Cara Merawat Tanaman ZZ / Zamia Variegata dan Perbanyakannya

Jika Anda penggemar tanaman variegata, artikel ini cocok untuk Anda. Hari ini kami membahas tanaman zamia alias Zamioculcas Zamiifolia Variegata, juga terkenal sebagai tanaman ZZ Variegata. Versi variegata dari tanaman ZZ ini adalah aroid dan dinamai sesuai dengan genus tanaman Zamia.

Harga Zamia Variegata

Tanaman ZZ variegata tidak cocok dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat dengan mudah bertahan di bawah sinar matahari rendah hingga sedang. Akan lebih baik jika Anda menyiraminya hanya saat tanah mengering untuk mencegah pembusukan. Pemberian pupuk akan membantu tanaman Anda tumbuh subur.

Tanaman ZZ variegata berasal dari keluarga tanaman Araceae. Tanaman ini cocok untuk xeriscaping, yaitu praktik mendesain lanskap untuk mengurangi kebutuhan penyiraman. Semua varietas tanaman ZZ berasal dari Afrika Selatan dan Timur, sehingga mereka juga disebut sebagai Zanzibar Gem.

Menurut University of Vermont, ZZ Plant adalah tanaman rumahan yang sempurna, diakui karena kemampuan adaptifnya dan perawatan tanaman yang relatif santai dan rendah. Tapi ada lebih dari itu; tanaman hias ini, seperti Philodendron, dapat memurnikan udara dalam ruangan. Mereka menyaring udara dan menyimpan racun (benzena, xilena, toluena, etilbenzena) di batang, daun, dan akarnya.

Tanaman tahunan ini adalah varietas yang menarik untuk berkebun kontainer. Ini adalah tanaman yang tidak rewel dan bisa tumbuh bahagia dalam cahaya redup dengan sedikit udara segar.

Perawatan Tanaman Dasar Tanaman ZZ Variegata

Tanah

Tanaman ini membutuhkan tanah yang porous dan subur. Anda dapat dengan mudah menyiapkan campuran media tanam Anda sendiri yang mempertahankan kelembapan tetapi pada saat yang sama bisa mengalirkan air keluar dengan baik. Tambahkan pasir jika tanahnya berat atau padat.

Tanaman berbonggol ini ditanam dari rimpang mirip kentang. Rimpang ini menyimpan air dan nutrisi yang diperlukan untuk tanaman. Tangkai daun sukulen akan tumbuh dari umbi, masing-masing memiliki 6 hingga 8 pasang daun. Pertahankan pH tanah 5,6 sampai 7,5, asam sampai netral.

Air

Tanaman semi sukulen ini lebih menyukai kondisi gersang dengan lingkungan seperti hutan yang lembab. Mereka bisa mentolerir pengabaian, tetapi untuk menjaga tanaman Anda berkembang, sirami secara teratur setiap kali tanah kering. Untuk tanaman hias dalam pot, cara terbaik untuk mengetahui apakah tanaman Anda membutuhkan air adalah dengan menyentuh permukaan untuk memeriksa kekeringan.

Tanaman ini akan tumbuh lebih baik dengan lebih sedikit air dibandingkan dengan aroid lainnya. Terlalu banyak air dapat membunuh tanaman ZZ Variegata Anda. Daun kuning berarti tanaman Anda kelebihan air dan rimpang membusuk.

Anda bisa menyirami tanaman ZZ setiap 3-4 minggu. Tetapi di iklim yang sangat panas, Anda mungkin harus menyiraminya setiap 7-10 hari. Sirami tanah secara menyeluruh, guyur sepenuhnya untuk membasahi akar tanaman ZZ.

Tanaman ZZ variegata suka mengering sepenuhnya di antara penyiraman. Mereka memiliki sistem retensi kelembaban yang sangat baik yang memungkinkannya menyimpan air selama periode kering. Jika tanaman Anda terkena sinar matahari tingkat tinggi, frekuensi penyiraman akan meningkat. Tetapi di musim dingin atau cahaya redup, menyiraminya sebulan sekali sudah cukup karena tanaman dalam periode tidak aktif / dormant.

Setiap kali tanaman ZZ diabaikan dalam hal penyiraman, satu-satunya perubahan besar adalah tanaman itu menjadi tidak berdaun. Tetapi ketika Anda menyiram lagi, tanaman itu akan mulai tumbuh lagi. Jadi bisa disimpulkan bahwa tanaman ini tahan kekeringan; mereka dapat bertahan hidup dengan sedikit penyiraman atau tanpa penyiraman selama beberapa bulan.

Cahaya

Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di tingkat sinar matahari rendah, tetapi versi variegata menyukai tingkat sinar matahari yang lebih tinggi untuk pertumbuhan maksimum. Spesies ini tahan terhadap sinar matahari yang cerah, sedang hingga teduh parsial. Satu-satunya persyaratan adalah sinar matahari tidak boleh langsung menerpa tanaman; Oleh karena itu, Anda harus menggunakan tirai atau kerai tipis untuk mengurangi intensitas sinar matahari.

Berikan tanaman ZZ variegata beberapa jam di bawah sinar matahari langsung setiap hari, tetapi jangan letakkan di bawah sinar matahari penuh selama bulan-bulan musim panas. Jika Anda melihat daunnya gosong, artinya tanaman Anda terkena sinar matahari langsung tingkat tinggi. Daun yang melengkung atau menguning juga merupakan indikasi tambahan dari sinar matahari yang terlalu banyak.

Di sisi lain, kurang cahaya akan menyebabkan daun kehilangan variegasinya dan menjadi hijau. Anda harus segera memindahkan tanaman Anda ke tempat yang lebih terang di dekat sumber cahaya.

Di dalam, Anda dapat menempatkan tanaman ini di kamar mandi atau kantor tanpa jendela di bawah lampu fluorescent. Jangan letakkan langsung di jendela; sebaliknya, letakkan di dekat jendela di tempat yang terang benderang. Sinar matahari langsung dapat membakar dan memudarkan daun. Untuk di luar ruangan, tempatkan tanaman Anda di tempat teduh penuh atau sebagian.

Suhu

Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang hangat. Tanaman ini dapat dengan mudah ditanam dalam suhu ruangan rata-rata 18 dan 30 derajat Celcius. ZZ variegata tidak tahan dingin sama sekali. Tanaman Anda akan mati jika terkena suhu di bawah 15 derajat Celsius.

Tanaman ZZ hanya dapat ditanam di luar ruangan di daerah dengan iklim musim dingin yang sejuk. Kami sarankan untuk membawa tanaman ZZ Anda ke dalam rumah segera setelah suhu mulai turun di bawah 15 derajat Celsius.

Kelembaban

Tanaman ZZ variegata tidak rewel tentang kelembaban, tetapi karena tanaman asli daerah tropis, tanaman ini menyukai kelembaban ekstra di udara. Mereka senang dengan tingkat kelembapan rata-rata yang direkomendasikan untuk tanaman tropis. Tanaman ini membutuhkan kelembaban minimal 40%.

Metode sederhana untuk memastikan kelembapan yang tepat adalah dengan menyemprot tanaman ZZ variegata Anda dengan air suling atau air lunak. Hindari menempatkan tanaman di dekat sumber panas seperti radiator atau jendela yang terkena sinar matahari, karena ini akan mengeringkan udara di sekitar tanaman.

Pupuk

Tanaman ini bukan penyerap nutrisi berat; bahkan bisa bertahan tanpa pemupukan apapun. Namun pemupukan akan mendorong pertumbuhan tanaman Anda. Beri nutrisi sebulan sekali di musim panas dan musim semi menggunakan pupuk tanaman rumahan biasa dengan rasio ⅛ ke ¼ dari takaran yang disarankan.

Jika Anda ingin menggunakan pupuk organik, aplikasikan sebulan sekali sesuai petunjuk pada kemasan. Anda dapat menggunakan pupuk slow release, aplikasikan sekali dan lupakan selama enam bulan ke depan. Daun bisa menguning karena kekurangan nutrisi, jadi pemupukan membantu memasok nutrisi yang diperlukan ke tanaman ZZ Variegata. Tetapi memberi pupuk terlalu banyak dapat menyebabkan luka bakar atau daun kuning.

Repotting

Tanaman ZZ variegata harus dipindah pot jika sudah melebihi ukuran wadahnya. Terkadang daun mulai menggulung untuk menandakan akar tanaman telah memenuhi potnya dan ruang pertumbuhan yang tidak cukup untuk akar.

Anda harus merepotingnya setiap 1 hingga 2 tahun dengan memindahkannya ke wadah yang lebih besar 2 atau 5 cm. Pindah ke pot yang terlalu besar bisa menenggelamkan akarnya. Selalu pastikan drainase yang tepat untuk tanaman ZZ variegata karena mereka akan mati jika akarnya terus menerus terendam air. Tanam di pot baru dengan setidaknya satu lubang drainase.

Anda dapat menggunakan campuran media tanam berkualitas baik untuk repotting yang kaya nutrisi dan tambahkan ¼ kompos dan ¼ pasir untuk memperbaiki drainase.

Pemangkasan

Pangkas dedaunan yang sekarat atau menguning untuk membantu tanaman menggunakan energinya untuk pertumbuhan baru. Anda juga bisa memangkas batang dan batang tua untuk mempercantik tampilan tanaman secara keseluruhan.

Perbanyakan

Perbanyakan adalah metode yang murah dan menarik untuk memperluas koleksi tanaman variegata Anda; karena ini cukup mahal dibandingkan dengan versi biasa. Ada beberapa opsi untuk memperbanyak tanaman ZZ variegata.

Stek Batang:

– Stek batang dengan setidaknya 2 daun dan panjang batang beberapa cm adalah metode yang paling efisien untuk memperbanyak tanaman ZZ variegata.

– Potong bagian pangkal tanaman Anda menggunakan pisau yang sudah dibersihkan. Biarkan potongan mengering selama beberapa jam agar kalus dapat terbentuk di atas potongan.

– Anda harus menanam stek di tanah yang memiliki drainase yang baik; Jika tidak, rimpang baru akan berjamur dan rontok. Media non tanah adalah pilihan terbaik untuk ZZ Variegata. Campuran setengah gambut dan perlit juga bekerja dengan baik.

– Rimpang baru akan mulai tumbuh dalam waktu sekitar empat minggu, asalkan stek batang disimpan pada suhu 26 derajat Celsius. Pot pembiakan harus ditempatkan di tempat yang hangat dengan sinar matahari yang cerah dan tersaring. Tempat di dekat jendela itu bagus.

– Anda perlu menyiram stek setiap dua minggu untuk menjaga kelembapan tanah yang diperlukan.

– Setelah stek memiliki akar kecil dan tunas rimpang, Anda dapat memindahkannya ke wadah besar. Anda harus mengambil lebih dari satu cuttingan karena beberapa di antaranya mungkin tidak berakar sama sekali.

– Spesies ini membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk perkembangan akar; oleh karena itu, kami akan merekomendasikan penggunaan hormon rooting yang berkualitas baik. Ini akan membantu memotong akar dan tumbuh lebih cepat.

Stek Daun:

Fakta menariknya adalah bahwa tanaman ZZ variegata adalah satu-satunya aroid yang berhasil diperbanyak dengan stek daun. Bahkan tangkai daun tanaman ZZ dapat diperbanyak dan dapat menumbuhkan tanaman baru jika dipotong dan ditanam.

Anda dapat menggunakan daun tanpa batang untuk perbanyakan tetapi rooting, dan pertumbuhan akan sangat lambat. Langkah-langkah propagasi serupa dengan yang disebutkan di bagian sebelumnya. Perbanyakan dengan pembelahan akar jarang dilakukan karena rimpang baru tumbuh sangat lambat. Dan mencabutnya atau mengganggu sistem akar bisa sangat merusak tanaman.

Bunga

Selain dedaunan yang variegata, tanaman ini akan memberi Anda bunga yang mekar di musim tertentu. Bunga mekar pada tanaman variegata ini memiliki berbagai warna, termasuk kuning, coklat, dan perunggu.

Perbungaan kecil memiliki percikan warna coklat kehijauan dari mana tangkai berwarna krem ​​atau paku bunga akan tumbuh. Perbungaan ini memiliki sedikit kontribusi terhadap popularitas tanaman ini.

Pertumbuhan

Tanaman yang tumbuh lambat tapi indah ini bisa tumbuh setinggi 60-90 cm dan menyebar. Pertumbuhan tanaman ini sangat bergantung pada cahaya dan air yang disediakan, tetapi akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai ukuran maksimumnya.

Tanaman ini memiliki kelompok daun menyirip yang melengkung ke luar, memberikan tanaman ini tampilan yang unik. Daunnya berwarna hijau dan kuning krem.

Masalah Umum untuk ZZ Variegata

Daun Coklat

Jika daun tanaman ZZ Anda berubah kecokelatan dengan ujung yang renyah, tanaman tersebut perlu disiram lebih banyak. Jika tanaman Anda memiliki batang lembek dengan daun kuning, tanaman membutuhkan lebih sedikit air. Kurangi penyiraman dan biarkan tanaman ZZ variegata mengering sepenuhnya selama satu bulan. Tepi coklat juga menunjukkan kurangnya kelembaban yang tepat.

Daun Terkulai

Alasan utama tanaman ZZ variegata yang terkulai adalah cahaya yang tidak mencukupi. Putar tanaman Anda dan posisikan sedemikian rupa sehingga menerima banyak sinar matahari tidak langsung dari atas.

Anda bahkan dapat menambahkan penyangga vertikal seperti tongkat bambu untuk membantu tanaman Anda tumbuh lurus. Kemungkinan lain adalah ukuran pot; pertimbangkan merepoting dalam pot yang sedikit lebih besar.

Batang Keriput

Batang yang keriput menunjukkan batang tua yang sekarat; ini wajar. Alasan lain yang mungkin adalah Anda membiarkan tanaman mengering sepenuhnya. Kami merekomendasikan menyiram tanaman secara menyeluruh dan ulangi setiap kali 5 cm lapisan tanah teratas terasa kering. Tanah harus sepenuhnya jenuh dengan air.

Daun Keriting

Ujung keriting atau daun melengkung menunjukkan tingkat cahaya yang tinggi. Tanaman menggulung daun sebagai upaya untuk menjauh dari sumber cahaya. Anda harus memindahkan tanaman Anda ke tempat yang lebih teduh. Jika memindahkan tanaman tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan paranet atau tirai tipis.

Busuk Rimpang

Gejala pertama busuk rimpang adalah daun menguning. Anda harus segera mencabut tanaman untuk menyelamatkannya. Busuk rimpang adalah penyebab utama kematian tanaman ZZ. Jangan biarkan tanaman ZZ Anda terendam air untuk waktu yang lama.

Drainase yang berlebihan dan tidak mencukupi adalah penyebab utama sebagian besar tanaman hias yang menderita pembusukan rimpang. Selalu buang sisa air yang terkumpul di piring atau nampan.

Penyiraman yang berlebihan menyebabkan rimpang membusuk akibat perkembangan jamur. Ini menghalangi kemampuan penyimpanan air dan makanan rimpang. Jika tidak ditangani, ZZ Variegata pasti akan mati.

Potong dan buang daun kuning dan basahi akarnya dengan larutan fungisida. Anda juga harus membersihkan pot dengan merendamnya dalam larutan 9 bagian air dan 1 bagian pemutih selama kurang lebih setengah jam.

Kutu busuk

Singkirkan serangga dengan sabun, kain lembut dan semprot berulang kali tanaman Anda dengan alkohol isopropil atau alkohol gosok untuk membunuh kutu putih yang tersisa. Menggosok alkohol dengan minyak neem terbukti paling efektif untuk pengendalian hama tanaman rumah.

Jika hama muncul kembali setelah beberapa waktu, semprot tanaman Anda dengan hortikultura atau minyak neem setiap minggu.

Tips untuk Menumbuhkan Tanaman ZZ Variegata

– Anda harus sering merotasi tanaman untuk membantunya mencapai pertumbuhan yang merata.

– Bersihkan daun tanaman setiap beberapa hari karena partikel debu yang menumpuk dapat mengurangi fotosintesis.

– Gunakan air lunak atau air hujan untuk tanaman ZZ variegata Anda karena mineral dan kristal dalam air keran dapat menyumbat pori-pori.

Varietas Lain dari Tanaman ZZ

Lucky Classic – Daun untuk varietas ini kurang runcing dan lebih bulat.

Zamicro Dwarf ZZ – Seperti namanya, yang satu ini ukurannya lebih kecil dari tanaman ZZ biasa. Namun pola daun, warna, dan ukurannya sama.

ZZ Zenzi – Ini adalah yang langka dengan daun keriting. Daunnya bergerombol di bagian atas batang memberikan tampilan yang elegan.

Raven ZZ – Memiliki daun hitam raven yang menambah tampilan khas dan ornamen pada tanaman. Daun baru berwarna hijau muda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tanaman ZZ Variegata

Apakah tanaman ini beracun?

Semua bagian tanaman ZZ Variegata beracun jika tertelan oleh manusia atau hewan peliharaan. Tanaman ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi. Jadi kenakan sarung tangan saat merepoting, memangkas, atau memperbanyak tanaman ZZ.

Bisakah tanaman ini menahan tingkat cahaya rendah?

Tanaman ZZ variegata akan mentolerir cahaya redup; akan tetapi,tanaman akan tumbuh sangat lambat dan jarang menghasilkan daun baru. Sedikit cahaya juga meningkatkan risiko overwatering karena laju penguapan berkurang. Kami menyarankan untuk meletakkan tanaman Anda di bawah sinar matahari tidak langsung sedang.

Kesimpulan

Untuk menyimpulkan, menanam dan merawat tanaman hias ZZ variegata mudah bagi tukang kebun yang pelupa atau sering bepergian. Tanaman hias klasik ini merupakan tambahan yang bagus untuk taman dalam dan luar ruangan Anda. Tanaman ini dapat bertahan dalam berbagai macam kondisi dalam ruangan dan bahkan tumbuh subur dalam cahaya redup selama beberapa bulan. Hampir tidak mungkin untuk membunuhnya.

Tanaman ini dianggap tanaman yang paling kuat di alam, dan Anda dapat memperbanyaknya dari satu daun. Satu-satunya kelemahan adalah sifat tanaman ini yang tumbuh lambat; Anda harus sangat sabar dan menunggu selama beberapa bulan sebelum melihat pertumbuhan baru pada tanaman.

Komentar