Cara Mudah Merawat Tanaman Keladi Hias di Rumah

Dengan banyak pilihan warna, seperti putih, merah muda, dan bahkan merah tua dengan urat dan tepi yang kontras, keladi hias yang mewah ini adalah pilihan yang tepat untuk taman teduh, karena menampilkan warna hijau yang monoton dan membuat area yang tidak menerima lebih banyak sinar matahari lebih cerah.

Tanaman keladi

Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan keladi daun hias ke taman naungan Anda, mengetahui cara menanam dan merawatnya dengan benar adalah suatu keharusan. Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang tanaman yang menyukai naungan ini, termasuk seperti apa bentuknya, di mana dan bagaimana cara menanamnya, serta cara memastikannya untuk tumbuh subur.

Ciri Caladium

Keladi memiliki daun warna-warni yang indah, beberapa di antaranya bisa berukuran hampir sebesar telapak tangan orang dewasa dan tidak membutuhkan banyak cahaya; Oleh karena itulah keladi menjadi salah satu tanaman taman peneduh yang paling populer.

– Daunnya menampilkan bermacam-macam warna, seperti putih, merah muda, dan merah tua, dan hijau dalam jumlah sedang, dan masing-masing tampak seolah-olah dilukis dengan tangan, menjadikannya tambahan yang mencolok di area teduh.

– Berasal dari Amerika Selatan, termasuk Peru dan di sekitar cekungan Sungai Amazon di Brasil, keladi daun yang indah tumbuh subur di iklim yang panas dan lembab. Di daerah beriklim sedang, mereka dapat ditanam sebagai umbi selama musim panas, atau sebagai tanaman hias, selama kondisinya tepat. Dengan beberapa pengaturan, tanaman berdaun eksotis dan berwarna-warni ini bisa sama menariknya – bahkan lebih menarik – daripada tanaman berbunga yang paling mencolok.

– Nama botani dari keladi daun hias adalah caladium bicolor, dan dalam bahasa sehari-hari, tanaman ini juga disebut sebagai  “angel wings” and “elephant ears” mengingat warna dan bentuk daunnya yang besar, mudah untuk mengetahui alasannya.

– Sebagai tanaman tahunan berbonggol, tanaman tahunan ramah naungan ini akan tumbuh paling baik di daerah tropis/

– Keladi bisa menjadi tanaman pot yang indah di dek, teras, atau di ambang jendela. Pada saat dewasa penuh, keladi daun paling mewah dapat mencapai ketinggian hingga 60 cm, meskipun ada varietas kerdil yang tersedia yang tingginya sekitar 30 cm.

– Daun keladi hias berbentuk hati dan ukurannya bisa mencapai 30 cm. Umumnya daunnya rapuh dan tipis. Namun ada beberapa pembudidaya yang berhasil membuat varietas yang daunnya lebih tebal.

Perlu dicatat bahwa meskipun keladi daun sangat indah, tanaman ini sebenarnya juga bisa berbahaya. Semua bagian tanaman ini – umbi, batang, dan daunnya – beracun jika tertelan. Selain itu, daun dan batangnya menghasilkan getah, yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Mengingat potensi bahayanya, pastikan untuk menanamnya di area di mana anak-anak dan hewan peliharaan tidak dapat mengaksesnya.

Meskipun tanaman yang menakjubkan ini dapat dibeli dalam ukuran penuh dari nursery atau toko bunga, menanam keladi hias Anda sendiri tidak hanya lebih hemat, tetapi juga lebih menyenangkan.

Cara Menanam Keladi

Mengingat sifat mencolok dan terkadang sifat halus dari tanaman tropis ini, orang mungkin berasumsi bahwa daun keladi yang indah ini akan sulit untuk tumbuh. Meskipun Anda perlu memastikan bahwa Anda menanam dan merawatnya dengan benar, setelah Anda mengetahui apa yang dibutuhkan, membesarkan keladi sebenarnya cukup mudah.

Sebagai tanaman umbi-umbian, keladi daun hias dapat dibeli dari sentra tanaman hias, nursery, atau dari seller online.  Semakin besar tanamannya dan semakin banyak daunnya, semakin mahal. Tak peduli ukurannya, semua keladi hias terdiri atas tunas tengah yang dikelilingi oleh setidaknya dua tunas sekunder. Tips berguna bagi Anda adalah: untuk mendorong pertumbuhan tunas sekunder dan membangun tanaman yang lebih penuh, lebih subur dan berwarna-warni, singkirkan tunas tengah dengan pisau tajam sebelum menanam.

Tempat Menanam Keladi

Seperti disebutkan, keladi hias adalah tanaman yang menyukai naungan. Dengan demikian, mereka paling cocok di area yang menerima naungan penuh atau sebagian. Meskipun beberapa varietas baru mampu mentolerir lebih banyak sinar matahari, lokasi yang sebagian besar teduh adalah yang terbaik, karena warna daun akan lebih cerah.

Karena tanaman ini memiliki daun yang besar dan halus, pilihlah tempat yang akan melindungi mereka dari angin. Terkena angin kencang dapat merusak tanaman. Karena mereka asli dari bagian Amerika Selatan yang tanahnya subur dan memiliki drainase yang baik, mereka perlu ditanam dalam kondisi yang sama di halaman Anda sendiri atau di dalam pot.

Untuk berkembang, kondisi tanah harus meniru tanah tempat keladi tumbuh di lingkungan asalnya; kaya, lembab, dan bisa mengeringkan dengan baik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, campurkan bahan organik ke dalam tanah, seperti kompos.

Cara Menanam Keladi

Jika Anda menanam keladi hias dari umbi, yang terbaik adalah menanamnya di bedengan dengan kedalaman sekitar 5 cm. Pastikan batang – ujung runcing umbi – mengarah ke atas. Ingatlah bahwa daunnya bisa tumbuh besar, jadi pastikan ada sedikit jarak di antara umbi Anda; sekitar 20 hingga 30 cm direkomendasikan.

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih sejuk, mulailah umbi Anda di dalam ruangan dan pindahkan setelah kondisi cuaca luar sesuai. Perhatikan bahwa jika Anda memindahkan keladi dalam pot, pastikan Anda membiarkannya menyesuaikan diri dengan kondisi di luar sebelum Anda meletakkannya di bedengan taman.

Merawat Keladi

Setelah keladi Anda menyentuh tanah, merawat tanaman dengan benar sangatlah penting. Mereka membutuhkan tanah yang lembab secara merata, jadi tanaman ini harus diberi air yang cukup selama masa pertumbuhan. Jika tanah menjadi kering, warna daun berubah dan mungkin mulai rontok. Untuk mempertahankan kelembapan dalam tanah, pertimbangkan untuk mengaplikasikan lapisan mulsa di sekitar tanaman.

Sedangkan untuk memberi pupuk, keladi hias tidak membutuhkan banyak pupuk. Faktanya, memberi terlalu banyak pupuk justru dapat merusak tanaman, karena daunnya mungkin mulai gosong. Ahli hortikultura menyarankan penggunaan pupuk yang kira-kira seperempat dari kekuatan yang akan Anda gunakan untuk memberi pupuk tanaman berbunga. Jika tanah Anda kaya secara alami, pemberian pupuk setiap dua minggu sekali sudah cukup; Jika tanah Anda kekurangan unsur hara, pemberian pupuk sekali seminggu akan membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman Anda.

Cara Menanam Keladi di Dalam Ruangan

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih dingin, keladi hias akan menjadi tanaman yang indah. Gunakan tips berikut agar berhasil menanamnya di dalam ruangan.

Tempat Tumbuh

Pilih lokasi di mana tanaman akan menerima banyak kehangatan dan terpapar kelembapan. Teras, ruang tamu, dan kamar mandi adalah tempat yang sempurna untuk tanaman hias ini. Pastikan area tersebut bebas dari angin dan suhu tetap konsisten.

Untuk menunjang pertumbuhan yang ideal, suhu di dalam ruangan harus antara 21 sampai 24 derajat Celsius pada siang dan malam hari antara 12 sampai 15 derajat Celsius akan sesuai. Jika perlu, gunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan lingkungan. Saat cuaca di luar ruangan cukup hangat dan tidak ada risiko embun beku, Anda dapat memindahkan tanaman ke tempat teduh di luar ruangan.

Kondisi Cahaya

Karena keladi adalah tanaman yang menyukai naungan, hindari sinar matahari langsung karena daunnya bisa hangus. Tanaman ini harus menerima sekitar 4 jam sinar matahari yang terfilter.

Penyiraman

Tanah harus dijaga agar tetap lembab di sepanjang tahun. Namun ingatlah untuk tidak berlebihan dalam menyiramnya agar tidak busuk akar.

Penutup

Keladi daun yang mewah adalah umbi daun yang mencolok dan menyukai naungan. Daunnya menampilkan warna-warna cerah yang indah dan terlihat seperti dilukis dengan kuas seorang seniman. Jika ditanam dalam kondisi yang tepat dan dirawat dengan baik, tanaman ini pasti akan menambah keindahan yang menarik di lokasi mana pun.

Komentar