Tips Memangkas (Prunning) Tanaman Hias Indoor

Meskipun Anda tidak perlu khawatir tentang pemangkasan tanaman indoor secara teratur seperti yang Anda lakukan pada banyak tanaman outdoor, pada titik tertentu Anda harus mengeluarkan gunting untuk melakukan sedikit pembersihan. Mungkin Anda perlu memotong daun atau cabang yang mati agar tanaman tetap rapi. Atau mungkin Anda ingin mendorong pola pertumbuhan yang lebih seimbang.

Pangkas tanaman

Beberapa tanaman rambat mungkin akan menguasai ruang tamu Anda bila dibiarkan, sementara yang lain mungkin terlihat kurus dan perlu dipangkas. Apa pun alasannya, penting untuk mengetahui cara memangkas tanaman hias Anda dengan benar sehingga Anda tidak membuat stres yang berlebihan pada tanaman Anda.

Kapan Waktunya Memangkas Tanaman Hias?

Tanaman hias biasanya harus dipangkas pada awal musim tanam, yaitu akhir penghujan atau awal musim kemarau untuk banyak varietas. Namun tanaman indoor berkayu merupakan pengecualian dari aturan musiman ini, yang membutuhkan pemangkasan sepanjang tahun untuk menghilangkan daun dan cabang mati.

Aturan praktis yang baik untuk spesies berbunga adalah memangkasnya tepat setelah mereka selesai berbunga. Jika Anda memangkas tepat sebelum mekar, Anda akan menghilangkan kuncup yang belum terbuka yang akan berubah menjadi bunga

Yang Anda Butuhkan

Peralatan:

Gunting kebun

Gunting dapur

Sarung tangan berkebun (opsional)

Bahan:

Tanaman hias dewasa yang tumbuh terlalu subur

Instruksi

Amati Tanaman

Ambil langkah mundur dari tanaman hias Anda, lalu lihat struktur dan bentuknya. Perhatikan apakah tanaman itu tumbuh kurus, terlihat lebih rimbun di satu sisi atau mengandung dedaunan yang sakit atau sekarat. Selain itu, periksa area potensi pertumbuhan baru, yang dikenal sebagai “tunas laten.” Tunas ini biasanya muncul di mana daun bergabung dengan batang tanaman.

Pilih Alat Anda

Jika cabang tanaman tebal, seperti cabang pohon dalam ruangan, gunakan gunting setek. Jika ramping, gunting dapur dapat memberikan hasil potongan yang lebih bersih.

Buang Daun Mati

Petik atau potong daun atau batang yang mati. Jika batang membusuk di akarnya, cabut, dan pastikan tanah mengering sebelum tanaman disiram berikutnya.

Potong Bunga Tua

Jika Anda memprunning tanaman hias berbunga, singkirkan semua bunga yang sudah habis masa berbunganya dengan mencubitnya atau memotongnya kembali sedekat mungkin dengan batang utama.

Lakukan Pemangkasan Anda

Lakukan pemotongan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan baru. Potong tepat sebelum buku daun. Atau saat memotong batang yang lebih besar, potong sedekat mungkin dengan batang utama. Namun jangan membuang lebih dari 25 persen tanaman.

Tips Pemangkasan Tanaman Hias

Pemangkasan yang tepat membutuhkan pemahaman tentang pola pertumbuhan tanaman. Tanaman tumbuh dari ujung ke bawah, artinya pertumbuhan baru muncul dari tunas dominan di ujung cabang atau batang.

Untuk memangkas tanaman guna mendorong pertumbuhan baru yang lebat, pangkas tunas dominan pada batang tertentu, lakukan pemotongan dengan cermat untuk mendorong pertumbuhan yang bervariasi. Pangkas beberapa cabang menjadi seperempat, yang lain menjadi setengah, dan yang lain lagi sampai ke pangkalannya. Dengan cara ini, saat tanaman keluar lagi, pola pertumbuhan acak akan mengisinya.

Deadheading adalah jenis pemangkasan yang hanya melibatkan pemangkasan bunga mati. Saat tanaman mekar, dia memasukkan energi ke dalam bunganya dengan mengorbankan pertumbuhan baru. Setelah bunga sekarat, dia masih mengonsumsi energi dari tanaman. Jadi untuk memperpanjang periode mekar dan mendorong pertumbuhan yang sehat, seringkali diperlukan deadheading.

Saat memangkas, kebersihan itu penting. Setiap potongan yang dilakukan pada jaringan tanaman dapat menyebabkan penyakit. Jadi jaga agar alat pemangkas Anda tetap tajam dan bersihkan serta desinfektan di antara setiap penggunaan dengan larutan pemutih dan air yang lembut.

Kebanyakan stek tanaman hias dapat disimpan, berakar dalam secangkir air, dan kemudian ditanam untuk membentuk tanaman hias baru. Kliping sukulen bahkan bisa diperbanyak dengan menanamnya langsung di pot tanah dan menjaganya tetap lembab. Setelah beberapa minggu, tanaman baru akan tumbuh.

Memangkas tanaman rambat

Memangkas tanaman merambat sangat mirip dengan memangkas tanaman hias pada umumnya. Namun ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Tanaman merambat dalam ruangan harus didorong untuk tumbuh di sepanjang turus penyangga di mana batang berkeliaran perlu dipangkas kembali. Banyak tanaman merambat terkenal merajalela ketika mereka sehat.

Tanaman yang Tidak Perlu Dipangkas

Beberapa tanaman hias jarang perlu dipangkas, dan yang lain tidak boleh dipangkas sama sekali. Pohon palem dan pinus Pulau Norfolk keduanya membentuk kuncup dominan terminal tetapi tidak memiliki kuncup laten. Itu berarti mencabut tunas dominan akan mematikan tanaman, jadi sebaiknya biarkan spesies ini.

Demikian pula, banyak varietas anggrek tidak dapat dipangkas selain menghilangkan bunga mati. Lakukan pada titik di mana paku keluar dari daun dan berharaplah Anda akan melihatnya mekar lagi setelah beberapa bulan.

Komentar