Tips Merawat dan Memperbanyak Peperomia Pellucida

Jika Anda sedang mencari tanaman yang memiliki semuanya, Peperomia Pellucida adalah jawaban Anda. Tanaman hias yang indah ini tidak hanya menarik tetapi juga dapat dimakan dan dapat digunakan dalam berbagai macam hidangan. Ini bisa menambahkan sedikit rasa ke dalam salad tawar Anda dan rasanya fantastis saat dimasak bersama sayuran hijau.

Harga Peperomia Pellucida

Peperomia Pellucida adalah tanaman bergizi tinggi dan memiliki nama lain seperti Shining Bush Plant atau Pepper Elder. Dikenal sebagai daun suruh-suruhan, tanaman ini sangat kaya kalium, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan beberapa mineral penting lainnya. Di beberapa negara di dunia, tanaman Pellucida juga digunakan untuk membuat teh.

Selain itu, Pellucida memiliki khasiat medis yang cukup mengesankan. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan anti-bakteri. Kerabat dekat tanaman Peperomia Pellucida adalah Peperomia Maculosa, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur.

Sebagian besar spesies Peperomia berasal dari daerah tropis Amerika dan lainnya dari Asia. Namun beberapa spesies kini juga dibudidayakan di Malaysia. Mayoritas spesies Peperomia memiliki paku bunga yang serupa tetapi memiliki pola dan tekstur daun yang berbeda.

Petunjuk Perawatan Tanaman Peperomia Pellucida

Peperomia Pellucida adalah tanaman pan-tropik dengan panduan perawatan yang cukup mudah. Ini membutuhkan kelembapan ringan hingga sedang (lebih dari 60%) dan tumbuh subur saat terkena sinar matahari tidak langsung yang cerah. Ini sebagian besar tumbuh menjadi tanaman yang indah ketika ditanam dalam campuran media organik yang liat. Tanaman ini lebih menyukai suhu mulai dari 18 hingga 24 °C. Penyiraman 2 hingga 3 kali seminggu sudah cukup.

Tanah

Tanaman Peperomia Pellucida yang indah ini memiliki sistem perakaran yang kecil. Oleh karena itu menanamnya tidak terlalu merepotkan. Namun saat ditanam, tingkat kelembapan yang memadai di dalam tanah harus dijaga. Jika tanah dibiarkan mengering dalam waktu lama, tanaman bisa berhenti tumbuh.

Campuran media tanam ideal untuk tanaman Peperomia Pellucida adalah kombinasi perlite dan lumut gambut 50:50. Jika Anda ingin memberikan perhatian ekstra pada tanaman Anda, tambahkan kerikil halus. Kerikil akan memungkinkan akar memiliki cukup udara sehingga tidak mati lemas.

Anda juga bisa menanam tanaman Peperomia Pellucida di lumut lembap. Namun demikian, kadar air tanah harus diperhatikan. Tanah basah memicu infeksi bakteri dan jamur, sementara tanah kering menghilangkan kelembapan seluruh tanaman. Oleh karena itu, cobalah untuk menyeimbangkan kedua ekstrem tersebut dan sirami tanah tanaman Pellucida bila diperlukan.

Tanaman Peperomia Pellucida, bila ditanam di dalam ruangan, sebaiknya ditanam sampai rimbun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengganti pot tanaman secara berulang-ulang menyesuaikan ukuran tanaman. Beri waktu dan ruang yang cukup bagi tanaman Pellucida Anda untuk tumbuh dan berkembang.

PH yang direkomendasikan untuk tanaman Peperomia Pellucida adalah 5,5 hingga 8,0 (asam hingga sedikit basa). Pastikan bahwa Anda tidak membiarkan mineral tanah apa pun menumpuk dan mencapai tingkat berracun.

Penyiraman

Tanaman Peperomia Pellucida memiliki daun berkilau berbentuk hati. Untuk menjaga tanaman Pellucida Anda tetap berkilau dan bahagia, Anda harus rajin merawatnya. Tanaman Peperomia Pellucida harus disiram cukup banyak dalam seminggu untuk menjaga sifat turgiditas dan batang sukulennya. Idealnya, tanaman Peperomia Pellucida harus disiram sekitar 2 hingga 3 kali seminggu, tergantung pada seberapa lembab dan panasnya.

Di musim kemarau, ikuti rutinitas penyiraman ini. Namun tanaman Pellucida mungkin tumbuh minimal atau tidak tumbuh sama sekali selama musim dingin atau salju di negara empat musim; oleh karena itu, yang terbaik adalah mengurangi frekuensi penyiraman selama musim ini.

Untuk menentukan kapan harus menyiram tanaman Peperomia Pellucida Anda, periksa bagian atas tanah 5 cm. Jika sangat kering, tambahkan air. Jika masih cukup lembab, tahan penyiraman dan biarkan mengering selama sekitar satu hari.

Frekuensi penyiraman juga sangat tergantung pada daerah tempat Anda tinggal. Jika Anda tinggal di tempat yang cerah atau kering, tanaman Peperomia Pellucida Anda akan membutuhkan lebih banyak air untuk bertahan hidup.

Namun jika Anda tinggal di daerah yang dingin dan lembab, tanaman Pellucida Anda kemungkinan besar tidak perlu disiram terus menerus. Selanjutnya, gunakan air yang hangat dan bebas klorin untuk tanaman Peperomia Pellucida Anda.

Pencahayaan

Tanaman Peperomia Pellucida, seperti kebanyakan tanaman hias lain, tidak bereaksi dengan baik terhadap sinar matahari langsung yang intens. Tanaman Pellucida harus ditempatkan di bawah sinar matahari yang berbintik-bintik dan cerah agar bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman ini dapat mentolerir cahaya redup untuk waktu yang terbatas; Namun yang terbaik adalah memindahkannya ke tempat dengan pengaturan cahaya yang ideal. Anda mungkin tidak menyadari bahwa sudut di sekitar rumah Anda dapat menjadi tempat yang ideal untuk tanaman Peperomia Pellucida Anda.

Salah satu pengaturan tersebut adalah menempatkan tanaman Peperomia Pellucida Anda di depan jendela yang menghadap ke selatan atau tenggara. Bahkan jendela sisi timur sudah cukup. Mereka biasanya membiarkan sinar matahari yang cukup menerpa tanaman Pellucida.

Peperomia Pellucida adalah tanaman yang menarik dan menghasilkan kontras yang mencolok dengan balkon berwarna putih. Oleh karena itu, tanaman ini juga dapat ditempatkan tepat di dalam pintu balkon Anda di pot dekoratif atau di depan pintu balkon berwarna gelap tempat cahaya yang terfilter masuk.

Sebagai alternatif, Anda dapat menempatkan tanaman Peperomia Pellucida di bawah lampu tanam buatan. Semua pengaturan ini sebagian besar terbukti menjadi titik sinar matahari yang ideal untuk tanaman Pellucida.

Suhu

Jika memungkinkan, tanaman Peperomia Pellucida memiliki khasiat lain yang menjadikannya pilihan yang sangat baik sebagai tanaman hias dalam ruangan; itu dapat tumbuh cukup baik dalam kisaran suhu rumah biasa.

Tanaman Peperomia Pellucida menyukai suhu mulai dari 18 hingga 23 derajat Celcius. Tanaman ini dapat menahan suhu sedikit di bawah atau di atas kisaran ideal. Namun yang terbaik adalah menanam tanaman Pellucida di lingkungan yang disukai. Ini juga menurunkan kemungkinan infeksi dan penyakit.

Kelembaban

Tanaman Peperomia Pellucida memiliki batang sukulen yang memungkinkan tanaman tetap terhidrasi selama beberapa waktu meskipun tingkat kelembapannya sedikit rendah. Namun kami menyarankan untuk menempatkan tanaman Pellucida dalam kondisi kelembaban yang baik sehingga tanaman mencapai potensi maksimalnya.

Tingkat kelembaban yang ideal untuk tanaman Peperomia Pellucida adalah 60% hingga 90%. Batang biasanya menyimpan kelembapan ekstra dan menggunakannya saat dibutuhkan. Jika Anda tinggal di daerah dengan kelembapan rendah, menyemprot di sekitar tanaman Pellucida Anda atau kelompokkan semua tanaman hias Anda dalam satu ruangan bisa meningkatkan kelembapan. Anda juga dapat menggunakan humidifier untuk memantau tingkat kelembapan tanaman Pellucida setiap saat.

Pupuk

Peperomia bukanlah penyerap nutrisi berat. Karena itu, jangan khawatir ketika harus memberi pupuk tanaman Peperomia Pellucida Anda. Anda bisa menggunakan pupuk padat halus atau pupuk cair.

Untuk menyuburkan tanaman Peperomia Pellucida Anda, gunakan pupuk 20-20-20 berkualitas baik yang mengandung nitrogen, kalium, dan zat besi dalam porsi yang seimbang. Terapkan pupuk ini kira-kira setiap dua minggu. Kami menyarankan Anda untuk menambahkan pupuk ini ke tanah yang lembab. Ini akan membantu nutrisi diserap lebih efisien.

Repotting

Peperomia Pellucida adalah tanaman halus dengan daun kecil berbentuk hati dan sistem perakaran kompak. Beberapa ahli tanaman mungkin juga setuju bahwa ini lebih suka akarnya memenuhi pot daripada memiliki ruang tanam yang besar.

Oleh karena itu, merepotting tanaman Peperomia Pellucida setiap bulan, atau bahkan setiap tahun, tidaklah penting. Anda dapat membiarkan tanaman Pellucida selama 1,2 hingga 2,5 tahun sebelum membutuhkan penggantian pot. Selain itu, kami sarankan untuk menggunakan pot kecil daripada pot besar. Lebih penting lagi, pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah.

Pemangkasan

Pemangkasan adalah cara yang bagus untuk menjaga tanaman Pellucida Anda terlihat segar dan sehat. Ini juga dapat membantu menyingkirkan pertumbuhan bertangkai panjang dan jarang. Tanaman ini mungkin menjadi sedikit sulit diatur saat dewasa. Karena itu, kami sarankan Anda memangkas tanaman Peperomia Pellucida Anda dari waktu ke waktu.

Untuk tanaman Peperomia Pellucida, pemangkasan setiap tahun sudah cukup. Selanjutnya pastikan gunting pemangkas tajam dan bersih. Ini akan menurunkan kemungkinan penyebaran penyakit atau jamur.

Perbanyakan

Perbanyakan sebagian besar spesies Peperomia dilakukan melalui stek daun. Untuk memperbanyak tanaman Pellucida, ambil tanaman Peperomia Pellucida dewasa, bubuk hormon perakaran, gunting tanaman, pot tanam, dan sedikit air. Ikuti prosedur di bawah ini:

– Ambil daun dari tanaman Pellucida dewasa. Selalu pilih yang besar dan sehat.

– Buat potongan kecil di bagian belakang daun ini. Taruh daun ini dalam campuran media tanam yang sudah disiapkan.

– Selanjutnya, tambahkan hormon perakaran pada daun dan tanah.

– Tambahkan air jika perlu.

– Tempatkan pot dengan potongan di bawah sinar matahari yang cerah dan tersaring.

– Pantau tanaman untuk mencari tanda-tanda pertumbuhan baru.

– Pertahankan perawatan tanaman Pellucida yang dibahas di atas untuk tanaman muda.

Harap tetap bersabar selama tanaman Pellucida tumbuh, dan jangan terlalu banyak menyirami cuttingan jika Anda tidak melihat tanda-tanda pertumbuhan. Diperlukan waktu sekitar tiga minggu hingga satu bulan untuk perkembangan akar dan lebih lama untuk pembentukan daun. Di bulan-bulan hangat, akarnya dapat berkembang lebih cepat karena kondisi yang menguntungkan.

Bunga

Tanaman Peperomia Pellucida tidak menghasilkan bunga yang penting. Tanaman ini terutama dikenal karena daunnya yang hijau dan subur, banyak kegunaannya, dan karakteristik tanaman hias yang ideal.

Namun Peperomia Pellucida memiliki banyak penggemar meski tak punya kelopak, mahkota, atau ulir benang sari biasa. Bunga tanaman Peperomia Pellucida terdiri atas dua benang sari jantan dan satu ovarium yang diberi sisik atau bractlet.

Ovarium tanaman Pellucida tumbuh menjadi buah, yang lebih matang muncul di bagian bawah. Bunga yang mekar memiliki panjang sekitar 1 hingga 2 inci (2,5 hingga 5 sentimeter) dan biasanya bertunas dari ketiak daun. Buah dari tanaman Pellucida berukuran kecil, bergerigi, dan bulat atau lonjong. Mereka awalnya berwarna hijau; namun seiring waktu akan menjadi hitam.

Pertumbuhan

Tanaman Peperomia Pellucida tumbuh dengan sangat baik ketika berada di lingkungan yang menguntungkan. Tanaman ini akan mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 45 sentimeter. Daun tanaman Peperomia Pellucida berbentuk hati dan berwarna hijau dengan panjang 2,5 hingga 5 sentimeter dan lebar 2,5 sentimeter. Mereka tumbuh dari batang yang menanjak atau tegak dengan panjang 15 hingga 43 sentimeter. Bunganya memiliki ukuran yang mirip dengan daunnya.

Masalah Umum Peperomia Pellucida

Jarang tanaman Peperomia Pellucida menjadi mangsa penyakit; Namun hal itu terkadang terjadi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengetahui apa saja tanda dan gejala penyakit dan serangga Pellucida yang khas.

Layu Verticillium

Tanaman Peperomia Pellucida juga rentan terhadap berbagai macam penyakit jamur, antara lain layu verticillium, busuk akar pythium, busuk batang, daun Phytophthora, bercak daun myrothecium, Rhizoctonia, dan antraknosa.

Layu Verticillium sulit untuk didiagnosis karena gejalanya sangat mirip dengan penyakit tanaman lainnya. Saat terinfeksi, daun tanaman Pellucida layu, menggulung, kemudian menguning atau merah. Mereka akhirnya menjadi coklat dan layu. Batang dan dahan tanaman juga mati.

Sayangnya, tidak ada cara untuk memulihkan kerusakan akibat layu verticillium. Namun Anda dapat memangkas cabang yang terkena dan membuangnya segera. Jangan gunakan daun tanaman ini untuk perbanyakan atau mengkonsumsinya.

Bintik Daun Cercospora

Jika daun pada tanaman Pellucida Anda memiliki area hitam atau cokelat di bagian bawah, kemungkinan besar terinfeksi oleh jamur Cercospora. Daun akan mulai tampak tidak beraturan dan bengkak.

Untuk merawat tanaman Pellucida, semprotkan dengan insektisida atau larutan hortikultura. Namun jika kerusakan parah dan tidak dapat diperbaiki lagi, potong daun yang terinfeksi dan buang.

Ring Spot Virus

Tanaman Peperomia Pellucida yang terinfeksi membentuk cincin pigmentasi terang dan gelap. Distorsi daun dan kerdil juga merupakan beberapa gejala dari virus ini.

Gejala dimulai dengan lesi berwarna coklat pada daun, diikuti dengan daun berguguran. Sayangnya, belum ada kontrol kimiawi yang tersedia untuk pengobatan. Oleh karena itu, bagian yang terkena harus dihilangkan untuk meminimalisir penyebaran. Jangan lupa untuk mendisinfeksi semua peralatan dan peralatan berkebun Anda setelah digunakan.

Tungau Laba-laba

Jika Anda melihat ada anyaman di bawah daun tanaman Pellucida atau di dekat axils daun, kemungkinan tanaman Anda telah diserang oleh tungau laba-laba. Untuk menghilangkannya, semprot tanaman Peperomia dengan sabun atau minyak insektisida. Selain itu, jaga agar tingkat kelembapan tetap tinggi dengan semprot lingkungan atau taruh pot tanaman di atas nampan kerikil.

Kutu putih

Meskipun tidak sering, serangga seperti kutu putih, ulat bulu, thrips, dan lainnya dapat menyerang tanaman. Tanda yang umum adalah munculnya massa jenis kapas putih di bagian bawah atau batang daun tanaman. Tanda lainnya adalah pertumbuhan kerdil dengan daun yang renyah. Perawatan untuk serangga ini harus segera dimulai dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Anda harus mengoleskan kapas ini pada bagian Pellucida yang terkena.

Jika Anda ingin memilih solusi alami, seka tanaman yang terinfestasi dengan minyak neem dan kain.

Tips untuk Menumbuhkan Peperomia Pellucida

– Gunakan selalu pupuk yang berkualitas baik.

– Letakkan tanaman di bawah sinar matahari yang cerah dan berbintik-bintik.

– Gunakan air hangat dan berkadar klorin rendah.

– Disinfeksi alat berkebun Anda sebelum digunakan.

– Pertahankan tingkat kelembapan yang optimal sepanjang tahun.

– Gunakan campuran media tanam yang beraerasi dan berdrainae baik.

Tanya Jawab tentang Peperomia Pellucida

Apakah tanaman Peperomia Pellucida dapat dimakan?

Tanaman Peperomia Pellucida dapat dimakan dan banyak digunakan dalam salad, dimasak dengan sayuran hijau, dan dalam pembuatan teh. Namun beberapa spesies hanya dapat ditanam untuk tujuan dekoratif. Oleh karena itu, tanyakan pada penyedia / tukang kebun Anda apakah tanaman khusus Anda dapat dimakan sebelum dikonsumsi.

Apakah tanaman Peperomia Pellucida efektif melawan bakteri?

Tanaman Peperomia Pellucida, yang juga dikenal sebagai tanaman suruh-suruhan, memiliki kegunaan obat. Tanaman ini dikenal karena sifat anti-inflamasi, analgesik, dan anti-bakterinya. Ini efektif melawan beberapa bakteri; oleh karena itu, ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi tertentu.

Bisakah saya menempatkan tanaman Peperomia Pellucida saya di bawah sinar matahari pagi?

Anda dapat menempatkan tanaman Peperomia Pellucida Anda di pagi atau sore hari matahari. Namun pastikan bahwa cahayanya tidak terlalu langsung; hanya sinar matahari yang disaring yang harus mengenai tanaman. Daun akan rusak jika terkena sinar matahari langsung yang menyengat.

Kapan saya harus memupuk tanaman Peperomia Pellucida?

Di daerah empat musim, pupuk tanaman Peperomia Pellucida selama musim tanam di musim panas dan musim semi. Selama waktu ini, tanaman tumbuh dengan sangat baik. Jangan memberi pupuk tanaman selama akhir musim gugur dan musim dingin, karena sebagian besar tanaman menjadi tidak aktif. Di daerah tropis seperti Indonesia, Anda bisa memupuknya di sepanjang tahun setiap dua minggu sekali.

Bagaimana jika saya menyirami tanaman Peperomia Pellucida secara berlebihan?

Jika penyiraman berlebihan, hentikan penyiraman dan biarkan tanaman mengering. Pemulihan penuh tanaman tidak dijamin karena hal ini terutama bergantung pada tingkat kerusakan yang telah terjadi. Namun jika tanaman Anda kembali normal dalam seminggu, mungkin tanaman akan mulai tumbuh secara normal.

Kesimpulan

Tanaman Peperomia Pellucida adalah pilihan tanaman hias yang sangat baik. Ini tidak hanya memiliki banyak kegunaan tetapi juga tumbuh dengan sangat baik dengan sedikit perawatan. Sebagian besar hanya membutuhkan kelembaban sedang, sinar matahari yang cerah dan tersaring, serta sedikit air dua atau tiga kali seminggu. Karena itu, jika Anda pencinta tanaman berbentuk hati, bawa pulang tanaman ini hari ini.

Komentar