Mengenal Tanaman Pohon di Indonesia


Tanaman pohon adalah tumbuhan berkayu yang tumbuh tegak dengan bantuan akar untuk memperokoh pohon. Tanaman pohon sendiri terbagi menjadi dua kelompok yaitu pohon dengan akar tunjang arau disebut Dikotil dan pohon dengan akar serabut atau disebut Monokotil.

Tanaman pohon hidup dalam beberapa jenis, diantaranya adalah tanaman-tanaman yang tumbuh berjenis perdu/semak, epifit, liana, terna dan habitus.

Pohon dapat tumbuh dengan berbagai keadaan dan cara. Pohon berjenis perdu/semak seperti tanaman beluntas dan bunga soka. Adapula pohon yang hanya dapat tumbuh dengan menempel pada tanaman lain seperti tanaman anggrek. Dan banyak lagi jenis jenis tanaman pohon yang menarik akan kita bahas pada ulasan kali ini.

Jenis jenis tanaman pohon yang populer di Indonesia beserta penjelasan singkatnya.

Tanaman Pohon Pisang

 

Pisang atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya sebagai Musa Paradisiaca adalah pohon dengan sejuta menfaat. Tumbuhan dengan daun raksasanya ini menghasilkan buah yang sering kita konsumsi dan sangat mudah ditemukan. Umumnya buah pisang berwarnana kuning cerah ketika masak, meskipun beberapa jenis pisang ditemukan dalam beberapa warna lalin seperti merah muda sampai kemerahan, jingga, hijau hingga penemuan pisang yang disilang menghasilkan warna-warna menarik lainnya.

Buah pisang yang dikonsumsi masyarakt luas memiliki sumber karbohidrat dan kalium yang sangat baik dikonsumsi oleh penggiat diet sebagai pengganti nasi yang dapat menghasilkan energi. Namun ada pula pohon pisang yang tidak memiliki buah untuk dikonsumsi melainkan berfungsi sebagai hiasan atau tanaman hias. Pohon pisang atau tanaman pisang tumbuh dengan subur pada daerah beriklim tropis. Tumbuh sepanjang tahun menjadikan tanaman ini sangat tidak sulit ditemukan dan cenderung dapat tumbuh secara liar. Di negara-negara bagian, seperti Amerika, Brazil, dan Afrika, menanam dan mengkonsumsi buah pisang menjadi sebuah keharusan.

Tidak hanya buahnya yang enak untuk dimakan, daun pisang sejak dahulu digunakan sebagai pembungkus makanan hingga sekarang sebagai pengganti plastik agar menggurangi penggunaan plastik.

Pohon pisang sendiri merupakan batang tumbuhan monokotil dengan akar serabutnya yang berada didalam tanah. Batangnya dapat tumbuh setinggi 2-4 meter. Pohon pisang terbagi atas batang asli dan batang semu. Batang aslinya berada dibawah permukaan tanah, sedangkan batang yang berdiri kokoh menopang daun dan buah pisang merupakan batang semu yang tidak berkambium. Hal itulah yang menjadikan batang pisang lebih lunak daripada batang pohon pada umumnya.

Berkembang biak dengan tunas, pohon pisang memiliki bunga unik yang disebut jantung. Jantung pisang termasuk dalam kelompok bunga yang sempurna karena memiliki kedua jenis kelamin jantan dan betina sebagai alat reproduksinya.

Tidak hanya buahnya, daun, batang dan keseluruhan bagian dari tanaman pisang ini dapat kita manfaatkan hingga ke akarnya untuk berbagai keperluan. Baik untuk memenuhi kebutuhan konnsumsi hingga pelengkap keperluan rumah tangga. Luar biasa bukan.

Tanaman Pohon Kelapa

tanaman pohon kelapa

Kelapa atau Cocos Nucifera adalah tanaman pohon yang juga berjenis monokotil, sama seperti pohon pisang diatas. Tanaman pohon satu ini juga dikenal sebagai tanaman serbaguna, baik di Indonesia maupun dunia. Pohon kelapa digadang gadang atas pohon paling kuat yang sangat mudah dikenali dari betuk batangnya yang tinggi menjulang dan kerap kali disebut sebagai tanaman pantai karena banyak tumbuh pada daerah pesisir pantai. Pada dasarnya kelapa memang merupakan tanaman tropis yang suka akan kelembapan tinggi. Hal itulah yang menyebabkan tanaman ini mudah tumbuh dipinggiran laut.

Akar kelapa berbentuk bonggol berserabut yang berkayu. Akar inilah yang mencengkram tanah dengan kuat untuk menahan bobot batang kelapa yang berat dan mempertahankannya tetap tumbuh tinggi menjulang.

Batang kelapa dapat tumbuh setinggi 15 meter. Tumbuh dengan kokohnya tanpa cabang. Siapa yang tidak mengenal buahnya. Ya, buah kelapa. Bentuknya bulat sebesar kepala manusia dengan bentuk sedikit lonjong. Ada yang unik dari buah tanaman berbatang tunggal ini. Yaitu pada buah mudanya tardapat air yang sangat nikmat, tersembunyi di dalam daging buah kelapa. Selain enak untuk menghilangkan haus, air kelapa juga memilliki manfaat lain bagi kesehatan dan kecantikan.

Air kelapa dapat mengurangi dehidrasi pada penderita diare dan kolera. Membantu sistem imun pada tubuh agar lebih kuat. Melancarkan saluran penecernaan. Mengatasi infeksi pada organ mulut dan membantu penderita tifus agar pulih lebih cepat. Air kelapa juga sangat baik dikonsumsi untuk memperhalus dan mengencangkan kulit tubuh anda.

Beralih ke daunnya, anda akan menemukan daun kelapa dengan pelepah pelapahnya yang tersusun bertumpuk melingkari ujung batang dengan indah. Daun kelapa berbentuk menyirip dengan tulang lidi. Daun kelapa sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat luas. Pelepahnya sangat bermanfaat sebagai penutup atau atap suatu bangunan bernuansa tropis. Sedangkan tulang lidinya kerap dikumpulkan yang kemudian diikat menjadi sapu lidi.

Ada pula bunga kelapa, yang berupa bunga majemuk. Nantinya bunga inilah yang berubah menjadi buah kelapa.

Beberapa olahan dari tanaman kelapa di Indonesia sering kali menembus pasar dagang Internasional karena kecakapan dari tangan-tangan pengrajinnya. Mulai dari olahan makanan hingga kerajinan bernilai tinggi dengan keelokannya yang mendunia.

Pohon Beringin

tanaman pohon beringin

Adalah tanaman pohon berjenis dikotil atau tanaman berakar tunggang dengan banyak cabang. Pohon beringin sendiri tumbuh berbentuk melebar bulat. Sehingga pohon beringin sering digunakan sebagai tanaman peneduh yang rindang.

Tumbuh tinggi antara 10-20 meter, namun di alam terbuka pohon beringin ditemukan dapat tumbuh setinggi 40 meter.

Pohon beringin memiliki akar gantung sebagai ciri khasnya yang berfungsi sebagai alat pernafasan atau respirasi. Daunnya halus dan tebal dengan permukaan menyerupai kulit yang mengkilat.

Dibalik keanggunan dan pesonanya, pohon beringin memiliki kisah mistis yang berkembang dalam masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pohon beringin yang dipercaya sebagai rumah dari makhluk astral.