Mengenal Berbagai Macam Jenis Bunga Bugenvil yang Menarik

bunga bugenvil

Bunga bugenvil (Bougainvillea), atau yang lebih sering disebut sebagai bunga kertas merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan masyarakat khususnya pencinta tanaman hias. Tanaman bunga ini telah banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Bunga ini dianggap sebagai bunga selundang yang berukuran sangat kecil di bagian tengah selundangnya. Pengertian selundang sendiri adalah semacam pelindung berbentuk daun yang melindungi pupa, ukurannya yang besar berfungsi untuk menyelubungi bunga majemuk saat belum mekar.

Bunga ini dinamai bunga kertas dengan alasan tekstur yang dimiliki oleh bunga ini sangat tipis dan juga halus seperti kertas. Bentuk dari tanaman ini kecil dan tegak serta berdaun hijau tua. Bentuk dari daunnya pun oval dengan ujung yang agak lancip. Bunga ini berasal dari Amerika Selatan, namanya pun berasal dari nama seorang prajurit berkebangsaan Prancis bernama Sir Louis Antoine de Bougenville. Seiring berjalannya waktu, bunga ini akhirnya tersebar ke berbagai wilayah hingga kawasan tropis seperti Indonesia.

Ciri-ciri Bunga Bugenvil

Bunga ini memiliki pelindung yang dikenal dengan nama selundang yang berwarna cerah dan berbagai varian warna tergantung pada jenisnya. Kita dapat menikmati keindahan dari bunga ini hampir setiap musim karena memang bunga ini dapat tumbuh pada setiap musim di Indonesia. Bugenvil memiliki tekstur batang yang keras, dan ranting yang ditumbuhi duri di area batang dan ranting tersebut.

Ketinggian pohonnya sendiri dapat mencapai ketinggian hingga 10 meter lebih jika tumbuh secara liar di alam bebas. Akan tetapi jika dijadikan tanaman hias, maka ketinggannya hanya mencapai 1 meter saja. Bentuk daunnya besar serta sudut pada daun berbentuk agak tirus atau oval. Biasanya, bunga ini juga kerap kali dijadikan sebagai tanaman bonsai hias. Itulah sebabnya bunga ini menjadi salah satu tanaman hias populer dan paling banyak diburu oleh penncinta tanaman hias.

Jenis-jenis Bunga Bugenvil

Sebelum menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias, sebaiknya anda harus mengenal berbagai  jenisnya terlebih dahulu yang tak kalah populer dengan bunga bugenvil pada umumnya. Dapun berbagai jenis bunga bugenvil lain antara lain sebagai berikut:

Bugenvil Afterglow

Bugenvil Afterglow

Jenis bugenvil yang satu ini menjadi salah satu favorit karena memiliki variasi warna yang sangat indah seperti jingga, merah muda, koral, dan merah. Bugenvil  jenis ini sangat cocok untuk ditanam di pekarangan rumah sebagai penghias dinding. Bugenvil afterglow juga merupakan jenis bunga yang selalu bersemi sepanjang tahun.

Bugenvil Gold Rush

Gold Rush

Bugenvil jenis ini memiliki warna cerah yang unik berupa warna kuning keemasan dan lebih mencolok jika dibandingkan dengan jenis lain. Bunga ini mulai mekar pada awal musim panas sampai dengan musim semi, serta awal musim gugur. Jika anda menginginkan tanaman hias berwarna cerah, maka bugenvil gold rush ini menjadi alternatif yang dapat anda pilih.

Bugenvil California Gold

California Gold

Jenis bugenvil ini cenderung menggugurkan bunganya dengan cepat setelah bunga tersebut bermekaran. Warna dari kelopak bunga ini bermacam-macam mulai dari warna keemasan pucat hingga jingga perunggu. Selain itu, bunga bugenvil california gold ini merupakan salah satu bunga kertas kuning yang paling banyak diburu oleh penggemar tanaman hias.

Bugenvil Cherry Blossom

Cherry Blossom

Bugenvil jenis ini merupakan salah satu jenis tanaman merambat. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki suhu siang antara 18 – 25 derajat celcius. Karakteristik dari cherry blossom adalah struktur kayu pada batangnya yang ringan, lunak dan porous dengan daya tahan yang rendah. Dalam satu cabang, setidaknya ditumbuhi oleh tiga bunga. Jika dibandingkan dengan jenis lain, warna selundang dari bugenvil cherry blossom memiliki keunikan tersendiri. Tiap-tiap bunganya ditutupi selundang berwarna putih pada pusat dan pink di bagian ujungnya.

Bugenvil Bambino Baby Victoria

Bugenvil Bambino Baby Victoria

Jenis bugenvil ini memiliki warna yangg cukup unik dan dapat mekar sepanjang tahunnya. Warna dari bunga bugenvil ini magenta atau pink keunguan dengan gradasi warna putih. Karakteristiknya yang kokoh dan berwarna hijau gelap ini menjadi ciri khas tersendiri dari jenis bunga ini.

Bugenvil Bambino Baby Allison

Bugenvil Bambino Baby Allison

Warna dari bunga bugenvil bambino baby allison ini umumnya berwarna merah muda atau berwarna fuschia. Bunga ini merupakan bunga yang biasa mekar di akhir musim semi, musim panas, dan pertengahan musim panas. Karakteristik daunnya memiliki gradasi warna hijau cerah dan kokoh.

Bugenvil Bambino Baby Lauren

Bugenvil Bambino Baby Lauren

Bugenvil bambino baby lauren ini memiliki kesamaan dengan jenis bugenvil bambino baby allison. Perbedaannya terletak pada bunga jenis ini memiliki bunga yang berwarna ungu. Bunga ini mekar hampir di setiap musim dan daunnya yang kokoh walaupun dalam musim kemarau.

Bugenvil Coconut Ice

Coconut Ice

Jenis bunga ini memiliki warna yang beragam. Mulai dari merah mudah pucat, pink, ugu dan putih. Tanaman ini selalu berbunga di sepanjang tahun dan sepanjang musim dengan karakteristik daun berwarna hijau gelap.

Bugenvil Alexandra

Bugenvil Alexandra

Bunga ini banyak tumbuh dengan mudah di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Warna dari bugenvil jenis ini adalah ungu yang sangat indah dan berbunga sepanjang tahun. Saat berbunga dengan lebat, maka daun-daunnya akan berguguran.

Bugenvil Barbara Karst

Barbara Karst

Warna dari bunga bugenvil jenis ini tidak umum sehingga kerap kali menjadi incaran para pencinta tanaman hias. Sama seperti jenis bugenvil lain yang telah dijelaskan di atas, bugenvil ini juga selalu berbunga sepanjang tahun. Varian warnanya terdiri dari pink keunguan, merah serta scarlet atau merah tua.

Bugenvil Bambino Majik

Bugenvil Bambino Majik

Jenis bugenvil ini merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki kombinasi warna yang unik dan sempurna. Perpaduan dari warna putih dan ungu menambah kesan indah pada bunga ini. Akan tetapi, terdapat mitos yang mengenai bunga ini. Dalam mitos itu disebutkan bahwa siapa saja yang menanam bunga ini, maka penghuni rumah tersebut akan selingkuh. Dalam kenyataannya, bunga ini tetap saja diminati oleh pencinta tanaman hias. Bunga ini sebaiknya ditanam pada spot yang aman dari jangkauan anak-anak karena duri dari tanaman ini sangatlah berbahaya dan dapat melukai siapapun.

Bugenvil Bambino Pedro

Bambino Pedro

Varian warna dari jenis ini salah satunya adalah merah tua. Sama halnya dengan bugenvil jenis lain. Bunga ini selalu tumbuh sepanjang tahun. Warna hijau dari daunnya dinilai sangat mencolok serta indah untuk dipandang.

Itulah beberapa jenis dari varietas bunga bugenvil yang wajib anda ketahui. Pada dasarnya, semua jenis dari bunga ini memiliki karakteristik tekstur pohon yang sama. Yang membedakannya hanyalah warna dari masing-masing jenisnya. Apakah anda tertarik untuk mengoleksi salah satunya?