Bonsai Melati: Kiat-kiat Pembudidayaan dan Cara Merawatnya dengan Mudah

bonsai melati

Bonsai Melati atau dikenal juga dengan Bonsai Jasmine merupakan jenis pohon yang dipadukan dengan batang galitri dengan cara menempel seperti bonsial anting putri. Ciri-ciri dari Bonsai Melati ini umumnya berdaun kecil, sedikit lonjong, dan warna bunganya putih dengan bau yang sangat harum. Tanaman bonsai ini tergolong tanaman yang relatif mahal karena memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, sehingga tak jarang banyak yang menyukainya untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah.

Budidaya Bonsai Melati

Budidaya Tanaman Bonsai Melati

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk teknik penanaman bonsai adalah pemilihan bibit yang tepat. Semailah benih bonsai melati dengan menancapkan stek pada media yang telah disiapkan sepanjang 10-15 cm. kemudian tutup tempat persemaian tersebut dengan plastik untuk menjaga kelembapan tanah. Pada dasarnya, apapun jenis tanamannya dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam menciptakan sebuah tanaman. Berikut ini kiat-kiat lebih lengkap untuk memulai penanaman bonsai melati.

 

Menyiapkan Tanah yang Baik bagi Bonsai Melati

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman ini di toko khusus yang menjual berbagai jenis tanaman baik lokal maupun online. Pemilihan tanah juga termasuk dalam pertimbangan sebagai langkah awal. Tanah yang baik harus memiliki unsur nutrisi serta berdaya serap yang baik bagi air. Pastikan pula jenis tanah yang dipilih tidak gembur. Gunakan material komposit berupa pecahan batu atau material lain yang dapat mendukung drainase serta aliran udara pada bonsai melati. Fungsi lainnya sebagai pembuangan air sekaligus sebagai ventilasi oksigen yang maksimal, sehingga membuat tanaman anda dapat tumbuh dengan baik.

 

Memlilih Bibit Tanaman yang Baik

Jenis Tanaman Bonsai

Dalam memilih bibit tanaman yang akan dijadikan bonsai, pastikan untuk memilih bibit yang baik dan juga unggul. Anda bisa mendapatkan bibit tanaman bonsai melati ini di toko khusus yang menjual berbagai jenis tanaman baik lokal maupun online karena bibit yang baik dilakukan dengan perawatan yang baik maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

 

Menyiapkan Media Pot

Pot merupakan point terpenting dalam memulai penanaman bonsai melati ini. Mulailah dengan pot yang berdiamter lebar dan berbentuk kotak maupun bulat. Selalu pastikan pot telah mendapatkan sistem drainase yang baik untuk proses penyerapan dan pembuangan air, serta berikan pupuk ekstra secara rutin pada bagian akar pohonnya.

 

Menyiapkan Peratan Pendukung

Peralatan pendukung merupakan media bantu anda dalam merawat pohon bonsai anda selain tanah, bibit dan pot. Contoh dari peralatan pendukung antara lain gunting, semprot air, kawat, dan tang untuk styling kawat.

 

Perawatan Pohon

Cara Pemupukan Bonsai Menjadi Sangat Penting Untuk Pohon Bonsai ...

Bersihkan Bonsai dari Tumbuhan Gulma

Perawatan dari tanaman bonsai melati ini juga perlu memperhatikan beberapa hal. Hal pertama adalah bagaimana cara menyiangnya. Pada saat berumur satu bulan, biasanya terdapat berbagai macam gulma yang dapat mengganggu keindahan dari tanam Anda seperti ilalang ataupun rumput liar. Bersihkan secara rutin tanaman anda agar tidak mengganggu penyerapan sinar matahari oleh rumput-rumput tersebut. Pangkas pula daun dan ranting bonsai secara rutin karena dapat membuat bentuk dari tanaman pohon bonsai menjadi terlihat tidak menarik.

 

Pemupukan

Kedua, lakukan pemupukan secara rutin setidaknya selama tiga bulan sekali. Pupuk yang dapat digunakan berupa pupuk kandang atau pupuk buatan yang aman dari bahan-bahan kimia.  Masa pemupukan sebaiknya dilakukan ketika melakukan pemangkasan, waktu berbunga, ataupun saat pertumbuhannya kurang prima. Tujuan dari pemupukan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produksi melati pada bonsai anda. Utamakan juga untuk menggunakan pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan pupuk ke dalam lubang tanah yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Pengairan dan Pemberian Pestisida

Pada fase awal pertumbuhan, tanaman ini membutuhkan kandungan air yang cukup. Pengairan dilakukan secara rutin sampai dengan tanaman berusia satu bulan. Lakukan pengairan sebanyak 2 hari sekali pada pagi dan sore hari. Serta tidak lupa lakukan penyemprotan pestisida secara rutin pula, hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan dari bonsai melati anda.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara membudidayakan bonsai dan perawatannya. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu anda untuk memulai penanaman pohon bonsai idaman anda.