Tips Merawat Tanaman Cantik Peperomia Obtusifolia

Tanaman hias menjadi semakin populer seiring berjalannya waktu. Dengan akses yang lebih sedikit ke alam bebas, orang memilih untuk membawa alam ke dalam rumah. Bagi mereka yang tertarik dengan tanaman yang mudah dirawat, indah, dan cepat tumbuh, tanaman Peperomia obtusifolia adalah pilihan yang bagus. Tanaman yang menarik ini memiliki daun berwarna hijau glossy yang tebal dan tahan lama.

Peperomia Obtusifolia

Jika Anda menyukai sukulen tetapi menginginkan sesuatu dengan sedikit lebih banyak daging di tulangnya, Peperomia obtusifolia adalah yang Anda butuhkan. Tanaman cantik ini dapat menangani iklim kering dan terlihat mirip dengan sukulen tanpa benar-benar diklasifikasikan sebagai salah satu di antaranya.

Peperomia obtusifolia, disebut juga Baby Rubber Plant, terlihat bagus di meja, counter, ambang jendela, atau di mana pun Anda membutuhkan sentuhan alam. Meskipun tanaman tersebut cenderung tumbuh secara luas, cukup pangkas Peperomia obtusifolia Anda untuk membentuk tanaman yang lebih tegak dan kompak. Mereka berukuran sempurna untuk ditambahkan ke dinding tanaman hias atau bahkan untuk ditempatkan di dekat pintu masuk Anda.

Tentang Peperomia obtusifolia

– Saat ditanam di dalam pot, Peperomia obtusifolia biasanya tumbuh menjadi 10 atau 15 cm.

– Peperomia obtusifolia tumbuh dengan cepat saat terkena cahaya alami.

– Tanaman ini kadang-kadang berbunga, tetapi terutama didambakan karena dedaunan hijau tuanya.

– Peperomia obtusifolia tersedia dalam berbagai bentuk.

– Tanaman ini tidak mentolerir sinar matahari langsung dengan baik dan akan terbakar.

– Tanaman Peperomia obtusifolia merupakan tanaman epifit.

– Daun Peperomia obtusifolia biasanya berwarna hijau tua meskipun beberapa memiliki daun dengan guratan putih atau kuning marmer.

Sekilas Tentang Tanaman Peperomia obtusifolia

– Peperomia obtusifolia mirip dengan sukulen karena mereka menggunakan daunnya untuk menyimpan air dalam jumlah besar.

– Peperomia obtusifolia berasal dari Amerika Selatan.

– Tanaman Peperomia obtusifolia adalah epifit berbunga abadi.

– Tinggi rata-rata tanaman Peperomia obtusifolia adalah 25 cm, tetapi dapat tumbuh lebih tinggi dalam kondisi yang tepat.

– Tanaman Peperomia obtusifolia yang epifit akan tumbuh subur bersama tanaman dan sukulen lain.

– Repotting hanya diperlukan sekali setiap beberapa tahun karena sistem perakaran yang kecil.

– Tanaman Peperomia obtusifolia tumbuh subur di media tanam yang subur.

– Tanaman Peperomia obtusifolia adalah tanaman yang tumbuh cepat dan membutuhkan pemangkasan sesekali.

– Peperomia obtusifolia rentan terhadap kutu putih & tungau laba-laba.

– Tanaman Peperomia obtusifolia tidak beracun untuk hewan peliharaan, tetapi sebaiknya simpan tanaman hias ini di tempat yang aman.

– Terkadang tanaman ini akan menghasilkan bunga kecil berwarna hijau.

– Batang, akar, dan daun tanaman Peperomia obtusifolia tebal dan kental karena kandungan air yang tinggi di dalamnya.

– Sistem akar peperomia agak kecil, mereka mengumpulkan air melalui daun dan akarnya.

– Tanaman Peperomia obtusifolia tumbuh subur dalam kondisi lembab di dalam ruangan maupun di alam liar.

– Menyiram tanaman Peperomia obtusifolia Anda akan membuatnya tetap bersih dan tersiram dengan baik di antara sesi penyiraman biasa.

– Tanaman Peperomia obtusifolia hanya membutuhkan pemupukan dua atau tiga kali dalam setahun melalui tanah.

– Garam berlebih dalam pupuk dapat menumpuk dan membakar akar Peperomia obtusifolia.

– Tanaman harus dijauhkan dari ventilasi dan sumber pemanas.

Menumbuhkan Peperomia obtusifolia

Menumbuhkan tanaman Peperomia obtusifolia agak mudah. Mereka tumbuh subur dalam suhu hangat, meskipun suhu di bawah 13 °C dapat menyebabkan kerontokan daun. Mereka yang memiliki daun berwarna alami yang kemudian menjadi hijau umumnya tidak mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanam di tanah campuran lempung dan letakkan di bawah sinar matahari yang disaring. Jangan sampai tanaman terkena sinar matahari langsung karena daunnya akan terbakar dan air di tanaman akan cepat mengering.

Tanaman Peperomia obtusifolia memiliki sistem akar yang kecil, jadi perawatan ini penting dilakukan saat mengemasnya ke dalam pot dan saat menyiramnya. Terlalu banyak air akan menyebabkan busuk akar dan tanah menjadi basah. Sebagai tanaman tropis, tanaman ini akan tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembab. Tanaman ini dapat mentolerir cuaca panas, tetapi pastikan ada banyak kelembaban di udara di sekitar tanaman.

Saat tanaman matang, daun yang lebih tua akan mati dan rontok. Jika daun kering terlalu banyak, kemungkinan tanaman diberi terlalu banyak pupuk. Semua pupuk tanaman rumah mengandung garam, namun tanaman ini hanya membutuhkan sedikit pupuk.

Jika Anda memupuknya secara berlebihan, garam akan menumpuk di daun dan menyebabkan guncangan pada tanaman. Untuk mengurangi jumlah garam yang menumpuk, cukup bilas campuran pot dengan air bersuhu ruangan secara perlahan beberapa kali. Pastikan Anda membiarkan tanah mengering sepenuhnya untuk mencegah pembusukan akar.

Penyiraman Peperomia obtusifolia

Saat menyiram tanaman Peperomia obtusifolia, Anda harus menjaga tanah tetap lembab sepanjang waktu di sepanjang tahun. Biarkan lapisan atas tanah sedikit mengering sebelum menambahkan lebih banyak air, tetapi jangan biarkan tanaman benar-benar kering.

Hindari menyiram tanaman secara berlebihan, karena sistem perakarannya kecil sehingga air yang disediakan akan terserap dengan lambat. Terlalu banyak air dapat menyebabkan busuk akar dan syok.

Tanaman Peperomia obtusifolia tumbuh subur di iklim lembab. Sebaiknya pertahankan tingkat kelembapan 50% di sekitar tanaman. Pertimbangkan untuk menempatkan pot di atas nampan kerikil yang sudah disiram. Tanah yang digunakan harus memiliki drainase yang baik seperti campuran sekam bakar dan cocopeat.

Perhatian utama adalah bahwa apa pun campuran media tanam yang Anda pilih, tanahnya diangin-anginkan dengan baik. Anda dapat mengganti tanah jika tanaman terlalu banyak air atau jika tanaman menjadi stres. Tanaman Peperomia obtusifolia, secara umum, tidak mengalami masalah hama atau infestasi, tetapi sebaiknya sesekali Anda memeriksanya apakah ada serangga rumahan di sana.

Perbanyakan Peperomia obtusifolia

Menyebarkan Peperomia obtusifolia cukup sederhana dan dapat dilakukan bersamaan dengan Anda merepoting tanaman. Caranya mudah, ambillah potongan yang banyak dari ujung batang. Anda juga bisa mengambil stek batang daun saat merepoting. Tambahkan stek Anda ke dalam campuran media tanam berbasis lumut gambut, tetapi campuran media tanam berkualitas tinggi apa pun bisa digunakan. Akar menempel dengan baik di perlite lembab atau Anda dapat merendam potongan di dalam air agar akar tumbuh.

Metode air membutuhkan waktu lebih lama daripada metode tanah, namun keduanya efektif. Peperomia obtusifolia dapat berakar di air tetapi untuk kesehatan jangka panjang sebaiknya ditanam di tanah setelah perbanyakan. Saat tanaman mulai dewasa, berikan pupuk yang diencerkan dan larut dalam air setiap dua minggu.

Penutup

Peperomia obtusifolia sering disalahartikan sebagai sukulen, tetapi ini hanyalah tanaman tropis yang berair. Tanaman hias yang menarik ini mudah dirawat dan biasanya hidup selama satu dekade atau lebih dengan perawatan yang tepat. Tanaman ini memiliki sistem akar kecil yang secara bertahap menyerap air dari sekitarnya, namun ini juga menyerap air melalui daunnya. Tanaman Peperomia obtusifolia bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rumah atau kantor mana pun.

Peperomia obtusifolia bisa tumbuh di dalam ruangan dan juga akan berkembang di luar ruangan di iklim hangat. Anda dapat menanamnya di tanah atau menyimpannya dalam pot di tempat teduh bersama dengan sukulen dan bromeliad. Dalam lingkungan alami mereka, mereka tumbuh di atas tanaman lain, jadi mereka berbagi ruang dengan baik dengan tanaman lain.

Sebaiknya Anda membawa tanaman ke dalam jika cuaca turun di bawah 50 derajat. Tanaman dewasa akan bervariasi ukurannya. Beberapa mungkin tumbuh tinggi dan lurus sementara yang lain mungkin tetap dalam bentuk miniatur awal mereka. Mereka tumbuh cepat dan cenderung menjadi top-heavy, jadi ingatlah hal itu saat menanam atau memilih penempatan tanaman Anda.

Tanaman Peperomia obtusifolia terutama dihargai sebagai tanaman hias karena dedaunannya yang menakjubkan. Mudah untuk tumbuh dan dirawat dan memiliki penampilan yang lebat seperti sukulen saat dewasa. Daun pelate mengkilapnya sering dipasangkan dengan bunga runcing hijau atau putih kecil. Bunganya tidak terlalu mencolok; kebanyakan Peperomia obtusifolia dikenal karena daunnya yang indah dan bukan bunganya.

Jika Anda mencari tanaman yang cocok dengan tanaman lain dan mudah dirawat, Peperomia obtusifolia akan menjadi tambahan yang bagus untuk koleksi Anda yang sudah ada.

Komentar