Penyebab Daun Janda Bolong (Monstera Adansonii) Menguning

Sebagai tanaman merambat yang selalu hijau dan dedaunan berbentuk hati, Monstera Adansonii alias janda bolong adalah tanaman yang indah. Daunnya adalah asetnya yang sebenarnya. Daunny berfenestrasi, dengan lubang simetris di sekitar pelepahnya.

Janda bolong menguning

Itu juga alasan banyak pecinta tanaman di luar neger menyebutnya “Swiss Cheese Vine.” Tetapi daun ini dapat memiliki beberapa masalah yang dapat menodai seluruh keindahan tanaman Anda. Daun yang menguning merupakan salah satu masalah bagi Monstera Adansonii.

Mengapa Monstera Adansonii Saya Memiliki Daun Kuning?

Monstera Adansonii atau janda bolong peka terhadap lembab. Tanaman ini cenderung menumbuhkan daun kuning jika Anda menyiraminya secara berlebihan. Menempatkannya di bawah sinar matahari yang terang dan langsung akan menghanguskan dedaunannya dan juga membuatnya menjadi kuning.

Alasan yang kurang umum di balik daun kuning di Monstera Adansonii adalah terlalu banyak pupuk. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan memaparkan janda bolong Anda pada sinar matahari tidak langsung yang cerah dan menyiraminya hanya ketika tanahnya hampir kering. Memupuk dan mengguyur tanaman akan membantu Anda mengontrol kerusakan akibat pemupukan yang berlebihan. Bisa juga stres akibat perubahan lingkungan dan pengiriman yang mungkin menyebabkan daun menguning.

Haruskah Anda Memperhatikan Daun Kuning?

Terkadang, daun kuning pada Monstera Adansonii Anda  adalah hal alami. Jika hanya beberapa daun tua yang berwarna kuning, Anda tidak perlu khawatir. Ini adalah daun tua yang ingin dirontokkan Monstera Anda. Daun yang lebih tua mulai menguning dan kemudian akan rontok. Ini adalah proses alami.

Saat daun yang menguning masih relatif baru dan ketika semakin banyak daun di Adansonii Anda yang menguning, inilah saat Anda harus waspada. Hal terpenting untuk menghindari daun kuning kecuali daun tua yang menguning adalah merawat tanaman janda bolong Anda dengan baik.

Tempatkan tanaman Monstera Anda di tempat yang mendapat sinar matahari tidak langsung. Tanaman Anda ingin Anda menyiramnya jarang-jarang setiap minggu sebagai pedoman umum. Untuk lebih spesifiknya, sirami saat tanah sudah kering.

Media tanam janda bolong yang mudah mengering harus sedikit lembab tetapi tidak basah. Jaga Monstera Adasonii Anda dalam kelembapan 60% dan dalam kisaran suhu 18 hingga 27 ° Celsiyus. Perubahan mendadak dalam lingkungan, serta pengiriman, dapat membuat Monstera Adansonii Anda stres dan menghasilkan daun kuning. Daunnya juga bisa mulai menguning ketika hama jahat menyerang. Jadi, lebih baik periksa tanaman Anda sebelum Anda memutuskan apakah daun kuningnya alami.

Mengidentifikasi Alasan di Balik Daun Kuning pada Monstera Adansonii

Akan sangat membantu jika setiap penyakit Monstera Adansonii memiliki gejala yang berbeda. Baik atau buruk, bukan itu masalahnya. Jadi, kekurangan air dan banyaknya sinar matahari dapat membuat Monstera Adansonii Anda menjadi kuning. Kecuali Anda mengetahui masalahnya, Anda tidak akan bisa mengatasinya dengan cara yang benar.

Menyiram Monstera Adansonii Secara Berlebihan

Salah satu cara mudah untuk mengidentifikasi masalahnya adalah dengan mengingat bagaimana Anda memperlakukan Monstera Adansonii Anda dalam beberapa minggu terakhir. Apakah Anda menyiraminya beberapa kali seminggu? Atau mungkin Anda menyiraminya setiap hari di musim hujan?

Jika demikian, penyiraman berlebihan kemungkinan menjadi alasan di balik menguningnya daun Anda. Monstera Adansonii biasanya tidak membutuhkan penyiraman sampai beberapa minggu.  Tetapi kadang susah untuk mengingat kapan Anda menyiram terakhir kali, terutama jika Anda menanam banyak tanaman hias.

Jadi, hal terbaik berikutnya adalah memeriksa tekstur daun kuning Monstera Anda. Kemudian bandingkan dengan daun hijau yang sehat. Daun kuning mungkin terasa lembek. Anda akan melihat bahwa mereka layu atau memudar.

Mengamati akar juga merupakan cara yang baik karena penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar. Akar yang terkena menjadi lembek dan gelap. Jika itu masalahnya, overwatering adalah penyebabnya.

Setelah Anda cukup yakin bahwa Anda terlalu banyak menyiram, Anda perlu segera memeriksa akarnya. Tanah lembab bisa diidentifikasi dengan menancapkan jari telunjuk sedalam 5 cm ke dalam tanah masih merupakan cara terbaik untuk memastikan terjadinya overwatering.

Tanah tidak boleh basah selama beberapa hari. Jika Anda memiliki tanah dengan drainase yang baik dan lubang drainase, hampir tidak mungkin terjadi penyiraman berlebihan. Biasanya, tanah Monstera Adansonii Anda memiliki celah di antaranya. Di sinilah oksigen dan air hidup berdampingan.

Tetapi genangan air berarti tidak ada kantong udara dan tanaman Anda tidak memiliki cukup oksigen. Ini mempengaruhi fotosintesis, pergerakan air, dan tingkat energi daun.

Kurang Menyiram Monstera Adansonii Anda

Jika daunnya terkulai ke bawah, berarti Monstera Adansonii Anda sedang haus. Tetapi tanaman janda bolong secara alami tumbuh merambat. Jika Anda meletakkannya di teralis atau keranjang gantung, daunnya yang panjang akan berjatuhan ke bawah. Pastikan Anda tidak salah membedakan apakah daun Anda terkulai atau hanya tumbuh ke bawah.

Petunjuk lain adalah bahwa warna kuning yang didapat daun dari overwatering kusam dan mendekati coklat muda. Daunnya juga akan terasa renyah dan rapuh saat disentuh.

Masalah Sinar Matahari

Monstera Adansonii Anda menyukai sinar matahari, tetapi hanya dari jarak yang aman. Terlalu banyak paparan sinar matahari membuat stres bagi teman-teman hijau Anda. Selain menguning, daunnya akan mulai menggulung ke dalam. Itu cara mereka melindungi diri dari panas.

Menempatkan tanaman Anda di bawah sinar matahari langsung terlalu lama berarti molekul daun menyerap lebih banyak energi daripada yang bisa mereka tangani. Energi ini kemudian mengganggu fotosintesis. Dan Monstera Adansonii Anda mulai menghasilkan oksigen reaktif. Ini menyebabkan daun janda bolong yang berharga kehilangan warna hijaunya yang subur.

Anda akan dapat membedakannya jika melihat jaringan daunnya. Ujung dan tepi daun akan menguning. Biasanya Anda dapat melihat urat hijau di sekitar pelepah Monstera Adansonii Anda. Ini akan menjadi gelap jika sinar matahari menghanguskan tanaman Anda. Selain itu, menempatkan tanaman Anda di tempat teduh atau gelap juga berisiko.

Daun Monstera Adansonii memiliki banyak pigmen berwarna. Anda mungkin sudah familiar dengan klorofil. Namun daun cantik ini juga mengandung karoten dan xantofil untuk warna jingga, kuning, dan warna lainnya. Jadi, ketika Monstera Anda tidak terkena sinar matahari, daunnya tidak dapat menghasilkan cukup klorofil (pigmen hijau). Itu akhirnya berubah warna menjadi kuning.

Pemupukan Monstera Adansonii

Banyak orang secara keliru mencoba memperbaiki setiap masalah tanaman dengan dosis pupuk. Ini bukan pendekatan yang tepat dan bisa menjadi bumerang. Pemupukan berlebihan Monstera Adansonii Anda akan meningkatkan konsentrasi garam di tanahnya.

Ini juga akan menurunkan pH tanah. Saat perubahan ini terjadi, Monstera Adansonii Anda tidak dapat menyerap nutrisi yang sesuai dari tanah. Tanah yang seimbang biasanya mengandung Nitrogen, Fosfor, Kalium, dan zat gizi mikro lainnya. Kekurangan bahan-bahan ini membuat tanaman Anda tidak bisa tumbuh. Daun baru yang tumbuh mungkin berwarna kuning pucat.

Bagian terburuknya adalah daun Monstera Adansonii Anda yang baru dapat berhenti menumbuhkan lubang dan belahan jika Anda memberi pupuk berlebihan pada tanaman.

Merawat Daun Kuning di Monstera Adansonii

Setelah Anda mendiagnosis masalahnya, memperbaikinya menjadi mudah. Berikut adalah beberapa solusi yang menurut kami berguna ketika Monstera Adansonii kami menumbuhkan daun kuning. Namun sebelum Anda mendalami perawatan, ada baiknya Anda mengingat bahwa tidak ada solusi cepat. Dengan kata lain, ada metode cepat yang terlihat menggoda, tetapi tidak akan membantu tanaman Anda.

Jadi, menyembuhkan Monstera Adansonii kesayangan Anda akan membutuhkan kesabaran dan waktu.

Siram dengan Bijak

Jika tanaman Anda memiliki terlalu banyak air, Anda ingin memulai dengan memeriksa lubang drainasenya. Terlalu banyak air membuat tanah menggumpal, yang dapat menyumbat lubang drainase. Jika pot Anda tidak memilikinya, sebaiknya Anda mencabut tanamannya. Dalam kedua kasus tersebut, akarnya harus mengering dan mendapatkan kembali kekuatannya. Beri jarak agar kelembapan berlebih bisa menguap.

Jika beberapa akar terlihat membusuk dan lembek, kami sarankan untuk memangkasnya. Menggunakan pot yang sama untuk Monstera Adansonii Anda bukanlah cara terbaik. Jadi, gantilah dengan pot bersih yang sudah didesinfeksi dengan lubang drainase dan tanah berbasis lumut gambut.

Anda dapat menghidupkan kembali Monstera Adansonii yang kurang disiram dengan konsisten menyiram. Jika daun kuning terlihat seperti sedang sekarat, Anda harus meletakkan pot Anda di bak berisi air bersih. Ingatlah untuk mengangkatnya sebelum setengah jam berlalu. Untuk kedepannya, pastikan Monstera Adansonii Anda minum air setiap minggunya. Sering periksalah permukaan tanah tanaman untuk melihat apakah mereka memiliki cukup air.

Sediakan Sinar Matahari Tidak Langsung

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak pernah berhasil dengan baik untuk Monstera Adansonii. Jika daunnya tersengat sinar matahari, ini bisa menggunakan air dingin. Gardener lebih suka menyemprot Monstera Adansonii sedikit dan kemudian menuangkan air di sekitar dasarnya.

Selanjutnya, pindahkan potnya. Paling baik jika Anda meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari. Misalnya, di bawah kanopi pohon taman tinggi Anda. Jika Monstera Adansonii Anda sebelumnya berada di area gelap, daunnya yang kuning menginginkan sinar matahari tidak langsung agar kembali bahagia. Menempatkan pot Anda di sebelah jendela yang menghadap ke utara akan membantu.

Pupuk Monstera Adansonii Anda dengan Benar

Anda dapat menyelamatkan Monstera Adansonii dari pembakaran pupuk dengan menggunakan pupuk lebih jarang. Tetapi jika Monstera Adansonii Anda sudah memiliki terlalu banyak pupuk, Anda harus mencoba menghilangkan kelebihannya.

Mengeruk endapan putih di permukaan tanah atau menyiram tanaman Anda untuk sementara waktu bisa berhasil. Ini akan mengurangi salinitas di dalam tanah dan mengembalikan pHnya.

Tanya Jawab Mengenai Daun Kuning dan Layu pada Monstera Adansonii

Mengapa daun Monstera Adansonii saya terkulai?

Daun terkulai di Monstera Adansonii merupakan indikator kekurangan air. Jangan biarkan Monstera Adansonii Anda benar-benar kering. Jaga agar tanah sedikit lembab dan siram kembali setelah tanah hampir mengering. Jika Anda melihat daun terkulai, penyiraman sudah lewat waktu.

Mengapa daun Monstera Adansonii saya terlihat hampir coklat?

Daun berwarna kuning tua atau coklat muda pada Monstera Adansonii berarti tanaman memiliki masalah sinar matahari. Ini biasa terjadi ketika tanaman Anda mendapat lebih banyak sinar matahari langsung daripada yang dibutuhkannya. Untuk mengatasi masalah ini, letakkan Monstera Adansonii Anda di area yang sebagian teduh.

Komentar