Cara Merawat Philodendron Joepii yang Super Langka

Konon Philodendron Joepii hampir punah di alam liar. Tanaman ini ditemukan di Guyana Prancis timur oleh Joep Moonen selama tur ekologi Sungai Mararoni. Penasaran dengan bentuk daunnya yang aneh, dia awalnya berasumsi bahwa serangga telah mengunyahnya. Dia hanya menemukan satu tanaman tambahan setelah pencarian yang melelahkan.

harga Philodendron Joepii

Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya sedang dan tidak langsung, tetapi juga dapat mentolerir cahaya tidak langsung yang lebih rendah. Joepii perlu disiram setiap 1-2 minggu. Frekuensi penyiraman harus digandakan seiring peningkatan cahaya. Suhu rumah dari 18 derajat hingga 23 derajat Celcius adalah yang terbaik.

Anda dapat mengetahui dengan tepat apa yang diinginkan Philodendron Joepii saat Anda mencari sinyalnya. Itulah sebabnya bahkan pemilik pemula merasa cukup mudah untuk menanam dan merawat tanaman. Tanaman langka dari Amerika Selatan ini dikenal tidak hanya karena sifatnya yang memurnikan udara tetapi juga karena sisi dekorasi alaminya yang indah.

Perawatan Tanaman Philodendron Joepii

Tanah

Penting untuk menanam Philodendron Joepii di tanah yang lembab dan porous. Ini mendorong akar tanaman untuk terus menghirup oksigen segar. Anda perlu memastikan bahwa tanah tidak terlalu lembab dan tidak basah dengan menggunakan tanah pot yang gembur dan porous, jika tidak pembusukan akar dapat mulai terjadi.

Terkadang orang terlalu malas untuk menyiram Philodendron Joepii mereka, jadi mereka memilih tanah yang kaya. Namun itu bukan pilihan yang baik karena tanaman tidak mendapatkan cukup air. Dengan cara ini, Anda merampas tanaman Anda dari oksigen.

Untuk Joepii, media tanam tradisional kurang cocok. Orang lebih suka menanam Philodendron di tanah yang gembur seperti campuran moss, pasir Malang, dan sekam bakar karena cepat kering. Arang dan kerikil juga bisa ditambahkan dalam campuran ini. Campuran ini membantu menjaga pH tanah antara 4,5-7,5, yang dianggap optimal untuk tanaman Joepii.

Penyiraman

Struktur akar spesies Philodendron dibangun untuk menampung air di musim hujan. Tanaman dapat memperoleh air dari lingkungannya bahkan dalam kondisi cuaca kering dengan memusatkan energinya untuk menyerap kelembapan di dekat akarnya.

Menyiram tanaman ini seminggu sekali sudah bagus. Anda dapat mengubah frekuensi ini berdasarkan perilaku tanaman Anda. Jika Anda tinggal di daerah bersalju, tanaman tropis seperti Philodendron Joepii membutuhkan lebih sedikit air di musim dingin. Di bulan-bulan itu, embun dan kabut merupakan suplemen penting.

Pencahayaan

Philodendron Joepii sangat jarang ditemukan di wilayah Amerika Selatan. Sebagian besar tanaman di hutan hujan adalah jenis yang berjuang untuk mendapatkan jumlah cahaya yang sempurna, itulah sebabnya kebanyakan Joepii adalah pemanjat.

Tanaman ini perlu tumbuh ke arah cahaya, jadi mereka biasanya memanjat sesuatu. Itulah mengapa Anda perlu memasang turus yang tinggi. Kami sangat menyarankan untuk merawat Joepii Anda dekat dengan dinding yang basah. Dinding semacam ini harus ditutup dengan lumut dan kawat berbalut sphagnum.

Saat diletakkan di dalam ruangan, simpan di dekat bagian yang menghadap ke timur atau barat. Dengan cara ini, tanaman Anda akan berada di tempat terlindung selama panas terik di siang hari. Jauhkan tanaman dari tepi jendela atau di belakang tirai yang tidak terlalu tebal jika Anda memiliki ruangan yang menghadap ke selatan.

Karena sebagian besar hidup di hutan hujan gelap, masuk akal jika orang percaya bahwa cahaya langsung tidak cocok untuk Philodendron Joepii. Jangan pertimbangkan untuk menempatkannya secara permanen di bawah cahaya redup. Caranya adalah tempatkan di lokasi di mana cahayanya terang tetapi sebagian teduh.

Suhu

Philodendron Joepii merupakan tumbuhan tropis, sehingga tidak menyukai suhu dingin. Itulah mengapa kami sangat menyarankan untuk tidak meletakkan Joepii Anda di ruangan dengan AC yang menyala sepanjang waktu. Suhu khas untuk Philodendron Joepii tidak boleh turun di bawah 12 derajat Celcius. Anda juga disarankan untuk menaruh Joepii pada suhu di bawah 32 derajat Celcius.

Kelembaban

Untuk Philodendron Joepii Anda, kelembapan dianggap penting. Di sebagian besar hutan, tingkat kelembapan mendekati saturasi. Jaga kelembapan pada angka 60% atau lebih tinggi jika memungkinkan. Jika kelembapan lebih rendah, Joepii Anda dapat menerimanya tetapi hasil terbaik dicapai pada kelembapannya lebih tinggi.

Jika Anda tinggal di daerah dengan kelembapan rendah, bentuk alternatif, seperti humidifier, sangat disarankan. Kami juga menyarankan untuk mengelilingi tanaman Anda dengan beberapa varietas tanaman lain yang menyukai air.

DIY – Nampan Kerikil

Untuk menjaga kelembapan Philodendron Anda, Anda juga dapat mencoba membuat pengaturan kelembapan sederhana menggunakan teknik DIY. Dengan menggunakan nampan kerikil buatan sendiri, seseorang dapat melakukan ini.

– Ambil nampan yang bagian tengahnya dalam dan isi dengan air.

– Tempatkan kerikil di tengah dan sebarkan di nampan.

– Isi nampan dengan air.

– Tempatkan tanaman dengan hati-hati di dalam nampan, pastikan tidak menyentuh air.

Nampan kerikil adalah cara rumahan yang baik dan mudah. Saat air menguap, kelembapan akan tertahan di sekitar tanaman.

Pupuk

Di habitat aslinya, Philodendron Joepii bertahan hidup dengan “melahap” tumbuhan mati yang membusuk di sekitar akar. Terkadang kita akhirnya membuat kesalahan dengan menyingkirkan materi yang membusuk. Namun itu bukanlah hal yang baik untuk tanaman Joepii meskipun Anda pikir Anda melakukan hal yang benar. Anda merampas pupuk organik darinya dengan membuang materi yang membusuk.

Anda bisa juga menggunakan pupuk organik daripada sintetis. Pupuk buatan sendiri ini memberi tanaman semua nutrisi yang diperlukan. Bahan dan pupuk organik memperkuat tekstur tanah, memungkinkannya menahan air lebih lama, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehat di dalam tanah. Jadi, pupuk organik tidak hanya membantu tanaman Anda, tapi juga memperbaiki tanah. Di sisi lain, pupuk sintetis bisa mengikis sumber daya tanah, yang membuatnya kontraproduktif.

Tergantung musimnya, pupuk perlu diberikan dengan hati-hati. Selama musim dingin / salju, kami tidak menyarankan memberikan pupuk apapun kepada Joepii karena tanaman sedang dalam fase istirahat. Demikian pula, terlalu banyak pupuk harus dihindari di musim panas karena dapat menyebabkan garam mineral menumpuk.

Repotting

Jika ingin tanaman lebih sehat, sebaiknya lakukan repotting secara berkala. Proses repotting memungkinkan Anda memberi tanaman ruang ekstra dan campuran media tanam dengan nutrisi yang cukup di lingkungan pertumbuhan yang lebih sesuai. Pahami kelebihannya dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Langkah pertama adalah memilih pot yang lebih besar. Jangan lebih besar dari 1-2 ukuran maks karena jika tidak, akan sulit untuk menyiram dengan benar. Pot baru juga harus memiliki lubang drainase.

– Untuk mencegah kehilangan tanah dan memudahkan penyaringan air, gunakan kertas saring kopi untuk menutupi bagian bawah. Anda juga bisa menggunakan pecahan genting atau batu bata.

– Selanjutnya, tambahkan tanah ke lapisan dasar. Pastikan itu cukup agar tidak menyebabkan tanaman jatuh.

– Sebelum benar-benar direpoting, sirami Joepii dengan seksama agar bola akar saling menempel.

– Selanjutnya, alih-alih menarik tanaman keluar, balikkan pot dengan tangan di atas.

– Terakhir, letakkan Philodendron Joepii Anda di posisi tengah dan tegak di dalam tanah.

Pemangkasan

Pemangkasan Philodendron Joepii Anda dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun untuk menghilangkan bagian yang rusak, mati atau sakit.

Perbanyakan

– Sangat mudah untuk memperbanyak Philodendron memanjat seperti Joepii dari stek batang dengan memasukkannya ke dalam segelas air atau lumut spaghnum.

– Gunakan hormon rooting untuk meningkatkan peluang pertumbuhan, tetapi ini biasanya tidak diperlukan. Setelah jaringan akar yang baik dalam air telah terbentuk, tanam spesimen segar di media tanah.

– Anda harus mempertahankan persyaratan cahaya dan suhu yang disebutkan dalam panduan ini untuk keberhasilan propagasi.

– Perkembangan akar seringkali membutuhkan waktu beberapa minggu, jadi jangan berkecil hati jika tanaman Anda tidak menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan.

Bunga

Philodendron Joepii menghasilkan perbungaan yang terdiri atas spathe dan spadix. Ini bervariasi dalam nuansa ungu, hijau, dan putih. Waktu terbaik untuk penyerbukan di seluruh fase mekar adalah malam hari – perbungaan ini panjangnya 30 cm dari batang ke ujung.

Pertumbuhan

Tanaman ini memiliki daun paling aneh yang berbentuk tiga lobus. Ketika Anda pertama kali melihat daunnya, mereka terlihat seolah rusak atau dikunyah, tapi begitulah cara tumbuh secara alami.

Philodendron Joepii adalah pemanjat eksotis yang daunnya tumbuh sepanjang  70 cm di bawah perawatan tanaman yang optimal. Daun ini berwarna hijau subur dan memiliki bagian runcing pada ruas daun dengan daun runcing pada ujungnya.

Panjang tangkai daun yang menopang bilah daun dapat tumbuh dari 25 cm hingga 1 meter. Biasanya, varietas ini tumbuh perlahan di dalam ruangan. Anda bisa mencoba bercocok tanam di rumah kaca untuk laju pertumbuhan yang lebih cepat.

Masalah Umum Philodendron Joepii

Entah itu hama atau penyakit, Philodendron Joepii yang stabil dan sehat hampir tidak memiliki masalah untuk bertahan melalui masalah ini. Penyiraman yang berlebihan adalah penyebab dari banyak masalah Joepii yang tanpanya mereka akan bertahan selama bertahun-tahun. Kami selalu mengatakan cahaya redup bukan berarti cahaya tidak langsung. Untuk membuat tanaman joepii Anda tahan, berikan tanaman cahaya tidak langsung tetapi terang.

Kutu putih

Ditemukan di iklim tumbuh yang lebih hangat, kutu putih adalah serangga bertubuh lunak dan tidak bersayap yang sering muncul sebagai massa kapas putih pada daun, batang, dan buah tanaman. Mereka makan dengan menanamkan bagian mulut yang panjang, yang disebut stylus, ke dalam tanaman dan menarik getah keluar dari jaringan.

Kerusakan tidak sering besar pada tingkat hama yang rendah. Namun jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan perubahan warna daun dan keriting karena tanaman kehilangan kekuatannya.

Pemangsaan biasanya diikuti dengan pembentukan melon, yang membuat tanaman lengket dan mendorong pertumbuhan jamur jelaga. Kutu putih adalah hama rumah kaca umum yang menyerang tanaman hias seperti Philodendron Joepii. Untuk melindungi tanaman agar tidak terinfeksi lebih lanjut oleh serangga ini, caranya adalah:

– Mengarantina tanaman yang terinfeksi jauh dari tanaman lain.

– Menggunakan cotton bud untuk menggosokkan alkohol pada area yang terinfeksi.

Kami tidak menyarankan penggunaan obat tumbuhan sintetis untuk menyembuhkan infeksi kutu putih karena hama ini beradaptasi dengan sifat kimiawi dengan mudah.

Tungau Laba-laba

Tungau laba-laba sering hidup di bawah daun Philodendron Joepii. Mereka hidup berkoloni dan makan dengan menembus jaringan daun dan menyedot nutrisi tanaman. Jejak makan di daun muncul sebagai titik terang. Daunnya akhirnya menguning dan bisa mengering dan rontok.

Jika Anda menemukan bahwa tungau laba-laba telah menyerang Philodendron Joepii Anda:

– Pisahkan dari tanaman sehat lainnya.

– Selanjutnya, jika kerusakannya belum terlalu parah, Anda bisa memangkas daun yang terinfeksi.

– Untuk menghindari penyebaran di halaman Anda, daun-daun ini harus dibuang di luar lingkungan tempat tinggal.

– Terakhir, gunakan strategi pengendalian tungau laba-laba alami seperti minyak neem atau alkohol untuk menangani sisa tanaman.

Lalat putih

Kutu kebul (Trialeurodes vaporariorum) adalah serangga penghisap getah yang umum ditemukan pada tanaman dalam ruangan seperti tomat dan Philodendron. Mereka terutama ditemukan dalam kerumunan padat di bagian bawah daun. Awan besar kutu kebul dewasa bersayap terbang ke udara saat tanaman yang terinfeksi diganggu.

Dengan mengeringkan sari buah dari pertumbuhan baru, nimfa dan lalat dewasa melukai tanaman, menyebabkan perlambatan pertumbuhan, daun menguning, dan hasil panen berkurang. Hal ini membuat tanaman Joepii lebih rapuh dan mudah terserang penyakit.

Lalat putih mengeluarkan cairan seperti kutu daun. Sebab daunnya bisa menjadi lengket atau dilapisi jamur hitam berjamur. Mereka juga bertanggung jawab atas banyak virus yang ditularkan di antara tanaman Philodendron.

– Kami menyarankan menggunakan pipa air untuk menghilangkan kutu kebul dari daun.

– Selanjutnya, gunakan insektisida atau minyak alami seperti neem untuk membunuh serangga predator.

– Terakhir, perhatikan stresor seperti overwatering, underwatering, over over-fertilizing, dan under fertilizing.

Kutu daun

Sekitar 4.000 spesies kutu ada di seluruh planet ini. Umumnya, jumlah yang rendah hingga sedang tidak merugikan tanaman dan jarang membutuhkan pemantauan. Namun infestasi ekstrim dapat menyebabkan daun melengkung, layu, atau menguning dan menghambat pertumbuhan tanaman. Perlu juga dicatat bahwa secara umum ada penurunan kekuatan Yoepii secara keseluruhan. Beberapa spesies, terutama virus, disebarkan oleh serangga ini.

– Untuk membersihkan Philodendron dari serangan kutu daun, pangkas daun yang sangat penuh dengan mereka.

– Selanjutnya, gunakan bug blaster untuk mengurangi jumlah hama.

– Anda juga dapat menggunakan 100% bahan kimia organik seperti Diatomaceous Earth, juga dikenal sebagai DE, untuk menghilangkan kutu daun secara permanen.

– Cara lain adalah mencampur neem dengan sabun kalium untuk membuat semprotan yang membunuh sebagian besar serangga pada kontak pertama.

Thrips

Thrips merusak tanaman dengan mengekstrak sarinya dan menggaruk buah, bunga, dan daun. Ini adalah hama yang umum ditemukan pada tanaman rumah kaca seperti Philodendron Joepii. Daun tanaman akan menjadi pucat, bercak, dan keperakan, kemudian mati. Pada serangan berat, Joepii telah mengalami kerusakan sedemikian rupa sehingga bengkok, berubah warna, dan menimbulkan bekas luka.

Manajemen Thrips adalah perhatian pemeliharaan taman:

– Anda harus mengurangi lokasi di mana thrips dapat berkembang biak.

– Anda juga harus menyingkirkan sisa-sisa tanaman saat masih di tanah dan berwarna hijau.

– Perhatikan bahwa thrips bertelur di celah batang tanaman hidup yang mereka serang.

– Terakhir, kewaspadaan diperlukan untuk menemukan masalah sejak dini dan meresponsnya. Pada sambungan daun dan batang, periksa tanaman Anda apakah ada kerusakan atau kelompok yang terkumpul.

Tips untuk Menumbuhkan Philodendron Joepii

Berikut adalah beberapa tips untuk menumbuhkan Philodendron Joepii Anda yang sehat:

– Di musim dingin / salju, penyiraman harus dikurangi karena pada saat itulah kebanyakan Philodendron beristirahat.

– Pot terakota atau pot apa pun dengan lubang drainase disarankan saat repotting, yang memberi tanaman lebih banyak aerasi dan drainase yang lebih baik.

– Campuran media tanam dengan lebih banyak bahan organik adalah pilihan yang bijaksana karena mencegah kelembaban hilang.

– Alih-alih menggunakan pupuk sintetis, seseorang harus selalu menggunakan pupuk organik karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan asam, yang beracun bagi tanaman.

– Jika Anda menanam tanaman Joepii di daerah yang kering, gunakan penutup plastik membantu mencegah hilangnya kelembapan.

Tanya Jawab tentang Philodendron Joepii

Bagaimana saya tahu jika tanaman saya adalah Pothos atau Philodendron?

Tanaman hias Philodendron sering disalahartikan dengan pothos. Meski bentuk daun kedua tumbuhan ini identik, batang pothos lebih berlekuk-lekuk sedangkan philodendron tidak. Daun segar philodendron muncul dikelilingi oleh selubung daun yang secara bertahap mengering dan rontok.

Kesimpulan

Philodendron Joepii tumbuh tanpa banyak masalah di dalam ruangan sepanjang tahun; Namun jika cuaca memungkinkan, mereka sesekali dapat menikmati suasana di luar ruangan, asalkan di bawah lokasi yang teduh.

Tanaman ini sangat langka tetapi dedaunan uniknya layak diburu untuk tanaman unicorn ini. Selain itu, sangat menyenangkan mengetahui bahwa Philodendron Joepii tidak terlalu sulit dirawat selama Anda mengikuti tips perawatan umum yang diuraikan dalam artikel ini.

Komentar