Panduan Lengkap Tentang Pencahayaan untuk Tanaman Rumahan

Tanaman hias sangat bagus untuk udara di rumah Anda dan bahkan dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda sendiri. Penting bagi Anda untuk merawat tanaman ini agar bisa bertahan selama mungkin. Persyaratan pencahayaan yang tepat sangat penting. Beberapa tanaman hias membutuhkan sinar matahari langsung, tetapi ini tidak berlaku pada setiap tanaman hias yang Anda miliki.

Tanaman hias

Penting untuk meletakkan tanaman hias apa pun di tempat yang memadai untuk memungkinkannya menerima tingkat cahaya yang dibutuhkan dan tumbuh dengan bahagia. Artikel ini akan memberi Anda informasi yang dibutuhkan untuk membuat pilihan pencahayaan terbaik untuk tanaman Anda.

Apakah Tanaman Hias Membutuhkan Sinar Matahari Langsung?

Beberapa tanaman memang membutuhkan sinar matahari langsung. Ini dapat dilakukan di ruang jemur atau langsung di depan jendela. Banyak tanaman hias membutuhkan sinar matahari tidak langsung. Bahkan ada tanaman hias yang hanya membutuhkan tingkat sinar matahari yang lebih rendah. Ini bisa disediakan di tempat yang teduh seperti di dekat tangga atau di dekat jendela yang memiliki tutupan pohon. Tempat yang teduh sebagian dapat berasal dari jendela di mana hanya ada sinar matahari pada jam-jam sejuk, pagi, atau sore hari.

Merawat Tanaman Hias yang Membutuhkan Sinar Matahari Langsung

Banyak tanaman membutuhkan sinar matahari langsung, tetapi penting untuk memastikan bahwa sinar matahari yang diberikan benar-benar langsung. Jangan letakkan tirai atau kerai di depan jendela pada siang hari untuk memastikan cahaya tidak tersaring. Anda juga harus siap memantau tanaman Anda saat berada di bawah sinar matahari langsung.

Air yang Anda berikan bisa cepat menguap karena panas, membuat tanah cepat kering. Jika Anda memantau tanaman di pagi atau sore hari, tanaman tersebut mungkin membutuhkan air lagi pada sore hari. Jadi waspadalah dan periksa secara teratur tanaman hias Anda karena mereka mungkin menjadi haus.

Menempatkan Tanaman Rumah yang Membutuhkan Sinar Matahari Langsung

Tanaman hias Anda harus diletakkan dalam jarak 60 cm hingga 1 meter dari jendela yang menghadap ke selatan. Jika Anda memiliki ruang jemur, ini adalah lokasi yang lebih baik untuk tanaman hias Anda karena matahari datang dari segala arah!

Tanaman yang Membutuhkan Sinar Matahari Langsung

String of Pearls

String of Pearls terlihat indah di keranjang gantung. Hal ini memungkinkan tanaman merambat ini untuk tumbuh dan berkembang, tetapi pastikan untuk memberikannya sinar matahari pagi atau sore.

Melati

Melati adalah tanaman hias yang bukan sukulen atau tanaman merambat. Ini memiliki bunga putih cantik dan wangi yang tumbuh secara maksimal ketika tanaman menerima cahaya langsung selama enam jam.

Geranium

Geranium adalah tanaman hias berbunga indah lainnya. Jika mereka tidak berbunga seperti yang Anda harapkan, mereka mungkin tidak mendapatkan penerangan yang cukup.

Kaktus

Kebanyakan orang tahu bahwa kaktus berasal dari panasnya gurun. Oleh karenanya pastikan Anda memberi kaktus Anda setidaknya empat jam sinar matahari langsung sehari. Jika tidak, mereka akan menjadi kurus dan berbatang panjang.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah sukulen dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Dibutuhkan enam jam sinar matahari per hari untuk tumbuh terbesar.

Tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari tidak langsung

Tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari tidak langsung sangat bagus untuk rumah yang tidak memiliki banyak ruang jendela atau yang tidak memiliki ruang berjemur. Tanaman ini membutuhkan tempat di mana mereka mendapatkan setidaknya beberapa jam sinar matahari setiap hari.

Di mana Meletakkan Tanaman yang Membutuhkan Pencahayaan Tidak Langsung

Jika Anda mengandalkan cahaya buatan, letakkan tanaman berbunga setidaknya 15 cm dari sumber cahaya Anda. Tanaman hijau harus berada setidaknya 30 cm di bawah cahaya. Jika Anda menggunakan sinar matahari tidak langsung, letakkan tanaman di dekat jendela yang menghadap ke timur atau barat. Ini akan memberikan hasil terbaik, meskipun Anda dapat menempatkannya setidaknya 1 meter dari jendela yang menghadap ke selatan.

Tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari tidak langsung

Spider Plant / Lily Paris

Spider Plant / Lily Paris sangat mudah tumbuh, dan mudah untuk direpotting saat mereka menumbuhkan tunasnya sendiri. Mereka sangat cocok dalam cahaya buatan dan sinar matahari tidak langsung, meskipun mereka juga bisa cocok dengan naungan.

ZZ

Tanaman ZZ benar-benar sempurna untuk Anda jika Anda menjalani gaya hidup yang sibuk karena hanya membutuhkan sedikit perawatan. Ini paling nyaman berada di bawah cahaya fluorescent atau di dekat jendela yang dapat menghasilkan cahaya terang.

Boston Fern

Boston Fern adalah beberapa tanaman hias paling populer karena daunnya mudah dikenali. Pastikan untuk memberi tanaman ini cukup kelembaban, udara nyaman, dan sinar matahari tidak langsung.

Gloxinia

Gloxinia memiliki bunga terompet yang indah berwarna cerah. Pastikan untuk memberi tanaman ini air hangat dan cahaya terang tidak langsung agar mekar sepenuhnya.

Tanaman hias yang tumbuh dengan baik dalam cahaya redup

Jika Anda memiliki rumah yang tidak memiliki banyak ruang jendela, Anda memerlukan tanaman hias yang tumbuh dengan baik di tempat teduh parsial atau teduh penuh.

Tanaman ini umumnya tumbuh lebih baik pada suhu yang lebih rendah, jadi pastikan hanya mengandalkan cahaya pagi jika tersedia. Anda bahkan dapat meninggalkan salah satu tanaman hias dengan cahaya redup ini di sudut ruangan di mana yang harus Anda lakukan hanyalah memberinya air.

Di mana Menempatkan Tanaman Hias dengan Kebutuhan Cahaya Rendah

Tanaman hias dengan cahaya redup yang hanya membutuhkan naungan parsial dapat diletakkan sekitar 1,5 meter dari jendela yang menghadap ke timur dan hanya menerima sinar matahari pagi. Anda juga dapat menempatkannya langsung di dekat jendela yang menghadap ke utara.

Tanaman hias dengan kebutuhan cahaya rendah yang tumbuh dengan baik di tempat teduh harus berjarak setidaknya enam kaki dari jendela yang menghadap ke selatan. Jangan takut untuk meletakkannya lebih jauh dari jendela.

Tanaman hias yang membutuhkan tingkat cahaya rendah

Pothos

Pothos atau sirih gading secara harfiah adalah salah satu tanaman termudah untuk dirawat karena bahkan dapat bertahan hidup tanpa air yang cukup. Anda bisa meletakkan tanaman ini di tempat teduh penuh atau di tempat teduh parsial untuk melihat keindahannya.

Peace Lily

Peace Lily adalah tanaman indah dengan bunga putih besar. Ia tumbuh dengan baik dalam kondisi sebagian teduh di mana batangnya yang tinggi dapat tumbuh.

Peperomia

Peperomia terlihat cantik di dalam terarium dan ditata dengan sukulen. Ini adalah tanaman kecil yang mudah dirawat karena kemampuannya dalam hal cahaya redup.

Columnea

Columnea berasal dari hutan yang berarti dulu berada di bawah tutupan pohon. Di kamar yang teduh, Columnea akan menampilkan dedaunan hijau cerahnya yang indah.

Kesimpulan

Meskipun beberapa tanaman hias membutuhkan sinar matahari langsung, tidak semuanya demikian. Tips terbaik adalah memastikan untuk mengikuti panduan perawatan tanaman hias khusus kami untuk memberikan pencahayaan yang tepat untuk setiap tanaman.

Komentar