Rahasia Perawatan dan Perbanyakan Sansevieria Fernwood (Lidah Mertua)

Sansevieria Fernwood umumnya dikenal sebagai snake plant atau lidah mertua. Ini adalah sukulen yang kuat dari genus Sansevieria. Snake plant khusus ini adalah hibrida dari sansevieria parva dan sansevieria suffruticosa. Ada banyak jenis tanaman sansevieria dan hibrida.

Sansevieria Fernwood

Sansevieria Fernwood berasal dari Asia Selatan, Afrika, dan Madagaskar. Daunnya yang berbentuk silinder dan kerucut memiliki pola garis-garis ala harimau dengan warna berkisar antara hijau muda dan tua serta kuning dan terkadang putih. Daunnya terbentuk dari satu pangkal yang disebut badan tumbuhan, dan tumbuh secara vertikal ke suatu titik.

Anda sebaiknya menjauhkan tanaman ini dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak karena agak beracun jika tertelan.

Perawatan Sansevieria Fernwood

Tanah

Tanaman ini lebih menyukai tanah berpasir yang gembur dan dapat mengering dengan baik. Campuran media tanam kaktus yang baik ideal untuk tanaman penahan air ini. Tanah yang lembab tidak diperbolehkan karena -seperti kebanyakan tanaman lain- lidah mertua lebih suka tidak berakar di tanah yang basah terlalu lama.

Busuk akar adalah pembunuh nomor satu dari Sansevieria Fernwood yang disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan dan drainase tanah yang buruk.

Cahaya

Ini adalah tanaman kecil yang beradaptasi dengan baik yang dapat bertahan dalam hampir semua situasi pencahayaan. Dari sinar matahari penuh hingga cahaya sangat redup, Sansevieria Fernwood akan menyesuaikan diri.

Namun Anda disarankan untuk tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Jika diberikan pilihan, pencahayaan ideal Sansevieria Fernwood adalah sinar matahari tidak langsung yang cerah.

Sansevieria Fernwood juga mampu menyesuaikan antara kedua jenis cahaya tersebut, asalkan diberi waktu untuk beradaptasi. Tanaman ini juga tidak rewel dalam hal jenis cahaya apa yang terpapar dan akan bertahan dalam cahaya buatan. Ini menjadikannya pemenang yang pasti ketika memilih tanaman hias untuk restoran, ruang kantor, dan area lain dengan paparan cahaya alami yang minimal.

Hindari menempatkan Sansevieria Fernwood Anda di bawah sinar matahari langsung. Daun tanaman Anda bisa menjadi terbakar sinar matahari dan warnanya bisa menjadi kekuningan dan bekas luka dengan bintik-bintik terbakar sinar matahari. Daun juga bisa menjadi krispi karena terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.

Penyiraman

Sansevieria Fernwood tahan kekeringan dan membutuhkan air dalam jumlah minimal. Penyiraman hanya perlu dilakukan setelah tanah kering, biasanya seminggu sekali. Saat menyiram, pastikan untuk menuangkan air langsung ke tanah dan bukan ke daunnya. Menuangkan air langsung ke rumpun daun bisa menyebabkan busuk jika didiamkan terlalu lama.

Meski kuat, mereka sangat sensitif terhadap penyiraman berlebihan. Tanaman ini lebih suka hidup tanpa air selama satu atau dua hari alih-alih berenang di genangan air. Jika drainase tanah untuk Sansevieria Fernwood Anda buruk, kurangi jumlah air yang Anda gunakan.

Selalu periksa tanah Sansevieria Fernwood Anda sebelum menyiramnya. Tanah yang masih lembab jika disentuh sebaiknya dibiarkan beberapa hari lagi lalu diperiksa kembali.

Suhu

Sansevieria Fernwood lebih menyukai suhu hangat. Meski tidak rumit, kisaran suhu idealnya adalah antara 21 °C sampai 32 °C.

Kelembaban

Sansevieria Fernwood tidak membutuhkan kelembapan ekstra. Mereka paling nyaman berada dalam kondisi kering. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan busuk akar atau jamur. Meskipun dapat menangani berbagai tingkatan, lingkungan yang ideal untuk lidah mertua adalah kelembaban rumahan rata-rata.

Pupuk

Tidak perlu berlebihan saat memupuk Sansevieria Fernwood yang kuat ini. Nutrisi tambahan hanya dibutuhkan beberapa kali dalam setahun, tidak terlalu banyak. Ini adalah tanaman penyerap nutrisi ringan yang akan tumbuh dengan baik dengan pupuk domestik atau pupuk umum lainnya. Pupuk kaktus yang rendah nitrogen juga merupakan pilihan yang baik.

Berhati-hatilah agar tidak memberi pupuk secara berlebihan. Pupuk yang terlalu banyak dapat menyebabkan daun lidah mertua Anda layu.

Perbanyakan

Metode perbanyakan Sansevieria Fernwood yang paling mudah dilakukan adalah dengan propagasi di dalam air. Ini ironis karena terlalu banyak air yang dapat mematikan tanaman dewasa. Cara lain untuk memperbanyak lidah mertua adalah dengan memotong daun, membelah, melalui umbi, rimpang, bahkan biji. Jika dibiarkan tumbuh selama 2 hingga 3 tahun, beberapa tanaman baru akan muncul dari rimpang. Cukup pisahkan ini dan Anda akan memiliki tanaman baru.

Pertumbuhan

Tanaman perkasa ini tumbuh cukup lambat. Sansevieria Fernwood bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mencapai ketinggian dewasanya. Tapi di daerah tropis tanaman ini tumbuh jauh lebih cepat daripada di daerah empat musim.

Sansevieria Fernwood memiliki tinggi antara setengah meter hingga 2 meter. Dimungkinkan untuk meningkatkan laju pertumbuhan tanaman ini dengan merawatnya dalam situasi yang ideal. Mengekspos tanaman ini pada cahaya sedang, termasuk cahaya buatan, dapat menyebabkan laju pertumbuhan yang lebih cepat.

Setahun sekali, Anda mungkin menemukan lidah mertua Anda berbunga. Ini adalah kesempatan langka dan harus dihargai. Bunga mekar putih dan tumbuh di atas paku. Tanaman ini mampu menjadi tanaman indoor dan outdoor. Perawatan dan metode serta prosedur pertumbuhannya sama dan satu-satunya perbedaan yang terjadi pada tanaman adalah ukurannya. Lebih banyak ruang berarti tanaman menjadi lebih besar.

Pot

Saat memilih pot untuk Sansevieria Fernwood, yang terbaik adalah memilih yang lebih berat. Karena sifatnya yang sangat berat, disarankan untuk menggunakan terakota atau pot tanah liat lainnya dengan lubang drainase. Pastikan untuk menghilangkan genangan air dari tatakan pot.

Bergantung pada seberapa besar Anda ingin tanaman Anda tumbuh akan menentukan ukuran pot yang Anda gunakan, besar dan dalam atau lebih kecil dan dangkal. Pilihan yang layak untuk tanaman tidak terbatas pada pot, Sanverieria Fernwood juga akan bagus di pot jenis apapun.

Pastikan untuk tidak terlalu membebani lidah mertua Anda. Pot yang terlalu kecil untuk tanaman Anda dapat menyebabkan dedaunan yang tidak sehat dan pertumbuhan yang buruk.

Perbanyakan Sansevieria Fernwood

Cara tercepat untuk mendapatkan lidah mertua baru adalah dengan membaginya. Seiring bertambahnya usia, rimpang dari mana tanaman tumbuh akan berkumpul dan berkembang biak. Tetapi ada lebih dari satu cara ini untuk memperluas koleksi Anda.

Memperbanyak Sansevieria Fernwood Anda dengan memotong daun semudah memotong beberapa daun dewasa menjadi dua menggunakan pisau tajam. Tempatkan bagian ini di sphagnum moss atau tanah lembab. Pastikan untuk menutupi seperempat bagian bawah cuttingan dan letakkan di tempat dengan sinar matahari tidak langsung yang terang.

Anda juga dapat memperbanyak potongan daun lidah mertua Anda dalam air. Air mineral berfungsi dengan baik tetapi air keran juga dapat digunakan. Jika air keran digunakan, pastikan untuk mengendapkannya dulu semalaman. Ini akan memungkinkan klorin dan racun lainnya di dalam air untuk mengendap di dasar dan tidak menyebabkan gangguan pada pertumbuhan tanaman. Celupkan ujung potongan dan seperempat bagian daun di bawah air. Air harus tetap segar dan diganti setiap minggu atau saat keruh.

Metode termudah untuk memperbanyak sansevieria fernwood adalah dengan memisahkan anakan. Kesabaran adalah kuncinya karena Anda harus menunggu produksi anakan. Cukup potong anakan dari tanaman induk menggunakan pisau tajam dan keluarkan dengan hati-hati dari tanah. Dengan menggunakan substrat yang lembab, tanam bayi lidah mertua Anda dan letakkan di tempat yang hangat, jauh dari sinar matahari langsung.

Masalah umum dengan Sansevieria Fernwood

Tanaman ini populer tidak hanya karena penampilannya yang mencolok, tetapi juga karena ketahanannya yang ekstrem. Tanaman lidah mertua cukup kuat terhadap gangguan seperti penyakit dan serangga.

Masalah paling umum dengan tanaman ini adalah penyiraman berlebihan. Musuh terburuk lidah mertua adalah tanah basah. Menjaga daunnya tetap bersih dan bebas debu akan menghindarkan sarang laba-laba dan kutu putih di tanaman Anda.

Namun pastikan untuk tidak menggunakan bahan kimia atau deterjen saat membersihkan lidah mertua Anda. Anda dapat merusak tanaman Anda dan menyebabkan pewarnaan berkarat dengan menggunakan produk penyemir daun. Kain basah sederhana disarankan saat membersihkan tanaman Anda dan akan berhasil. Menjaga daun tanaman Anda bebas debu memungkinkannya menyerap lebih banyak cahaya.

Tips untuk menjaga sansevieria fernwood bebas masalah

Sansevieria Fernwood adalah tanaman dengan perawatan super rendah dan salah satu yang paling mudah dirawat. Penyiraman hanya diperlukan ketika tanah telah kering dan karena sukulen ini tahan terhadap kekeringan, mereka bahkan dapat dibiarkan tanpa air selama beberapa hari dan tidak membuat daun terkulai.

Jauhkan tanaman Sansevieria Fernwood Anda dari sinar matahari langsung, karena seperti kita, mereka juga bisa terbakar matahari! Terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menyebabkan tanaman Anda kehilangan warna hijau cerah alaminya dan malah mengembangkan bintik matahari.

Pangkas daun Sansevieria Fernwood Anda hanya jika diperlukan. Ujung daun tanaman tidak boleh dipotong atau dipangkas saat berubah warna menjadi coklat. Tanaman ini mudah terluka dan biasanya kasus mencoba menghilangkan ujung yang kecokelatan bisa lebih berbahaya alih-alih baik.

Ujung coklat pada daun tanaman lidah mertua Anda adalah tanda penyiraman yang berlebihan atau tidak konsisten. Daun yang terkulai atau jatuh tidak boleh dipancang kembali, melainkan dipangkas karena kemungkinan bengkok atau rusak. Daun atau bagian yang tua atau mati dapat dipangkas dan harus dilakukan tepat di bawah bagian yang mati, sekitar 1 cm.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sansevieria Fernwood

Bagaimana Anda tahu lidah mertua Anda membutuhkan air?

Diperlukan sedikit usaha saat merawat tanaman yang mencolok ini. Untuk menjaga lidah mertua Anda dalam bentuk terbaiknya, cukup sirami tanah setelah mengering.

Cara terbaik untuk mengetahui kapan tanaman Anda perlu disiram adalah dengan merasakan tanahnya. Jika 5 cm teratas tanah terasa kering, inilah waktunya untuk menyiram dengan air segar. Jika tanah tidak terasa kering, tunggu beberapa hari lagi, lalu periksa kembali. Tes sentuhan ini dapat dilakukan setiap minggu.

Seperti apa tanaman lidah mertua yang terlalu banyak air?

Tanda pasti Anda terlalu banyak menyiram adalah daun yang lembut dan tampak seperti daging. Daun menguning juga terjadi dan layu bahkan mungkin muncul di beberapa tempat. Prosesnya lambat, daun akan mulai tampak tidak rata dengan warna hijau kekuningan bahkan menguning sempurna.

Meskipun menguningnya daun tanaman lidah mertua bisa karena berbagai alasan, konsistensi dan tampilan daun ditambah dengan warna memudar ini akan memberi Anda jawaban bahwa Anda terlalu sering menyiraminya.

Apakah tanaman Sansevieria Fernwood bisa membersihkan udara?

Tanaman lidah mertua adalah pilihan terbaik untuk tanaman kamar tidur. Tanaman ini tidak hanya menghasilkan oksigen murni dan terus melakukannya pada malam hari sementara tanaman lain melepaskan karbon dioksida, tetapi mereka juga merupakan salah satu tanaman pemurni udara terbaik.

Manfaat apa yang dimiliki oleh tanaman lidah mertua?

Tanaman kecil tapi kuat ini bisa membersihkan udara lebih baik daripada kebanyakan jenis tanaman dalam ruangan lainnya. Sansevieria Fernwood memiliki kemampuan untuk menyerap karbon monoksida dalam jumlah yang berlebihan melalui daunnya. Ini juga menyaring racun lain seperti xylene, formaldehyde, trichloroethylene, dan benzene dari udara.

Apakah tanaman lidah mertua membantu Anda tidur?

Sansevieria Fernwood adalah tanaman pemurni udara alami. Tidak seperti jenis tanaman lainnya, tanaman ini mengeluarkan oksigen pada malam hari yang membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Apakah Sansevieria Fernwood berbahaya?

Tanaman ini hanya beracun atau sedikit beracun jika tertelan. Konsumsi dapat menyebabkan masalah gastrointestinal. Tanaman ini beracun bagi manusia dan hewan, meskipun lebih beracun bagi hewan. Anda disarankan untuk menjauhkan tanaman ini dari hewan peliharaan dan anak kecil.

Dosis besar bisa menyebabkan mual dan muntah. Racun lidah mertua juga memiliki efek mati rasa yang bisa menyebabkan tenggorokan dan lidah membengkak. Kucing dan anjing juga menderita mual, muntah, dan diare saat memakan tanaman ini.

Kesimpulan

Tanaman ini sangat sulit dibunuh dan bahkan telah diberi label sebagai tanaman yang tidak bisa dihancurkan. Jika Anda pencinta tanaman yang biasanya tidak bisa merawat tanaman, sansevieria fernwood adalah tanaman rumah yang cocok untuk Anda!

Ini adalah tanaman yang kuat dan tangguh. Anda dapat membiarkannya selama berhari-hari tanpa air dan masih terlihat daun-daun vertikal bercorak hijau tua dan terang yang menarik perhatian. Bayangkan, Anda bisa memiliki pembersih udara mini belang-belang sendiri yang cantik dan bermanfaat bagi lingkungan!

Komentar