Tips Merawat Tanaman Hoya Rotundiflora dan Perbanyakannya

Hoya Rotundiflora adalah tumbuhan epifit yang termasuk dalam famili tumbuhan, “Apocynaceae.” Tanaman ini berasal dari Thailand dan dianggap tumbuhan berbiji. Hoya Rotundiflora mendapat nama “Hoya” karena seorang ahli botani bernama Thomas Hoy dan mendapat nama “Rotundiflora” karena dedaunannya yang bulat.

Ciri-ciri dan Harga Hoya Rotundiflora

Hoya Rotundiflora memiliki perawatan tanaman yang sangat mendasar. Yang dibutuhkan hanyalah pot yang memiliki drainase yang baik, dengan tanah subur yang tinggi nitrogen karena membantu bunga untuk mekar. Tanaman ini juga suka mandi di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung tetapi dapat mentolerir sinar matahari langsung hingga batas tertentu.

Perawatan Tanaman Dasar untuk Hoya Rotundiflora

Tanah

Hoya Rotundiflora memiliki kebutuhan tanah dasar karena mereka lebih menyukai tanah yang memiliki drainase yang baik dan lembab. Anda dapat menggunakan campuran media tanaa sederhana apa pun (misalnya sekam bakar dan cocopeat) untuk tanaman ini; pastikan saja untuk memberi tanaman pemupukan yang tepat. Jaga pH tanah berkisar antara agak asam (6,1 sampai 6,5) sampai netral (6,6 sampai 7,5).

Penyiraman

Seperti tanaan lainnya, Anda perlu menyiraminya lebih di musim kemarau dan menyiram jarang-jarang di musim hujan. Hoya Rotundiflora menyimpan air di daunnya yang segar, jadi meskipun Anda lupa menyiraminya selama beberapa hari, itu tidak menjadi masalah.

Aturan dasar yang dapat Anda ikuti untuk menghindari penyiraman berlebihan atau kurang penyiraman tanaman Anda adalah dengan mengamati daunnya; jika kaku, maka itu pertanda tanaman disiram dengan baik. Ingat, meskipun tanaman Anda disiram dengan baik, membiarkannya mengering terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan parah pada Hoya Rotundiflora Anda.

Pencahayaan

Hoya Rotundiflora menikmati sinar matahari tidak langsung yang cerah. Tanaman ini mampu mentolerir sinar matahari langsung untuk jangka waktu tertentu, tetapi memaparkannya ke cahaya langsung untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan daun tanaman menguning atau hangus.

Suhu

Hoya Rotundiflora tidak mampu bertahan di bawah suhu rendah dan akan mati jika terkena embun beku. Tanaman ini dapat menangani suhu serendah 15 derajat Celcius dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu di bawah 35 derajat Celcius.

Kelembaban

Hoya Rotundiflora menikmati tingkat kelembapan yang tinggi. Mereka cenderung tumbuh subur pada tingkat kelembapan di atas 60%; oleh karena itu, Anda harus mencoba semua yang Anda bisa untuk membantu menjaga kelembaban di sekitar persentase ini, terutama untuk Hoya Rotundiflora dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat bertahan pada tingkat kelembaban yang berkisar 40%.

Pupuk

Hoya Rotundiflora suka dipupuk sesekali. Pupuk terbaik untuk digunakan adalah yang seimbang (20-20-20) dan larut dalam air. Pupuk tanaman Anda dengan pupuk berimbang setiap dua minggu sekali sampai bunga mulai tumbuh.

Setelah Hoya Rotundiflora Anda mulai mekar, gunakan pupuk yang mengandung nitrogen tinggi. Bunga Hoya Rotundiflora membutuhkan pupuk yang tinggi kalium (K) dan nitrogen (N); jika tanaman tidak diberi nutrisi yang tepat, maka bunganya akan tumbuh kecil, dan ini akan menghasilkan pertumbuhan berdaging.

Pot

Hoya Rotundiflora suka terikat dengan akar. Artinya Anda tidak perlu terlalu sering merepoting tanaman ini. Untuk merepoting Hoya Rotundiflora, Anda harus menunggu sampai akarnya memenuhi pot.

Anda dapat mengetahui apakah tanaman Anda terikat akar dengan mengangkat tanaman dari pot secara perlahan dan jika Anda melihat masih ada tanah gembur, maka biarkan Hoya Rotundiflora Anda tumbuh lebih banyak. Jika akar tanaman menahan semua tanah, maka Hoya Rotundiflora Anda siap untuk dipindahkan.

Untuk merepoting Hoya Rotundiflora Anda, ikuti saja tips berikut:

– Pilih pot yang sedikit lebih besar dari tempat tanaman Anda ditanam (kira-kira 2 cm lebih besar).

– Lebih baik merepoting tanaman Anda ke dalam pot yang sedikit lebih besar daripada pot yang jauh lebih besar agar tanaman tidak menerima nutrisi berlebih, karena ini juga bisa berbahaya bagi tanaman.

– Pastikan tanaman Anda memiliki struktur akar yang kokoh sebelum mencoba merepotingnya.

– Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang tepat di bawahnya.

– Gunakan media tanah yang di dalamnya terdapat lumut gambut, vermikulit, dan perlit setara. Tambahkan juga beberapa sendok makan batu kapur. Ini akan membantu mengontrol tingkat kelembapan.

– Campur media tanam dengan baik dan basahi dengan air.

– Keluarkan Hoya Rotundiflora Anda dari pot lama dan segera pindahkan ke dalam pot baru.

– Sirami kembali Hoya Rotundiflora Anda dan simpan di bawah sinar matahari tidak langsung.

Repotting tanaman Anda tidak selalu berarti akan dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Terkadang itu berarti tanaman harus dipindahkan ke pot yang lebih kecil. Nutrisi yang berlebih dapat menyebabkan akar membusuk.

Pemangkasan

Pemangkasan Hoya Rotundiflora sangat sederhana. Tanaman harus sering dipangkas agar pertumbuhannya lebih lebat. Ikuti langkah-langkah berikut agar berhasil memangkas tanaman Anda:

– Potong bagian batang Anda tepat di bawah ruas daun.

– Lakukan dengan peralatan bersih, artinya harus disterilkan dengan alkohol.

– Lanjutkan untuk memotong bagian tanaman yang tidak diinginkan.

– Pangkas setiap daun atau cabang yang layu, rusak, dan terinfeksi. Anda akan tahu bagian mana dari tanaman Anda yang perlu dipangkas hanya dengan mengamatinya. Setiap daun yang tampak kuning atau coklat harus dipotong.

– Pangkas pertumbuhan berlebih dari area acak tanaman Anda. Ini akan menciptakan lebih banyak ruang untuk tanaman Anda dan menghadirkan estetika yang lebih baik ke taman Anda.

– Usahakan untuk tidak menghilangkan lilin dari mekarnya bunga karena bunga akan mekar dari tempat yang sama seperti sebelumnya

Pemangkasan bagian tanaman yang sehat dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman Anda, yang akan membantu meningkatkan jumlah tanaman Anda.

Perbanyakan

Ada beberapa cara untuk memperbanyak Hoya Rotundiflora Anda, tetapi sebelum Anda memperbanyak tanaman Anda dengan menggunakan beberapa cara yang berbeda ini, ada beberapa prosedur awal yang sama untuk semua metode; ini meliputi:

– Pertama, potong bagian tanaman yang cocok. Jika Anda bisa, maka pilihlah tanaman merambat yang tidak tumbuh atau memiliki daun yang belum matang di atasnya.

– Cari node pada tanaman. Node adalah area tempat daun tanaman Anda tumbuh. Setelah Anda melihatnya, potong dari node terakhir daun.

– Ingatlah untuk menggunakan peralatan yang disterilkan untuk menghindari kerusakan dan mengurangi kemungkinan infeksi jamur.

– Anda kemudian dapat mencelupkan ujung batang ke dalam hormon perakaran (ini bukan langkah yang perlu). Hormon perakaran akan memungkinkan tanaman Anda menumbuhkan akar dengan cepat.

Setelah Anda mengikuti semua langkah ini, Anda dapat melanjutkan untuk memilih metode propagasi yang terbaik untuk Anda. Anda dapat menggunakan propagasi air atau propagasi perlite:

Perbanyakan Air: perbanyakan air adalah metode perbanyakan termudah untuk Hoya Rotundiflora; yang harus Anda lakukan adalah meletakkan potongan Anda di dalam air dan mengganti air secara teratur. Jika Anda tidak mengganti air, maka air akan menggenang, hal ini menyebabkan aktivitas bakteri meningkat dan pada akhirnya akan membunuh cuttingan Anda karena kekurangan oksigen dan pembusukan akar.

Perbanyakan Perlite: Meskipun perbanyakan air adalah metode termudah, prorogasi perlite adalah pilihan yang lebih baik untuk Hoya Rotundiflora. Ini karena perlit steril dan memungkinkan banyak udara mengalir di sekitar cuttingan, yang mencegah pembusukan akar. Untuk memperbanyak tanaman Anda melalui metode ini, ikuti langkah-langkah berikut:

– Cari wadah untuk menyimpan cuttingan Anda. Setiap wadah bisa digunakan, seperti wadah makanan Anda.

– Tambahkan perlit ke dalam wadah. Lanjutkan untuk menambahkan air dan biarkan perlit terendam di dalamnya selama beberapa menit. Tiriskan perlit Anda agar menjadi lembap.

– Letakkan cuttingan Anda ke dalam wadah perlite. Anda dapat mengubur batang potongan ke perlit, tetapi Anda harus membiarkan daunnya tidak tertutup.

– Tutupi wadah dengan bungkus plastik atau apa pun yang tidak memungkinkan udara masuk untuk meningkatkan kelembapan.

– Tempatkan wadah Anda di tempat yang hangat dan terang, tetapi tidak langsung, sinar matahari.

Bunga

Hoya Rotundiflora memiliki banyak bunga yang digantung tegak. Bunganya berwarna putih, dengan bagian tengah berwarna merah muda. Mereka berbentuk bintang dan tumbuh dalam kelompok, yang membuatnya terlihat seperti terbuat dari lilin. Bunganya juga memiliki penampilan yang kabur karena bulu-bulu halus yang menutupi permukaan bunga. Bunga ini memiliki aroma yang harum manis.

Seperti spesies Hoya lainnya, bunga Hoya Rotundiflora juga tumbuh dari taji. Taji ini muncul di daun dan batang. Awalnya, bunga mungkin tidak ada pada taji ini, tetapi setelah beberapa waktu, tunas akan tumbuh darinya. Setiap kali musim pertumbuhan tiba, bunga baru tumbuh dari taji ini; oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati dan tidak merusaknya.

Tanaman ini bisa menghasilkan umbel kelompok (hingga 15). Ini bisa memakan waktu setidaknya dua hingga tiga hari untuk matang secara bertahap.

Pertumbuhan

Hoya Rotundiflora memiliki tingkat pertumbuhan yang normal jika hidup dalam kondisi kehidupan yang optimal. Mereka bisa tumbuh sepanjang 3,5 meter, dan jika Anda merawatnya lebih lanjut, maka mereka bisa tumbuh sepanjang 6 meter.

Masalah Umum pada Hoya Rotundiflora

Kutu daun

Kutu daun juga dilihat sebagai masalah di hampir setiap tanaman. Tidak ada pemilik tanaman yang aman dari serangan mereka. Kutu daun cenderung menargetkan keluarga tanaman yang besar; dengan demikian, menghindari mereka hampir tidak mungkin jika Anda tidak mempraktikkan perawatan yang tepat untuk tanaman Anda.

Setelah kutu daun mulai memakan tanaman Anda, Anda harus bersiap-siap untuk serangan gelombang kedua dari organisme lain, seperti serangga dan jamur. Ini karena setelah kutu daun selesai makan, mereka cenderung meninggalkan zat lengket yang menarik semut dan jamur. Kutu daun tidak sulit ditangani; yang harus Anda lakukan adalah memotong area yang terinfeksi di tanaman Anda dan menghentikan pemupukan yang berlebihan.

Tungau Laba-laba

Tungau laba-laba berukuran sangat kecil dan hampir tidak terlihat oleh mata manusia, itulah sebabnya jika tanaman Anda terinfeksi oleh tungau laba-laba, maka akan sulit untuk mengetahui penyebab masalah yang mungkin dihadapi tanaman Anda.

Hama ini sering bertujuan untuk menginfeksi tanaman Hoya karena tanaman ini memiliki semua kondisi optimal yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Suhu tinggi adalah tempat berlindung yang aman bagi tungau laba-laba, itulah sebabnya jika Hoya Rotundiflora Anda tidak dirawat dengan baik dan memiliki daun berdebu, itu akan menjadi rumah yang sempurna bagi mereka.

Tungau laba-laba betina dapat bertelur 100 telur dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu, yang berarti begitu Anda melihat ada yang salah dengan tanaman Anda, maka Anda harus segera menyelidiki penyebabnya.

Tumbuhan yang menjadi inang bagi sejumlah kecil tungau laba-laba memiliki titik-titik putih kecil di bagian bawah daunnya, tempat tungau laba-laba ini sering ditemukan. Tungau laba-laba menyebar dengan cepat dari tanaman yang terinfeksi ke tanaman yang sehat; jadi jika memungkinkan, yang terbaik adalah memangkas area tanaman Anda yang terinfeksi.

Untuk perawatan lebih lanjut, semprotkan insektisida di bagian bawah daun Anda untuk menghentikan pertumbuhan tungau laba-laba. Menyemprotkan air bertekanan tinggi juga dapat membantu menghilangkan sejumlah kecil tungau laba-laba dari tanaman Anda. Menggunakan minyak neem dan sabun insektisida juga sangat membantu.

Kutu Sisik

Serangga sisik terdiri atas dua jenis, satu bersisik lembut dan yang lainnya adalah bersisik keras. Serangga sisik lembut ditutupi dengan lapisan lilin yang membuatnya lebih mudah dibunuh dibandingkan dengan serangga sisik keras. Serangga sisik keras memiliki cangkang keras yang menutupi tubuhnya untuk perlindungan terhadap predator. Hardshell inilah yang membuatnya sulit untuk dihilangkan karena insektisida tidak dapat menembusnya dengan mudah.

Anda dapat membasmi serangga ini dengan memangkas tanaman, menggunakan alkohol gosok pada kapas untuk menyeka tanaman, dan sabun insektisida juga merupakan metode yang berguna untuk membasmi serangga kerak.

Thrips

Thrips adalah serangga yang mampu terbang dari satu tumbuhan ke tumbuhan lainnya. Hama ini tinggal dalam kelompok besar dan memakan satu tanaman. Setelah selesai makan pada satu tanaman, mereka pindah ke tanaman terdekat berikutnya di sekitarnya, yang berarti jika salah satu tanaman kebun Anda terpengaruh, semuanya dapat terpengaruh.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tanaman Anda telah terinfeksi thrips adalah dengan menggoyangkan tanaman sambil menahannya dari area pot; jika tanaman Anda terserang, Anda akan melihatnya terbang di udara.

Untuk menghilangkan thrips, Anda hanya perlu membuang semua gulma di sekitar tanaman dan menjauhkan semua tanaman di sekitar tanaman yang terinfeksi. Ingatlah untuk melihat setiap tanaman yang Anda pindahkan keluar dari area tersebut, karena mereka mungkin membawa thrip di dalamnya. Anda juga dapat memotong area tanaman mana pun yang telah terinfeksi oleh virus bercak nekrotik atau membuang tanaman yang terinfeksi.

Tips untuk Menumbuhkan Hoya Rotundiflora

Hoya Rotundiflora sangat mudah ditanam karena membutuhkan perawatan dasar tanaman. Beberapa hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk merawat tanaman Anda adalah:

– Jaga tingkat kelembapan tetap tinggi di sekitar tanaman Anda.

– Jangan pernah menyiram tanaman Anda secara berlebihan karena dapat menyebabkan akarnya membusuk.

– Berikan sinar matahari tidak langsung yang cerah untuk tingkat pertumbuhan yang optimal.

– Jangan pernah memupuk tanaman Anda secara berlebihan karena dapat menyebabkan tanaman Anda layu.

– Pertahankan tanaman Anda antara 15 derajat Celsius dan 35 derajat Celsius.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mengapa daun Hoya Rotundiflora saya lembek?

Jika keriput dan tidak lembek, Anda mungkin perlu lebih sering menyiramnya. Cobalah merasakan tektus daunnya; jika terasa tegas, Anda tidak perlu menyiraminya.

Haruskah saya menyemprot Hoya Rotundiflora saya?

Hoya Rotundiflora menyukai kelembapan; dengan demikian, semprotan / misting dapat membantu meningkatkan kelembapan di sekitarnya. Namun pastikan tanaman tidak terinfeksi jamur karena tingkat kelembapan yang sangat tinggi.

Mengapa Hoya Rotundiflora saya tumbuh lambat?

Hoya Rotundiflora Anda mungkin tumbuh lambat karena kurangnya sinar matahari. Untuk membuatnya tumbuh lebih cepat, berikan sinar matahari yang cukup; Anda bahkan dapat menyimpannya di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam di siang hari, tetapi hati-hati karena Hoya Rotundiflora cenderung menguning jika terkena sinar matahari yang terlalu kuat.

Seberapa sering saya harus menyirami Hoya Rotundiflora saya?

Saat musim kemarau, sirami tanaman Anda seminggu sekali. Saat musim hujan, sirami tanaman Anda setiap dua minggu sekali.

Campuran tanah apa yang terbaik untuk Hoya Rotundiflora?

Anda bisa menggunakan campuran media tanaman hias dasar untuk tanaman Anda dan cukup menambahkan pupuk yang tinggi nitrogen agar bunganya mekar dengan baik.

Kesimpulan

Hoya Rotundiflora menghadirkan keindahan ke taman yang tidak dapat dilakukan oleh tanaman lain. Tanaman ini memiliki segalanya untuk ditawarkan kepada tukang kebun yang menyukai bunga kecil dan daun berbulu halus yang dapat membawa pesona ke interior dalam ruangan mereka. Bagian terbaik dari tanaman ini adalah betapa mudahnya untuk tumbuh.

Komentar