10 Tanaman Hias Indoor Pembersih Udara Rekomendasi NASA

Menggunakan teknologi stasiun luar angkasa untuk memastikan keamanan rumah Anda mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. National Aeronautics and Space Administration alias NASA melaksanakan Studi Udara Bersih untuk mendemonstrasikan keefektifan tanaman tertentu dalam memurnikan udara.

Karena rumah kita menjadi lebih terisolasi dan efisien, tanaman juga memudahkan untuk memerangkap polutan udara dalam ruangan. Bahan kimia seperti benzena, formaldehida, dan amonia dapat berasal dari barang-barang rumah tangga dan mencemari atmosfer rumah Anda tanpa peringatan visual apa pun.

Mengabaikan kualitas udara yang Anda hirup setiap hari dapat mengakibatkan konsekuensi yang serius. Penyakit, alergi, asma, dan sering sakit kepala hanyalah beberapa dari banyak ketidaknyamanan yang berasal dari partikel di udara yang beterbangan di sekitar rumah Anda. Polusi udara juga menjadi salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli peralatan mahal jika Anda mendapatkan bantuan alam. Menurut NASA, ada banyak tanaman yang menyerap partikel berbahaya di udara dan melepaskan oksigen segar – sambil menambahkan sentuhan dekoratif.

Dari mana asalnya semua itu?

Salah satu hal paling menakutkan tentang polusi udara dalam ruangan adalah sumbernya yang tampaknya tidak berbahaya. Di bawah ini tercantum beberapa cara rumah tercemar yang paling umum.

  • Perekat dan lem
  • Karpet (terutama karpet baru)
  • Bahan kimia dalam pembersih rumah tangga (daripada menggunakan pembersih rumah beracun, Anda dapat membuat pembersih rumah alami sendiri)
  • Bahan insulasi busa
  • Cat
  • Produk kayu tekan (kayu lapis, papan partikel, dll)

Jika tanaman cukup baik untuk NASA, pasti ini baik juga untuk Anda. Mereka juga mungkin memicu hobi berkebun yang baru Anda jalankan! Tanaman yang tercantum di bawah ini adalah sepuluh filter udara paling efektif yang ditawarkan Alam.

Tanaman Pembersih Udara

1. English Ivy (Hedera Helix)

English Ivy

English Ivy adalah tanaman penyaring udara yang ideal untuk pot gantung atau pot biasa karena sifat invasifnya yang memungkinkannya menyebar dengan mudah. Penelitian menemukan bahwa tanaman ini sangat berguna dalam menghilangkan partikel materi tinja di udara. Jenis tanaman ivy ini juga bagus untuk keluarga dengan perokok di dalamnya. Kemampuannya untuk menyerap karsinogen dari perokok pasif membantu memurnikan udara di area kecil. Ini juga serbaguna dalam hal kondisi pertumbuhan dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Englsih Ivy juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk keranjang gantung.

2. Golden Pothos (Epipremnum Aureum)

Sirih Gading Golden

NASA menganggap tanaman golden pothos atau sirih gading golden (Epipremnum Aureum) sebagai salah satu pilihan paling efektif untuk menghilangkan formaldehida. Orang-orang yang telah berjuang untuk menjaga tanaman tetap hidup dapat bersukacita – jenis tanaman pothos yang merambat ini sangat sulit untuk dibunuh. Tanaman rambat dalam ruangan ini juga berfungsi sebagai penghilang karbon monoksida yang efektif. Tanaman merambatnya tumbuh cukup cepat dan tampak bagus tergantung di area yang tinggi – ini adalah salah satu tanaman gantung dalam ruangan terbaik.

3. Boston Fern (Nephrolepis Exalta Bostoniensis)

Pakis boston

Tanaman pakis jenis ini berfungsi sangat baik sebagai pelembab udara alami. Meskipun sibuk menambahkan kelembapan ke lingkungan, Boston Fern juga bisa menghilangkan formaldehida. Daunnya yang besar berbulu membentang sejauh 1,5 meter dan memungkinkan hanya satu tanaman untuk memiliki dampak yang nyata.

4. Dracaena (Dracaena Deremensis)

Dracaena Deremensis

Daun bergaris panjang tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh subur di dalam ruangan hanya dengan sedikit sinar matahari dan penyiraman sedang. Ini adalah tanaman hias yang sangat baik untuk menghilangkan trichloroethylene yang berasal dari pelarut dan pernis. Satu tanaman bisa tumbuh lebih dari 3 kaki, tetapi pemangkasan akan membuatnya tetap pendek jika Anda mau.

5. Palem Bambu (Chamaedorea seifrizii)

Palem Bambu

Palem Bambu dapat dengan mudah masuk ke area yang lebih kecil dengan pencahayaan tidak langsung. NASA menganggapnya sebagai salah satu tanaman penyaringan udara terbaik untuk benzena dan trikloroetilen serta pelembab yang bagus. Tanaman palem dalam ruangan ini sedikit lebih kecil dari jenis pohon palem dalam ruangan lainnya dan mudah tumbuh di tempat yang teduh. Ini melepaskan banyak kelembaban ke udara dan sangat tahan terhadap infestasi serangga.

6. Dragon Tree (Dracaena Marginata)

Dragon Tree

Dragon Tree (Dracaena marginata) adalah tanaman yang sangat populer untuk ruang kantor dan rumah karena tampilannya yang menarik dan kekuatan pemurni udaranya yang efektif. Ini juga salah satu tanaman terbaik untuk dipelihara di kamar Anda karena ini adalah tanaman dengan cahaya redup yang mudah dirawat. Tanaman ini bagus untuk menyaring udara karena menyerap xylene – bahan kimia yang dilepaskan dari knalpot mobil, cat, dan rokok. Dracaena marginata juga dapat ditanam di pot bersama dan dilatih untuk tumbuh menjadi jalinan untuk menambah daya tarik visual dan pemurnian udara tambahan.

7. Peace Lily (Spathiphyllum)

Peace Lily

Peace Lily adalah salah satu tanaman yang paling menarik secara visual dalam daftar ini dengan seludang bunga putihnya yang unik. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanamn terbak dalam daftar tanaman pembersih udara. Gunakan untuk menghilangkan trikloroetilen, benzena, aseton, dan alkohol dari udara. Berhati-hatilah dengan toksisitas tinggi tanaman ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Anda juga bisa memelihara Peace Lily di kamar mandi sebagai salah satu tanaman mandi Anda karena tumbuh dan berbunga dalam kondisi kurang cahaya.

8. Palem Waregu (Rhapis Excelsa)

Palem Waregu

Tanaman palem waregu membutuhkan banyak penyiraman tetapi tahan terhadap serangga. Daun yang subur dari pohon palem jenis ini tumbuh lebat dan kaya warna tanpa banyak usaha. Ini dikatakan sebagai tanaman hias penyaring udara yang serbaguna dan efektif untuk beberapa polutan dalam ruangan.

9. Lily Paris (Chlorophytum Comosum)

Lili paris

Spider Plant atau lily paris membutuhkan cahaya alami tetapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan yang lembab dengan penyiraman dua mingguan dan tumbuh dengan kecepatan yang mengesankan. Pemilik lebih suka menempatkan tanaman ini di dekat perapian dan dapur tempat karbon monoksida dapat terbentuk. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman terbaik untuk ditaruh di kamar mandi Anda.

10. Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata atau Viper’s Bowstring-hemp)

Gambar lidah mertua

Tanaman lidah mertua unik karena menghisap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Banyak orang memilih untuk menyimpan tanaman rumah ini di kamar tidur atau ruang tamu berkarpet. Tanaman ini mudah dirawat dan mencegah formaldehida yang bocor dari karpet dan furnitur kayu menempel di udara. Ini juga salah satu tanaman hias yang paling unik dan tidak biasa karena daunnya yang panjang terlihat seperti pedang yang tumbuh langsung dari tanah.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda harus tahu bahwa sebagian besar tanaman dalam ruangan tidak aman untuk dikonsumsi hewan peliharaan. Jika Anda berencana menanam tanaman di dalam atau di luar rumah, Anda harus waspada terhadap toksisitasnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan dan melihat pengaruhnya terhadap anjing, kucing, atau hewan lain yang mungkin mengkonsumsinya.

Komentar