Tips Perawatan dan Perbanyakan Monstera Pinnatipartita

Spesimen tanaman yang agak langka tetapi dicari dari genus Monstera adalah Monstera pinnatipartita yang berasal dari hutan hujan Amerika Selatan di Kolombia, Ekuador, dan Peru. Hal yang membuatnya sangat menarik untuk menumbuhkan Monstera pinnatipartita adalah transformasi daun yang dramatis saat tanaman itu dewasa.

Harga Monstera Pinnatipartita

Seperti semua Monstera, fenestrasi atau belahan daun mulai muncul saat tanaman semakin besar, membuatnya tidak dapat dikenali dari keadaan remaja mereka. Kecenderungan pada Monstera pinnatipartita adalah belahan dalam hingga pelepah, bukan hanya celah atau lubang.

Perawatan Monstera pinnatipartita cukup mudah dengan persyaratan dasar epifit neotropis karena mereka membutuhkan cahaya tidak langsung, banyak kelembapan, dan suhu sedang. Mereka biasanya menghasilkan bunga monokotil, yaitu struktur seludang dan tongkol klasik.

Anda dapat menumbuhkan Monstera pinnatipartita dalam pot dengan tiang totem di dalam ruangan, yang merupakan cara yang ideal, tetapi mereka juga dapat dilatih untuk merayap ke dinding atau pohon.

Panduan Perawatan Monstera Pinnatipartita

Tanah

Cara terbaik untuk mencapai kondisi optimal untuk perawatan Monstera pinnatipartita adalah dengan mengamati lingkungan alami tanaman. Benihnya berkecambah di kotoran hewan hutan. Sebagai epifit, Monstera pinnatipartita tumbuh tanpa akar di tanah yang hidup di atas tanah, merayap di atas pohon lain yang mengumpulkan nutrisi dari udara, puing-puing organik, vegetasi yang membusuk, atau kotoran hewan.

Campuran tanah yang ideal untuk menumbuhkan Monstera pinnatipartita jelas merupakan salah satu yang mengandung banyak bahan organik seperti mulsa, kompos, potongan kulit kayu, dan pupuk organik berbasis kotoran hewan. Sekitar 50% volumenya bagus. 50% lainnya adalah tanah pot berpasir yang ideal yang dicampur dengan pasir Malang.

Tanah harus mampu mempertahankan kelembapan tetapi juga harus memiliki drainase yang baik jika Anda ingin menanam Monstera pinnatipartita dan tidak membunuhnya. Spesies berbunga yang sangat dekat dengan tanaman ini adalah Anthurium. Tips perawatan Monstera pinnatipartita yang hebat adalah menggunakan campuran tanah pot Anthurium yang tersedia di toko-toko.

Cahaya

Sekali lagi kami akan merekomendasikan mengamati kehidupan hutan untuk mendapatkan petunjuk tentang perawatan Monstera pinnatipartita. Spesies ini “memanjat” untuk mencapai cahaya yang lebih terang dengan memotong vegetasi di tanah.

Jadi, untuk mengelabui mereka agar menjadi lebih tinggi, Anda cukup menduplikasi lingkungan ini sebaik mungkin dan menumbuhkan Monstera pinnatipartita di tempat teduh. Anda perlu menghindari jendela yang terkena sinar matahari atau sinar matahari langsung karena hal ini dapat membakar daun.

Pada dasarnya, Anda dapat menanam Monstera Pinnatipartita di mana pun di dalam rumah Anda karena toleransi cahayanya yang rendah, tetapi jika cahaya terlalu sedikit, mereka tumbuh lebih lambat dari biasanya dan daun menjadi lebih gelap. Dalam cahaya redup, daun juga bisa tumbuh lebih jarang dan lambat.

Daun kehilangan belahan dan perforasi yang indah yang merupakan alasan utaa mengapa Anda memilih untuk memelihara Monstera Pinnatipartita. Jadi, berhati-hatilah.

Air

Untuk menumbuhkan Monstera Pinnatipartita dengan baik, tanah harus tetap lembab tetapi tidak basah. Seringkali dianjurkan untuk menyiram ketika tanah hampir kering sepenuhnya. Tetapi jumlah air yang dibutuhkan tanaman Anda bergantung pada hal-hal seperti suhu, kelembapan, seberapa banyak cahaya yang diterimanya, ukuran tanaman, dan lainnya.

Satu tips perawatan Monstera pinnatipartita adalah menyesuaikannya dengan iklim. Jadi pada dasarnya Anda hanya perlu menyiram sekitar seminggu sekali sampai tanaman terbiasa dengan rutinitasnya.

Jika Anda melihat daunnya menguning, kurangi penyiraman selama beberapa minggu. Kemudian lanjutkan penyiraman secara teratur. Entah bagaimana, tanaman itu tampaknya tumbuh lebih baik dengan tingkat air yang layak asalkan sudah terbiasa. Selain itu, setiap kali Anda melakukannya, sirami dalam-dalam sampai meninggalkan lubang drainase, terutama jika Anda memupuk tanaman.

Suhu

Tanaman ini menyukai suhu hangat, tetapi Anda bisa menyebutnya agak tahan dingin. Tanaman ini bisa menahan suhu minimal sampai 10 °C, tetapi tidak bisa lebih rendah. Meskipun demikian, Anda dapat menanam Monstera Pinnatipartita paling baik pada suhu rata-rata antara 18 sampai 27 ºC. Tanaman mulai menunjukkan pertumbuhan aktif pada suhu 18 °C dan akan benar-benar berhenti tumbuh di bawah suhu 10 ºC.

Jika Anda menanam tanaman ini di dalam ruangan, pertahankan suhu ruangan yang sesuai. Penanaman di luar ruangan hanya mungkin dilakukan di zona iklim yang kuat di mana suhu jarang turun sampai 10 °C. Tanaman ini tropis, jadi rentan terhadap embun beku.

Kelembaban

Unsur “baik untuk dimiliki” dalam perawatan Monstera pinnatipartita adalah kelembapan, karena tanaman ini termasuk dalam wilayah dengan kelembapan sedang hingga tinggi. Dalam hujan lebat di habitat aslinya, mereka tumbuh subur dalam kelembaban hingga 60%.

Meskipun demikian, Anda dapat menanam Monstera Pinnatipartita bahkan dalam kondisi kelembapan rata-rata, dan itu akan baik-baik saja tetapi akan sangat berguna jika Anda meningkatkannya.

Berikut adalah trik perawatan Monstera pinnatipartita yang efektif untuk mengelola kelembapan tanpa harus bergantung pada pelembab udara. Buat semacam “hutan” untuk beberapa varietas Monstera. Anda bahkan dapat menanamnya bersama dengan beberapa varietas Philodendron dan Pothos. Berkerumun membantu menciptakan lingkungan yang hangat dan lembab di sekitar tanaman yang tampaknya disukai oleh epifit ini.

Belum lagi, mereka bahkan terlihat cantik dengan berbagai bentuk dan warna, merayap, memanjat, dan menggantung bersama. Jika Anda punya ruang, cobalah menumbuhkan Monstera Pinnatipartita di kamar mandi yang cukup terang! Ini adalah tempat yang bagus untuk tanaman yang menyukai kelembaban.

Pemupukan

Berikan Monstera Pinnatipartita Anda campuran tanah yang kaya akan pupuk organik dan juga memberinya nutrisi tambahan. Bahan organik yang membusuk bercampur dengan tanah bertindak sebagai pupuk organik lepas lambat untuk tanaman. Taburan pupuk NPK 20-20-20 atau 20-10-10 seimbang akan meningkatkan ukuran daun dan menghasilkan tanaman yang lebih besar dan lebih sehat.

Emulsi ikan yang diencerkan dengan baik dan diberikan setiap 4 hingga 6 minggu bisa memberikan dorongan pertumbuhan nyata.  Setelah tanaman dewasa, jadwal perawatan Monstera pinnatipartita dua bulanan mencakup pupuk anggrek atau anthurium seimbang yang dapat Anda beli dari toko tanaman setempat.

Perbanyakan

Untuk perbanyakan, stek batang atau stek ujung Monstera Pinnatipartita adalah metode yang populer. Mereka dengan mudah berakar baik di tanah atau air. Seiring waktu, tanaman Anda akan menumbuhkan akar angin dari batangnya yang membantu perbanyakan.

Pertumbuhan

Perawatan Monstera pinnatipartita secara keseluruhan lebih mudah di dalam ruangan karena keunikannya yang semakin meningkat. Daunnya tetap dan berukuran rata-rata dan tumbuh tinggi daripada lebar. Fitur menarik dari varietas monstera ini adalah ruasnya hampir tidak terlihat, tidak seperti varietas Monstera lainnya.

Tangkai daun hijau zamrud tampak bertumpuk sangat rapat satu sama lain yang membuatnya menjadi tanaman menjalar lambat yang cocok untuk berkebun dalam ruangan. Juga merupakan ide bagus untuk menumbuhkan Monstera pinnatipartita di luar ruangan di tanah dan membiarkannya merayap di dinding sudut untuk mendapatkan tampilan yang lebih spektakuler.

Dengan cara ini, daun menjadi benar-benar terbelah atau menyirip dan Anda mungkin cukup beruntung untuk melihat bunga lilin putih murni monokotil yang indah dengan spathe dan spadix, khas dari semua tanaman yang termasuk dalam famili arum, Araceae.

Pastikan saja mereka tidak terkena sinar matahari langsung atau terbakar. Di habitat aslinya, tanaman tumbuh setinggi 33-66 ‘(10-20m) dalam usahanya mencari sinar matahari, sering kali kehilangan kontak dengan tanah.

Pot

Yang terbaik adalah menumbuhkan Monstera Pinnatipartita seperti pemanjat daripada tanaman merambat. Tanaman ini harus ditanam dalam wadah yang cukup besar dengan tiang penuh lumut, sepotong kayu, atau bentuk teralis lain untuk dipanjat dengan batangnya. Batangnya menurunkan akar udara yang panjang dan menjuntai, yang menopang tanaman.

Akarnya suka dengan aerasi sehingga Anda perlu menjaga tanah tetap gembur dan menaruhnya dalam pot berukuran besar. Tidak seperti epifit lainnya, epifit ini tidak harus rootbound alias membiarkan akarnya penuh melingkari pot. Juga yang penting lainnya adalah perawatan Monstera pinnatipartita membutuhkan pangkalan tanaman yang stabil.

Metode Propagasi Monstera Pinnatipartita Langkah demi Langkah

Perbanyakan Monstera pinnatipartita dari stek ujung

– Pilih ujung batang dari tanaman induk dewasa, idealnya di mana akar angin terlihat

– Potong ujung batang dengan setidaknya dua ruas daun menggunakan gunting taman.

– Jepit daun pada node bawah.

– Siapkan pot dengan campuran 50-50 sphagnum moss dan pasir malang yang sangat lembab tetapi tidak terlalu basah.

– Anda tidak memerlukan hormon perakaran untuk stek karena biasanya mereka cukup siap berakar.

– Tanam batang dengan setidaknya satu node di bawah tanah dan tekan tanah agar tegak.

– Simpan pot di tempat yang cukup terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung.

– Jaga tanah tetap lembab sampai cuttingan stabil. Ini akan memakan waktu 1 – 2 minggu. Pindahkan ke campuran media tanam biasa setelah 8 minggu.

Perbanyakan Monstera pinnatipartita dalam air

– Ikuti instruksi hingga langkah 3 di bagian atas

– Pilih toples yang memiliki mulut dengan lebar minimal 8 cm dan cukup dalam sehingga node cuttingan berada di bawah air tetapi daun terminalnya keluar.

– Tips pro: Jika mulut toples terlalu sempit, akarnya akan pecah saat Anda menarik stek.

– Masukkan cuttingan Anda ke dalam toples berisi air bersih.

– Taruh di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung dan jangan mengganggu cuttingan.

– Akar baru akan tumbuh dari ruas yang terendam air setelah 1 – 2 minggu.

– Anda dapat memindahkan cuttingan ke tanah setelah panjang akarnya mencapai 3-5 cm. Pindahkan ke campuran pot biasa setelah 8 minggu.

Cara mencangkok Monstera pinnatipartita

Anda membutuhkan kantong plastik transparan 15 cm, sphagnum moss, dan beberapa tali pengikat.

– Pilih node / mata tunas dengan akar udara pada batang berkaki panjang yang kuat. Buat irisan dangkal tidak lebih dalam dari 1/4 ketebalan batang tepat di bawah node itu.

– Buat beberapa lubang kecil di bagian bawah kantong plastik Anda dan taruh segenggam sphagnum moss yang lembab di bagian bawah. Potong ujung atas kantong plastik sehingga Anda mendapatkan tutup untuk menggulung batangnya.

– Sekarang mari kita ke tanaman. Dengan satu telapak tangan pegang lumut yang direndam air di dalam kantong plastik pada node akar angin yang dipilih. Dengan tangan yang bebas, bungkus tutup plastik di sekitar batang. Tahan kantong lumut ini ke batang dengan ikatan berkelok-kelok untuk menjaga cangkokan tetap membungkus node.

– Jaga agar lumut tetap lembab dengan menyiraminya melalui lubang pada plastik.

– Dalam 2 minggu, Anda akan melihat bahwa akar telah tumbuh dalam lumut.

– Buang lumut tanpa merusak akar baru Anda dan potong batang di bawah akar baru yang memisahkan cuttingan dari induknya

– Tanam tanaman baru di pot dengan menjaga tanah tetap lembab sampai mapan.

– Tips pro: Untuk peluang sukses yang lebih baik, lakukan ini dengan beberapa node sekaligus sehingga setidaknya satu dari mereka akan mengakar.

Masalah Umum pada Tanaman Monstera Pinnatipartita

Daun kuning: Penyiraman berlebihan adalah penyebab paling umum dari daun kuning. Jika tanaman Anda memiliki daun berwarna kuning, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tanah. Jika tanah terus-menerus basah atau drainasenya buruk, atau jika Anda lupa mengosongkan tatakan setelah disiram, kemungkinan penyebabnya adalah penyiraman berlebihan.

Tepi coklat: Jika Anda melihat tepinya menjadi coklat dan kering maka Anda kurang menyiram atau terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.

Daun baru tidak membelah: Biasanya berkaitan dengan cahaya. Semakin dingin tempat Anda tinggal, maka itu akan memperlambat pertumbuhannya karena lemahnya sinar matahari. Fenestrasi akan kembali jika Anda memindahkannya ke tempat dengan cahaya yang baik. Bisa juga karena tidak adanya sesuatu untuk dipanjat. Akar udara itu menempel pada permukaan dan membantu munculnya daun dewasa.

Hama dan infeksi yang umum: Saat Anda menanam Monstera Pinnatipartita, hama dan serangga biasanya tidak menjadi masalah karena ini adalah tanaman tropis yang kuat. Namun hama yang paling umum adalah kutu putih dan tungau laba-laba. Tindakan pengendalian terbaik adalah aplikasi rutin sabun insektisida dan minyak neem sebulan sekali atau seperti yang ditentukan pada kemasan.

Rutinitas lain perawatan Monstera pinnatipartita untuk pengendalian hama termasuk mencuci daun dengan semprotan air seminggu sekali saat menyirami tanaman dan menyekanya hingga kering.

Infeksi bakteri / jamur dapat dihindari dengan menjaga kebersihan lingkungan tanaman, membuang daun-daun yang mati, dan menggunakan pakan organik yang steril. Juga, pastikan Anda mengeringkan tanaman setelah disemprot.

Tips untuk Menjaga Monstera Pinnatipartita Bebas Masalah

– Letakkan Monstera Pinnatipartita di bawah naungan cerah dan tanpa sinar matahari langsung.

– Kelembaban itu penting, tetapi jangan biarkan tanaman Anda tergenang air.

– Gunakan kotoran hewan dalam campuran tanah untuk pertumbuhan yang solid.

– Suhu ruangan ideal untuk pertumbuhan.

– Gerombolkan bersama tanaman merambat epifit lainnya untuk mengatur kelembapan.

– Berikan permukaan seperti totem, turus, atau dinding untuk dipanjat. Akar monstera bukanlah jenis akar yang merusak dinding atau permukaan.

– Daun Monstera Pinnatipartita memiliki kemampuan untuk berputar mengikuti matahari. Jadi memutar pot secara berkala sehingga sisi lain tanaman terkena sinar matahari adalah cara yang baik untuk mendapatkan pertumbuhan yang sehat.

– Tanam beberapa tanaman merambat dalam satu pot untuk membentuk tampilan yang lebat

Tanya Jawab Seputar Monstera Pinnatipartita

Bisakah Monstera Pinnatipartita hidup di air?

Tanaman ini bisa dengan mudah berakar di air dan bahkan dapat tinggal di sana untuk sementara waktu. Tetapi meski tidak ada sesuatu untuk dipanjat, mereka tidak berhenti tumbuh di air.

Bagaimana cara agar Monstera Pinnatipartita memanjat?

Cara ideal untuk melatih monstera sebagai tanaman rumah adalah dengan memberinya totem atau turus lumut untuk didaki.

Apakah Monstera Pinnatipartita sama dengan Split Leaf Philodendron?

Meskipun genus Monstera dan genus Philodendron saling terkait, tumbuhan dalam genera ini berbeda satu sama lain. Mereka tidak bisa diserbuki silang. Monstera biasanya dapat memiliki fenestrasi daun sedangkan Philodendron daun split hanya memiliki daun pecah / split. Monstera memiliki bunga berkelamin tunggal sedangkan Philo memiliki bunga biseksual. Masih banyak lagi perbedaan seperti itu.

Bagaimana merawat Monstera Pinnatipartita agar terlihat lebat?

Kecenderungan tanaman ini adalah menjadi berkaki panjang saat dewasa dan tidak terlalu sering bercabang. Tanam beberapa stek dalam satu pot untuk mendapatkan tampilan yang lebat.

Kesimpulan

Banyak orang bingung membedakan Monstera dengan Split Leaf Philodendron (Philodendron Bipinnatifidum) yang sangat populer dan itu tidak mengherankan sama sekali mengingat bahwa bahkan para ilmuwan merenungkannya sampai kemajuan abad ke-19 dalam ilmu genetika mengungkapkan perbedaan antara kedua genera.

Monstera telah menunjukkan peningkatan popularitas baru-baru ini dengan kehidupan dalam ruangan. Demikian pula, motif daun berlubangnya telah berhasil mencapai hampir semua hal – lukisan dinding, bantal, penutup lampu, cangkir kopi, dll! Jika Anda belum memilikinya di koleksi Anda, mungkin inilah saatnya untuk memulai!

Komentar