Panduan Perawatan dan Perbanyakan Monstera Dubia

Monstera dubia termasuk kecil untuk ukuran spesies Monstera. Ini adalah tanaman merambat yang menonjol dengan penampilannya yang unik. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, di mana panasnya tinggi.

Monstera Dubia

Karena ini pemanjat, Anda membutuhkan tiang lumut untuk membantunya tumbuh. Saat ditanam di luar, tanaman ini terus tumbuh subur. Bahkan di dalam ruangan, Monstera dubia dapat tumbuh hingga ketinggian yang mengesankan.

Monstera dubia muncul dengan daun berbentuk hati dan variegasi yang indah. Biasanya daunnya berwarna hijau dan kuning. Tanaman ini tidak berbunga sampai mencapai kedewasaan. Sebelum Anda menyadarinya, daun yang sudah dewasa akan mulai menggantung di ujung tangkai rambatnya.

Saat tanaman tumbuh tinggi, daun-daun ini menempel pada turus atau tiang lumut yang Anda gunakan. Di sinilah tanaman ini mendapat julukan “Shingle Plant.” Mereka menyerupai shingles saat berbaring di permukaan.

Kami menjamin bahwa Monstera dubia tidak seperti tanaman lain di rumah Anda. Tapi pasti akan terlihat cantik di samping mereka. Merawat tanaman Monstera dubia itu mudah. Namun Anda perlu mengetahui dasar-dasar perawatan tanaman Monstera sebelum membeli salah satu pemanjat tersebut. Ini adalah panduan terperinci kami tentang tanaman Monstera dubia.

Panduan Perawatan Tanaman Monstera Dubia

Tanah

Tanaman Monstera dubia membutuhkan tanah dengan drainase baik yang kaya akan bahan organik. Tanah ini harus mampu mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menghidrasi tanaman Anda. Tetapi Anda tidak ingin tanah yang Anda gunakan menahan terlalu banyak air. Bila tanah menahan semua air, itu lantaran Anda menyiram tanaman secara berlebihan.

Semua kelembapan itu menghalangi oksigen menembus tanah. Artinya akar tanaman Anda tidak mendapatkan oksigen. Akar tanpa oksigen bisa mulai membusuk dan memicu busuk akar. Jika tidak ditangani, busuk akar akan membunuh seluruh Monstera dubia Anda.

Membuat tanah dengan drainase yang baik untuk Monstera yang sehat lebih mudah dari yang Anda kira. Kami memiliki resep tanah kami untuk dibagikan dengan Anda. Monstera dubia Anda akan menyukai campuran media berikut ini.

Harus ada bagian yang sama dari setiap bahan untuk campuran tanah ini.

Kulit kayu pinus (butiran halus atau parut)

Peat moss (lumut)

Perlite (atau pasir Malang)

Tingkat pH tanah harus netral, mulai dari 5 hingga 7 pH. Anda harus menghindari tanah yang terlalu asam untuk spesies Monstera ini.

Cahaya

Penting untuk memiliki pencahayaan yang sempurna agar tanaman Anda dapat melalui proses fotosintesis. Tanaman Monstera dubia membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang untuk berkembang. Dalam keteduhan total, Monstera dubia tidak dapat melakukan fotosintesis.

Sinar matahari langsung dapat merusak tanaman Anda. Jika tidak, daunnya akan hangus dan berubah warna. Pastikan Anda tidak menempatkan tanaman ini di jendela yang menghadap ke selatan atau barat. Sinar matahari akan membakar Monstera dubia.

Cobalah jendela yang menghadap utara atau menghadap ke timur. Sebaiknya gunakan gorden jika sinar matahari masih terlalu terang. Sesekali pastikan Anda memutar tanaman. Dengan begitu, setiap bagian tanaman Anda mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkannya. Saat Anda berurusan dengan lampu buatan, pindahkan tanaman Anda sedikit dari cahaya, jangan terlalu intens.

Air

Menyiram tanaman Monstera dubia sama seperti menyiram kebanyakan tanaman lainnya. Anda tentu tidak perlu menunggu sampai tanah benar-benar kering untuk disiram. Dan Anda juga tidak boleh menyiram Monstera secara berlebihan. Tanpa cukup air, tanaman Anda akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kematian tanaman.

Menyiram tanaman secara berlebihan juga dapat menyebabkan banyak masalah. Yang terburuk dari masalah ini adalah busuk akar. Busuk akar seperti kedengarannya. Akar monstera dubia mulai membusuk. Jika tidak dirawat, semua akarnya akan membusuk. Tanaman Anda tidak akan bisa menyerap kelembapan dari tanah. Pada akhirnya, Monstera dubia Anda akan mati karena busuk atau dehidrasi.

Ada dua cara bagus untuk membantu Anda memutuskan kapan tanaman perlu disiram. Cara pertama adalah mengambil pot tanaman Monstera dubia. Jika berat, media di dalamnya masih menahan air. Bila ringan, saatnya menyirami tanaman Anda.

Cara kedua adalah dengan menempelkan jari Anda di tanah sampai ke buku jari Anda. Ini sekitar 10 cm. Jika tanahnya kering, Anda perlu menyiram tanaman Anda. Jika tanah masih lembab, tunggu beberapa hari lagi. Biasanya Anda perlu menyiram Monstera dubia Anda sekitar sekali seminggu.

Suhu

Suhu ruangan terbaik untuk Monstera dubia adalah antara 15 sampai 27 derajat Celsius. Anda perlu memastikan suhunya lebih dari 15 derajat Celsius. Suhu harus menyerupai panas seperti asal tanaman. Dubia tidak akan mati dalam suhu yang lebih dingin tetapi juga tidak akan berkembang.

Kelembaban

Tanaman monstera dubia menyukai kelembaban tinggi. Kelembaban di lingkungan mereka harus lebih dari 50%. Sangat mudah untuk menciptakan kelembapan jika Anda tinggal di daerah kering atau Anda hanya membutuhkan lebih banyak kelembapan di udara.

Pertama, sesekali Anda bisa menyemprot daun Monster dubia dengan air. Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah Anda harus rajin. Sulit untuk menentukan apakah tanaman Anda perlu disemprot lagi atau bahkan seberapa banyak kelembapan yang tercipta.

Anda selalu bisa membuat nampan kerikil. Anda perlu mengisi nampan dengan kerikil. Kemudian Anda mengisinya dengan air. Tempatkan pot tanaman Monstera dubia Anda di atas kerikil. Jadi air yang menguap akan langsung masuk ke tanaman.

Pupuk

Monstera dubia tidak membutuhkan pupuk khusus. Mereka tumbuh subur dengan pupuk cair dalam ruangan biasa. Anda perlu memastikan bahwa Anda memupuk tanaman Anda. Anda tidak ingin membuatnya kekurangan nutrisi. Tapi Anda hanya perlu memupuk monstera dubia tiga kali setahun.

Perbanyakan

Tanaman monstera dubia dapat berkembang biak menggunakan semua metode yang ada. Mereka bukanlah tanaman yang sulit untuk tumbuh. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah perbanyakan dengan stek dan pemisahan.

Pertumbuhan

Dengan stabilitas yang tepat, Monstera dubia dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Rata-rata, panjang daunnya mencapai sekitar 12 cm.

Pot

Menanam ulang Monstera Anda harus selalu dilakukan saat akarnya keluar dari lubang drainase. Akar membutuhkan ruang untuk berkembang, jadi pot ulang tanaman Anda sesegera mungkin. Setelah Monstera dubia dewasa, Anda hanya perlu melakukan pot ulang setiap dua tahun. Panci baru Anda seharusnya hanya berukuran sedikit lebih besar dari aslinya. Jika ada terlalu banyak ruang, tanaman menjadi stres.

Monstera juga bisa stres. Tanaman yang stres rentan terhadap hama dan penyakit. Jika Anda tidak yakin tentang cara merepoting tanaman Anda, silakan lihat panduan repotting kami.

Langkah Propagasi Monstera Dubia

Waktu optimal untuk menyebarkan Monstera dubia Anda adalah kapan saja karena kita tinggal di negara tropis. Kami akan membahas dua cara termudah untuk memperbanyak salah satu tanaman ini. Anda akan mempelajari cara memperbanyak menggunakan stek batang dan Anda akan juga mempelajari metode pemisahan.

Menggunakan Stek Batang

– Anda membutuhkan potongan atau cuttingan batang Monstera dubia sebelum melakukan hal lain. Anda memerlukan gunting kebun yang disterilkan untuk melakukan ini. Anda dapat menggunakan alkohol isopropil yang ada di rumah Anda. Saat Anda akan memotong, potong di bawah node daun. Potongan batang harus memiliki dua daun dan berukuran antara 10 atau 15 cm.

– Saatnya menyembuhkan luka potongan batang. Untuk menyembuhkan luka, Anda perlu menciptakan ujung yang kapalan atau mengering yang akan membantu pertumbuhan. Mengobati stek batang itu sederhana. Cukup letakkan cuttingan di tempat yang hangat di rumah Anda.

– Sementara Anda menunggu cuttingan batang menjadi mengering, siapkan pot tanaman Anda. Pot harus memiliki lubang drainase dan tanah harus memiliki drainase yang baik.

– Setelah batangnya kapalan, sekarang saatnya menanamnya. Tanaman harus ditanam sekitar 5 cm di bawah tanah untuk stabilitas terbaik. Pastikan ujung kapalan dari cuttingan Monstera ada di dalam tanah. Ini akan membantu perakaran.

– Dalam banyak kasus, stek batang tidak akan bisa berdiri sendiri. Cara mudah adalah dengan memotong hasil imbang sehingga ukurannya sama. Kubur tongkat kecil di tanah sekitar 5 cm dan ikat potongan ke tongkat.

– Yang harus Anda lakukan sekarang adalah merawat cuttingan Monstera dubia seperti yang Anda lakukan pada tanaman aslinya. Perawatan tanaman ini mudah. Sebelum Anda menyadarinya, cuttingan Monstera dubia Anda akan mulai melakukan rooting.

Perbanyakan Menggunakan Pemisahan

– Anda perlu memisahkan Monstera dubia menjadi dua tanaman. Anda membutuhkan gunting kebun yang sudah disterilkan untuk metode ini. Sterilkan gunting dengan isopropil alkohol. Tetapi sebelum Anda melakukan apa pun, sirami tanaman Anda. Pastikan tanahnya lembab.

– Untuk persiapan, Anda harus menyiapkan pot tanaman. Sekali lagi, pot tanaman membutuhkan lubang drainase. Kemas pot tanaman dengan campuran tanah Anda tetapi jangan mengemasnya terlalu keras. Media harus cukup gembur agar air dapat mengalir ke lubang drainase.

– Anda harus mengeluarkan tanaman dari tanah. Pertama, Anda harus melepaskan monstera dubia dari tiang lumut. Kemudian Anda harus mengeluarkan tanaman dari tanah. Berhati-hatilah karena Anda tidak boleh merusak akarnya yang rapuh. Jika ada tanah yang menempel pada akar, goyangkan perlahan atau buang ke bawah air.

– Sekarang Anda akan memotong tanaman Monstera menjadi dua dengan gunting pemangkasan yang disterilkan. Perhatikan di mana Anda memotong. Anda tidak ingin merusak daun atau batang tanaman.

– Anda memiliki dua tanaman terpisah sehingga Anda harus menanamnya di dua pot tanaman terpisah. Kemas tanah di sekitar tanaman Monstera. Ini harus dengan cukup padat untuk menciptakan stabilitas.

– Rawat dua tanaman Monstera dubia Anda seperti biasanya. Tempatkan tanaman di jendela yang menghadap ke utara. Sirami mereka sebelum tanah mengering sepenuhnya. Anda harus memperlakukannya sebagai tanaman dewasa.

Masalah Umum dengan Monstera Dubia

Monstera dubia tidak memiliki banyak masalah yang harus Anda tangani. Sangat menyenangkan merawat tanaman yang mudah seperti ini. Dua hama utama suka menyerang tanaman ini. Hama tersebut adalah tungau laba-laba merah dan serangga sisik.

Tungau laba-laba adalah makhluk yang menyeramkan. Mereka bahkan bukan serangga, mereka arakhnida mungil yang nakal. Tungau laba-laba ini adalah hama terburuk yang bisa menyerang Monstera dubia Anda. Mereka bisa mematikan bahkan sebelum Anda tahu ada masalah.

Mereka menyerang tanaman Anda dengan menghisap getahnya. Getahnya penuh dengan hidrasi dan nutrisi yang diambil tanaman Anda dari tanah. Tungau laba-laba mencuri semua yang dibutuhkan tanaman Anda untuk menjalani fotosintesis hingga tanaman tidak bisa tumbuh atau berkembang. Ini akan menyebabkan kematian tanaman Anda.

Menurut Colorado State University, tempat yang rusak akan terlihat seperti bintik-bintik kecil. Ini akan menjadi tanda pertama Anda akan melihat bahwa ada infestasi. Serangga sisik coklat lunak adalah jenis serangga sisik yang paling umum. Jika tanaman Anda mengalami infestasi, kemungkinan itu adalah serangga sisik berwarna coklat.

Mereka sulit dilihat tetapi Anda tetap tidak ingin dekat-dekat. Mereka adalah hama seperti siput pipih. Serangga ini sulit dihilangkan. Mereka berkembang biak dengan cepat dan mengambil alih tanaman dalam sekejap mata. Seperti tungau laba-laba merah, serangga sisik memakan getah tanaman Monstera dubia Anda.

Tanaman Anda bermasalah jika infestasi sisik tumbuh. Dan itu akan tumbuh jika Anda tidak merawat tanaman untuk hama ini. Salah satu cara untuk membasmi kedua hama tersebut adalah dengan minyak neem. Minyak neem adalah minyak alami.

Campur minyak neem dengan air dalam botol semprotan bersih. Kocok dengan baik. Anda perlu menguji area kecil tanaman Anda sebelum menggunakan minyak ini untuk mengetahui apakah tanaman Anda bereaksi buruk.

Kemudian Anda bisa menyemprot tanaman Anda dengan minyak neem. Itu akan mencekik hama yang menyebabkan kematian mereka. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah membuang semua hama mati dari tanaman Anda. Rawat tanaman Anda sekali lagi dua hari sejak perawatan pertama.

Tips untuk Monstera Dubia yang Tidak Bahagia

Tidak perlu banyak hal untuk membuat Monstera dubia Anda bahagia. Dengan sedikit perawatan, tanaman Anda akan tumbuh subur. Tapi mungkin ada saat-saat Monstera Anda tidak begitu bahagia. Ini adalah beberapa masalah yang dapat muncul.

Daun Monstera Dubia Anda berwarna Kuning

Saat daun Monstera dubia menguning, hal itu sering terjadi karena tanaman tidak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya. Mereka membutuhkan nutrisi untuk bertahan hidup dan berkembang. Anda perlu segera memupuk tanaman. Anda harus mulai lebih memupuk Monstera Anda.

Periksa apakah pupuk yang Anda gunakan cocok untuk tanaman indoor. Itu adalah kesalahan umum yang dilakukan banyak orang. Penyebab lain daun menguning adalah penyiraman berlebihan. Penyiraman yang berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah. Itu juga bisa membunuh tanaman Anda.

Daun Monstera Dubia Anda Layu

Daun Monstera dubia Anda layu karena Anda tidak cukup menyiraminya. Ini menjadi dehidrasi. Segera setelah Anda menyadari daunnya layu dan terkulai, Anda harus menyirami tanaman Anda. Selalu periksa tanaman Monstera dubia Anda untuk melihat apakah perlu disiram. Anda harus menyiram setidaknya setiap sepuluh hari, jika tidak lebih awal.

Selain itu, pastikan Monstera mendapatkan kelembapan yang cukup. Kelembaban di udara membantu tanaman Anda tetap terhidrasi.

Daun Monstera Dubia Anda Memiliki Bintik-bintik Coklat

Bintik coklat bukanlah pertanda baik untuk Monstera dubia. Tanaman Anda mengalami busuk akar karena terlalu banyak disiram. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, terlalu banyak kelembaban di dalam tanah akan memotong aliran oksigen ke akar. Jadi, akarnya mulai membusuk.

Anda harus mengeluarkan Monstera dubia dari pot tanaman untuk memastikannya. Berhati-hatilah saat Anda melakukan ini. Lihat akarnya. Busuk akar membuat mereka menjadi coklat tua atau hitam. Ditambah lagi, itu meninggalkan bau yang menyengat.

Jika masih ada akar yang sehat di samping akar yang buruk, tanaman Anda dapat diselamatkan. Anda hanya perlu mencabut semua akar yang busuk agar tidak menyebar ke akar yang sehat. Tetapi jika semua akar Monstera Anda busuk, Anda kurang beruntung.

Varietas Monstera lainnya

Tanaman monstera adalah tanaman merambat pemanjat tropis yang indah. Sulit untuk memilih mana yang Anda inginkan di rumah Anda. Jika kita melakukannya dengan cara kita sendiri, kita akan memiliki setiap spesies.

Di bawah ini adalah beberapa tanaman Monstera yang menyenangkan.

Monstera deliciosa x albo variegata

Ini adalah tanaman Monstera hibrida. Daun di pohon ini variegata. Beberapa bahkan putih sepenuhnya. Mereka tumbuh menjadi seukuran kepala Anda.

Monstera obliqua

Monstera obliqua adalah tanaman unik, langka, dan mahal. Lubang di daunnya besar dan menciptakan pola yang funky.

Monstera siltepecana

Kami menyukai tanaman Monstera ini. Mereka merambat keluar dan menciptakan daun kecil berbentuk hati. Sangat cocok untuk keranjang gantung di rumah Anda.

Monstera borsigiana

Tanaman Monstera borsigiana adalah tanaman hias yang sempurna. Itu tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Daun berbentuk hati berwarna hijau tua dan indah.

Monstera spruceana

Sangat menyenangkan melihat tanaman ini merambat. Anda harus menggunakan tiang lumut untuk pemanjat Monstera ini. Tanaman remaja memiliki bintik-bintik putih yang menarik.

FAQ Monstera Dubia

Mengapa daun di Monstera dubia saya belum terbelah?

Jika daun Monstera dubia tidak membelah, artinya tanaman tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Sulit untuk membuat daunnya terbelah jika itu tanaman di dalam. Tempatkan tanaman Anda lebih dekat ke jendela atau lampu tumbuh.

Mengapa ada bintik-bintik coklat dengan lingkaran cahaya kuning di Monstera dubia saya?

Bintik-bintik coklat aneh di Monstera dubia Anda ini berarti tanaman Anda memiliki jamur. Ini terjadi jika tanaman terlalu basah atau Anda menyiramnya secara berlebihan. Rawat tanaman Anda segera karena jamur ini cepat menyebar.

Mengapa daun di Monstera dubia saya tergeletak rata?

Semua tanaman Monstera dubia seperti ini. Tidak ada yang tahu mengapa daun melakukan ini, bahkan ahli botani sekalipun.

Kesimpulan

Monstera dubia adalah tanaman yang menyenangkan untuk ditanam dan dirawat. Anda tidak perlu stres karenanya. Anda bisa menyaksikan bagaimana tanaman ini memanjat dan bagaimana daun perak bertunas darinya. Itu adalah keindahan tanaman yang terbaik untuk dinikmati di rumah Anda.

Komentar