Tips Merawat Tanaman Hias Cantik Philodendron Pink Princess

Jika Anda ingin menambahkan percikan warna cerah pada kehijauan daun philodendron, Philodendron Pink Princess (PPP) adalah hibrida dengan warna unik yang menonjol sebagai sensasi di antara para penggemar tanaman ini. Philo ini cukup langka dan harganya juga sangat mahal, tapi memang sepadan dengan kecantikannya.

Gambar Philodendron Pink Princess

Daunnya berwarna hijau dan berbentuk panah, menampilkan variasi dan percikan warna merah jambu dan merah. Meskipun dinamai Princess, Anda tidak akan berurusan dengan tanaman yang rewel. Seperti kebanyakan tanaman philo lainnya, tanaman ini juga mudah tumbuh dan dikembangbiakkan. Anda dapat membaca semua tentang itu dalam tips perawatan tanaman Pink Princess berikut ini.

Ukuran & Pertumbuhan

Di luar ruangan, di habitat aslinya, tanaman ini bisa memanjat ke tempat yang sangat tinggi. Ini adalah varietas tanaman merambat yang akan mendaki dan menjelajah dalam situasi yang tepat. Meskipun lingkungan dalam ruangan sangat mirip dengan lingkungan di habitat aslinya, tanaman ini biasanya tidak tumbuh lebih tinggi dari satu meter. Faktanya, kebanyakan Philo Pink Princesses hanya akan memiliki tinggi rata-rata sekitar 60 cm.

Alasan mengapa ini menjadi tanaman yang banyak dicari untuk apartemen adalah karena memiliki pola pertumbuhan yang lebih lambat di dalam ruangan, sehingga membutuhkan sedikit perawatan.

Kebutuhan Cahaya

Sangat penting untuk memastikan bahwa Philodendron Pink Princess Anda menerima sinar matahari yang optimal. Untuk Pink Princess, optimal berarti cahaya terang, cahaya tidak langsung, atau cahaya belang-belang (ternaungi).

Anda harus melindungi tanaman cantik ini dari sinar matahari langsung dengan menjauhkannya beberapa meter dari jendela yang terkena sinar matahari. Jika tanaman terkena sinar matahari pagi yang lembut atau matahari sore, bahkan jika langsung, hal itu tidak mungkin menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Tetapi sinar matahari penuh akan merusak daun, menyebabkannya menjadi coklat dan mati. Jika tanaman disimpan di dalam ruangan, akan lebih mudah menjaganya dari sengatan sinar matahari. Di luar ruangan, segala sesuatunya mungkin sedikit lebih rumit, jadi yang terbaik adalah menemukan tempat semi-teduh atau tempat dengan bintik-bintik matahari untuk tanaman Anda, sehingga daunnya tidak akan langsung terhempas oleh sinar matahari.

Penyiraman

Philodendron Pink Princess juga dapat hidup di air, tetapi tanaman dalam pot adalah yang paling umum. Jika Anda berani menumbuhkan putri philo Anda di air, ketahuilah bahwa air hujan hangat adalah yang paling baik.

Jika Anda akan menyimpannya dalam media pot, pastikan untuk mengikuti rekomendasi penyiraman kami. Overwatering adalah kesalahan umum yang sering dilakukan pemula saat menyiram tanaman ini.

Inilah yang harus Anda ketahui tentang cara menyiram Philodendron Pink Princess Anda:

– Sirami hanya jika lapisan tanah teratas terasa kering (periksa dengan cara menempelkan ujung jari Anda ke tanah).

– Siram sampai Anda melihat air menetes dari lubang pembuangan.

– Jangan menyiram saat bagian atas tanah masih terasa lembab.

– Kurangi penyiraman selama musim penghujan.

Bergantung pada faktor lingkungan seperti suhu dan kelembapan, Anda mungkin perlu menyiram philo lebih jarang atau lebih sering. Selalu periksa tingkat kekeringan tanah, yang akan menjadi indikator baik apakah tanaman Anda perlu disiram atau tidak. Ketahuilah bahwa philodendron biasanya lebih tahan kekurangan air daripada kelebihan air.

Jenis tanah

Jenis tanah yang ideal untuk tanaman philodendron melibatkan kandungan bahan organik yang tinggi. Ini juga akan mengering dengan baik dan tidak rentan terhadap pemadatan media. Tidak disarankan untuk menggunakan tanah kebun biasa atau tanah sawah. Tanah ini akan menjadi terlalu jenuh dengan air sehingga tidak mudah meresapkan air.

Sebaliknya, media pot dari philodendron harus memiliki tanah berbasis gambut, perlite, sekam, cocopeat, pasir malang, atau cacahan pakis. Anda dapat menggunakan substrat anggrek atau substrat violet Afrika, keduanya juga sangat baik untuk Philodendron Pink Princess.

Suhu & Kelembaban

Pastikan Pink Princess Anda memiliki kisaran suhu antara 18 sampai 25 °C. Jangan biarkan turun terlalu drastis, bahkan pada suhu di bawah 15 °C. Anda perlu berhati-hati terhadap jendela dingin, unit AC, dan sumber dingin atau bahkan panas ekstrem lainnya. Philo Anda yang terkena suhu sangat panas juga akan menyebabkan kerusakan.

Jika Anda ingin philo Anda memiliki daun yang subur dan berkilau, kelembapan sangat penting. Saat udara di rumah terlalu kering, Anda mungkin perlu meningkatkan tingkat kelembapan. Philodendron adalah tanaman tropis dan tumbuh subur di lingkungan dengan kelembaban tinggi.

Pemupukan

Kami biasanya tidak merekomendasikan pemupukan philodendron Anda kecuali tanaman tidak berkembang sebagaimana mestinya atau menunjukkan tanda-tanda kekurangan nutrisi penting. Jika semua persyaratannya dipenuhi dengan benar, Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan pupuk apa pun. Jika Anda masih ingin aman, Anda bisa menggunakan pupuk slow release. Pupuk cair sebulan sekali atau setiap delapan minggu juga merupakan pilihan yang baik.

Pot & Repotting

Karena Philo Pink Princess tidak menunjukkan pola pertumbuhan yang cepat, Anda mungkin tidak perlu merepoting hanya setelah beberapa tahun pertumbuhan. Pastikan setiap pot yang Anda gunakan dilengkapi dengan lubang pengurasan sehingga memungkinkan kelebihan air menetes keluar dari pot dan membiarkan tanah tetap lembab tidak basah.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Pink Princess?

Sebagai tanaman merambat, philodendron ini memberi Anda banyak peluang untuk perbanyakan. Anda dapat menggunakan stek batang atau memperbanyak melalui pemisahan saat merepoting tanaman. Panen stek batang saat tanaman aktif tumbuh. Stek batang yang dipanen selama musim pertumbuhan akan menawarkan tingkat keberhasilan perbanyakan tertinggi.

Stek batang membutuhkan perakaran di air atau tanah yang lembab. Bila disimpan di tanah yang lembab, dalam kehangatan dan di luar sinar matahari langsung, akar akan mulai terbentuk dalam 6-8 minggu.

Anda bisa membagi tanaman saat merepotingnya. Anda akan perlu membongkar bonggol dengan hati-hati dan membuat pembagian sehingga setiap bagian memiliki batang sehat yang sesuai. Cukup masukkan bagian ini ke dalam pot baru dan mereka akan terus menghasilkan pertumbuhan baru.

Penutup

Philodendron Pink Princess benar-benar seorang ‘putri’ dari jenisnya. Daunnya yang beraneka ragam dan ukurannya yang ramah apartemen menjadikannya pilihan populer di kalangan pecinta tanaman. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan varietas philodendron lainnya. Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki philodendron lain, Anda juga akan mudah merawat varietas yang satu ini.

Semua tindakan perawatan dan pencegahan yang berlaku untuk philo lain juga berlaku untuk tanaman ini, termasuk mencegah penyiraman berlebihan, paparan pada suhu dingin, dan terpaan sinar matahari langsung.

Komentar