Tidak Hanya Sebagai Tanaman Hias. Tanaman Berikut Ini Juga Berfungsi Lain.

tanaman hias

Tanaman hias dapat mencakup semua golongan tanaman. Mulai dari tanaman air, tanaman gantung, tanaman hidroponik himgga tanaman epifit yang hidup menumpang pada tumbuhan lain. Tanaman hias juga mengikat komponen tanaman perdu atau semak, pohon dan tanaman yang merambat atau menjalar. Tanaman hias biasanya sengaja ditanam sebagai hiasan untuk mempercantik hunian, kantor, sekolah atau tempat pendidiakan  hingga membudidayakan tanaman hias itu sendiri.

Tanaman hias sejatinya ditanam atau dirawat untuk memunculkan kesan keindahan dari tanamn itu sendiri. Baik dari akar, batang, daun, hingga bung adan buahnya. Semuanya menjalin komposisi yang kemudian dimanfaatkan unsur estetika keindahannya.

Selain untuk memperindah ruangan dan sebuah tempat. Tanaman hias juga banyak difungsikan sebagai peneduh atau penyejuk suatu wilayah hunian. Contonya seperti tanaman Angsana dan Kerai Payung, tanaman tersebut digunakan untuk peneduh. Kemudian ada tanaman yang difungsikan sebagai pagar atau pembatas yang secara sikologis menciptakan batasannya sendiri terhadap suatu tempat atau wilayah. Contohnya teh-tehan, atau bayam-bayaman. Lalu ada pula tanaman yang dimaksudkan sebagai penunjuk atau pengarah jalan. Jika ditanam pada jarak tertentu, otak akan merespon secara psikologis bahwa tanaman tersebut akan mengarahkan pada suatu tempat diujung jalan. Bunganya yang indah dan berwarna warni akan menciptakan pandangan segar kepada siapa saja yang melalui jalanan tersebut.

tanaman hias

Melihat hal ini tentu menjelaskan tanaman hias tidak hanya bermanfaat untuk memuaskan hasrat pandangan terhadap sesuatu yang indah khususnya tanaman. Tapi juga menggandeng beragam fungsi yang menambah kenyamanan untuk kita semua. Tak hayal bahkan tanaman obat dan tanaman sayur sekalipun dapat difungsikan sebagai tanamna hias jika ditata dengan baik.

Dibawah ini terdapat penjelasan singkat tentang beberapa jenis tanaman hias yang berdasarkan fungsinya yang dapat anda jadikan referensi.

Tanaman hias Adiantum sp. Atau Suplir

Tanaman paku ini adalah tanaman hijau yang tidak basah. Batangnya ramping berwarna coklat kehitaman dan mengkilap. Tanaman jenis ini dapat difunngsikan sebagai tanaman dalam pot, tanaman penutup tanah dan sebagai penghias tepian kolam di rumah anda.

Tanaman hias Aglaonema sp. Atau Aglaonema Atau Sri Rejeki

Tanaman berdaun indah ini adalah tanaman daun yang tidak mudah rontok. Banyak diburu para kolektor aglaonema melihat corak dan warnanya yang beragam dan eksotis. Tanaman ini menjadi tumbuhan favorit sebagai tanaman hias bergaya formal dan tropikal.

Tanaman hias Asparagus sp. Atau Asparagus

Tanaman keluarga liliaceae ini adalah tanaman hijau abadi yang menyejukkan mata. Banyak yang mengetahui bahawa tanaman ini dapat dikonsumsi sebagai sayuran atua pun bahan tambahan makanan. Tanaman hijau ini berbentuk jarum tebal yang sangat menarik. Tanaman ini seringkali menjadi tanaman hias yang dekoratif.

Tanaman hias Caladium sp. Atau Keladi Hias Atau Fancy Leaf (dalam Bahasa Inggris)

Tanaman keladi ini bertekstur tipis menyerupai mata tombak. Dengan permukaan daun seperti tanaman keladi pada umumnya yang mengkilap. Untuk keladi hias sendiri memiliki corak daun indah yang beragam tergantung jenisnya. Tanaman ini dapat dijadikan center point jika diletakkan pada pot kecil diatas meja.

Chrysanthemum sp. Atau Bunga Krisan Atau Bunga Seruni

Tanaman bunga satu ini pasti dapat mencuri perhatian anda. Adalah bunga krisan dalam bahasa indonesia atau seruni. Bunga ini memiliki kelopak bunga yang tersusun bertumpuk tumpuk secara rapi dan beraturan. Berberntuk membulat besar dengan ragam warnanya yang membuat siapapu melihatnya tidak akan berpaling. Tanaman bunga krisan termasuk dalam golongan tanaman herba. Karena bunga krisan sendiri dapat diseduh dan dikonsumsi sebagai teh chrysanthemum yang mendunia.

Lavandula angustifolia Atau Tanaman Lavender

Tanaman dengan bunga ungu mungilnya memiliki aroma khas. Bung alavender adalah tumbuhan yang  dapat menetralisir bau tidak sedap. Bunga laveender tumbuh setinggi 30-60 cm dengan bunganya yang bergerombol dalam satu tangkai. Selain aroma bunganya yang khas, tanaman ini menjadi andalan pecinta tanaman hias sebagai tumbuhan yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Oxalis regenelli Atau Bunga Kupu-kupu

Tanaman ini berasal dari Brazil dan kawasan Amerika Latin. Keunikannya terletak pada bentuk daun yang menyerupai hewan kupu-kupu. Daunnya yang berwana gradasi ungu gelap dengen ungu terang ditengahnya menonjolkan keindahannya. Bunganya sendiri berukuran mungil dengan warna putih sedikit keunguan. Dan tumbuh menggumpul di ujung tangkai. Anda dapat mengaplilkasikan tanaman ini sebagai penutup tanah dengan menanamnya dalam jumlah yang banyak.

Petunia sp. Atau Petunia

Tanaman dengan bunga indah berwarna warni ini adalah tanaman musiman yang sangat cocok sekali jika ditempatkan pada pot gantung. Warna bunganya beragam, dengan bentuk corongnya yang tumbuh bergerombol pada ujung-ujung tangkai tanaman.

Sansevieria sp. Atau Lidah Mertua

Tanaman yang sering kali menghiasi teras rumah atau ruangan ini adalah tanaman hias yang sangat populer. Bentuk daunnya tebal sepeti lidah. Tidak memiliki batang dan dapat tumbuh dengan mudah. Tanaman ini berasal dari daratan benua Afrika. Warnanya hijau tua dengan bercak kuning di sepanjang pinggiran daunnya. Hebatnya, tanaman ini mampu menyaring udara disekitarnya menjadi lebih bersih dan bebas polutan.

Mussaenda sp. Atau Nusa Indah

Tanaman yang berasal dari Kongi ini adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh mencapai  ketinggian 2-3 m. Daunnya yang masih muda berwarna putih kehijauan, dan semakin hijau bila sudah tua. Bunganya indah berbentuk terompet yang mungil berparuh. Tanaman ini biasa digunakan sebagai tumbuhan untuk mengarahkan jalan suatu tempat.

Plumeria sp. Atau Kamboja

Lalu ada tanaman berpohon besar yang juga kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias yaitu kamboja atau dikenal juga sebagai semboja. Point view tanaman ini sering dikaitkan dalam nuansa atau gaya bali. Banyak juga digunakan sebagai penunjuk jalan. Dan tak jarang pula ditanam pada halaman ruamah sebagai pohon peneduh. Warna bunganya beraneka ragam seperti kuning, putih, merah dan ungu.

Indonesia dikaruniai tanah yang subur oleh sang pencipta. Tak heran jika ragam tanaman atau tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dan baik. Tugas kitalah selanjutnya untuk menjaga tanah yang telah diberikan agar senantiasa tetap mampu menumbuhkan banyak tanaman-tanaman indah. Baik sebagai penghias lingkungan, maupun sebagai pemenuh kebutuhan.