Apakah Tanaman Hias Rumahan Bisa Membersihkan Udara?

Tanaman hias membuat Anda bahagia dan bahkan terkadang produktif di rumah Anda. Tanaman hias mencerahkan rumah Anda dan menghadirkan keindahan dengan cara yang menarik. Berbagai macam tanaman dapat dipelihara sebagai tanaman hias untuk mengisi rumah Anda dengan dedaunan hijau dan mengkilap.

Tanaman hias rumahan

Tanaman hias juga dikenal bisa membersihkan udara yang Anda hirup saat berfotosintesis untuk mengontrol karbon dioksida dan gas lain di atmosfer. Sebagai gantinya, mereka memberi kita oksigen, yang penting untuk pernapasan kita.

Apakah Tanaman Hias Membersihkan Udara?

Beberapa tanaman hias membersihkan udara sementara tanaman hias lainnya tidak. Eksperimen ilmiah NASA telah membuktikan bahwa tanaman hias tertentu membantu menjaga kemurnian udara dalam ruangan. Mereka membantu memurnikan senyawa organik yang mudah menguap dan gas lain seperti karbon dioksida dari udara dan memberi kita oksigen dan udara bersih untuk bernapas. Akar dan daun menghirup gas ini dan menetralkannya secara efektif

Bagaimana Tanaman Hias Dapat Meningkatkan Kualitas Udara?

Fungsi tumbuhan sangat penting tidak hanya untuk menjaga dirinya tetap hidup tetapi juga untuk manusia. Tumbuhan melakukan fotosintesis, yang membantu mereka mempertahankan tingkat gas di lingkungan.

Manusia dan tumbuhan menghembuskan gas yang berlawanan. Manusia menyediakan karbondioksida sedangkan tumbuhan mengambil karbondioksida dan memberikan oksigen kepada manusia untuk bernafas. Sebagian besar spesies tanaman hias termasuk dalam hutan hujan tropis dan beradaptasi dengan tingkat cahaya rendah di rumah kita.

Fitoremediasi

Fitoremediasi adalah proses yang membantu tanaman mengeluarkan bahan kimia, dan racun udara yang ada di sekitarnya. Inilah salah satu alasan mengapa tanaman dalam ruangan bermanfaat bagi kesehatan kita. Proses ini juga membantu menurunkan tingkat racun berbahaya seperti formaldehida dan benzena. Tumbuhan menyerap racun dan gas (karbon dioksida) dan memungkinkan lingkungan yang bersih dan bebas racun untuk bernafas.

Proses Transpirasi dan Stomata

Mereka memasukkan gas beracun dan uap ke dalam daun dan akarnya melalui proses transpirasi. Bukaan yang menyerap uap ini disebut stomata. Bahkan studi NASA mengklaim bahwa keberadaan jamur dan bakteri berkurang 50-60% dengan tanaman hias. Mereka juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.

Apa Jenis Tanaman Hias yang Memurnikan Udara?

Banyak tanaman hias membersihkan udara dan memelihara lingkungan bebas racun. Tetapi agar mereka berfungsi dengan sempurna, Anda perlu menjaga perawatan tanaman yang tepat.

Devils Ivy

Devils ivy, juga dikenal sebagai Golden Pothos, mudah ditanam di dalam ruangan. Mereka secara efektif melawan racun yang ada di udara. Mereka memiliki dedaunan dan bunga yang indah. Mereka melakukannya sangat cocok dipelihara di pot kecil dan keranjang gantung. Devils Ivy dapat menyaring konten berbahaya seperti xylene, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Pinang

Pinang direkayasa secara biologis untuk menjaga kadar karbon dioksida dan oksigen. Mereka dikenal membantu menyaring benzena, karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene, dan xylene. Pinang juga tidak beracun untuk hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Pinang membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh di dalam ruangan.

Snake Plants atau Lidah Mertua

Lidah Mertua terkenal karena membantu orang tidur nyenyak di malam hari jika disimpan di dalam kamar. Dedaunan sukulennya memiliki garis-garis kuning. Tanaman ini melepaskan oksigen di malam hari, membantu menjaga ketenangan pernapasan di malam hari. Mereka juga terkenal bisa menyaring udara dari formaldehida, xylene, benzene, toluene, dan trichloroethylene.

Barberton Daisy

Barberton Daisy dikenal memiliki bunga mekar yang indah dalam nuansa cerah oranye dan merah. Ini juga berguna dalam membersihkan racun udara seperti formaldehyde, trichloroethylene, dan benzene. Gas-gas ini kebanyakan ditemukan di rumah-rumah yang mengandung cat dan serat sintetis. Pastikan untuk menempatkan Barberton Daisy di cahaya alami dan tanah yang lembab.

English Ivy

English Ivy adalah tanaman pendaki terkenal yang terlihat di dinding dan pepohonan di luar ruangan. Menurut penelitian NASA, mereka menempati posisi pertama dalam pemurnian udara. Mereka adalah tanaman merambat abadi yang mudah tumbuh yang membantu mengurangi racun udara. English Ivy dapat ditempatkan di kamar mandi atau bahkan suite. English Ivy membantu mengontrol tingkat jamur di rumah.

Money Plant

Riset NASA menunjukkan Money Plant juga berguna dalam membersihkan udara. Bahan kimia beracun dan polutan seperti benzena, formaldehida, xilena, dan toluena dibersihkan. Namun pembersih udara ini beracun bagi hewan dan anak-anak. Ini memiliki dedaunan hijau yang subur dan mengkilap, tetapi jika tertelan, dapat menyebabkan iritasi dan bengkak. Pastikan untuk menempatkannya di lokasi yang lebih tinggi dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Krisan

Krisan, juga dikenal sebagai Chrysanthemums, adalah spesies berbunga indah yang menjadi tanaman hias bagus untuk dipelihara. Mereka juga salah satu pembersih udara terbaik untuk dipelihara di rumah. Mereka dianggap sulit untuk tumbuh, tetapi kerja keras Anda akan terbayar dengan bunga berwarna-warninya. Mereka membantu memurnikan amonia dan benzena. Racun ini dikeluarkan oleh benda plastik dan deterjen.

Tanaman Nanas

Penelitian NASA menyatakan bahwa tanaman ini bisa membantu mengatasi dengkuran. Meskipun tanaman nanas tidak menyerap racun dari udara, tanaman ini masih menghasilkan oksigen tingkat tinggi di malam hari, membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tanaman nanas juga membantu mencegah dengkuran keras di malam hari.

Lidah buaya

Aloe Vera adalah tanaman bagus yang membantu menyembuhkan luka bakar atau cedera dan membersihkan udara. Ini menghilangkan racun seperti formaldehida dan benzena, yang ditemukan dalam cat dan benda plastik.

Dracaena atau Pohon Naga

Tanaman Dracaena, juga dikenal sebagai Pohon Naga karena batangnya yang berwarna merah, merupakan tanaman berguna yang menjernihkan udara. Tanaman Dracaena tumbuh hingga hampir 4,5 meter. Mereka membutuhkan ruang besar di rumah.

Racun yang diserap oleh Pohon Naga termasuk trichloroethylene dan xylene. Dedaunan runcingnya akan menjadi yang bertanggung jawab untuk membersihkan udara.

Tanaman Karet Kebo (Ficus Elastica)

Humidifier alami ini tidak hanya mudah dirawat tetapi juga membantu menjernihkan udara. Dedaunan besarnya melakukan pembersihan. Dedaunan menghirup polutan beracun dan memecahnya menjadi gas yang tidak berbahaya. Tanaman Karet juga bermanfaat untuk membasmi bakteri dan jamur yang ada di udara. Xylene, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene adalah racun utama yang diserap oleh karet kebo.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa banyak tanaman hias yang dibutuhkan untuk membersihkan udara, menurut Studi Udara Bersih NASA?

Menurut studi penelitian NASA, hampir 15-18 tanaman bisa memurnikan udara untuk area seluas 1.800 kaki persegi (167 meter persegi). Itu berarti bahwa harus ada sekitar satu tanaman per 100 kaki persegi (9,2 meter persegi) luas lantai.

Apakah tanaman pemurni udara lebih baik daripada pemurni udara?

Meskipun tanaman memiliki kekuatan yang lebih rendah daripada pemurni udara, tanaman lebih alami, murah, dan meningkatkan mood dan produktivitas kita.

Bolehkah meletakkan tanaman hias di kamar tidur?

Tanaman hias tidak memiliki efek buruk pada kesehatan individu. Beberapa tanaman hias menghasilkan oksigen yang membantu tidur nyenyak. Satu-satunya faktor yang penting adalah memilih jenis tanaman yang tepat untuk ditempatkan di kamar tidur.

Komentar