat yang mengandung zat antiseptik, antibakteri, anti-inflamasi dan memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Tidak jarang kita akan dengan mudahnya menemukan daun-daunan menjalar ini bertengger sebagai TOGA (tanaman apotek keluarga) di pekarangan rumah.

Daun sirih memiliki kemampuan mumpuni untuk mengatasi batuk yang melanda keluarga anda. Kandungan Vitamin A, B12, C, dan E, serta minyak atsirinya efektif meredakan batuk juga melegakan tenggorokan.

Caranya, cukup dengan meminum beberapa lembar rebusan daun sirih yang dicampur madu sebagai perasa nikmatnya secara rutin setiap hari, hingga dirasa batuk yang diderita berkurang atau sembuh.

Menghentikan pendarahan di hidung (Mimisan)

Banyak faktor yang menjadi penyebab pendarahan di hidung atau biasa disebut dengan mimisan. Dan daun sirih adalah tanaman yang paling banyak dicari untuk mengatasi masalah tersebut.

Daun sirih yang mengandung senyawa tanin dan antiseptik bekerja secara cepat untuk menghentikan pendarahaan yang terjadi pada hidung seseorang. Zat tanin memberikan efek pembekuan darah yang kemudian direspons oleh tubuh dalam proses penyembuhan. Sedangkan antiseptiknya bersifat membersihkan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Daun sirih untuk mengatasi bau badan

Siapa sih yang tidak risih atau terganggu dengan bau badan? Bahkan ada beberapa orang yang sampai minder gara-gara memiliki bau badan yang kurang sedap. Tidak perlu khawatir, bagi anda yang sedang mencari cara untuk menghilangkan bau badan, anda dapat mencoba mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara rutin.

Faktanya daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat membunuh bakteri dan dapat mengontrol hormon kelenjar dalam memproduksi keingat. Hal inilah yang menjadi dasar banyaknya produk-produk deodorant menggunakan ekstrak daun sirih dalam upaya mengurangi dan minghilangkan bau badan.

Mengatasi gejala penyakit asma

Penyakit asma ditandai dengan sulitnya paru-paru dalam memproses udara yang masuk. Hal ini mengakibatkan terjadinya sesak nafas, nafas menjadi tersengal-sengal dan sulit bernafas.

Jika anda merasakan tanda-tanda kesulitan bernafas seperti diatas, ada baiknya untuk mulai melakukan pemeriksaan lebih lanjut atau anda dapat memanfaatkan rebusan air daun sirih.

Kandungan mineral dan nutrisi pada daun sirih yang kaya akan antioksidan, polifenol, dan senyawa organik lainnya dapat membantu mengatasi gejala penyakit asma.

Mengatasi berbagai penyakit kulit

Penyakit kulit adalah kondisi dimana hampir setiap manusia mengalaminya, dewasa maupun anak-anak, pria dan wanita. Mulai dari jerawat, panu, kurap, gatal-gatal akibat alergi, gigitan serangga, serangan bakteri dan jamur, serta bisul hingga bekas luka yang meninggalkan jejak.

Tidak menapik fakta ilmiahnya bahwa daun sirih memang sangat bermanfaat untuk membersihkan, menyembuhkan, dan mengatasi beragam masalah kulit.

Hebatnya lagi, hanya dengan membasuh bagian kulit tubuh yang bermasalah dengan air rebusan daun sirih secara rutin sampai keadaan kulit yang diinginkan terpenuhi.

Menjaga kesehatan jantung, kadar kolesterol hingga tekanan darah

Rebusan daun sirih diketahui dapat dikonsumsi sebagaiĀ  obat dan dapat pula dijadikan air basuhan untuk mengatasi masalah tubuh bagian luar, tentu saja hal tersebut sudah berlaku sejak zaman dahulu sekali.

Rebusan daun sirih juga digunakan khasiatnya untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar kolesterol, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Karena kadar antioksidan yang sangat tinggi pada daun sirih, menciptakan stigma positif terhadap tanaman merambat tersebut. Hal itu lalu membuat para peneliti mengesahkan manfaat daun sirih sangatlah dahsyat.

Minumlah rebusan daun sirih setiap hari sebagai kosumsi harian agar terjaganya kesehatan jantung, kadar kolestrol terkontrol dan tekanan darah yang normal.

Daun sirih untuk menjaga kesehatan daerah intim kewanitaan

Daun sirih untuk menjaga kesehata daerah intim kewanitaan

Sudah bukan rahasia lagi jika daun sirih adalah tanaman yang sangat berkhasiat. Terlebih pemanfaatannya dalam mengatasi masalah kebersihan daeah kewanitaan.

Daun sirih telah lama digunakan sebagai bahan perawatan organ intim perempuan, salah satunya bahkan dinilai efektif mengurangi masalah keputihan tidak normal yang melanda.

Kandungan daun sirih yang bersifat antibakteri dan jamur, sangat provokatif bekerja mematikan bakteri jahat sumber keputihan dan bau tak sedap pada miss v. Selain itu, daun sirih juga dapat diaplikasikan langsung pada titik yang bermasalah agar segera membaik.

Anda dapat mengkonsumsi rebusan air daun sirih, dan juga membasuhkan air rebusannya yang masih hangat untuk membersihkan dan menenangkan daerah kewanitaan yang bermasalah.