Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Lidah Buaya / Aloe Vera

Manusia telah membudidayakan tanaman Aloe atau lidah buaya selama ribuan tahun untuk keperluan dekoratif dan homeopati. Aloe juga dikenal sebagai Wonder Plant dan memiliki manfaat terapeutik. Gel dari varietas Aloe tertentu dapat dioleskan langsung ke kulit atau digunakan dalam pil untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Pot Lidah Buaya

Lidah buaya berkembang sepenuhnya di bawah sinar matahari yang cerah dan teduh parsial. Untuk menikmati keindahan tanaman ini, penting bagi Anda menanamnya dalam wadah terbaik untuknya.

Apa Pot Terbaik untuk Tanaman Lidah Buaya?

Untuk pertumbuhan maksimum Aloe Vera, cari pot berdiameter 8 hingga 15 cm dan tinggi 5 hingga 10 cm. Tanaman lidah buaya tumbuh paling baik di pot kecil yang bisa mengalirkan kelebihan air dengan efektif. Gunakan pot keramik dengan lubang drainase untuk memungkinkan drainase yang optimal dan menghindari pembusukan akar.

Bagaimana Cara Memilih Pot yang Sempurna untuk Lidah Buaya?

Ukuran Pot

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman sukulen dan membutuhkan pot yang lebih kecil. Akar lidah buaya Anda akan menempati 2/3 wadahnya. Jangan mendapatkan pot yang lebih besar jika tidak perlu. Tanaman lidah buaya membutuhkan lebih sedikit tanah, itulah sebabnya ia akan hidup dengan baik dalam pot yang sempit.

Semakin banyak tanah yang Anda miliki, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkannya dan tanaman akan tetap terendam air. Penyiraman yang berlebihan pada akhirnya akan menyebabkan busuk akar. Memilih pot yang sesuai dengan akarnya di dalam akan melindungi tanaman Anda dari terlalu banyak air.

Kedalaman Pot

Tanaman lidah buaya memiliki sistem akar yang khas. Akarnya tumbuh secara horizontal dan tetap dangkal. Ini menunjukkan bahwa pot khas yang lebih dalam alih-alih lebih lebar bukanlah pilihan terbaik untuk tanaman Anda.

Sebaliknya, pilih pot yang lebih lebar dan bukan yang dalam. Jika Anda memilih pot yang terlalu dalam, akar tidak akan bisa mencapai dasar pot, sehingga tanah tidak terpakai dan air hanya tergenang di sana.

Drainase

Penting untuk memastikan bahwa pot Anda memiliki sistem drainase yang sesuai. Jika pot Anda tidak memiliki sistem drainase, air akan menumpuk dan menyebabkan busuk akar. Dibutuhkan lubang drainase di bagian bawah pot agar air berlebih bisa keluar. Jika tidak, lidah buaya Anda mungkin akan tergenang terlalu banyak air.

Jenis Pot

Bahan pot Anda tergantung pada iklim Anda dan di mana Anda tinggal. Pot plastik mungkin merupakan pilihan terbaik jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi dan tingkat kelembapan rendah. Jika Anda tinggal di iklim yang lebih sejuk atau lembab, pot tanah liat atau terakota akan menjadi pilihan Anda karena mereka menawarkan drainase yang lebih baik.

Pot Plastik untuk Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya biasanya ringan. Fleksibilitas pot plastik akan memungkinkan Anda memindahkan barang dengan mudah. Anda harus mengubah posisi tanaman selama musim panas saat tanaman membutuhkan lebih banyak sinar matahari. Di musim dingin, Anda harus memindahkan tanaman ke dalam ruangan untuk perlindungan dan kesehatannya (jika Anda tinggal di negara empat musim).

Pot Terracotta untuk Lidah Buaya

Pot terakota akan melindungi akar tanaman agar tidak lembap dan menghindari pembentukan karat dan bakteri. Pot ini tersedia dalam berbagai dimensi, Anda dapat memilih dari berbagai macam pot yang tersedia di toko terdekat.

Saat Anda menggunakan pot terakota, tanaman terlihat fantastis di dalamnya. Tentu saja, akarnya memiliki lebih banyak ruang untuk bernapas dan juga tumbuh. Ini juga membantu menghilangkan endapan mineral di tanah atau air.

Kekurangan dari penggunaan pot ini adalah dapat hancur dalam beberapa tahun karena tetap basah sepanjang waktu. Namun demikian, itu tidak akan menjadi masalah bagi Anda karena tanaman lidah buaya membutuhkan sedikit air.

Pot Keramik untuk Lidah Buaya

Pot ini biasanya memiliki lapisan penutup tahan air yang membuatnya kebal terhadap kerusakan air. Fitur utama dari pot ini adalah memiliki drainase yang baik dan ini membantu tanaman Aloe Anda berkembang secara ajaib. Jika desain pot adalah sesuatu yang Anda sukai daripada kemampuan beradaptasi, pot keramik pasti akan berada di urutan teratas daftar pot Anda.

Tips Memilih Pot yang Tepat

– Pilih ukuran pot terbaik untuk tanaman Aloe Anda karena hal ini akan mempengaruhi penyiraman, tanah, dan kebutuhan pupuk tanaman Aloe Anda.

– Anda juga harus memilih pot yang tidak akan mengambil alih taman Anda atau akan hilang di latar belakang.

– Jika tanaman lidah buaya tidak tumbuh dalam pot yang tepat, tanaman tersebut tidak akan mendapatkan kelembapan yang memadai. Ini akan menyebabkan masalah seperti busuk akar, daun terkulai, atau bahkan daun yang menguning.

– Pot harus mampu menjaga tanaman agar tidak mengering dan juga mampu memberikan drainase yang memadai, sehingga air yang berlebih tidak terserap ke dalam tanaman.

– Saat memilih pot, carilah pot yang memiliki minimal satu lubang untuk mengalirkan air. Tetapi pot dengan lebih banyak lubang lebih disukai oleh tukang kebun ahli.

– Menggunakan pot yang dilapisi kaca atau plastik akan mempertahankan lebih banyak kelembapan, sesuatu yang harus Anda hindari sebagai tukang kebun lidah buaya pemula.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Pot Terbaik untuk Lidah Buaya

Apakah tanaman lidah buaya membutuhkan pot yang besar?

Anda tidak boleh menanam lidah buaya dalam wadah besar karena akarnya ingin tetap padat. Pot dan wadah yang lebih kecil dengan lubang yang mengalir dengan baik sangat ideal.

Apakah pot keramik bagus untuk tanaman lidah buaya?

Pot keramik adalah pot yang sempurna untuk tanaman Aloe Anda. Mereka memiliki lubang dan karenanya menyediakan drainase yang melindungi tanaman dari busuk akar.

Komentar