Tips Perawatan Terbaik Tanaman Anthurium Scherzerianum (Flamingo)

Anthurium tetap menjadi salah satu tanaman dan bunga tropis paling disukai yang dikoleksi oleh plant lovers saat ini. Bunga-bunga dari tanaman yang indah ini memiliki umur yang panjang selama enam minggu. Anthurium berasal dari Amerika tropis. Spesies tersebut merupakan tumbuhan epifit herba, yang artinya di alam liar tumbuhan tersebut tumbuh di pepohonan seperti anggrek.

Perawatan Anthurium Scherzerianum

Anthurium scherzerianum tetap menjadi salah satu spesies dari genus setidaknya 800 jenis tanaman anthurium. Tumbuhan spesies anthurium berasal dari Uruguay hingga Argentina Utara hingga Meksiko. Nama lain untuk tumbuhan tropis eksotis ini adalah tumbuhan bunga flamingo atau bunga lili flamingo. Daun tanaman ini sangat dekoratif dan menghasilkan spathe dan bunga berwarna merah.

Deskripsi Anthurium Scherzerianum

Bunga anthurium scherzerianum berbentuk hati, seperti lilin, dan berwarna jingga cerah, meskipun ada warna lain dari bunga anthurium.

Tanaman yang tampak mencolok ini memiliki spathe atau seludang berwarna merah, pink, atau oranye dengan daun hijau sedang berbentuk tombak mengkilat. Daunnya tumbuh menjadi sekitar ukuran 20 cm. Di luar negeri, anthurium scherzerianum biasanya mekar dari musim semi hingga musim panas. Menjaga daun tanaman tetap bersih dan berkabut menambah keindahannya.

Batang tanaman ini dapat tumbuh setinggi 30 hingga 70 cm, tergantung pada ukuran spathe. Tanaman dengan ruas yang lebih besar membutuhkan batang yang lebih panjang. Daun besar Anthurium scherzerianum berwarna hijau sedang yang menarik dan tumbuh di batang yang tinggi dan ramping. Bunganya berakhir di kolom yang berisi banyak bunga berkelamin tunggal.

Bunga tanaman ini adalah bunga berwarna merah sedang, merah muda cerah, atau oranye yang indah dengan percikan oranye. Saat Anda memotong bunga dan daun anthurium scherzerianum, mereka bisa bertahan hingga enam minggu. Karena umur panjang bunganya, penggemar bunga potong suka menggunakan anthurium baik sebagai tanaman dalam pot maupun dalam rangkaian bunga.

Tanaman anthurium bersifat berracun, baik pada daun, batang, maupun getahnya. Tanaman ini harus dinikmati karena keindahannya tetapi dijauhkan dari anak-anak dan hewan kecil. Orang dan hewan peliharaan mungkin mengalami masalah perut ringan saat tanaman tertelan. Iritasi kulit juga bisa terjadi saat menyentuh getah, jadi pastikan memakai sarung tangan saat menyentuh sari tanaman.

Cara Merawat Anthurium Scherzerianum di Dalam Ruangan

Anthurium sangat luar biasa karena dapat tumbuh di berbagai jenis tanah seperti lempung berpasir hingga tanah liat yang berat. Beberapa persyaratan lain untuk menumbuhkan anthurium seperti anthurium scherzerianum meliputi:

– Anthurium scherzerianum lebih menyukai tanah organik yang menahan air tetapi cepat kering.

– Pot atau tanah harus mudah mengalirkan air ke luar atau batang dan akarnya bisa membusuk.

– Jangan tanam anthurium sedalam lebih dari 5 cm. Menanam tanaman ini lebih dalam dapat menyebabkan busuk batang dan akar.

– Setelah Anda menanam tanaman, berikan turus penyangga.

– Sirami anthurium dengan baik setelah Anda menanamnya.

– Beri tutupan pada tanah tanaman dengan lumut, sabut kelapa, atau kayu setengah lapuk agar tetap lembab.

– Akar anthurium scherzerianum tumbuh dan menyebar di tutupan / mulsa, tidak hanya ke tanah. Fakta ini penting untuk dipahami sebelum Anda melakukan transplantasi anthurium scherzerianum sehingga Anda dapat menyatukan akarnya.

Cara Merawat Anthurium Scherzerianum di Luar Ruangan

Tambahan yang menakjubkan untuk setiap desain lansekap adalah hamparan tanaman anthurium scherzerianum merah yang berkilau. Karena anthurium berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, mereka dapat ditanam di luar ruangan jika Anda tinggal di iklim tropis. Menambahkan beberapa anthurium ke taman luar ruangan Anda memberi area tersebut nuansa eksotis dan tropis.

Menumbuhkan anthurium scherzerianum di dalam ruangan tetap mudah, tetapi menumbuhkannya di luar ruangan agak lebih rumit. Untuk menghasilkan anthurium scherzerianum di luar ruangan, Anda harus tinggal di area yang suhunya tidak di bawah 15 derajat Celsius, karena tanaman mencolok ini menginginkan suhu 15 derajat hingga 32 derajat Celsius untuk berkembang.

Anda dapat menanam anthurium dalam pot yang dapat dipindahkan dan membawanya ke dalam ruangan saat cuaca menjadi lebih dingin jika Anda tinggal di iklim tropis yang kurang. Pastikan untuk menanam anthurium scherzerianum di tanah yang memiliki drainase yang baik dan sirami hanya setelah kering. Mulsa anthurium luar ruangan membantu mereka mempertahankan kelembapannya dan mencegah tanda-tanda overwatering seperti busuk akar.

Tanaman ini, jika ditanam di luar ruangan, lebih menyukai naungan parsial atau cahaya tidak langsung yang disaring oleh tanaman lain. Mereka juga tidak suka ditempatkan di tempat yang akan membuat mereka banyak terpapar angin. Anthurium scherzerianum yang ditanam di luar ruangan perlu diberi pupuk setiap dua bulan sekali dan harus dijauhkan dari tempat hewan peliharaan dan anak-anak.

Bagaimana Anda Merawat Anthurium Scherzerianum Anda?

Perawatan tanaman anthurium tetap relatif mudah. Beberapa cara untuk merawat tanaman anthurium scherzerianum Anda meliputi:

– Menyingkirkan daun yang mati atau tidak sedap dipandang dan bunga yang layu dari tanaman.

– Gunakan moss dan tanah berbasis perlit untuk tanaman Anda.

– Berikan anthurium Anda tingkat cahaya yang tinggi, tetapi jangan tinggalkan di bawah sinar matahari langsung.

– Saat Anda menyiram anthurium scherzerianum, sirami dengan saksama. Selain itu, biarkan tanah tanaman mengering sepenuhnya sebelum menyiramnya kembali. Anda perlu menyiram tanaman sekitar sekali seminggu.

– Menyiram tanaman secara berlebihan akan menyebabkan akar membusuk dan daun menguning.

– Anthurium scherzerianum tidak membutuhkan banyak pupuk. Mereka harus dipupuk sesuai dengan instruksi pemupukan setiap dua bulan sekali.

– Tempatkan tanaman Anda di tempat di dalam atau di luar rumah yang tidak mengalami fluktuasi suhu yang luas.

– Semua anthurium membutuhkan istirahat musim dingin dengan suhu sekitar 15 derajat Celsius dan sangat sedikit air. Jika Anda memberi tanaman Anda istirahat pada musim dingin, hasilnya akan banyak bunga di musim berikutnya.

Perbanyakan Anthurium Scherzerianum

Ada empat metode untuk menumbuhkan tanaman ini. Anda dapat memperbanyaknya dari biji, reproduksi vegetatif, kultur jaringan, dan melalui pembuahan. Perbanyakan vegetative atau stek tetap menjadi cara yang populer untuk anthurium scherzerianum Banyak orang ingin tahu cara membudidayakan tanaman favoritnya agar mereka punya persediaan yang melimpah dan bisa membagikannya dengan teman-teman mereka.

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mendapatkan lebih banyak tanaman anthurium scherzerianum adalah dengan menggunakan stek tanaman. Berikut adalah enam langkah untuk meningkatkan populasi tanaman anthurium di rumah atau taman luar ruangan Anda.

Langkah pertama

Temukan tanaman anthurium scherzerianum yang saat ini sehat, dan gunakan gunting setek untuk memotong batang yang panjangnya setidaknya 15 cm. Pastikan memilih batang yang memiliki setidaknya dua atau tiga daun.

Langkah Kedua

Cari pot 20-25 cm. Isi pot tanaman dengan kira-kira tiga perempat penuh dengan media tanam yang bisa mengering dengan baik saat air ditambahkan. Pastikan ada lubang drainase di dasar pot.

Langkah ketiga

Buat lubang sedalam 5 hingga 7 cm di tengah tanah di dalam pot dengan menggunakan jari Anda atau sekop tangan.

Langkah Keempat

Letakkan potongan anthurium di dalam lubang, lalu isi kekosongan dengan lebih banyak tanah pot. Jangan biarkan daun bagian bawah stek masuk ke dalam lubang. Tarik daun ini dengan jari Anda jika perlu.

Langkah Kelima

Sirami tanah sampai semua kotoran menjadi jenuh. Sirami tanaman setiap dua hari sekali, dan jangan biarkan lapisan atasnya mengering. Anthurium menyukai kondisi lembab, tetapi jangan menyirami tanaman ini secara berlebihan atau membiarkannya tetap dalam kondisi basah.

Langkah Keenam

Tanam tanaman Anda yang baru diperbanyak di tempat yang lembap dan banyak cahaya tersaring. Cahaya alami lebih disukai. Diperlukan waktu sekitar enam minggu untuk akar baru berkembang. Anda akan tahu bahwa tanaman Anda telah berakar saat Anda mulai melihat tanaman baru Anda menumbuhkan dedaunan tambahan atau menjadi lebih tinggi.

Empat Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang Saat Merawat Tanaman Anthurium Scherzerianum

Overwatering / Penyiraman Berlebihan

Overwatering tetap menjadi penyebab utama kematian anthurium. Pastikan untuk menyirami tanaman Anda hanya ketika tanah benar-benar kering untuk mencegah pembusukan akar dan kematian tanaman. Selain itu, pastikan pot Anda bisa mengalirkan kelebihan air sehingga tidak menggenang di sekitar akar anthurium.

Kekurangan air

Jika Anda mengikuti jadwal penyiraman seminggu sekali, anthurium Anda tidak akan benar-benar kering. Jika terjadi sesuatu dan Anda lupa menyiram tanaman untuk beberapa saat, keluarkan tanaman dari wadah dan rendam akar dalam air hangat untuk menghidrasi kembali tanaman.

Hama Anthurium Scherzerianum

Hama tampaknya merusak anthurium yang ditanam di luar ruangan lebih dari yang mereka lakukan pada tanaman dalam ruangan. Karena anthurium memiliki daun yang tebal, serangga pengunyah tidak suka memakannya. Namun hama pengisap bisa memakan getah tanaman.

Untuk menghindari infestasi, awasi tanaman Anda, dan seka daun mengkilapnya dari waktu ke waktu dengan perawatan insektisida berbasis piretrin. Sabun insektisida juga mengobati infestasi serangga pada anthurium.

Daun Coklat atau Gosong

Jika daun tanaman Anda menjadi coklat, kuning, atau terlihat terbakar, berarti tanaman Anda menerima terlalu banyak sinar matahari langsung. Buang daun coklat tanaman Anda dan pindahkan ke area di mana ada cahaya tidak langsung sesegera mungkin.

Kelembaban dan Suhu

Anthurium scherzerianum lebih menyukai suhu yang lebih tinggi dari 15 hingga 32 derajat Celsius. Mereka juga menyukai daerah dengan kelembaban 80 persen. Dua persyaratan ini saja akan menjadikannya tanaman pilihan yang sangat baik untuk dekorasi kamar mandi. Anda dapat menambahkan humidifier dan menambahkan pemanas ke area sekitar anthurium untuk menjaganya pada tingkat kelembapan dan suhu yang tepat agar bahagia dan sehat.

Anthurium Scherzerianum dengan Pertumbuhan Kerdil

Repotting semua anthurium tetap penting untuk kesehatan dan pertumbuhannya. Tanaman anthurium scherzerianum harus dipindah pot setiap dua hingga tiga tahun. Jika Anda memiliki akar yang tumbuh melalui lubang drainase, atau di bagian atas campuran pot Anda, sekarang saatnya untuk menanam kembali tanaman itu. Pilih tanah yang porous dan ukuran pot berikutnya dan pindahkan tanaman Anda agar memiliki ruang untuk tumbuh.

Dengan semua tips ini, Anda, keluarga, dan teman Anda dapat menikmati keindahan tropis eksotis anthurium scherzerianum di rumah Anda sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

Apakah Anthurium merupakan tanaman dalam ruangan yang bagus?

Meskipun anthurium scherzerianum tidak diragukan lagi merupakan tanaman hutan, dengan sedikit penyesuaian, tanaman ini juga akan tumbuh subur di dalam ruangan rumah.

Seberapa sering saya harus menyirami Anthurium saya?

Anthurium tidak terlalu bergantung pada air. Mereka hanya membutuhkan air dalam jumlah rendah hingga sedang. Dan di sela-sela penyiraman, pastikan tanah mengering terlebih dahulu sebelum menyiram kembali.

Apakah tanaman anthurium beracun?

Tanaman anthurium memang beracun. Sayangnya, semua bagian tanaman cantik ini mengandung kalsium oksalat yang tidak larut. Saat dimakan atau juga saat baru dikunyah, ini bisa mengakibatkan rasa sakit dan iritasi yang hebat. Jika bibir atau lidah membengkak, segera cari pertolongan medis.

Komentar