10 Jenis Kaktus Mini Lucu, Kecil, dan Cantik untuk Dirawat di Rumah

Merawat rumah kaktus adalah cara yang bagus untuk memulai hobi tanaman indoorkarena sukulen ini membutuhkan sangat sedikit perawatan. Terlepas dari apakah Anda baru mengenal tanaman hias dalam ruangan atau Anda memang pecinta kaktus, semua kaktus ini bisa menjadi tambahan yang sempurna untuk rumah Anda, terutama yang lucu!

Kaktus-kaktus ini hadir dalam berbagai ukuran, warna, dan pola. Faktanya, ada lebih dari 2000 jenis kaktus di dunia, dan menempatkannya di ruang tamu Anda akan memberikan sentuhan eksotis yang bagus.

Meskipun tanaman indah ini membutuhkan sedikit perawatan, penting untuk diingat untuk tidak mengabaikan perawatannya sama sekali. Ada tiga faktor utama yang perlu Anda periksa terkait kaktus: tanah dengan drainase yang baik, sinar matahari yang cukup, dan campuran media tanam yang baik.

Jika Anda seorang pemula dalam hobi tanaman indoor ini, maka Anda mungkin memiliki sedikit pengalaman sebelumnya soal penyiraman dan sinar matahari. Tidak semua tanaman membutuhkan penyiraman setiap hari (terutama tanaman gurun seperti kaktus) dan banyak sinar matahari (sinar matahari 3-5 jam juga cukup).

Berikut sepuluh jenis kaktus mini paling cantik untuk Anda

Jenis Kaktus Mini Lucu Cantik

Old Lady Cactus

Old Lady Cactus

Kaktus bulat putih yang fluffy ini memiliki kumpulan batang bulat yang ditutupi duri putih tajam. Bunga ungu kemerahan mekar selama musim tertentu di bagian atas tanaman. Berasal dari Meksiko Tengah, Old Lady Cactus adalah spesies yang hampir terancam punah. Dibandingkan dengan kaktus lain dalam daftar ini, mereka membutuhkan sedikit perawatan ekstra.

Mereka membutuhkan setidaknya 4-6 jam sinar matahari langsung, terlindung dari gelombang panas serta angin dingin. Sisi positifnya, tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, sehingga Anda dapat menyiraminya setiap 10-14 hari sekali jika disimpan di dalam ruangan, terutama selama bulan-bulan musim panas.

Sekadar pengingat, jika kaktus tidak mendapatkan cukup air, dia akan mulai menguning. Juga, kami menyarankan Anda menggunakan pupuk nitrogen rendah selama musim tanam untuk menjaga kaktus tetap sehat dan segar!

Bishop’s Cap

Bishop’s Cap

Juga dikenal sebagai Bishop’s Hat atau Bishop’s Miter Cactus, Bishop’s Cap adalah kaktus berbentuk bintang tanpa tulang (Tampilan atas) yang memiliki bunga seperti bunga aster kecil yang lucu di tengah bintang. Umumnya, tanaman ini biasanya memiliki 5 tulang rusuk, membuatnya tampak seperti bintang, dan memiliki sisik berbulu putih kecil di batangnya, dan tumbuh setinggi sekitar 1 meter.

Karena kaktus yang tahan dingin ini berasal dari Meksiko Utara dan Tengah, mereka dapat bertahan bahkan pada suhu -6 ºC, tetapi mereka membutuhkan sejumlah sinar matahari langsung dan untuk hasil terbaik harus diberi naungan cahaya dan pot yang berdrainase baik untuk bertahan hidup .

Bishop’s Cap membutuhkan penyiraman berkala selama musim panas, sementara Anda harus mencoba untuk menghindari penyiraman berlebihan selama bulan-bulan musim dingin. Sama seperti kaktus lainnya, yang satu ini juga membutuhkan pupuk nitrogen rendah untuk tumbuh lebih cepat dan kami sarankan -meskipun ini mungkin bukan aturan mutlak- Anda harus menggunakan sejumlah pupuk untuk menjaga kesehatan tanaman.

Seperti biasa, ingatlah untuk menyimpan tanaman di pot yang memiliki drainase yang baik, karena Cacti tidak suka tinggal di dalam air.

Moon Cactus

Moon Cactus

Moon Cactus alias Kaktus Bulan berasal dari berbagai daerah di Amerika Selatan dan hadir dalam warna-warna cerah seperti merah muda cerah, oranye cemerlang, dan kuning neon. Ini adalah tanaman kecil dan tumbuh sekitar 1 cm, meskipun ada beberapa yang tumbuh hingga diameter 20 cm. Juga dikenal sebagai kaktus Hibotan, sukulen ini lebih menyukai suhu hangat dan membutuhkan suhu setidaknya 9 ºC untuk bertahan hidup.

Gunakan campuran media yang tepat dan pot dangkal dengan banyak lubang drainase untuk mencegah genangan air. Selama musim panas Anda bisa menyiram tanaman 2-3 kali seminggu sedangkan untuk musim dingin Anda bisa menyiraminya seminggu sekali.

Tips: tunggu sampai tanah benar-benar kering sebelum menyiram lagi.

Christmas Cactus

Christmas Cactus

Kaktus Paskah, Kaktus Thanksgiving, atau Kaktus Natal adalah salah satu dari sedikit kaktus yang mekar di musim dingin, tidak seperti kaktus lain yang tumbuh di musim panas atau musim semi.

Dengan bunga-bunga indah berwarna merah, putih-kuning, merah jambu, atau ungu yang bermekaran selama musim liburan, kaktus ini mendapatkan nama terkenalnya Christmas Cactus dan akan menjadi tambahan cantik untuk dekorasi kamar Anda.

Berasal dari daerah pesisir Brasil, ini juga merupakan salah satu kaktus tropis yang menyukai iklim lembab, tidak seperti kaktus gurun yang kering. Juga karena kaktus ini menyukai kelembapan dibandingkan dengan semua kaktus lain dalam daftar ini, mereka suka diletakkan di lingkungan yang sedikit lembab, sehingga sering membutuhkan air. Tapi jangan terlalu banyak menyiraminya atau akarnya akan membusuk dan daunnya bisa menguning.

Soal sinar matahari, kaktus yang satu ini lebih menyukai tempat teduh yang berlawanan dengan yang lain, oleh karena itu kami sarankan Anda meletakkannya di suatu tempat di dekat jendela yang menghadap ke timur. Pupuk kalium tinggi dalam jumlah sedang akan membantu mekar begitu kuncup muncul.

Tips: Anda dapat menggunakan campuran media yang kaya humus dan ingatlah untuk tidak menyirami tanaman secara berlebihan; cukup jaga agar tanah tetap lembab.

Fairy Castle Cactus

Fairy Castle Cactus

Berasal dari Amerika, mereka dikategorikan dalam zona tahan banting. Kaktus yang tumbuh di dalam ruangan yang paling umum, Fairy Castle Cactus pada dasarnya adalah sekumpulan batang vertikal yang menyerupai menara dan menara. Kaktus ini membutuhkan sedikit perawatan dan merupakan tanaman yang bagus untuk mulai berkebun dalam ruangan.

Fairy Castle Cactus adalah pilihan yang populer karena merupakan kaktus yang tampak sangat lucu dan mudah dirawat — simpan saja dalam suhu berkisar -4 ° hingga 10 °C dan sirami hanya jika tanahnya kering. Terlalu banyak air biasanya menjadi alasan mengapa kaktus rusak.

Ini adalah salah satu tanaman luar ruangan yang bisa disimpan di dalam ruangan. Kaktus ini memang membutuhkan campuran pot yang baik, tanah berpasir, dan cuaca kering serta penyiraman yang jarang untuk bertahan hidup.

Dan dengan masa kedewasaannya yang panjang dan pertumbuhan yang lambat, dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk mencapai ketinggian 1,8 meter. Sama seperti kaktus lainnya, Fairy Castle Cactus juga membutuhkan drainase yang tepat untuk berkembang. Penting untuk diingat bahwa Fairy Castle Cactus harus disimpan di lingkungan yang cukup terang di mana tersedia cukup sinar matahari dan jauh dari angin dingin.

Feather Cactus

Feather Cactus

Feather Cactus sering digambarkan sebagai “gugusan awan.” Ya, warnanya putih, terlihat lucu, lembut, dan memiliki banyak bola yang bergerombol! Tampilan berbulu Feather Cactus berasal dari duri putih padat yang membengkok setelah jarak tertentu. Namun selalu ingat bahwa meskipun duri tua dan luar bengkok dan tumpul, ada duri baru yang lebih tajam dan tipis tepat di bawahnya.

Juga berasal dari Meksiko, mereka tumbuh setinggi 8 cm dan lebar 40 cm. Sama seperti kaktus lainnya, mereka juga membutuhkan sinar matahari penuh untuk naungan parsial agar sehat dan dapat disiram setiap hari selama musim panas.

Namun perlu diingat bahwa air tidak boleh terkumpul di lapisan atas tanah atau air yang berlebihan akan membusukkan akar. Ini adalah tanaman musim dingin yang tidak aktif tetapi tidak tahan dingin. Mereka dapat bertahan hidup pada suhu -6 ºC, tetapi Anda perlu menyimpannya di pot yang bisa mengering dengan baik.

Bunny Ears Cactus

Bunny Ears Cactus

Juga disebut Kaktus Sayap Malaikat atau Kaktus Polka-Dot, Kaktus Telinga Kelinci / Bunny Ears Cactus adalah salah satu kaktus paling lucu dalam daftar ini, jika bukan yang paling lucu. Segmen baru tanaman selalu tumbuh berpasangan seperti sayap malaikat atau telinga kelinci dan demikianlah namanya diperoleh! Kaktus ini memiliki bunga kuning krem ​​dan buah ungu dan merupakan tambahan yang bagus untuk koleksi tanaman dalam ruangan Anda atau awal yang baik untuk itu.

Berasal dari Meksiko, kaktus ini tumbuh di tanah gersang sehingga membutuhkan sinar matahari langsung, campuran media tanam yang gersang, suhu lebih tinggi, dan lebih sedikit air. Sangat ideal untuk menyiram tanaman ini saat lapisan atas tanah mengering, dan biasanya membutuhkan waktu hingga 5 hari.

Namun saat musim dingin, kaktus ini bisa disiram setiap 3-4 minggu sekali tergantung kondisi humus. Bagian terpenting untuk membuat si kecil ini bahagia adalah memiliki pot yang memiliki drainase yang baik, karena genangan air akan membusuk akarnya. Selama musim tanam, sebaiknya gunakan pupuk yang diencerkan dengan air untuk disemprotkan ke tanaman karena membutuhkan lebih banyak nutrisi selama musim tanam musim panas.

Tips: Terlalu banyak pupuk dapat merusak tanaman, oleh karena itu, Anda perlu menggunakan jumlah pupuk yang tepat. Lebih baik 1 sendok teh pupuk dicampur dalam 2 liter air.

Ladyfinger Cactus

Ladyfinger Cactus

Ladyfinger Cactus memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat dan tumbuh hingga mencapai tinggi 20 cm dan lebar 30 cm. Mereka tidak tahan dingin, jadi simpanlah di dalam ruangan jika Anda tinggal di daerah yang dingin. Salah satu kaktus yang pemeliharaannya sangat mudah, kaktus asal Meksiko ini dapat bertahan hidup di tempat yang cerah serta teduh parsial, dan bahkan tidak membutuhkan banyak pemupukan.

Kaktus ini perlu disiram sekali atau dua kali seminggu, tergantung bagaimana iklimnya dan yang terpenting apakah tanahnya kering atau tidak. Mereka dapat diperbanyak dengan menggunakan stek batang — cukup potong batang yang memanjang dari tanaman induk dan biarkan menjadi mengeras selama beberapa hari sebelum Anda menanamnya di tanah yang memiliki drainase yang baik.

Barrel Cactus

Barrel Cactus

Duri emas dan putih dari kaktus ini dan bentuk bolanya memberikan vibe yang menawan dan menjadi tambahan yang lucu untuk kamar Anda. Berasal dari Amerika, kaktus di tanah yang gersang, makhluk kecil ini membutuhkan banyak sinar matahari dan lebih sedikit air. Sangat penting untuk dipahami bahwa jika sinar matahari tidak cukup, pertumbuhan kaktus ini akan mandek.

Mereka tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda dapat menyiraminya dua kali sebulan tetapi jangan ragu untuk menggunakan pupuk yang memiliki kandungan kalium tinggi untuk menunjang pertumbuhan yang lebih baik di musim panas. Tanah untuk kaktus ini sebagian besar terdiri atas pasir, dengan sedikit humus, perlit, dan kompos. Ingatlah selalu untuk tidak membanjiri kaktus, itu adalah satu-satunya hal yang dapat membunuh kaktus.

Fakta menarik: Barrel Cactus bertindak sebagai pemandu bagi para pelancong di gurun saat mereka biasanya miring ke arah barat daya.

Star Cactus

Star Cactus

Astrophytum Asterias hanya terlihat seperti bintang — mereka memiliki kata ‘astro’ dalam nama ilmiahnya sendiri. Meski dinyatakan sebagai spesies yang rentan dan mungkin membutuhkan perawatan yang tidak sedikit, tanaman lucu ini memiliki tubuh bulat gemuk yang menyerupai sand dollar. Mereka menjadi tambahan yang cantik untuk koleksi sukulen Anda.

Kaktus mini ini berasal dari Amerika dan membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dengan baik, oleh karena itu perlu ditempatkan pada posisi yang sedemikian rupa agar mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari.

Namun perlu diingat bahwa kaktus bintang tidak bereaksi terlalu baik terhadap gelombang panas. Tanaman ini membutuhkan penyiraman sesekali dan akan menjadi rata dan berubah warna jika kekurangan air; tapi itu hanya selama musim panas.

Di musim dingin tanaman ini tidak aktif dan tidak membutuhkan air sama sekali. Memberi pupuk yang baik dengan fosfor tinggi dan nitrogen rendah membantu pertumbuhan yang sehat dan penampilan kaktus yang cerah, tetapi tidak diperlukan kecuali saat musim panas.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Kaktus

Bisakah semua kaktus disimpan di dalam ruangan?

Tidak, meskipun sebagian besar kaktus kecil dapat disimpan di dalam ruangan, kaktus yang lebih besar tidak boleh berada di dalam ruangan karena kaktus tersebut membutuhkan lebih banyak ruang dan sinar matahari. Tempatkan satu atau dua di ambang jendela Anda dan lihat mereka menambah keindahan dekorasi rumah Anda!

Seberapa besar perawatan yang dibutuhkan kaktus?

Tidak banyak, jujur ​​saja. Kaktus adalah tanaman dengan perawatan rendah dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Namun mereka membutuhkan air saat tanah kering bersama dengan sinar matahari yang cukup dan pupuk selama bulan-bulan musim panas.

Bisakah kaktus bertahan hidup tanpa air?

Tidak juga, semua kaktus adalah tumbuhan dan memang membutuhkan air untuk bertahan hidup, tetapi tidak sebanyak tumbuhan lainnya.

Komentar