Cara Merawat Tanaman Hias Peace Lily yang Mudah

Sebagai favorit lama bagi mereka yang memiliki hobi tanaman dan bahkan mereka yang tidak, Spathiphyllum, umumnya dikenal sebagai peace lily, adalah tanaman hias yang mudah beradaptasi dan perawatan rendah. Bunga peace lily sama sekali bukan bunga lili sejati (Lilium spp.), melainkan anggota keluarga Araceae. Bunganya mirip dengan bunga calla lily (kedua tanaman ini milik keluarga yang sama) dan merupakan alasan untuk namanya. Bagian bunga yang mencolok menampilkan selubung putih seperti tudung (dikenal sebagai spathe) yang menyerupai bendera putih.

Tanaman peace lily

Ada berbagai macam ukuran dan jenis bunga peace lily. Sebagian besar berfungsi sebagai tanaman lantai karena tingginya bisa mencapai 1 meter dan tumbuh lebar dengan daun besar dan tebal. Mauna loa supreme (hibrida Spathiphyllum) adalah tipe ukuran menengah standar. Tanaman itu tumbuh setinggi 1,2 meter dan memiliki dedaunan hijau perunggu dengan banyak daun besar yang berseludang.

Tanaman ini akhirnya mendapat pengakuan yang layak dari masyarakat umum setelah NASA memasukkannya ke dalam daftar “Sepuluh Tanaman Pembersih Udara Rumah.” Tanaman tropis yang menyukai naungan ini membantu membersihkan udara yang kita hirup. Meskipun kita semua menghargai udara yang lebih bersih dan beroksigen, perawatan peace lily yang mudah, keuletan, dan tahan bantingnya yang membuat mereka menjadi tanaman hias yang populer.

Sekilas Tentang Tanaman Peace Lily

Berasal terutama dari hutan hujan tropis Amerika, tanaman peace lily adalah tanaman tahunan yang indah dan anggun yang menambah kehidupan ri ruang mana pun. Bunga peace lily standar dapat tumbuh hingga 60-100 cm dan versi mewahnya dapat tumbuh hingga 80-130 cm.

Seludang putih dari peace lily umumnya muncul lebih sebagai daun yang dimodifikasi alih-alih daripada bunga multi-kelopak. Tanaman yang dirawat dengan sangat baik mungkin akan mekar kembali di sepanjang tahun. Mekar berlangsung selama dua bulan atau lebih dan setelah mekar memudar, periode tidak mekar mengikuti.

Bunga peace lily tumbuh dengan baik di tempat yang lebih gelap seperti kantor, kamar tidur, dan kamar rumah sakit. Kemudahan perawatan dan keampuannya membersihkan udara yang kita hirup membuat peace lily menjadi tanaman hias yang populer.

Apakah Peace Lily Beracun bagi Kucing?

Bunga peace lily terdaftar oleh ASPCA sebagai salah satu tanaman hias umum yang beracun bagi kucing. Mereka mengandung oksalat yang dapat mengiritasi mulut dan perut hewan. Namun karena iritasi dimulai pada gigitan pertama, hewan tersebut akan berhenti memakan tanaman dengan cukup cepat, menghindari keracunan yang parah. Kucing dan anjing yang menelan daun peace lily mulai mengeluarkan air liur yang banyak, menggelengkan kepala dan mengais di mulut mereka.

Karena kucing adalah makhluk gesit yang dikenal karena rasa ingin tahunya, cara terbaik untuk melindunginya dari bahaya adalah dengan tidak memiliki tanaman beracun. Anda juga dapat memperhatikan jenis tanaman yang menginspirasi minat kucing Anda, seperti tanaman merambat atau tanaman lebat, dan hindari membeli jenis tanaman tersebut. Tempatkan tanaman Anda jauh dari furnitur atau perlengkapan yang dapat diakses kucing. Terakhir, Anda bisa mencoba penghalau seperti menempatkan kapur barus dalam wadah kecil berlubang atau menaburkan bubuk kopi di atas tanah pot untuk menjauhkan kucing Anda.

Apakah Peace Lily Beracun bagi Anjing?

Jauhkan bunga peace lily dari jangkauan anjing karena beracun bagi mereka jika tertelan. Menurut Pet Poison Helpline, kristal kalsium oksalat dapat menyebabkan reaksi inflamasi yang mengakibatkan pembengkakan pada mulut, lidah, tenggorokan, dan saluran napas bagian atas. Jika anjing Anda keracunan peace lily, Anda harus membawa anjing Anda ke dokter hewan untuk perawatan. Kebanyakan anjing tidak disarankan untuk makan terlalu banyak tanaman atau mengejarnya untuk kedua kalinya.

Untuk mencegah anjing Anda memakan bunga peace lily dalam ruangan, letakkan tanaman di luar jangkauan. Gunakan perintah kepatuhan untuk menjauhkan anjing Anda dari bunga peace lily yang mungkin Anda temui di luar ruangan. Jika Anda memilikinya di halaman Anda, yang terbaik adalah menyimpannya di tempat berpagar.

Tips Perawatan Peace lily

Jika Anda mencari saran tentang cara merawat peace lily, Anda datang ke tempat yang tepat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan peace lily di bawah ini.

Kebutuhan sinar matahari

Bunga peace lili lebih menyukai naungan parsial yang terang dan dapat mentolerir cahaya fluoresen. Bahkan, beberapa diketahui tumbuh subur di kamar tanpa jendela sama sekali. Daun yang menguning menandakan cahayanya terlalu kuat, dan daun atau bergurat cokelat menandakan panasnya sinar matahari langsung.

Air

Jika Anda bertanya-tanya seberapa sering menyirami bunga peace lily, salah satu tipsnya adalah menunggu tanaman sedikit terkulai sebelum disiram. Salah satu keuntungan besar dalam merawat peace lili adalah kenyataan bahwa dia sedikit lonyot saat membutuhkan air, yang pada dasarnya memberi tahu Anda saat dia haus. Secara umum, sirami setidaknya seminggu sekali dan jaga agar tanah tetap lembab. Sepanjang musim kemarau, semprotkan daun dengan air lunak atau sulingan. Siram tanaman Anda lebih jarang di musim penghujan.

Bahkan jika Anda lupa menyiram untuk beberapa saat dan mendapati tanaman Anda benar-benar habis dengan daun rata di tepi pot, segera sirami dan semprotkan. Anda mungkin akan terkejut melihat betapa cepatnya peace lily hidup kembali.

Bunga peace lily bisa sensitif terhadap klorin. Jika sistem air kota Anda sangat mengandung klorin, isi wadah dengan air dan diamkan semalaman agar klorin dapat hilang sebelum dituangkan ke dalam peace lily.

Suhu

Peace lily bisa menjadi tanaman rumah yang bagus karena tumbuh subur di suhu dalam ruangan yang disukai kebanyakan orang. Tanaman ini lebih menyukai kisaran suhu 18-29 °C dan iklim lembab. Bunga peace lily tidak tahan terhadap angin dingin atau suhu di bawah 7 °C. Yang terbaik adalah emeliharanya di dalam ruangan sepanjang tahun dan ditampilkan jauh dari pemanas atau peralatan rumah pendingin.

Toksisitas

Dari keluarga spathiphyllum, bunga peace lily bukanlah bunga lili sejati (Liliaceae) dan oleh karena itu tidak mengemas minuman beracun seperti bunga lili asli. Meskipun, mereka beracun bagi kucing dan anjing karena mengandung kalsium oksalat. bunga peace lily harus dijauhkan dari binatang dan anak kecil. Mendidik tentang risiko akan membantu Anda menghindari kecelakaan apa pun.

Hama dan Masalah Lain

Dibandingkan dengan tanaman rumah lainnya, peace lily relatif kebal terhadap serangga dan penyakit. Meskipun mereka bisa terserang tungau laba-laba, kutu daun, dan kutu putih, pemilik umumnya mengendalikan hama ini dengan menyeka daun secara teratur. Jika hama menyerang, semprot tanaman dengan larutan insektisida.

Ujung daun coklat dapat berasal dari segala hal mulai dari penyiraman berlebihan, pemupukan berlebihan, dan kurangnya kelembaban. Belajarlah untuk mengikuti sinyal tanaman Anda. Jika daun berwarna kecoklatan di bagian bawah tanaman, itu berarti daun yang lebih tua ini tidak dapat bersaing dengan daun muda yang tumbuh lebih cepat.

Bunga peace lily memenangkan label “mudah” karena empat alasan. Pertama, dia akan lonyot saat membutuhkan air dan segera pulih setelah disiram. Kedua, tanaman ini tumbuh subur dalam kondisi cahaya rendah. Ketiga, bunga peace lily sangat tangguh. Infestasi serangga atau beberapa kali penyiraman yang terlewat dapat membuatnya layu dan pucat, tetapi akan segera pulih kembali. Akhirnya, dengan perawatan yang memadai dan sesekali menyeka daunnya, peace lily tidak akan menjadi magnet serangga seperti mawar dan tanaman rumah lainnya.

Komentar