Panduan Lengkap Perawatan Tanaman Pothos (Sirih Gading)

Epipremnum aureum paling sering disebut sebagai Golden Pothos atau sirih gading. Namanya dikaitkan dengan daunnya yang merupakan campuran bintik-bintik hijau dan kuning. Tanaman hias ini ditemukan dalam famili Araceae atau talas-talasan. Pada artikel ini, kita akan melihat perawatan tanaman pothos.

Sirih Gading

Perawatan Golden Pothos

Anggota pothos atau sirih gading, seperti Golden Pothos, semuanya memiliki daun yang dimodifikasi yang disebut spathe. Tanaman ini juga terkadang mengeluarkan bau aromatik.

Selain agak berbau, Epipremnum aureum membedakan dirinya dari anggota lain dengan bahan kimia beracun. Jangan biarkan hal ini menghalangi Anda karena Pothos adalah salah satu tanaman hias yang paling dicari lantaran perawatannya yang mudah. Perawatan Tanaman Pothos bisa menjadi kegembiraan nyata karena tanaman ini tumbuh dengan kuat dalam berbagai kondisi.

“Daun Pothos umumnya memiliki panjang sekitar 12 cm, meskipun mereka dapat tumbuh menjadi lebih besar jika dibiarkan meregang. Inilah sebabnya mengapa banyak ahli botani lebih suka menempatkannya pada struktur tegak seperti totem atau turus.”

Perawatan Tanaman Golden Pothos

Tanah

Jika Anda ingin menanam Pothos di luar ruangan, pastikan untuk memberikan tanah yang produktif dan lembab. Epipremnum aureum dalam ruangan akan bekerja paling baik bila ditempatkan dalam pot yang memiliki tanah yang benar dan mudah mengering.

Cahaya

Kondisi pencahayaan optimal untuk tanaman Pothos adalah cahaya sedang hingga terang atau lampu fluorescent.

Penyiraman

Sebagian besar tanaman hias Anda akan tumbuh subur jika sering disiram. Pothos bukanlah organisme seperti itu. Bahkan mereka justru tidak suka bila akarnya tergenang air. Pengelolaan air terbaik adalah dengan menyiram lebih jarang, menunggu hingga tanah berada 1 hingga 2,5 sentimeter dalam kekeringan sebelum menyiram lagi. Ingatlah bahwa sedikit air lebih bermanfaat.

Suhu

Golden Pothos benar-benar sehat jika disimpan dalam kisaran suhu antara 15 dan 29 ºC sepanjang tahun. Jika tiba-tiba suhu menjadi dingin dan turun menjadi 10 ºC, jangan panik. Mereka akan mampu bertahan dalam periode waktu kecil dalam suhu yang lebih rendah. Jika Anda tinggal di cuaca yang lebih dingin, pertimbangkan untuk menyimpan Pothos Anda di dalam rumah.

Kelembaban

Sama seperti kebutuhan cahaya, tanaman ini mampu hidup di lingkungan dengan kelembapan rendah. Pothos dikenal lebih menyukai kelembapan yang lebih tinggi, tetapi ini bukan keharusan.

Pupuk

Dalam hal pemberian nutrisi rutin, tanaman Pothos merupakan penyerap nutrisi yang relatif ringan. Meskipun tidak terlalu penting, memberikan pupuk Epipremnum aureum yang tepat dapat membuat perbedaan. Tanaman Pothos bisa diberi pupuk setiap dua minggu. Suhu yang lebih dingin di musim dingin tidak terlalu memengaruhi tanaman, artinya Anda dapat memberi makan tanaman Anda sebulan sekali.

Perbanyakan

Jika Anda tidak yakin tentang praktik perbanyakan, Pothos adalah spesies yang bagus untuk dipelajari, karena mereka sangat mudah dirawat. Cara terbaik untuk memulai perbanyakan adalah dengan memotong batang per ruas daun dan memasukkannya ke dalam air, akar akan mulai terbentuk. Cara lain untuk memperbanyak tanaman Pothos adalah dengan memasukkan stek ke dalam pot kompos yang lembab agar tumbuh.

Pertumbuhan

Seperti yang Anda duga, tanaman Pothos tidak terlalu rewel. Mereka mampu tumbuh subur di sejumlah lingkungan dan tingkat kelembapan. Jika Anda merawat Epipremnum aureum Anda dengan baik, Anda akan melihat bahwa mereka tumbuh cukup cepat jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Pot

Satu-satunya saat tindakan merepoting perlu dilakukan adalah ketika akarnya menjadi sesak. Ini terjadi setiap beberapa tahun. Jika Anda melihat bahwa Pothos Anda tidak lagi tumbuh besar, pertimbangkan untuk merepoting.

Masalah dan Solusi dalam Perawatan Tanaman Pothos

Epipremnum aureum alias sirih gading adalah tanaman yang mudah tumbuh, tetapi ada kalanya Anda melihat masalah terkait perawatan tanaman Pothos dan Anda tidak tahu cara memperbaikinya. Kami dengan leluasa membuat daftar beberapa penyakit yang lebih umum ditemukan pada tanaman ini dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Masalah Perawatan Tanaman Pothos: Warna Pudar pada Daun

Solusi: Tanaman Pothos cukup kuat dalam hal beradaptasi, namun beberapa kondisinya terlalu ekstrem. Jika Anda melihat daun Anda menjadi kusam, Anda mungkin perlu memindahkannya ke tempat yang lebih terang.

Masalah Perawatan Tanaman Pothos: Daun Menjadi Kuning dan Rontok

Solusi: Daun yang menguning sering kali disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan. Solusi terbaik untuk Pothos dalam keadaan ini adalah dengan memeriksa bagian bawah pot Anda. Jika drainase pot bebas dari penyumbatan, lanjutkan menyirami tanaman Anda lebih jarang.

Masalah Perawatan Tanaman Pothos: Daun Menjadi Tembus Pandang atau Gosong

Solusi: Jika Anda dapat melihat melalui bagian tengah daun Anda, Anda mungkin perlu mempertimbangkan jumlah cahaya yang terpapar pada tanaman Anda. Daun hangus juga dapat menunjukkan bahwa pothos Anda terkena sinar matahari langsung. Perbaiki masalah ini dengan memindahkan tanaman Anda ke ruangan dengan pencahayaan rendah.

5 Tips untuk Menjaga Pothos Tetap Hidup

Anda mungkin merasa khawatir dengan kesehatan tanaman baru Anda. Perawatan tanaman Pothos tidaklah sulit. Ikuti tips berikut untuk merawat tanaman yang sehat di rumah.

– Jika di dalam, letakkan pothos Anda di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk tanaman yang ditanam di luar ruangan, berikan naungan yang cukup.

– Pastikan untuk menyirami tanaman ini sesekali. Biarkan tanaman benar-benar menyerap semua air sebelum memberinya lebih banyak kelembapan, karena mereka lebih menyukai tanah yang mudah mengering. Hindari membuat akar menjadi kebasahan.

– Saat pertama kali menanam tanaman hias baru Anda, isi pot dengan tanah yang mampu mengalirkan air dengan baik. Juga sesekali periksa apakah ada penyumbatan.

– Memupuk tanaman pothos tidaklah penting, tetapi ini dapat membantu menjaganya tetap sehat. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap 2 minggu atau lebih.

– Perhatikan jarak akar di pot tanaman Anda. Jika tampak sempit, Anda mungkin perlu memperbanyak tanaman dengan memotong tepi daun dan memasukkannya ke dalam air sampai tanaman baru tumbuh.

Tips dan Trik Tambahan tentang Perawatan Tanaman Pothos

Sekarang setelah Anda sepenuhnya menyadari perawatan tanaman pothos umum, berikut adalah beberapa cara agar tanaman Anda benar-benar bahagia dan berkembang.

Tips Perawatan Tanaman Pothos # 1

Menempatkan tanaman pothos Anda di ruangan dengan sinar matahari langsung minimal bisa menguntungkan. Kamar mandi atau kantor sangat bagus karena biasanya memiliki cahaya redup, yang dapat ditangani Epipremnum aureum.

Tips Perawatan Tanaman Pothos # 2

Jika Anda memiliki tanaman variegata yang indah, kemungkinan besar Anda ingin mempertahankan pola yang unik. Dengan variasi warna yang lebih tinggi, letakkan tanaman ini di ruangan yang cukup terang. Ini akan mengurangi risiko daun menjadi lebih kusam.

Tips Perawatan Tanaman Pothos # 3

Beberapa daerah telah menempatkan tanaman pothos ke dalam daftar spesies invasif. Lakukan riset sebelum berinvestasi pada tanaman ini.

Seperti Apa Penampilan Golden Pothos?

Pothos (sirih gading) adalah tanaman yang cukup menarik dengan daun berbentuk hati atau daun baru yang terus terbuka seiring berjalannya waktu. Warna daunnya terutama hijau dengan percikan kuning, putih, atau beberapa corak di antaranya.

Banyak pemilik rumah memperindah ruang keluarga mereka dengan Epipremnum aureum karena keserbagunaannya. Tanaman ini bisa ditampilkan dalam berbagai macam cara seperti dirambatkan di sisi teralis atau digantung di keranjang.

Variegasi Tanaman Pothos

Tanaman hias jenis ini sering diinginkan karena variasi warna daunnya. Beberapa daun cenderung benar-benar hijau sementara yang lain memiliki bintik-bintik warna putih atau krem. Mengetahui variasi yang berbeda dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang tanaman yang Anda inginkan secara khusus di rumah Anda.

Golden Pothos Tradisional

Sebagai varietas yang paling populer, Golden Pothos memiliki daun berbentuk hati yang sebagian besar berwarna hijau. Campuran warna hijau dan putih dipercikkan secara tidak merata untuk memberikan tampilan golden yang lebih krem. Jika persyaratan perawatan yang tepat terpenuhi, daunnya akan tumbuh besar dengan lebar sekitar 30 cm.

Marble Queen Pothos

Seperti varietas tradisional, daunnya berbentuk hati dengan perpaduan pigmentasi hijau dan kuning. Perbedaannya terletak pada bentuk daunnya yang biasanya lebih sempit. Bercak kuning cenderung juga lebih tersebar daripada dalam blok.

Neon Pothos

Sesuai namanya, daun varietas ini berwarna kuning kehijauan cerah. Ingatlah bahwa daunnya menjadi lebih cerah seiring bertambahnya usia. Mereka juga cenderung tumbuh lebih baik di tempat dengan lebih banyak cahaya, karena lebih sedikit sinar matahari akan membuat mereka tampak lebih kusam.

Pearls and Jade Pothos

Salah satu varietas yang lebih unik, daun ini memiliki bercak putih atau perak. Warna yang lebih terang cenderung menutupi bagian tepi daun, yang lebih kecil dari warna Pothos lainnya.

Cebu Blue Pothos

Beranjak dari daun ikonik berbentuk hati, varietas Cebu Blue cenderung memiliki daun yang lebih mirip panah. Berbeda dengan jenis lainnya, daun tanaman ini juga tidak memiliki bercak putih atau belang-belang. Sebaliknya, daunnya berwarna hijau dengan kilau metalik.

Asal Usul Epipremnum Aureum

Golden pothos atau sirih gading sering disalahartikan dengan tanaman rumahan umum lainnya, Philodendron umum (Philodendron bipinnatifidum). Hal ini disebabkan fakta bahwa keduanya berasal dari daerah di Asia Tenggara. Banyak yang percaya bahwa itu berasal dari Kepulauan Solomon di Papua Nugini. Tanaman ini pindah ke negara lain karena orang-orang terpesona dengan warna daun dan betapa cepatnya tumbuh. Sekarang tanaman ini dianggap sebagai tanaman invasive non-asli yang agresif.

Satu Tanaman, Banyak Nama

Saat Anda pergi ke toko tanaman untuk membeli tanaman pothos baru Anda, Anda mungkin terkejut dengan banyaknya nama panggilan yang dimiliki satu tanaman. Mereka juga telah diberi label sebagai sirih gading, Devil’s Ivy, Solomon Islands’Ivy, Money Plant, Hunter’s Robe, dan Taro Vine.

Toksisitas Golden Pothos

Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals atau ASCPA, Golden Pothos atau Epipremnum aureum beracun bagi kucing dan anjing. Tanaman ini dapat menyebabkan iritasi mulut dan rasa terbakar yang parah pada mulut. Selain itu, mereka dapat menyebabkan muntah dan mengiler.

Jauhkan hewan Anda dari menelan tanaman ini. Ini juga beracun bagi manusia dan getahnya menyebabkan iritasi kulit serta muntah saat tertelan. Anak-anak tidak boleh berada di dekat Golden Pothos.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait Pothos

Mengapa pothos disebut Devil’s Ivy?

Pothos memiliki koleksi nama, sama seperti tanaman lainnya. Salah satunya, Devil’s Ivy, yang diberikan untuk menggambarkan betapa cepatnya mereka bisa tumbuh tanpa mati. Faktanya, sirih gading sangat tangguh sehingga akan tetap hijau bahkan ketika kekurangan cahaya.

Apakah tanaman pothos membersihkan udara?

Tanaman ini bagus untuk pembersihan udara. Beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai salah satu yang terbaik dalam hal menjaga kebersihan rumah Anda. Mereka melakukan ini dengan menyerap racun di dalam daunnya.

Mengapa daun tanaman Pothos saya menguning?

Jika Anda memperhatikan bahwa daun mulai bergeser ke warna yang lebih kuning, itu mungkin terkait dengan konsumsi air. Ingat bagaimana tanaman Pothos lebih menyukai tanah menjadi sedikit kering daripada basah kuyup? Saat disiram, mereka cenderung menunjukkannya melalui pewarnaan pada daunnya, yaitu menguning.

Mengapa pothos menjadi tanaman hias yang bagus?

Epipremnum aureum adalah tambahan yang bagus untuk rumah Anda karena sejumlah alasan. Selain menjaga kebersihan udara, perawatannya juga relatif rendah. Mereka hanya membutuhkan tingkat cahaya rendah hingga sedang, jarang membutuhkan penyiraman dan sangat tangguh. Alasan bagus lainnya adalah mereka mudah diperbanyak.

Apakah tanaman pothos beracun bagi kucing atau hewan lain?

Dengan adanya kalsium oksalat, tanaman ini memang beracun bagi makhluk hidup. Biasanya mereka tidak menyebabkan banyak bahaya selain dari iritasi atau muntah sesekali. Ini termasuk hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Jika tertelan, mereka akan sakit namun tidak akan mati.

Tanaman pothos, atau Epipremnum aureum, adalah tanaman yang bagus untuk dimiliki. Mereka bisa hidup baik di dalam maupun di luar ruangan dengan kemampuan memanjat dan merambat.

Tanaman mudah dirawat dengan hanya beberapa persyaratan. Variasinya membuat mereka unik dengan berbagai bintik daun. Kami berharap panduan ini membantu Anda menjaga pothos Anda tetap bahagia dan sehat sehingga Anda dapat memetik hasil dari tanaman yang menarik dan santai.

Komentar