7 Penyebab Daun Tanaman Melengkung / Menggulung dan Solusinya

Baik di rumah, taman, atau habitat aslinya, kita semua senang melihat tanaman tumbuh subur dan berpenampilan cantik. Daun hijau subur dengan corak berbeda dan bentuk bervariasi adalah salah satu aspek tanaman yang paling menyenangkan.

Daun melengkung

Dan tanaman yang paling sehat menghasilkan bunga yang mekar paling mencolok dan biji yang paling kuat juga. Jadi penting untuk mengawasi kesehatan tanaman hias Anda dan mengambil tindakan perbaikan yang cepat bila diperlukan untuk menjaganya dalam kondisi prima.

Seperti biasa, pencegahan lebih baik daripada mengobati dan merawat tanaman Anda dengan baik adalah cara terbaik untuk memastikan mereka tetap sehat. Tanaman yang sehat akan lebih siap untuk melawan infeksi atau infestasi dan dengan memperhatikan tanaman Anda, Anda meningkatkan peluang untuk menemukan masalah lebih awal.

Jika Anda melihat daun di salah satu tanaman Anda mulai melengkung atau menggulung, Anda tahu ada masalah. Daun melengkung dapat menjadi tanda berbagai masalah dan penting bagi Anda untuk menemukan akar penyebabnya sesegera mungkin untuk memperbaikinya dan memulihkan kesehatan tanaman Anda.

Mengapa daun tanaman menggulung ke atas?

Ada banyak alasan mengapa daun tanaman melengkung ke atas dan masing-masing memerlukan metode perbaikannya sendiri. Beberapa masalah paling umum yang menyebabkan daun menggulung ke atas adalah hama, infeksi virus, cara penyiraman yang tidak memadai, posisi yang buruk, atau kekurangan nutrisi penting.

Hama

Satu hal yang harus diperiksa adalah apakah hama hidup dan menggigit tanaman Anda. Serangga pengisap seperti kutu daun dapat menyebabkan daun menjadi menyimpang dan mulai menggulung. Mereka biasanya ditemukan di bagian bawah atau ujung daun.

Lalat putih adalah hama lain yang dapat menyebabkan daun tanaman Anda melengkung ke atas. Hama ini hampir tembus cahaya dan sulit dikenali. Mereka juga menempel pada bagian bawah daun, tempat mereka menyedot kelembaban.

Untuk membasmi hama, Anda bisa menyemprot dengan insektisida. Jika Anda tidak ingin menggunakan insektisida atau menganggapnya terlalu mahal, Anda dapat mencoba menggunakan air sabun. Ulangi aplikasi sampai semua kutu daun hilang. Untuk infestasi besar, seringkali lebih baik membuang area yang terkena dampak paling parah.

Hama dapat dicegah dengan menggunakan perangkap lengket yang akan menarik mereka. Perangkap ini sering kali merupakan indikasi bahwa ada masalah potensial daripada solusi total, jadi jika Anda melihat perangkap lengket penuh dengan hama, inilah saatnya untuk memeriksa tanaman Anda secara menyeluruh.

Kelebihan Air

Terlalu banyak air dapat menyebabkan busuk akar dan menyebabkan daun melengkung ke atas. Untuk menghindari hal ini, kurangi penyiraman dan selalu biarkan beberapa cm atas tanah benar-benar kering sebelum menambahkan air. Lebih baik memberikan terlalu sedikit air karena Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak air jika diperlukan, tetapi menghilangkan air dari tanah tidaklah mudah.

Saat membuat media tanam, pastikan Anda menggunakan pot yang memiliki lubang drainase dan letakkan beberapa kerikil atau batu di dasar pot sebelum menambahkan tanah untuk membantu meningkatkan drainase.

Jika daun tanaman Anda menggulung dan tanah basah kuyup, cabut tanaman untuk memeriksa busuk akar. Jika terdapat akar yang tampak tidak sehat dan lembek atau lonyot, akar tersebut harus dibuang untuk mencegah pembusukan menyebar dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Gunakan pisau atau gunting tajam dan pastikan Anda benar-benar menghilangkan akar busuk yang kemudian harus dibuang.

Terlalu banyak cahaya

Banyak tumbuhan, terutama yang berasal dari iklim tropis, menyukai sinar matahari tidak langsung. Terlalu banyak cahaya dapat menyebabkan daun melengkung atau berubah warna menjadi coklat. Ini karena reaksi kimia di dalam tumbuhan sebagai akibat dari fotosintesis yang berlebihan.

Anggap saja sama seperti hewan membutuhkan makanan, tetapi terlalu banyak akan membuat mereka tidak sehat. Prinsip yang sama berlaku untuk tumbuhan. Jika daun yang lebih tua melengkung dan daun yang lebih baru lebih kecil dari yang diharapkan dan menunjukkan ujung berwarna coklat, cahaya yang berlebihan mungkin menjadi penyebab masalahnya.

Coba pindahkan tanaman ke area yang tidak terlalu terkena sinar matahari langsung atau letakkan tirai jaring di antara jendela dan tanaman untuk menghilangkan sebagian intensitas cahaya matahari.

Terlalu banyak panas

Kebanyakan tanaman menyukai sedikit panas sesekali, tetapi seperti halnya kita, terlalu banyak panas dapat merusak. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan penguapan yang cepat yang menyebabkan daun menggulung dalam upaya menghemat air.

Dalam keadaan ini, bahkan penyiraman secara teratur mungkin terbukti tidak efektif karena tanaman Anda dapat kehilangan air dengan sangat cepat sehingga tidak dapat memperoleh manfaatnya.

Alih-alih meningkatkan jumlah atau keteraturan penyiraman, pertimbangkan untuk merelokasi tanaman. Lokasi yang jauh dari jendela yang dekat dengan terpaan sinar matahari atau sumber panas buatan seperti radiator dapat menguntungkan tanaman Anda.

Sebagai alternatif, jendela yang terbuka atau kipas angin dapat memberikan aliran udara dan angin yang cukup untuk mendinginkannya. Jika terlalu banyak panas yang menjadi masalah, kemungkinan besar Anda akan menemukan daun di bagian atas tanaman yang paling terpengaruh.

Untuk mencegah tanaman menderita panas berlebih, pantau suhu di dalam ruangan dan pertimbangkan area di mana ruangan mungkin paling hangat seperti di dekat pemanas atau sumber cahaya. Anda juga harus menyediakan ruang yang cukup di antara tanaman agar udara mengalir.

Defisiensi nitrogen

Nitrogen merupakan komponen vital dalam klorofil, senyawa yang memungkinkan tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi makanan. Oleh karena itu, daun yang tidak sehat dapat menjadi tanda bahwa tanaman Anda tidak mendapatkan cukup nitrogen.

Jika terjadi kekurangan nitrogen, naluri kelangsungan hidup tanaman Anda akan muncul dan akan mengalihkan cadangan nitrogennya ke daun yang lebih baru. Ini berarti bahwa daun yang lebih tua menuju pangkal tanaman akan menanggung beban kekurangan dan akan menjadi yang menggulung.

Mereka mungkin juga mulai menguning dan, jika tidak ditangani, akan menjadi coklat dan mati. Tanaman yang hampir mekar atau menghasilkan buah akan sering menunjukkan tanda-tanda kekurangan nitrogen di daun karena semua energinya digunakan di tempat lain. Jika tanaman Anda hampir mekar atau berbuah, dosis formula nitrogen tinggi dalam bentuk yang mudah diserap dapat bermanfaat untuk tanaman.

Untuk mencegah kekurangan nitrogen, Anda disarankan untuk memberi tanaman Anda suplemen asam amino secara teratur. Asam amino memungkinkan tanaman Anda menghasilkan protein yang membantu mereka mengambil nitrogen dan memanfaatkannya dengan baik.

Kerusakan kimiawi dari herbisida

Jika Anda memilih untuk menggunakan herbisida, penting bagi Anda untuk memastikan herbisida tersebut ditargetkan secara khusus hanya pada gulma yang ingin Anda singkirkan. Kebanyakan herbisida tidak pandang bulu dalam hal membunuh tanaman dan semua yang tersesat di tanaman berharga Anda kemungkinan besar menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Daun yang melengkung adalah salah satu tanda pertama kerusakan tersebut dan jika Anda menangkapnya cukup awal, Anda mungkin dapat menyiram tanaman secara menyeluruh untuk melindunginya. Sayangnya, sebagian besar kerusakan herbisida tidak dapat diperbaiki dan solusi terbaik adalah membuang bagian tanaman yang rusak.

Jika kerusakannya begitu parah sehingga pemangkasan tidak memungkinkan, coba berikan tanaman itu dosis pupuk dan air yang sehat untuk membantunya mencoba memerangi efek negatif herbisida.

Infeksi virus

Daun yang menggulung ke atas bisa menjadi tanda bahwa tanaman Anda terkena infeksi virus. Infeksi pada tanaman biasanya tidak dapat disembuhkan sehingga cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membuang bagian yang terkena untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Daun melengkung mungkin hanya salah satu dari sejumlah gejala yang terlihat jelas pada tanaman yang terinfeksi. Tanaman yang terinfeksi tidak boleh dibuang ke dalam kompos Anda dan setelah membuangnya disarankan untuk memeriksa secara menyeluruh semua tanaman yang tumbuh di sekitar yang sama untuk mencari tanda-tanda infeksi dan membuang semua yang menunjukkan gejala.

Jika ada tanaman tertentu yang terlihat sehat selain bercak kecil yang terinfeksi, coba singkirkan hanya bagian yang terinfeksi pada contoh pertama. Tetapi pastikan untuk terus mengawasi tanda-tanda infeksi lebih lanjut dan segera tangani.

Kesimpulan

Tidak ada pengganti untuk perawatan dan perhatian yang tepat dalam hal memaksimalkan kesehatan dan umur tanaman Anda. Tetapi tidak ada cara yang dijamin untuk mencegah infeksi, infestasi, dan beberapa faktor lingkungan. Cobalah untuk meniru habitat alami setiap tanaman sebaik mungkin dalam hal panas, cahaya, dan pengaturan air. Pertimbangkan juga nutrisi yang masing-masing akan mendapat manfaat secara alami dan pastikan Anda memberikannya dengan cara yang paling efektif.

Sebagai bagian dari rutinitas Anda, periksa daunnya, termasuk bagian bawah untuk mencari tanda-tanda kesehatan yang buruk atau parasit yang tidak diinginkan. Bacalah tips perawatan terbaik untuk setiap tanaman yang Anda miliki dan coba buat inventaris penangkal umum sehingga Anda siap sebaik mungkin untuk mengatasi masalah yang paling umum.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menikmati tanaman sehat selama bertahun-tahun. Jika Anda baru dalam memelihara tanaman hias, cobalah untuk tidak khawatir mencoba mengingat semuanya sekaligus.

Ingat Anda dapat mampir kapan saja untuk memeriksa panduan perawatan tanaman kami atau untuk mendapatkan bantuan dalam pemecahan masalah. Seiring waktu, pengetahuan Anda akan berkembang dan Anda akan menemukan bahwa Anda dapat mendiagnosis dan menangani banyak masalah yang paling umum tanpa bantuan orang lain. Dan siapa tahu, suatu hari Andalah mungkin yang akan memberikan nasihat pada orang lain!

Komentar