13 Jenis Tanaman Terbaik untuk Kokedama

Kokedama adalah teknik Jepang untuk menanam tanaman di dalam bola lumut gantung. Idenya adalah agar tanaman dipamerkan tanpa pot untuk estetika yang sangat unik. Biasanya, kokedama ditampilkan dengan digantung di senar.

Tanaman Kokedama

Berasal dari tradisi Bonsai di mana petani ingin memamerkan akarnya, kokedama adalah bentuk seni yang membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda memikirkannya, menanam tanaman hias dalam bola lumut kecil menyulitkan Anda untuk memberikan kondisi yang paling ideal.

Manfaatkan pengalaman menanam kokedama Anda sebaik-baiknya dengan memilih tanaman yang cocok untuk teknik ini. Tanaman hias kuat yang tetap kecil, tumbuh lambat, dan toleran terhadap kondisi yang kurang dari ideal adalah tanaman hias terbaik untuk Kokedama.

Hindari tanaman yang tumbuh terlalu besar atau terlalu cepat seperti monstera dan tunggu hingga Anda lebih berpengalaman untuk mencoba kokedama dengan tanaman rewel. Dengan latihan, Anda bisa berusaha merawat tanaman yang lebih sensitif.

Kunci sukses Anda adalah memilih tanaman yang tepat untuk kokedama. Sebelum memulai, harap pertimbangkan di mana Anda ingin menggantung kokedama dan alas tanaman yang Anda pilih pada kondisi cahaya dan kelembapan di lokasi tersebut.

Berikut adalah beberapa tanaman terbaik untuk kokedama

1. Epipremnum Pinnatum (Cebu Blue Pothos)

Cebu Blue

Seluruh keluarga tanaman pothos mudah dirawat dan memiliki dedaunan yang sangat menakjubkan. Tanaman ini mudah dipangkas dan diperbanyak dan dapat ditanam secara vertikal saat menempel di turus tengah atau Anda dapat membiarkan tanaman merambat menggantung.

Untuk kokedama, dedaunan pothos yang menjuntai menciptakan efek yang indah saat mengalir dari bola lumut. Manfaat lain dari pothos adalah Anda dapat membuatnya kecil dengan mudah dengan memotong ujungnya. Perbanyak tanaman merambat pothos dengan mudah melalui stek untuk membuat sekumpulan kokedama untuk dibagikan ke teman atau saudara Anda.

Dari semua pothos, kami sarankan mencari variasi Cebu Blue untuk kokedama Anda. Dedaunan hijau tuanya sangat indah dan menyatu dengan baik dengan dasaran hijau berlumut. Di habitat aslinya, Cebu Blue pothos tumbuh sebagai tumbuhan epifit. Tanaman epifit sangat cocok untuk kokedama karena mereka terbiasa tumbuh pada organisme hidup lainnya.

Aspek hebat lainnya dari Cebu Blue pothos adalah dedaunannya menyerupai tanaman monstera yang indah. Monstera terlalu besar dan tumbuh cepat untuk kokedama, tetapi Anda dapat mencapai tampilan dan nuansa yang sama dengan Epipremnum pinnatum.

2. Neoregelia ampullacea (Tiger Cub Bromeliad)

Tiger Cub Bromeliad

Bromeliad mungkin merupakan tanaman yang paling bisa beradaptasi untuk tumbuh di kokedama karena habitat alaminya sangat mirip. Di alam liar, bromeliad sering ditemukan tumbuh di batang pohon di antara kumpulan lumut yang menumpuk dan daun-daun yang berguguran. Tanaman ini bertahan hidup dengan mengumpulkan air hujan di celah-celah dan menikmati nutrisi dari bahan organik yang membusuk.

Dalam kokedama, Anda dapat memberikan air dan nutrisi, tetapi hasilnya sebagian besar akan sama. Saat memilih bromeliad apa yang akan ditanam di kokedama Anda, Anda pasti ingin memikirkan tentang ukuran tanaman setelah dewasa dan memilih varietas miniatur.

Salah satu bromeliad kecil favorit kami adalah varietas Tiger Cub yang berukuran 15 cm dan menampilkan garis-garis merah yang tampak indah di dedaunannya. Jika dirawat dengan benar, Anda akan mudah memelihara bromeliad dalam kokedama. Ukurannya yang kecil akan membuat Anda menikmatinya karena mereka tidak akan tumbuh lebih cepat dari bola lumutnya dan warnanya yang indah akan membuatnya menonjol.

3. Pilea Polybotrya (Chinese Money plant)

Pilea Polybotrya

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan kecil dan sudah memiliki beberapa tanaman hias, Anda mungkin sudah memiliki pilea dalam koleksi Anda. Karakteristik yang sama yang menjadikan tanaman ini pilihan yang cocok untuk penghobi tanaman pemula di perkotaan juga menjadikannya pilihan yang cocok untuk kokedama.

Chinese Money plant adalah tanaman hias kecil compact yang mudah dirawat. Daunnya menyerupai piring alien yang terbang keluar, yang memberi mereka estetika luar biasa. Ketika ditanam di dalam bola lumut kokedama, tanaman tersebut memiliki tampilan yang lebih aneh jika tidak lucu.

Varietas umum Pilea disebut Pilea peperomioides tetapi varietas yang lebih compact yang bahkan lebih cocok untuk kokedama adalah Pilea polybotrya. Jika Anda tidak dapat menemukan varietas polibotrya, jangan khawatir. Semua Pilea cukup compact dan mudah dirawat

4. Zamioculcas Zamiifolia ‘Zenzi’ (Dwarf ZZ)

ZZ Kerdil

ZZ sering disebut sebagai tanaman yang ‘tidak dapat dibunuh’ karena mereka benar-benar tahan terhadap pengabaian yang parah dan pola perawatan yang berlebihan. Kualitas ulet ini menjadikan tanaman ZZ salah satu yang terbaik bagi seseorang yang ingin mencoba kokedama untuk pertama kalinya.

Sulit untuk menjaga agar tanaman tumbuh subur di kokedama karena sulit bagi tukang kebun untuk mengontrol kondisi. Saat pertama kali dicelupkan ke dalam air, bola lumut akan mempertahankan banyak kelembapan tetapi seiring waktu akan mengering. Jadi Anda perlu menemukan tanaman yang dapat menahan periode kelembaban tinggi dengan periode kekeringan.

Tanaman ZZ biasanya berukuran cukup besar, itulah sebabnya mereka sering dikeluarkan dari daftar tanaman kokedama. Namun kami akan menantang hal ini dan mendorong Anda untuk menemukan varietas kerdil di mana Anda dapat memanfaatkan pemeliharaan mudah tanaman ZZ sambil tetap menikmatinya untuk waktu yang lama.

Varietas Zenzi adalah pilihan menggemaskan yang bahkan mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk ditanam dalam pot juga. Jika Anda membeli tanaman Zenzi ZZ, coba pisahkan satu batang saat Anda akan menanamnya.

Gunakan batang individu untuk kokedama (sehingga memiliki ruang untuk menghasilkan pertumbuhan baru) dan tanam sisa rumpun dalam pot. Dengan cara ini Anda akan dapat membuat tanaman ZZ kerdil baru kokedama setiap kali Anda merepoting atau memperbanyak tanaman induk Zenzi.

5. Peperomia Griseoargentea (Ivy Peperomia)

Peperomia Griseoargentea

Ivy peperomia adalah sukulen mirip ivy yang memiliki batang yang mengilap dan menjuntai. Ini adalah tanaman compact yang indah yang biasanya menghiasi meja dan rak sempit karena ukurannya yang kecil.

Untuk kokedama, ini adalah tanaman yang sempurna karena hanya membutuhkan sedikit penyiraman dan memiliki sistem perakaran yang dangkal. Ketahanan terhadap periode kekeringan membuatnya sangat cocok untuk menahan periode antara penyiraman yang biasa untuk kokedama.

Sistem akar yang dangkal dan preferensi untuk pot kecil berarti juga cocok untuk bola lumut kecil. Ivy peperomia suka memiliki area kecil untuk akarnya dan tidak perlu sering dipindahkan. Ciri-ciri ini menjadikannya tanaman yang bagus untuk kokedama.

Sukulen kecil lainnya seperti kaktus Zebra juga merupakan pilihan yang bagus untuk kokedama. Sukulen sangat luar biasa untuk kondisi pertumbuhan ini karena mereka dapat mentolerir kekeringan dan biasanya tidak tumbuh dengan sangat cepat.

Selain itu, ini dapat menjadi pemandangan yang cukup menakjubkan untuk melihat tanaman tahan kekeringan yang biasanya ditemukan di taman batu dan gurun ini ditampilkan dalam bola lumut yang rimbun dan tergantung.

6. Codiaeum Variegatum (Croton / Puring)

Puring

Croton alias puring adalah salah satu tanaman hias yang tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Jika Anda ingin menggantung kokedama di depan jendela atau tempat yang mendapat cahaya langsung, puring adalah pilihan terbaik.

Meskipun puring bisa menjadi cukup besar, mereka tidak tumbuh begitu cepat terutama jika Anda menyimpannya dalam wadah kecil, jangan memupuknya, dan berlatihlah memotes pertumbuhan baru. Selain itu, mulailah dengan tanaman kecil atau varietas miniatur yang akan membantu Anda menikmati kokedama puring selama mungkin.

Mammy croton adalah salah satu varietas yang lebih kecil dan terkadang Anda bahkan dapat menemukan puring Mammy dwarf corkscrew yang akan tetap menjadi miniatur. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan dedaunan berwarna-warni, puring pisang adalah varietas lain yang lebih kecil yang cocok untuk kokedama.

7. Spathiphyllum wallisii (Peace Lily)

Spathiphyllum wallisii

Jika Anda mencari tanaman berbunga untuk ditampilkan dalam kokedama Anda, Peace Lily adalah pilihan yang luar biasa. Spathiphyllum wallisii adalah aeroid, yang berarti daun lilin melindunginya dari kekurangan atau kelebihan air. Ketahanan ini membuatnya bisa mentolerir kondisi unik kokedama.

Meskipun Peace Lily bisa terkulai secara dramatis saat mereka kekurangan air, mencelupkan bola lumut ke dalam air selama beberapa menit akan melembabkan dan membuatnya bersemangat.

Jika Anda memiliki Peace Lilly yang tumbuh di kokedama Anda, pastikan untuk menggunakan air yang telah disaring saat Anda mencelupkannya. Tanaman ini sensitif terhadap komponen keras di dalam air dan daunnya akan berubah menjadi coklat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Peace Lily merupakan tanaman yang cepat tumbuh. Jadi, meskipun Anda menikmati mekarnya bunga yang indah, bunga itu tidak akan bertahan lebih dari beberapa musim. Perpanjang waktu Peace Lilly Anda hidup bahagia di bola lumutnya dengan mencari varietas kerdil.

8. Fittonia Albivenis (Nerve Plant)

Fittonia Albivenis

Tanaman fittonia adalah tanaman berbunga lain yang bisa Anda coba tanam untuk kokedama. Ukurannya yang kecil dan daunnya yang berwarna-warni menjadikannya salah satu keluarga tanaman paling berwarna yang juga cocok untuk kokedama.

Daun hijau tua dengan urat kuning, merah, atau putih menonjol di antara bola lumut kokedama hijau tua atau coklat. Selama Anda memberi mereka banyak kelembapan, Anda akan dapat menjaga tanaman fittonia kokedama Anda dalam kondisi baik selama bertahun-tahun.

Tanaman fittonia akan tumbuh subur jika digantung di tempat dengan cahaya redup dengan banyak kelembapan. Mereka tidak membutuhkan banyak cahaya, jadi jika Anda ingin menggantung kokedama di tempat tanpa banyak sinar matahari, maka tanaman fittonia adalah pilihan yang bagus.

Kelemahan terbesar tanaman fittonia adalah mereka membutuhkan kelembaban tinggi. Anda bisa mengantisipasi kebutuhannya dengan menempatkannya di kamar mandi, menyemprotnya dengan air setiap hari, atau dengan menggantungnya di atas koleksi tanaman hias Anda. Iklim mikro yang lembab di sekitar rumah Anda akan memberikan kondisi yang mereka butuhkan.

9. Davallia Fejeensis (Rabbit foot Fern)

Davallia Fejeensis

Pakis bisa menjadi tanaman yang bagus untuk kokedama Anda, tetapi penting untuk memilih varietas yang tepat. Perlu diingat bahwa setiap varietas pakis memiliki preferensi yang berbeda dan tingkat toleransi yang berbeda-beda untuk kondisi yang kurang dari ideal.

Pakis maidenhair, misalnya, sangat sensitif terhadap cahaya dan kondisi kelembapan sehingga tidak akan beradaptasi dengan baik dengan lingkungan kokedama. Sebaliknya, pilih varietas pakis yang lebih kuat seperti pakis rabbit foot atau pakis blue star yang tidak terlalu sensitif terhadap kelembapan rendah.

Pakis lain seperti pakis asparagus beradaptasi dengan baik dengan kokedama dan terlihat menakjubkan saat masih muda. Sayangnya, pola pertumbuhannya yang cepat menyulitkan perawatannya dan tanaman akan tumbuh lebih cepat dari inangnya. Anda dapat membantu menjaga tanaman Anda tetap kecil dengan memulai dengan pemotongan kecil, misalnya, dan sering memangkasnya.

10. Philodendron (super dwarf red vine)

Philodendron (super dwarf red vine)

Seperti tanaman pothos, philodendron sangat cocok untuk kokedama karena cukup tahan terhadap kondisi kering dan cahaya redup. Tanaman ini mudah untuk tetap hidup dan karenanya akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah saat menanam tanaman kokedama ini.

Kelemahan dari pertumbuhan philodendron (dan pothos) dalam kokedama adalah bahwa mereka adalah tanaman yang tumbuh sangat cepat yang perlu sering direpoting untuk mencegahnya rootbound.

Untuk menghindari tanaman Anda tumbuh lebih besar dari bola lumut sebelum Anda sempat menikmatinya, pastikan untuk memilih jenis philodendron miniatur atau kerdil. Ini bisa lebih sulit ditemukan tetapi akan jauh lebih cocok untuk kokedama.

Salah satu varietas kecil favorit kami dari philodendron adalah super dwarf red vine. Biasanya ini digunakan untuk terarium karena hanya mencapai 12 cm saat sudah dewasa. Ukuran kecil ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpannya sebagai tanaman kokedama sepanjang siklus hidupnya. Secara estetika batang berwarna merah cerah akan terlihat luar biasa keluar dari bola lumut kokedama.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan varietas kerdil, jangan stres. Anda dapat mengambil cuttingan dari philodendron apa pun yang Anda miliki di rumah dan menanam satu potongan di kokedama. Ketahuilah bahwa tanaman ini pada akhirnya akan melampaui media dan Anda harus menyesuaikannya.

11. Chlorophytum Comosum (Spider plant)

Spider plant

Spider plant juga dikenal sebagai lily paris adalah tanaman hias lain yang mudah dirawat yang akan beradaptasi dengan baik dengan kokedama. Tanaman dengan perawatan rendah ini adalah koleksi wajib dalam koleksi tanaman hias.

Lily paris akan mentolerir kondisi cahaya rendah. Jadi jika Anda ingin menggantung kokedama jauh dari cahaya terang, pilihan Anda pada tanaman menjadi jauh lebih kecil. Tanaman ini adalah salah satu dari sedikit tanaman hias yang akan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya redup.

Alasan lain mengapa tanaman lili paris sangat cocok untuk kokedama adalah karena mereka benar-benar menyukai tempat tumbuh yang kecil dan senang rootbound. Saat menanam dalam pot, ini artinya Anda harus menempel pada pot kecil dan menunggu hingga akarnya mulai mencuat dari atas tanah.

Untuk kokedama, ini berarti Anda akan dapat menikmati tampilan lebih lama. Karena lili paris adalah tanaman yang tumbuh cepat, akan sangat sulit untuk mempertahankan pertumbuhannya jika mereka tidak suka rootbounf.

Jika Anda sudah memiliki tanaman lili paris di rumah, Anda tidak perlu mencari lebih jauh untuk menanam kokedama Anda. Ketika tanaman induk Anda mengeluarkan tunas samping dengan roset individualnya, Anda dapat melepaskannya dari tanaman utama dan menggunakannya untuk kokedama Anda.

Ukuran kecil roset dan sistem akar yang berkembang akan memberi Anda banyak waktu untuk menikmati kokedama saat tanaman dewasa dan mengisi bola lumut.

12. Mentha suaveolens (Pineapple Mint)

Pineapple Mint

Cobalah membuat kokedama yang dapat dimakan dengan menanam mint di dalam bola lumut. Jika Anda pernah mencoba menanam mint, Anda mungkin tahu bahwa tanaman itu sangat sulit untuk dibunuh dan biasanya berakhir dengan menguasai pot taman dan bedengan yang ditinggikan. Kualitas ulet ini membuatnya sangat cocok untuk kokedama.

Kami pribadi menyukai varietas mint yang tidak biasa yang tidak dapat Anda temukan di toko tanaman hias. Perhatikan daun pineapple mint yang akan memiliki nuansa tropis yang lebih manis. Anda dapat menemukan varietas mint variegata yang menakjubkan yang akan menonjol di antara lumut gelap dan sabut kelapa.

Kokedama mint Anda tidak hanya akan menjadi cara yang menarik untuk menampilkan herbal yang dapat dimakan ini, tetapi juga akan melepaskan aroma paling menyenangkan sepanjang hari. Tergantung pada varietas tertentu, tanaman ini akan menyusuri kokedama atau berakar di sekitar bola lumut.

Simpan kokedama mint yang dapat dimakan di tempat terang di dapur Anda di mana Anda bisa sering menyiramnya dan itu akan tersedia untuk minum teh atau sedikit rasa.

13. Bonsai Ficus Retusa (Bonsai Pohon Ficus)

Ficus Retusa

Kokedama berasal dari tradisi bonsai di mana pohon bonsai ditanam di media gantung untuk memamerkan sistem akar. Seiring waktu, akarnya akan menutupi media sepenuhnya dan lumut akan mulai tumbuh di luar. Tradisi seni ini berkembang menjadi bola lumut kokedama yang menjadi tren tanaman hias yang stylish.

Meskipun memelihara bonsai dalam kokedama bukan untuk pemula, itu adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan latihan. Jika Anda sudah memiliki pengalaman menanam tanaman kokedama dan menginginkan tantangan ekstra, tingkatkan level dengan pohon bonsai.

Bonsai adalah pohon apa pun yang dipangkas secara strategis agar tetap kecil. Secara teknis, pohon apa pun bisa menjadi bonsai tetapi ketika menanam kokedama, kami akan merekomendasikan mencoba dengan ficus. Pohon ficus cukup tahan terhadap kelembaban rendah dan akan mentolerir periode kekeringan sesekali.

Ketahanan pohon ficus menjadikannya tanaman hias yang bagus karena mereka menyesuaikan diri dengan kondisi dalam ruangan. Sifat pemaaf ini juga menjadikannya pohon terbaik untuk bonsai kokedama.

Kesimpulan

Apakah Anda seorang tukang kebun berpengalaman yang ingin mencoba sesuatu yang baru? Atau apakah Anda hanya terpesona dengan gagasan menanam tanaman di dalam bola lumut yang digantung? Apapun alasannya, kokedama adalah teknik yang menarik untuk menanam tanaman yang dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman dalam ruangan.

Saat memulai perjalanan kokedama Anda, lakukan riset tentang cara membuat bola lumut tetapi fokuskan sebagian besar energi Anda pada pemilihan tanaman yang tepat. Memilih tanaman kokedama terbaik akan bergantung sepenuhnya pada kondisi spesifik Anda.

Tanaman terbaik untuk dapur cerah Anda tidak akan sama dengan tanaman terbaik untuk kamar mandi Anda yang gelap dan lembab. Namun, beberapa pedoman umum akan membuat pengalaman kokedama Anda jauh lebih menyenangkan.

Pertama, pilih tanaman yang mudah dirawat. Ada kurva belajar dalam hal kokedama, jadi jangan mempersulit diri dengan memilih tanaman yang rewel. Perawatan yang mudah untuk tanaman seperti ZZ dan sukulen akan “memaafkan” kesalahan yang mungkin Anda buat.

Kedua, pilih varietas kecil. Anda tidak bisa begitu saja merepoting tanaman kokedama seperti jika ditanam dalam wadah standar. Ini berarti bahwa memperbesar ukuran untuk mengakomodasi pertumbuhan baru tidak mungkin dilakukan. Kendalikan ini dengan memilih varietas kerdil yang akan tetap kecil hingga dewasa. Atau pilih tanaman yang tumbuh lambat yang tidak perlu sering dipindahkan.

Terakhir, pertimbangkan kondisi cahaya dan suhu tempat Anda akan menggantung kokedama sebelum memilih varietas tanaman. Karena digantung, kokedama tidak mudah dipindahkan dan sangat sensitif terhadap angin.

Memelihara tanaman kokedama membutuhkan latihan dan bisa sangat berbeda dari merawat tanaman hias dalam pot. Jangan mematahkan semangat diri sendiri dengan menjadi terlalu rumit dan mulailah dengan perawatan yang paling mudah.

Tanaman sukulen kecil, tanaman hias pemula, dan tanaman dengan kondisi pertumbuhan serupa di alam liar (seperti bromeliad) akan menjadi tanaman terbaik untuk kokedama.

Komentar