Cara Merawat Tanaman Philodendron Burle Marx (Philo Brekele)

Dinamai sesuai nama Roberto Burle Marx, arsitek pertama yang menggunakan tanaman asli dalam desain lansekap modern, tanaman Philodendron ini adalah contoh indah dari semak tropis yang tumbuh rendah. Tekstur yang kaya dari daun berbentuk hati dan kemampuan beradaptasi yang luar biasa menjadikan Philodendron ini sebagai tanaman hias yang populer di kalangan penggemar tanaman, apalagi varian Burle Marx variegata yang jauh lebih mahal.

Harga Pilo Brekele

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda memahami tips perawatan paling penting dari Philodendron Burle Marx. Bacalah secara menyeluruh artikel ini untuk mengetahui apa yang dibutuhkan tanaman tropis yang indah ini untuk menghadiahkan Anda daun yang sehat dan pertumbuhan yang menakjubkan!

Ukuran & Pertumbuhan

Philodendron Burle Marx (philo brekele) adalah tanaman berukuran kecil dan tinggi maksimum biasanya hanya bisa mencapai 60 cm. Mengenai lebarnya, brekele bisa tumbuh antara 60 sampai 120 cm.

Pencahayaan

Seperti banyak tanaman lain yang dibahas di blog ini, Philodendron Burle Marx suka cahaya terang tetapi tidak langsung. Mereka juga dapat bertahan hidup di lingkungan dengan cahaya rendah, tetapi untuk benar-benar berkembang, mereka membutuhkan jumlah sinar matahari tidak langsung yang tepat.

Sinar matahari langsung dapat merusak tanaman secara serius, hal itu dapat menyebabkan noda hitam pada daun, menghitamkannya atau bahkan membakar menembusnya. Untuk menciptakan lingkungan yang sempurna bagi tanaman Anda, cobalah mencari tempat yang mendapatkan cukup cahaya alami tanpa terkena sinar matahari langsung. Tempatkan tanaman Anda di jendela yang menghadap ke utara atau timur.

Penyiraman

Untuk menyiram Philodendron Burle Marx, Anda harus mengikuti metode penyiraman untuk sebagian besar tanaman Philodendron. Tujuan pertama adalah untuk menjaga tanah tetap lembab sambil memastikan Anda tidak terlalu banyak menyiram tanaman Anda atau mengeringkan tanah. Penyiraman yang berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan berbagai penyakit tanaman dan dapat menyebabkan busuk akar.

Meskipun demikian, ada perbedaan antara kebutuhan penyiraman selama musim yang berbeda. Sirami tanaman Anda secara teratur selama musim kemarau, jaga tanah tetap lembab sepanjang waktu. Tetapi selama musim penghujan, Anda bisa membiarkan tanah mengering sedikit di antara penyiraman.

Jenis tanah

Tanaman Philodendron Burle Marx suka tanah yang dikeringkan dengan baik. Berkat kemampuannya untuk mengalirkan air berlebih melalui drainase di seluruh bagian bawah pot, jenis tanah ini sangat cocok untuk mencegah air tambahan menumpuk di dalam tanah. Dalam kasus penyiraman berlebihan, air menghalangi oksigen masuk ke akar dan kekurangan oksigen dapat dengan cepat menyebabkan pembusukan akar.

Tanda pertama akar membusuk adalah perubahan warna yang signifikan: akar perlahan-lahan akan berubah warna menjadi coklat tua atau hitam. Tanda lainnya adalah bau busuk yang khas. Untuk mencegah efek buruk dari overwatering, kami merekomendasikan penggunaan sphagnum moss atau 100% peat-perlite. Meskipun memberikan aerasi yang sempurna, tanah ini juga dapat menahan air untuk tanaman Philodendron Anda.

Sebaliknya, hindari tanah liat dan tanah padat lainnya karena tidak memiliki kemampuan menahan air sebanyak yang dibutuhkan tanaman Anda untuk tetap terhidrasi. Usahakan tanah asam atau agak asam dan pastikan bahwa tingkat pH campuran tanah berada di antara pH 5,6 dan pH 6,5.

Suhu & Kelembaban

Suhu ideal untuk tanaman Philodendron Anda adalah antara 16 sampai 24 °C. Suhu yang lebih rendah dari kisaran ini dapat memperlambat pertumbuhan tanaman Anda secara signifikan. Jika suhu turun di bawah 10 °C, tanaman Anda akan berhenti tumbuh.

Sebagai tanaman tropis, Philodendron Burle Marx menikmati tingkat kelembapan yang tinggi. Meskipun mereka dapat bertahan hidup di ruangan dengan kelembapan rendah, mereka tidak akan dapat mencapai potensi maksimalnya.

Untungnya, Anda memiliki banyak pilihan untuk menjaga kelembapan di udara agar dapat meniru iklim tropis tempat tanaman Anda benar-benar dapat tumbuh subur.

Berikut beberapa metode yang bisa Anda coba untuk menciptakan kelembapan:

– Anda dapat menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan di ruangan tempat Philodendron Anda berada.

– Basahi daun menggunakan botol semprot. Saat air menguap, ini menciptakan kelembapan di sekitar tanaman Anda.

– Gunakan metode tatakan kerikil untuk meningkatkan tingkat kelembapan di dalam ruangan. Yang Anda butuhkan hanyalah tatakan, kerikil, dan air. Berikut cara membuatnya:

Isi nampan dengan kerikil.

Tuang air ke dalam tatakan. Pastikan ketinggian air hampir mencapai puncak dan tidak melebihi kerikil.

Letakkan Philodendron Anda di atas kerikil, sehingga udara yang menguap bisa langsung masuk ke tanaman Anda.

Pemupukan

Untuk membantu tanaman Philodendron Anda tumbuh, gunakan pupuk slow release berkualitas baik seperti Dekastar atau pupuk serbaguna seperti NPK mutiara. Apapun yang Anda pilih, yang terpenting adalah menggunakan pupuk yang tinggi nitrogennya. Beri tanaman Anda pupuk seminggu atau dua minggu sekali dalam dosis kecil. Larutkan pupuk dalam air dan kocorkan secara perlahan ke tanah.

Pot & Repotting

Saat akarnya menjadi padat dan membentuk bola akar yang rapat, Anda akan tahu bahwa inilah saatnya untuk merepotting tanaman Anda. Siapkan pot yang satu ukuran lebih besar dari pot sebelumnya agar tanaman Anda memiliki banyak ruang untuk meregang dan tumbuh.

Cara Memperbanyak Philodendron Burle Marx

Untuk memperbanyak Philodendron Burle Marx Anda, Anda memiliki dua pilihan untuk: perbanyakan dengan stek batang dan dengan cangkok.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

Stek batang

– Gunakan gunting pemangkasan yang sudah disterilkan untuk memotong batang sepanjang 5 hingga 10 cm tepat di bawah simpul.

–  Biarkan batang yang baru dipotong sembuh dengan mendiamkannya di ruangan hangat selama tujuh hingga sepuluh hari. Tunggu sampai salah satu ujung pemotongan kapalan atau Anda bisa mengolesinya dengan fungisida seperti Antracol atau mengolesinya dengan Betadine.

– Siapkan campuran media tanam porous dalam pot yang memiliki lubang drainase di bagian bawah. Anda bisa menggunakan kombinasi sekam bakar, cocopeat, pasir Malang, dan tanah humus.

– Saat stek siap ditanam, gunakan jari Anda untuk membuat lubang di tanah. Tempatkan potongan di dalam dan timbun dengan tanah di sekitarnya.

– Letakkan pot di tempat cerah dan tidak terkena sinar matahari langsung dan jangan lupa untuk menyiram dan memupuknya.

Cangkok

– Gunakan pisau yang disterilkan dan potong luka tajam sepanjang dan sedalam 5 cm di batang tua atau yang sudah mapan.

– Ambil tusuk gigi dan dorong sayatan agar tetap terbuka dan mudah dijangkau.

– Gunakan sphagnum moss dan taruh di sekitar sayatan batang untuk melembabkannya.

– Bungkus moss dengan plastik di sekitar batang dan ikat. Anda bisa menggunakan lakban untuk membuatnya tetap menempel.

– Siapkan pot dengan lubang drainase di bagian bawah dan isi dengan campuran pot berkualitas baik.

– Setelah Anda melihat akar sekitar 10 cm tumbuh, Anda dapat memotong tanaman baru dari tanaman induk di bawah moss.

– Lepaskan pembungkus plastik dan tempatkan tanaman baru Anda ke dalam tanah.

– Tempatkan pot di lokasi yang terang di mana Philodendron Anda bisa mendapatkan banyak sinar matahari yang tersaring. Jangan lupa untuk menyiraminya.

Penutup

Berkat aspek dekoratifnya, kemampuan beradaptasi yang hebat, dan metode propagasi yang mudah, Philodendron Burle Marx adalah cara terbaik untuk menghadirkan suasana tropis di dalam ruangan. Untuk menikmati keindahan semak ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiram dan memberinya pupuk secara teratur dan mencari cara untuk menjaga agar tingkat kelembapan tetap baik untuk tanaman Anda.

Komentar