Cara Memelihara Tanaman Hoya Kentiana di Rumah

Hoya Kentiana, atau wax plant, adalah spesies yang populer karena dedaunannya yang luar biasa indah. Meskipun mereka menumbuhkan bunga yang menggemaskan dan menakjubkan di musim mekar, tanaman ini dibudidayakan di seluruh dunia karena fitur utamanya – daun. Tanaman beraneka ragam Hoya Kentiana adalah subkategori dari spesies yang sama-sama populer dan trendi.

Tanaman Hoya Kentiana

Tetapi selain sebagai estetika dan hiasan yang cantik, tanaman ini memiliki beberapa fitur lain yang disukai dalam hal pertumbuhan, perawatan, dan pengelolaannya. Inilah sebabnya mengapa tanaman tropis ini sangat populer sebagai spesies dalam ruangan juga.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Hoya Kentiana, teruslah membaca!

Klasifikasi

– Keluarga: Apocynaceae

– Subfamili: Asclepiadoideae

– Genus: Hoya

Tentang Genus Hoya

Genus tumbuhan aneh ini mencakup sekitar 200 hingga 300 spesies. Semuanya merupakan tumbuhan tropis dengan daun lilin dan bunga-bunga indah. Mereka bisa tumbuh sebagai tanaman merambat, tanaman memanjat, dan terkadang bahkan semak. Meski daun ini berbeda pada setiap spesies, kualitas hiasnya tetap sama. Bunganya menyerupai bintang berujung lima dan dapat bervariasi dalam bentuknya.

Nama Umum dan Sinonim

– Wax Plant Kentiana

– Porcelain Flower

Asal dan Persebaran

Tanaman itu pertama kali dinamai sebagai Hoya oleh Robert Brown. Dia mendedikasikan nama ini untuk temannya ahli botani, Thomas Hoy. Semua tanaman Hoya berasal dari negara-negara Asia, seperti Cina, Thailand, Vietnam, Indonesia, Malaysia, India, dan Bangladesh. Tanaman ini juga tersebar dengan beragam di Filipina, Australia, dan New Guinea.

Ciri Hoya Kentiana

Dedaunan dan Batang

Tanaman ini ditanam khusus untuk dedaunannya. Daunnya berwarna biru kehijauan dan teksturnya halus. Mereka memiliki feel seperti lilin, memberi mereka nama populer mereka “wax plant.” Masing-masing daun ini tumbuh menjadi bentuk yang memanjang dan sempit. Tanaman yang kurus membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman yang berdaun lebat.

Evergreen

Untungnya, dedaunan Hoya Kentiana selalu hijau. Itu berarti mereka bisa tetap segar dan cantik sepanjang tahun, terlepas dari musimnya.

Tinggi

Dalam kondisi yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh 30 hingga 45 cm dengan jarak tanam 8 hingga 15 cm. Karena ukurannya, mereka mudah tumbuh dalam pot.

Toleransi Suhu

Hoya adalah tanaman yang menyukai kehangatan sehingga terkadang mereka dapat mentolerir suhu yang lebih tinggi. Jika Anda mempertahankan suhu hangat yang optimal, mereka akan tumbuh lebih cepat.

Toleransi Kelembaban

Dari segi kelembapan, tanaman Hoya Kentiana sangat lunak. Anda dapat memistingnya dan meletakkannya di bawah tingkat kelembapan tinggi. Mereka tidak akan mengeluh. Pastikan kelembapan pada daunnya benar-benar kering dalam beberapa jam.

Bunga

Tanaman ini menumbuhkan bunga-bunga indah berwarna merah, merah tua, dan putih saat mekar. Bunga Hoya Kentiana ini harum dan tumbuh selama pertengahan musim semi atau awal musim panas di negara empat musim.

Tahan kekeringan

Mengingat mereka membutuhkan banyak kelembaban dan penyiraman sering, tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik di bawah kekeringan. Pastikan Anda menjaga tanaman tetap terhidrasi dengan baik dan memberikan kelembapan yang tepat untuk tumbuh subur.

Toleransi Tekanan

Karena keras dan berdaun lilin, tanaman ini agak toleran terhadap tekanan dan tidak langsung roboh pada tekanan akut. Namun tidak ada tanaman Hoya yang suka berada di bawah tekanan eksternal yang konsisten. Itu menghambat pertumbuhan mereka dalam waktu lama, memastikan bahwa tanaman duduk dengan bebas di sudut yang kosong.

Resistensi Penyakit dan Hama

Soal infeksi dan penyakit, tanaman hoya hanya rentan terhadap beberapa jenis. Patogen jamur hanya menyerang tanaman jika tanaman tersebut hidup dalam kondisi yang tidak sesuai atau tidak memadai. Dua penyakit tertentu yang paling umum adalah: Botrytis Blight dan jamur Scooty.

Botrytis tumbuh di tanaman sebagai bercak abu-abu besar di tengah atau tepi daun. Saat semakin memburuk, bintik itu menjadi lembek dan roboh. Gejala lain termasuk lesi layu, coklat, atau hitam pada batang dan akar lunak.

Jamur scooty juga merupakan penyakit jamur yang muncul di daun sebagai pertumbuhan hitam. Penyakit ini muncul sebagai akibat dari kutu daun, kutu putih, dan serangan hama lainnya. Namun jika Anda mengontrol dan menghilangkan serangga tepat waktu, Anda mungkin bisa menyelamatkan tanaman.

Dalam kasus tanaman yang sakit, langkah pertama Anda adalah mengisolasinya. Selanjutnya, gunakan fungisida dan insektisida komersial. Plus, bersihkan tanaman dengan benar dan letakkan di bawah suhu dan kelembaban sedang selama beberapa minggu. Kecuali tanaman benar-benar sudah sehat dan bebas dari penyakit, jangan meletakkan tanaman kembali ke posisi semula di samping tanaman lainnya.

Pertumbuhan

Dalam perawatan yang tepat, tanaman Hoya Kentiana tumbuh dengan cepat. Mereka cenderung mulai menunjukkan pertumbuhan yang baik dalam hitungan minggu.

Toksisitas

Meski tanaman hoya belum tentu beracun, mereka bisa membuat hewan sakit. Sistem pencernaan hewan tidak dapat memproses daun berlilin atau memecahnya. Jadi, pastikan hewan peliharaan Anda tidak sering menggigit tanaman. Jika anjing atau kucing peliharaan Anda muntah secara sembarangan, lihat apakah mereka telah menelan daun dari tanaman dan mengatasinya.

Daya tahan

Tanaman ini tumbuh sebagai tanaman keras. Mereka bisa hidup bertahun-tahun jika diberi perawatan dan lingkungan yang tepat. Jadi jika Anda merawatnya dengan benar, tanaman Hoya Kentiana akan bertahan cukup lama.

Pemeliharaan

Karena kebutuhan tanaman rata-rata, spesies ini memiliki pemeliharaan yang cukup rendah, dan Anda dapat menanamnya di dalam ruangan dengan cepat. Ini adalah tanaman yang sangat baik bagi mereka yang tidak tahu banyak tentang tanaman dan ingin memulai dengan yang sederhana.

Dormansi

Selama musim gugur dan musim dingin, tanaman Hoya Kentiana cenderung tidak aktif. Mereka berhenti tumbuh dan mengonsumsi nutrisi pupuk atau air. Selama waktu ini, berikan hanya sejumlah air yang dibutuhkannya, tidak lebih. Ini bisa dilakukan sekali atau dua kali sebulan, sesuai dengan kebutuhan individu spesies. Hindari perbanyakan dan pemangkasan tanaman selama musim ini.

Perawatan Hoya Kentiana

Perawatan Hoya Kentiana tidak terlalu susah. Ini membutuhkan penyiraman yang sering menggunakan metode guyur dan keringkan, dan Anda bisa memupuknya dengan pupuk daun atau pupuk bernitrogen tinggi lainnnya. Anda dapat meletakkan tanaman ini di bawah suhu dan kelembapan ruangan sedang. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu sering memangkasnya.

Air

Dari segi air, perawatan Hoya Kentiana cukup sederhana. Namun Anda harus sangat memperhatikan frekuensi penyiraman, terutama selama musim tanam. Sirami hoya secara menyeluruh, dan biarkan bagian atas tanah mengering sebelum Anda menyiraminya lagi. Selama musim hujan, tambahkan air ke atas tanah dengan cara yang sama tetapi jangan berlebihan. Frekuensi sesi ini akan berkurang selama hari-hari hujan deras, jadi ingatlah itu. Idealnya, Anda harus menggunakan air hujan atau air suling untuk tanaman ini.

Tanah

Sambil menjaga kisaran pH dari 6,1 hingga 7,5, pastikan tanah memiliki drainase yang baik dan kaya nutrisi. Sedangkan untuk komposisinya, Anda bisa menggunakan campuran media tanam berbahan dasar lumut gambut, sekam, atau cocopeat. Campurkan dua bagian lumut gambut dengan satu bagian perlit untuk membuat campuran media tanam yang ideal.

Sinar Matahari

Saat tanaman dalam tahap pertumbuhan, yang terbaik adalah meletakkan Hoya Kentiana di bawah banyak cahaya terang. Meskipun paparan sinar matahari langsung tidak masalah untuk sebagian besar tahun, hindari selama hari-hari yang santat terik. Selama waktu seperti itu, letakkan tanaman di dekat jendela di bawah cahaya yang menyebar. Jaga rasio sinar matahari dan bayangan seimbang.

Suhu

Adapun soal suhu, tanaman Hoya Kentiana lebih menyukai kisaran 18 hingga 26 derajat Celsius. Jika Anda tinggal di negara empat musim, selama musim dingin, Anda dapat mencoba suhu antara 12 hingga 15 derajat Celsius selama beberapa bulan sebelum awal musim semi. Tapi pastikan suhu tidak turun lebih rendah dari 7 derajat Celsius.

Kelembaban

Tanaman Hoya Kentiana tumbuh subur dalam kelembapan. Jadi, pastikan mereka mendapat banyak, terutama selama musim panas. Anda dapat menyemprot tanaman sesekali atau menggunakan nampan kerikil untuk menambah kelembapan di udara. Yang terbaik juga adalah jika Anda menghindari tanaman terkena pemanas buatan. Ini diperlukan karena udara kering yang dikeluarkan alat.

Pupuk

Untuk tanaman hoya, rasio unsur hara dalam pupuk harus lebih banyak mengandung nitrogen. Hoya adalah tanaman dedaunan, jadi mereka membutuhkan lebih banyak nutrisi ini. Pupuk NPK dengan komposisi nitrogen (N) yang lebih tinggi sudah cukup untuk menjaga kesehatan tumbuhan. Jika tanaman sedang berbunga, Anda bisa menggunakan makanan nabati dengan komposisi fosfor (P) yang lebih tinggi untuk meningkatkan kualitas mekar.

Repotting

Perawatan Hoya Kentiana tidak melibatkan banyak sesi repotting yang sering. Anda dapat memindahkannya ke pot yang berbeda setiap 2 hingga 3 tahun jika Anda merasa perlu. Namun dalam kasus infeksi atau penyakit, Anda dapat melakukannya sedini mungkin.

Perawatan dan Pemangkasan

Tanaman Hoya Kentiana tidak membutuhkan banyak pemangkasan. Berbeda dengan kebanyakan tanaman merambat, pemangkasan spesies ini tidak akan meningkatkan peluang pertumbuhan baru. Jika ada bagian tanaman yang tidak tumbuh dengan baik, Anda dapat memotongnya atau membuangnya. Sedangkan untuk perawatannya, pastikan Anda membersihkan tanaman dan mengeringkannya secara teratur agar terhindar dari debu, kuman, dan pertumbuhan bakteri.

Perawatan Hoya Kentiana Variegata

Karena dedaunannya yang khas, tanaman Hoya Kentiana variegata cenderung berbeda dalam hal perawatan dan kebutuhan. Tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur dengan pH sekitar 6,4 hingga 7,3. Plus, mereka membutuhkan keseimbangan antara naungan dan matahari. Anda tidak dapat memaparkannya langsung ke matahari seperti Hoya Kentiana biasanya.

Untuk memperbanyaknya, potong stek setengah dewasa dari tanaman yang sehat dan tanam di tanah yang subur dan basah. Perawatan Hoya Kentiana variegata kurang lebih sama dengan perawatan Hoya Kentiana biasa.

Budidaya dan Perbanyakan

Cara terbaik untuk memperbanyak tanaman ini adalah melalui stek batang. Prosesnya sederhana, dan yang Anda butuhkan hanyalah stek dan lingkungan yang optimal untuk menumbuhkannya.

– Potong beberapa stek batang yang tidak berbunga dari tanaman.

– Pastikan setiap cuttingan memiliki minimal dua node di ujungnya.

– Siapkan pot tanaman yang diisi dengan campuran media tanam yang ideal dan ditutup dengan plastik. Penutup atau sungkup ini penting untuk memberikan kelembapan maksimum pada tanaman yang sedang tumbuh.

– Anda juga bisa mencelupkan batang ke dalam hormon perakaran sebelum Anda menanamnya. Pastikan Anda mencelupkan ujung potongan ke dalam hormon.

Laju Pertumbuhan

Hari 1-14: Tanam stek di dalam tanah yang sudah dikondisikan. Siram dengan sering.

Minggu 3-6: Anda akan melihat tunas berkembang dalam durasi waktu ini.

Bulan 2-3: Jika semuanya berjalan dengan baik, tanaman akan mulai berkembang dengan baik. Periksa air dan pupuk untuk memastikannya tumbuh dengan cepat dan efisien.

Memajang Tanaman Hoya Kentiana

Karena ukurannya yang kompak dan bentuknya yang indah, tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dalam pot. Mereka dapat dipajang cukup banyak di mana saja di rumah, di mana bisa mendapatkan sinar matahari dan kelembaban yang optimal. Selain itu, tanaman ini adalah ide hadiah yang sangat bagus untuk teman Anda. Mereka selalu hijau, mudah dirawat, dan juga sangat tahan lama. Anda dapat menyimpannya di dalam ruangan atau menggantungnya di balkon Anda untuk menambah semburat warna pada interior Anda.

Penutup

Hoya Kentiana, serta tanaman Hoya Kentiana variegata, adalah pemandangan cantik untuk dilihat. Tapi mereka tidak hanya bagus untuk dilihat, mereka juga mudah dirawat dan dipelihara. Mereka menumbuhkan bunga yang indah dan sangat sederhana dalam hal perbanyakan. Tidak ada alasan untuk tidak menyukai tanaman ini!

Komentar