Tips Perawatan Calathea Roseopicta atau Rose-Painted Calathea

Mendekorasi rumah dengan aksen tropis telah menjadi fenomena yang diterima secara luas di dunia. Mengapa harus pergi berlibur ketika Anda memiliki daya tarik ini tepat di rumah Anda? Calathea Roseopicta adalah tanaman yang ideal untuk mendapatkan suasana tropis. Tapi bagaimana Anda merawat tanaman ini?

Roseopicta

Calathea Roseopicta lebih menyukai tanah yang lembab, sering disiram, dan bersuhu antara 18 sampai 24 derajat Celsius. Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya tidak langsung yang terang dan kelembaban tinggi dan paling baik dipupuk sebulan sekali.

Calathea Roseopicta juga dikenal dengan nama Rose-Painted Calathea. Dengan daun besar dan mencolok, tanaman ini menegaskan statement tropis di rumah Anda. Genus Calathea mengandung beberapa tanaman dedaunan terindah menurut University of Florida. Oleh karena itu, mari kita lihat lebih dekat cara merawat Calathea Roseopicta yang cantik.

Cara Merawat Calathea Roseopicta

Seperti Apa Calathea Roseopicta?

Calathea Roseopicta atau Rose-Painted Calathea adalah anggota keluarga Marantaceae atau keluarga prayer plant. Nama yang tidak biasa ini diberikan karena fakta bahwa daun besarnya menghadap ke atas di malam hari seolah-olah mereka sedang berdoa. Ini dilakukan untuk menyerap jumlah air yang optimal.

Seperti anggota lain yang ditemukan di Marantaceae, daun Calathea Roseopicta lebar dan berwarna-warni, umumnya berwarna hijau cerah. Mereka diberi nama Rose-Painted Calathea karena garis-garis berwarna merah muda yang ditemukan di sepanjang bagian tengah tanaman, memberikan kemiripan yang dekat dengan goresan lukisan. Nama itu dipilih dengan sempurna karena “roseopicta” diterjemahkan menjadi “gambar mawar.”

Fakta Menarik:

Meskipun daun berwarna-warni ini terkenal karena mengangkat dalam posisi ke atas, mereka juga dapat ditemukan melakukan hal lain. Setiap kali suhu menjadi terlalu tinggi, tanaman Calathea Roseopicta menggulung daunnya ke dalam. Kekurangan air dan kelembaban menyebabkan perubahan ini.

Perawatan Dasar Calathea Rosepicta

Tanah

Memilih jenis tanah yang tepat sangat penting dalam memelihara tanaman Calathea yang sehat. Spesies ini membutuhkan tanah yang lembab, namun berhati-hatilah agar tidak menyiram berlebihan. Untuk hasil terbaik, pertimbangkan untuk menggunakan campuran media tanam berbasis gambut dengan drainase yang tepat.

Cahaya

Untuk menjaga daun-daunnya tetap hidup, perlu ada cukup sinar matahari. Tempatkan tanaman Anda di lokasi dengan sinar matahari tidak langsung paling baik seperti di ruangan yang menghadap utara, timur, atau barat. Jika Anda menempatkan tanaman ini di tempat yang terkena cahaya langsung, daun Calathea Rosepicta akan terbakar dan menjadi kusam.

Penyiraman

Seperti disebutkan di atas, tanaman ini lebih suka tinggal di ruangan yang memiliki kelembapan konstan tanpa jenuh. Lingkungan alaminya sangat lembab. Untuk menyediakan jumlah air yang cukup, sirami tanaman Anda secara konsisten melalui semprotan. Perhatikan daunnya untuk melihat apakah tanaman Anda memiliki cukup air. Jika menggulung ke dalam, tambahkan lebih banyak air. Untuk daun yang layu, hentikan kelembabannya.

Suhu

Sebagai tanaman tropis, sangat jelas terlihat bahwa mereka tidak tumbuh subur di habitat dingin. Suhu ideal untuk individu Calathea Roseopicta adalah antara 18 sampai 24 derajat C. Kerusakan terkait suhu tidak akan menjadi masalah hingga suhu mencapai kurang dari 15 derajat C. Penting juga untuk menghindari perubahan suhu yang tiba-tiba, karena tanaman ini tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap fluktuasi tersebut.

Kelembaban

Persyaratan kelembaban tanaman Calathea ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan tanaman hias yang kurang eksotis. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara mengeringkan tanaman Anda secara rutin. Memperhatikan di mana Anda meletakkannya adalah kuncinya. Ruangan seperti ruang keluarga dan bilik Anda cenderung memiliki kelembapan yang sedikit lebih tinggi.

Pupuk

Calathea jenis ini bisa mendapatkan keuntungan dari pupuk, namun tidak perlu sepanjang tahun ini. Waktu terbaik untuk menambahkan zat ini adalah ketika individu tersebut menghasilkan daun baru.

Perbanyakan

Tanaman ini dapat diperbanyak selama waktu repotting. Proses ini dapat dengan mudah dilakukan melalui pembagian di mana tanaman dipotong menjadi beberapa bagian dengan pisau.

Pertumbuhan

Individu Calathea ini tidak tumbuh terlalu tinggi, juga tidak cepat dewasa. Mereka biasanya mencapai ketinggian hingga 50 cm. Daunnya sendiri lebih lebar daripada tinggi.

Pengepotan

Saat pertama kali menempatkan Calathea Anda dalam pot, penting untuk memilih ukuran yang memungkinkannya tumbuh dan dewasa. Pot ini harus memiliki drainase yang diperlukan untuk menghindari kejenuhan air yang berlebihan.

Repotting cukup mudah karena Anda hanya wajib melakukannya setiap dua hingga tiga tahun. Kebanyakan tukang kebun merekomendasikan untuk memasukkan aksen tropis Anda ke dalam pot yang sedikit lebih besar.

Mengetahui cara merawat Calathea Anda dengan benar sangat penting dalam melestarikan karya seni ini. Mempelajari tentang asal usul spesies ini dapat membantu memberikan beberapa latar belakang mengapa mereka membutuhkan jumlah sinar matahari dan kelembaban yang tepat.

Asal Usul Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta dapat ditemukan dalam keluarga Marantaceae, yang terdiri atas tumbuhan yang berasal dari Afrika. Namun ini bukan tempat Calathea Roseopicta ditemukan. Spesies ini berasal dari Brasil barat laut. Seorang ilustrator majalah botani Jerman bernama Regel Gartenflora pada tahun 1869 membuat catatan pertama tentang Rose-Painted Calathea.

Satu Tanaman, Banyak Nama

Salah satu pekerjaan menyenangkan yang dilakukan ahli botani adalah ketika mereka pertama kali memutuskan sebuah nama. Untuk sebagian besar makhluk hidup, ada beberapa istilah yang diciptakan untuk individu tertentu. Individu Calathea ini hanya memiliki beberapa nama umum, termasuk Rose-Painted Calathea and the Rose-Painted Prayer Plant.

Fakta Menarik:

Subspesies Calathea yang paling umum adalah Calathea Roseopicta Dottie. Ini sering disukai karena warna daunnya. Alih-alih menampilkan warna merah muda cerah, pelepah di sepanjang daun berwarna merah muda cerah. Semburan warna yang cerah sering kali merupakan sentuhan tropis yang bagus untuk ruang tamu mana pun.

Propagasi Calathea Roseopicta

Ada sejumlah cara yang dapat Anda pilih untuk memperbanyak tanaman Calathea Roseopicta Anda. Meskipun dapat dilakukan melalui cuttingan, metode perbanyakan yang paling umum adalah dengan pembagian. Untungnya, ini adalah proses yang mudah. Langkah-langkah berikut dapat diikuti untuk memastikan bahwa tanaman Anda diperbanyak dengan benar.

Langkah 1: Periksa pot Anda untuk memeriksa apakah ada kepadatan berlebih. Jika Anda melihat tanaman memiliki ruang yang sempit, pertimbangkan untuk melanjutkan ke langkah 2. Anda dapat memperbaiki masalah ini melalui perbanyakan atau direpoting.

Langkah 2: Dengan tangan Anda, sebarkan batang tanaman dengan lembut sehingga ada ruang di antaranya. Tindak lanjuti dengan menepuk tanah.

Langkah 3: Setelah batangnya tersebar, letakkan selembar koran di atas permukaan yang rata. Balikkan pot dengan hati-hati ke atas koran sehingga keluar dari pot.

Langkah 4: Sekarang lanjutkan dengan memisahkan akar dari tanaman. Pastikan setiap batang memiliki setidaknya satu daun dan akar. Tanpa ini, tanaman tidak akan menghasilkan pertumbuhan baru.

Langkah 5: Keluarkan beberapa pot kecil untuk pembagian yang baru Anda buat. Gunakan campuran tanah yang sama yang dimasukkan ke dalam pot tanaman induk.

Langkah 6: Rawat tanaman hasil pembagian dengan menjaganya tetap jenuh dan jauh dari sinar matahari langsung. Jangan biarkan mereka tinggal di daerah yang suhunya berfluktuasi secara drastis.

Langkah 7: Terakhir gunakan plastik untuk menutupi tanaman baru untuk meningkatkan kelembapan. Ini penting bagi mereka yang tinggal di lingkungan kering. Setelah beberapa minggu berlalu, Anda akan mulai melihat pendewasaan pada tanaman baru Anda.

5 Tips Mempertahankan Tanaman dalam Bentuk Besar

  1. Luangkan waktu untuk membuat campuran tanah yang tepat. Tanaman Calathea Roseopicta cenderung tumbuh subur pada media tanam berbahan dasar gambut yaitu 2 bagian gambut dan 1 bagian perlit.
  2. Suhu adalah prioritas utama. Hindari meletakkan tanaman ini di tempat yang dingin. Sebaliknya, jaga agar tetap senang dengan suhu yang berkisar dari 18 dan 24 derajat Celsius.
  3. Seperti kebanyakan tanaman tropis, Calathea Roseopicta membutuhkan banyak semprotan untuk memenuhi tingkat kelembapan yang tinggi.
  4. Cari tempat di rumah Anda yang tidak akan merusak tanaman Anda seperti ruangan yang menghadap ke utara, timur, atau barat.
  5. Untuk menghindari kepadatan tanaman Anda, lakukan repotting dan perbanyakan. Ini bisa dilakukan setiap dua tahun agar tanaman bisa tumbuh.

4 Tanda Calathea Roseopicta Anda Tidak Bahagia

  1. Daun menggulung. Jika daun cenderung menggulung ke dalam, Anda mungkin tidak menyediakan cukup air untuk tanaman Anda. Siram tanah secara konsisten tanpa kejenuhan yang berlebihan.
  2. Daun terkulai. Calathea Roseopicta akan menunjukkan bahwa tidak ada cukup kelembapan melalui daun yang terkulai. Jika masalah ini terus berlanjut, belilah humidifier.
  3. Ujung daun berwarna coklat. Ini adalah tanda lain bahwa tanaman Anda membutuhkan lebih banyak kelembapan.
  4. Batang lemas. Ini bisa menunjukkan bahwa Calathea Anda terlalu banyak air atau terlalu dingin. Ingatlah untuk memberi tanaman ini jumlah air yang tepat dan simpan di ruangan yang lebih hangat.

Barometer Popularitas Calathea Roseopicta

Peringkat: Sangat Populer

Sebagai sebuah kelompok, anggota di Calathea sering disebut sebagai “ratu tanaman hias,” membuatnya semakin populer. Anda dapat menemukan wadah beras berdaun Calathea yang dekoratif di Thailand atau melihatnya digunakan sebagai tanaman lanskap umum di salah satu Kepulauan Hawaii. Apa pun tujuannya, tanaman Calathea Roseopicta umumnya disukai karena kombinasi daya tarik artistik dan tropisnya.

Calathea Roseopicta di Instagram

Dengan penggunaan media sosial yang begitu luas, tidak mengherankan jika Anda menemukan Calathea Roseopicta di antara tagar dan akun. Tagar yang paling umum digunakan dapat ditemukan di bawah ini:

#calathearoseopicta

#calathearoseopictadottie

#rosepaintedcalathea

Menyenangkan juga melihat-lihat berbagai orang mendekorasi rumah dan akun media sosial mereka dengan aksen topikal ini.

Tanya Jawab Seputar Calathea Roseopicta

Apakah Calathea beracun bagi kucing dan anjing?

Memiliki tanaman rumahan bisa jadi rumit bila Anda memiliki hewan, terutama kucing. Untungnya tanaman Calathea tidak beracun bagi kucing, anjing, dan bahkan anak-anak Anda.

Seberapa sering Anda harus menyirami Calathea Roseopicta?

Karena tanaman ini tidak cocok dengan penyiraman yang berlebihan, penting untuk menemukan jadwal kelembapan yang tepat. Jika bagian atas tanah bisa mengering, maka penyiraman Anda sudah benar.

Mengapa daunnya menjadi kuning?

Jika Anda melihat warna kuning pada daun Calathea Anda, itu karena kelembapan. Ini bisa karena terlalu banyak atau terlalu sedikit air, jadi pastikan untuk memeriksa tanahnya.

Komentar