Panduan Lengkap Perawatan Philodendron Mamei dan Perbanyakannya

Philodendron Mamei yang cantik ini adalah tanaman merambat tahunan tropis yang tumbuh sebagai penutup tanah dan terkadang merambat ke atas pohon sesuai dengan sifat epifitnya. Tanaman ini memiliki daun besar berbentuk hati berwarna hijau dengan marking debu keperakan pada daun yang seolah diolesi dengan jari. Begitulah asal usul tanaman ini mendapatkan julukan “Silver Cloud.”

Harga Philodendron Mamei

Urat daunnya sangat dalam, membuat daunnya terlihat hampir terlipat. Daunnya tak terlalu kasar dibandingkan banyak spesies lainnya. Banyak orang menyukai dedaunannya yang berbeda, tetapi keutamaan sebenarnya adalah perawatan yang mudah, membuat Philodendron Mamei cocok dirawat bahkan oleh pemula.

Anda bisa menanam Philodendron Mamei di keranjang gantung di teras atau memindahkannya ke pot di dekat jendela ruang tamu ketika sudah besar. Bisa juga Anda menaruhnya di taman sebagai penghias lanskap. Seperti semua spesies philodendron, mereka telah tumbuh cukup besar dan tidak dapat dikenali dibandingkan dengan versinya yang kecil.

Rekomendasi terbaik kami untuk memanfaatkan bentuk dan keindahannya yang mencolok adalah menanam Philodendron Mamei dalam pot sebagai bagian dari dekorasi dalam ruangan Anda. Tanaman ini memiliki kualitas untuk menambah keanggunan ruangan.

Sebelum kita menyelami perawatan Philodendron Mamei, ada baiknya kita mengetahui bahwa tanaman ini termasuk dalam genus tanaman yang sangat besar yang memiliki lebih dari 500 spesies yang dikategorikan dalam famili Araceae dan berasal dari hutan hujan Ekuador.

Philodendron adalah bagian dari studi udara bersih NASA dan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan formaldehida. Berhati-hatilah di tempat Anda menanam Philodendron Mamei karena tanaman tersebut mengandung kristal kalsium oksalat yang beracun bagi hewan peliharaan yang menyebabkan iritasi mulut dan usus.

Petunjuk Perawatan Tanaman Philodendron Mamei

Tanah

Jika Anda ingin menanam Philodendron Mamei dalam pot, Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan media tanam yang subur dan gembur yang bisa mengalirkan air keluar dengan baik dan mengandung bahan organik tinggi seperti kompos dan mulsa taman. Tanah yang berkualitas baik untuk semua tujuan dan memiliki drainase yang baik sudah cukup baik. Pastikan drainase dengan memasukkan pasir malang di dalamnya.

Juga pastikan Anda memasukkan beberapa rumpun bahan organik seperti peat moss, potongan batu bata, sabut kelapa, cacahan pakis, dan lain-lain. Ini karena akarnya suka menyebar di sekitarnya dan menarik kelembapan dengan kecepatan tetap.

Perawatan Philodendron Mamei menjadi lebih mudah jika Anda menanamnya di luar ruangan langsung di tanah. Tempat mana pun yang tanahnya cepat kering sudah cukup baik. Mencampur pasir adalah cara yang baik untuk meningkatkan drainase jika Anda menanam Philodendron Mamei di luar ruangan. Mereka akan tumbuh subur di tanah yang kaya bahan organik, jadi gunakan banyak mulsa daun dan kompos steril. Ini juga membantu tanah mempertahankan kelembapan.

Tips: Gunakan tempat yang ditinggikan seperti gundukan pohon untuk menumbuhkan Philodendron Mamei – dengan cara ini lanskap akan memungkinkan pengeringan air berlebih secara alami.

Cahaya

Menurut Global Biodiversity Information Facility, spesies ini hidup di bawah hutan primer di Ekuador, kadang-kadang muncul di sepanjang tepi sungai dalam naungan penuh. Itulah alasan lain untuk menyukainya, karena perawatan Philodendron Mamei mudah bahkan dalam kondisi cahaya redup sehingga cocok untuk pertumbuhan di dalam ruangan.

Perawatan Philodendron Mamei membutuhkan 70-85% sinar matahari. Matahari yang terfilter adalah yang terbaik untuk menumbuhkan tanaman ini, jadi berikan tempat di sisi jendela timur atau di sisi jendela barat.

Untuk menanam Philodendron Mamei di luar ruangan, aklimatisasikan tanaman ke lokasi baru dan berhati-hatilah karena tanaman rentan terhadap sengatan matahari. Pastikan tanaman sudah beradaptasi di lokasi baru sebelum dipindahkan secara permanen.

Amati daunnya untuk mendapatkan petunjuk tentang kebutuhan pencahayaan untuk perawatan Philodendron Mamei. Warna hijau yang kaya berarti mereka membutuhkan banyak cahaya untuk menghasilkan semua klorofil itu.

Pola awan keperakan yang menutupi daun menunjukkan bahwa mereka perlu membatasi cahaya. Ini adalah bentuk adaptasi terhadap kurangnya cahaya bagi tanaman yang berada di bawah kanopi pohon tropis yang besar di mana banyak tempat teduh yang sejuk.

Jika Anda tinggal di zona utara, yang terbaik adalah menanam Philodendron Mamei di dalam ruangan dalam pot. Anda bisa meletakkannya di bawah lampu neon di musim dingin.

Air

Salah satu aspek penting perawatan Philodendron Mamei adalah penyiraman, yang jika Anda pahami dengan baik, maka sebenarnya tidak ada yang susah. Tanaman ini rentan terhadap busuk akar seperti kebanyakan philodendron dan merupakan penyebab kematian paling umum. Mamei menyukai kelembapan, tetapi Anda tidak dapat menanamnya dengan akarnya “terendam” di air. Ini bukan hanya fungsi air tetapi juga tanah yang dapat Anda baca di bagian atas.

Siram Mamei secukupnya untuk menjaga tanah tetap lembab sekitar seminggu sekali dengan penyiraman yang dalam. Kemudian biarkan tanah lapisan atas mengering sekitar beberapa cm. Meskipun demikian, perawatan Philodendron Mamei yang optimal berubah sesuai waktu, zona iklim, dan kondisi pertumbuhan spesifik Anda.

Jika Anda tinggal di daerah tropis dan menanam Philodendron Mamei di luar ruangan di dalam tanah, Anda dapat menyiraminya setiap hari. Jika Anda menanam Philodendron Mamei dalam pot yang memiliki drainase yang baik seperti dijelaskan di atas pada bagian tanah, biarkan beberapa cm teratas mengering sebelum Anda membasahinya lagi.

Di negara empat musim, tanaman ini tumbuh subur selama bulan-bulan pertumbuhan yaitu musim semi dan musim panas. Di musim gugur dan musim dingin, pemilik harus mengurangi penyiraman tetapi jangan biarkan tanaman kekurangan kelembapan sebagai aturan umum.

Jika Anda tinggal di zona yang lebih dingin, menggunakan pot di dalam ruangan adalah cara paling aman. Penyiraman ringan sekitar dua kali seminggu di musim panas dan penyiraman yang sangat minimal di musim dingin adalah cara yang harus dilakukan.

Suhu

Perawatan Philodendron Mamei ditentukan oleh asal-usulnya di Ekuador. Tanaman ini menyukai kehangatan dan pertumbuhan terbaik dapat dilihat di dekat khatulistiwa atau negara tropis seperti Indonesia. Anda dapat mencoba menanam Philodendron Mamei di luar ruangan jika suhu di zona iklim Anda sekitar 15 °C di malam hari dan sekitar 30 °C di siang hari. Ini adalah kisaran ideal untuk menumbuhkan Philodendron Mamei. Tanaman ini tidak hidup dengan baik pada suhu di bawah 12 °C.

Namun jika Anda ingin menanam Philodendron Mamei di zona utara, bulan-bulan musim panas baik-baik saja, tetapi pada musim gugur suhu tidak boleh turun di bawah 12 °C. Di musim dingin, Anda harus segera memindahkan tanaman ke dalam ruangan, karena tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin. Setelah jauh dari embun beku dan aman di dalam ruangan, Anda dapat menanam Philodendron Mamei pada suhu antara 12 °C – 26 °C dan dalam kondisi cahaya rendah. Jika di dalam ruangan sangat dingin, mereka bisa berhenti tumbuh atau mengecil.

Kelembaban

Seperti semua tanaman tropis, lingkungan yang lembab baik untuk menumbuhkan Philodendron Mamei. Mereka suka disemprot dan membantu mereka tetap segar dan bersih. Anda bahkan bisa menyeka daunnya dengan spons agar terlihat segar dan berkilau. Basahi mereka sekitar 3 atau 4 kali seminggu di musim dingin jika kelembapan dalam ruangan Anda sangat rendah. Anda dapat menggunakan humidifier untuk memberikan lingkungan yang tepat bagi Philodendron Mamei selama bulan-bulan kering.

Meskipun demikian, Anda dapat menanam Philodendron Mamei dalam kondisi kelembapan rendah serta menjaga kelembapan optimal. Seperti yang kami katakan sebelumnya, mereka memiliki kondisi yang “ideal” tetapi mereka cukup toleran dan pemaaf.

Pemupukan

Anda perlu menanam Philodendron Mamei dalam campuran tanah yang kaya akan pupuk organik dan juga memberinya nutrisi tambahan. Materi daun dan kulit kayu yang membusuk bercampur dengan tanah bertindak sebagai makanan organik bagi tanaman.

Pupuk nitrogen akan meningkatkan ukuran daun dan menghasilkan tanaman yang lebih besar dan lebih sehat, yang sangat diinginkan terutama jika Anda menanam Philodendron Mamei untuk penutup tanah di luar ruangan.

Bahkan tanaman dalam pot tumbuh lebih baik dengan pemberian pupuk teratur. Untuk perawatan Philodendron Mamei dalam pot, Anda dapat menjadwalkan dosis rutin pupuk organik seimbang yang dapat Anda beli dari toko setempat.

Sesuatu seperti emulsi ikan yang diencerkan dengan baik dan diberikan setiap 4 hingga 6 minggu sekali memberikan dorongan nyata untuk pertumbuhan. Ini akan digunakan hanya pada bulan-bulan pertumbuhan. Ingatlah untuk mengurangi memberi pupuk tanaman di musim dingin jika Anda berada di negara empat musim. Aturan ini tidak berlaku jika Anda tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Alasan orang lebih memilih pakan organik daripada pupuk kimia, terutama untuk aroid seperti philodendron, adalah karena sifatnya yang lepas lambat dan aman digunakan. Jika Anda menggunakan pupuk kimia, kami sarankan Anda menggunakan pupuk cair seimbang untuk menutrisi tanaman. Ini memungkinkan Anda untuk mengurangi konsentrasi dengan lebih mudah. Anda harus mengencerkan konsentrasi pupuk hingga setengah dari tingkat yang ditentukan.

Pemupukan yang berlebihan dapat menggulung ujung daun dan bahkan membunuh tanaman. Jika Anda membiakkan, perawatan Philodendron Mamei remaja Anda akan membutuhkan pemupukan. Jika dibiarkan tidak dipupuk, mereka cenderung tumbuh sangat lambat. Gunakan larutan tiga kali lipat untuk tanaman muda setelah akarnya sudah mapan.

Tips: Gunakan pupuk daun seimbang yang berkualitas baik. Garam yang banyak pada pupuk yang lebih murah akan merusak akar dan kemungkinan mematikan tanaman.

Perbanyakan

Philodendron Mamei adalah aroid, yaitu tumbuhan yang berkembang biak melalui perbungaan monokotil yang datang dengan seludang dan tongkol. Tongkol berisi bunga jantan, betina, dan steril. Ketika bunga betina menjadi dewasa, mereka menjadi reseptif terhadap serbuk sari dari bunga jantan.

University of Chicago meneliti fenomena menarik ini dengan sangat cermat pada beberapa spesies dalam genus Philodendron. Jika Anda penggemar aroid, ini bisa menjadi bacaan akademis yang bagus. Kami menemukan orang-orang memiliki pengalaman yang beragam dalam propagasi Philodendron Mamei. Beberapa merasa bahwa tanaman ini berakar dengan mudah, sementara yang lain agak kesulitan dengannya.

Pemotongan ujung / batang, cabang basal atau planlet, dan cangkok adalah metode yang biasa dilakukan petani rumahan. Jangan biarkan beberapa upaya yang gagal menghalangi Anda untuk mencoba. Bacalah panduan langkah demi langkah tentang cara memperbanyak dan menumbuhkan Philodendron Mamei di bawah ini.

Pada suatu waktu Philodendron Mamei langka dan mahal, tetapi karena penggunaan “kultur jaringan” dalam perbanyakan Philodendron Mamei yang digunakan di nursery, tanaman ini menjadi umum. Tanaman yang dibudidayakan dalam kultur jaringan jarang mencapai ukuran atau keindahan spesimen liar karena proses kimia yang digunakan dalam kloningnya.

Pertumbuhan

Cara terbaik menanam Philodendron Mamei di dalam ruangan adalah di sekitar turus lumut sphagnum tinggi karena tanaman ini adalah tanaman merambat alami. Daunnya akan tetap berukuran sedang saat tumbuh seperti ini. Tanaman tumbuh setinggi 1 meter dalam kondisi seperti itu. Pemangkasan ujung akan mendorong semak, dan juga memberi Anda cuttingan / stek untuk diperbanyak.

Tanaman mudah dipangkas dan tetap di bawah kendali ke area terbatas juga. Perawatan Philodendron Mamei yang tepat dalam kondisi yang tepat dapat menghasilkan daun yang membentang hingga 50 cm pada tanaman dewasa di luar ruangan.

Pot

Untuk teras dan di dalam ruangan, Anda bisa menanam Philodendron Mamei dalam pot yang cukup besar. Perawatan Philodendron Mamei yang ideal akan membutuhkan wadah berdiameter 25 cm sedalam 25 cm untuk awalan dan tanah yang diaerasi dengan sangat baik. Jika akarnya bisa bernapas, Anda bisa menanam Philodendron Mamei dengan lebih andal. Tanaman ini tidak harus melingkar-lingkarkan akarnya di pot dan tidak menyukai pot yang sempit. Repotting sekitar setahun sekali atau saat tanaman semakin besar.

Metode Propagasi Philodendron Mamei

Nursery memperbanyak philodendron dari biji atau melalui kultur jaringan. Kedua teknik ini tidak dapat dilakukan oleh petani rumahan. Di bawah ini kami membagikan beberapa metode yang berhasil untuk banyak orang.

Perbanyakan Philodendron Mamei dari stek

  1. Pilih tanaman merambat yang sehat dan kuat dari tanaman induk dari ujung tanaman yang menjalar.
  2. Potong ujung batang dengan setidaknya tiga mata tunas (node) dan terminal menggunakan gunting taman yang tajam. Node di dekat tanah berakar dengan lebih andal. Lebih baik lagi jika Anda bisa melihat akar udara di node.
  3. Jepit daun pada node paling bawah.
  4. Siapkan pot dengan campuran 50-50 sphagnum moss dan pasir malang yang sangat lembab tetapi tidak terlalu basah.
  5. Anda tidak memerlukan hormon perakaran untuk stek karena biasanya mereka cukup siap berakar.
  6. Tempelkan batang ke tanah dengan setidaknya satu node di bawah tanah dan tekan tanah untuk memadatkannya.
  7. Simpan pot di tempat yang cukup terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung.
  8. Jaga tanah tetap lembab sampai stek terbentuk. Ini akan memakan waktu 1 – 2 minggu.

Perbanyakan Philodendron Mamei dari cabang basal

  1. Tanaman induk akan bercabang di pangkal dan cabang baru akan menghempaskan akar ke tanah.
  2. Setelah akarnya terbentuk, Anda dapat dengan hati-hati memotong cabang dari tanaman utama.
  3. Anda akan tahu apakah akarnya sudah terbentuk jika tertanam kuat di tanah saat Anda menariknya.

Perbanyakan Philodendron Mamei dengan cangkok

Anda membutuhkan kantong plastik transparan 15 cm, sphagnum moss, dan beberapa tali pengikat.

  1. Cari proyeksi akar udara kecil di node daun yang lebih tua.
  2. Buat beberapa lubang kecil di bagian bawah kantong plastik Anda dan taruh segenggam sphagnum moss yang lembab di bagian bawah. Potong ujung atas kantong plastik sehingga Anda mendapatkan tutup untuk menggulung batang.
  3. Sekarang mari kita ke tanaman. Dengan satu telapak tangan pegang lumut yang direndam air di dalam kantong plastik, pada akar udara di batang. Dengan tangan satunya, bungkus tutup plastik di sekitar batang. Amankan kantong lumut ini ke batang dengan ikatan berkelok-kelok berisi moss basah yang bagus untuk akar tumbuh.
  4. Pastikan iakatan moss Anda tidak terlepas dari simpul akar.
  5. Jaga agar moss tetap lembab dengan menyiraminya melalui lubang-lubang pada plastik.
  6. Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat bahwa akar telah tumbuh dalam moss.
  7. Keluarkan plastik dan moss dengan hati-hati tanpa merusak akar baru Anda.
  8. Dengan gunting kebun yang tajam, potong batang di bawah akar baru dan pisahkan potongan dari induknya
  9. Pot potongan menggunakan pedoman yang diberikan pada bagian tentang tanah yang ideal untuk perawatan Philodendron Mamei dan jaga agar tanah tetap lembab sampai tanaman baru tumbuh subur.
  10. Tips: Untuk meningkatkan peluang kesuksesan, lakukan ini dengan beberapa node sekaligus agar setidaknya satu dari mereka akan berakar.

Masalah Umum Philodendron Mamei

Daun tiba-tiba layu atau menguning

Hal ini biasanya terjadi karena busuk akar yang disebabkan karena penyiraman yang berlebihan atau infeksi jamur pada akar. Busuk akar biasanya adalah hasil dari campuran tanah yang tidak bisa mengalirkan air keluar dengan cepat atau terlalu sering disiram. Segera periksa bagian pangkal tanaman. Anda mungkin perlu menyelamatkan beberapa stek dan mencoba memperbanyaknya secara terpisah di pot baru dengan tanah steril dan porous.

Bercak kecokelatan tidak teratur pada daun

Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri seperti yang kadang-kadang terlihat pada Philodendron Mamei seperti hawar Erwinia atau bercak daun Pseudomonas. Anda dapat mengetahui apakah infeksinya adalah bakteri dari bau khas yang tidak menyenangkan yang berasal dari tanaman. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman yang lebih kecil dan tampaknya tidak terlalu parah pada tanaman besar yang ditanam di tanah.

Infeksi bakteri ini membutuhkan kelembapan untuk menyebar. Pertama-tama, isolasi tanaman dari semua tanaman lain di taman Anda, potong daun yang terkena, minimalisir penyiraman dan hentikan penyiraman tanaman, jaga agar daun tetap kering atau biarkan mengering dengan sangat cepat untuk mengendalikan penyebaran. Bakterisida biasanya tidak diperlukan.

Bercak gelap pada daun

Ini mungkin karena paparan cuaca dingin. Potong daun yang rusak dan pindahkan tanaman Anda ke lokasi yang lebih hangat.

Daun kuning / daun coklat

Jika Anda melihat ujung-ujungnya menjadi coklat dan kering, maka Anda kurang menyiram. Jika daun menguning dan tanah terasa lembab, bisa jadi itu pertanda kelebihan menyiram.

Warna pucat

Daun yang tidak memiliki karakteristik warna hijau tua biasanya merupakan indikator langsung dari pencahayaan yang buruk. Anda harus memindahkan tanaman Anda ke tempat yang lebih cerah

Hama umum

Saat Anda menanam Philodendron Mamei, hama dan serangga bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Hama umum dari spesies tanaman ini meliputi kutu daun, ngengat (cacing), agas jamur, kutu putih, sisik, lalat pantai, dan thrips. Tindakan pengendalian terbaik adalah penggunaan rutin insektisida dan minyak neem sebulan sekali atau seperti yang ditentukan pada kemasan.

Rutinitas perawatan Philodendron Mamei untuk pengendalian hama adalah mencuci daun dengan air seminggu sekali saat menyiram tanaman dan menyekanya hingga kering. Infestasi yang parah membutuhkan perawatan yang lebih rinci yang biasanya melibatkan bahan kimia.

Tips Menjaga Philodendron Mamei Bebas Masalah

Ini adalah beberapa tips untuk perawatan Philodendron Mamei:

– Kisaran suhu ideal adalah antara 12 °C – 26 °C.

– Sinar matahari tidak langsung adalah yang terbaik untuk menumbuhkan Philodendron Mamei.

– Hindari kejutan suhu seperti membawanya tiba-tiba di dalam atau di luar ruangan. Aklimatisasikan tanaman sebelum dipindahkan.

– Gunakan pupuk nitrogen untuk memperbesar ukuran daun dan membentuk tanaman yang lebih besar dan lebih sehat.

– Jaga agar tanah tetap lembab, tetapi jangan pernah sampai tergenang air.

– Cuci daun secara rutin untuk mencegah penumpukan hama dan debu. Tapi pastikan daunnya kering setelah dicuci.

– Kelembaban tinggi mendorong pertumbuhan subur dan dedaunan berkilau, jadi sebaiknya Anda menyemprot tanaman secara teratur.

– Sering menyiram di musim dingin akan mematikan tanaman.

– Tanam Philodendron Mamei di pot besar dengan tanah gembur dan harus dengan turus.

– Tanaman ini ideal untuk penanaman di luar ruangan jika Anda mencari penutup tanah.

– Pemangkasan direkomendasikan sebagai praktik umum

– Buang daun dan dahan yang mati untuk menghindari penyebaran infeksi.

Tanya Jawab Seputar Philodendron Mamei

Apakah Philodendron Mamei ramah hewan peliharaan?

ASPCA melaporkan bahwa philodendron beracun bagi anjing dan kucing. Tanaman ini mengandung kristal kalsium oksalat tidak larut yang mirip dengan tanaman lain dalam keluarga Araceae. Mengunyah atau menggigit tanaman ini akan melepaskan kristal tersebut sehingga menyebabkan penetrasi jaringan dan iritasi pada mulut dan saluran pencernaan. Hewan peliharaan yang mengonsumsi bagian mana pun dari tanaman ini dapat menunjukkan muntah, memukul-mukul mulut, kurang nafsu makan, dan mengeluarkan air liur.

Apakah Philodendron Mamei memurnikan udara?

Anda dapat menanam Philodendron Mamei karena sifat pemurni udaranya. Tanaman ini membantu menghilangkan racun rumah tangga biasa dari udara, seperti formaldehida sehingga menjadi tambahan yang sehat untuk ruangan Anda.

Studi NASA tentang polusi dalam ruangan yang dilakukan pada tahun 1989 merekomendasikan 15 hingga 18 tanaman dalam pot berdiameter 15 hingga 20 cm untuk membersihkan udara di rumah seluas rata-rata 1.800 kaki persegi (167 meter persegi).

Bisakah Anda menanam Philodendron Mamei dari biji?

Untuk mendapatkan biji, Philodendron Mamei perlu berbunga dan ketika ditanam di dalam ruangan dalam pot mereka jarang melakukannya. Biji memiliki umur panjang yang terbatas kecuali jika diproses dengan benar dan dikemas secara vakum. Ini biasanya metode yang diadopsi oleh petani nursery profesional dan bukan oleh penggemar tanaman rumahan biasa.

Bagaimana cara membuat Philodendron Mamei terlihat lebih rimbun?

Jenis philodendron self-heading tidak cocok untuk pemangkasan. Cara membuatnya terlihat lebih rimbun adalah dengan memberikan pupuk penginduksi dedaunan yang cukup. Selain itu, Philodendron Mamei adalah tanaman berdaun besar dan hanya beberapa daun yang dapat mengisi ruang.

Apakah misting Philodendron Mamei baik dilakukan?

Menyiram tanaman dengan air secara berkala dan mengoleskan insektisida akan membantu mencegah hama. Selain itu, philodendron adalah tanaman tropis, sehingga kelembapan yang lebih tinggi akan mendorong pertumbuhan subur dan dedaunan berkilau. Waspadai infeksi bakteri yang menyebar karena kelembapan.

Kesimpulan

Philodendron Mamei adalah tanaman yang bagus jika Anda seorang pemula dalam berkebun dan Anda antusias untuk menghijaukan ruang Anda. Kami sarankan Anda membaca tips tanaman hias lain dari kami. Kami juga akan mendorong Anda untuk mencoba Marble Pothos, Philodendron Brandtianum, atau Philodendron Billietiae, yang semuanya merupakan tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam ruangan.

Komentar