Langsat, Buah Kampung Yang Semakin Terlupakan

buah langsat

Indonesia diberikan karunia oleh Allah SWT. tanah yang subur, flora dan fauna yang beragam dan air yang berlimpah. Bahkan beberapa floranya memiliki karakteristik dan rupa yang sama satu sama lain, namun tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Seperti halnya buah langsat dan duku, buah yang mempunyai nama Ilmiah Lansium domesticum  ini memiliki pohon yang juga sama tegaknya. Hanya saja rasa langsat sangat asam dan tidak semua orang menyukainya meskipun terdaapat beberapa jenisnya yang memiliki rasa buah lebih manis.

buah langsat

langsat umumnya sering disalah namai sebagai buah duku. Padahal ada perbedaan yang cukup jelas diantara keduanya. Yang pertama yaitu terletak pada rasanya buah langsat lebih asam daripada buah duku, kemudian kandungan air pada buah langsat ternyata lebih banyak dari duku. Dan terakhir, buah langsat memiliki masa simpan yang sangat rendah. Dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 hari, buah langsat sudah dipastikan membusuk. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan daya simpan buah duku yang masih dapat bertahan segar bahkan setelah satu minggu dipetik dari pohonnya.

Mengetahui perbedaan dua buah tersebut, semakin memperjelas bahwa buah langsat dan duku adalah jenis buah yang memang serupa namun tetaplah berbeda. Tapi tahukah anda, dibalik rasa asam  buahnya yang tidak senikmat atau semanis buah duku, buah langsat menyimpan rahasia manfaat bagi kesehatan manusia.

Sebagai obat penurun panas

Manfaat langsat yang pertama kali akan kita bahas adalah kemampuannya sebagai obat untuk menurunkan panas tubuh tinggi, atau yang kita ketahui secara umum sebagai penyakit demam. Buah langsat yang menyimpan banyak kandungan air dan juga potasium, dinilai efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang sedang tinggi.

Anda dapat mengkonsumsi buah langsat ini secara langsung, atau jika anda bukanlah penyuka makanan dengan rasa yang asam, anda dapat menambahkan madu sebagai penetral rasa asamnya.

Kaya akan antioksidan alami

langsat yang memiliki rasa asam sangat pekat, tidak dapat dilepaskan dari fakta kandungan vitamin C nya yang tinggi. Hal ini jelas memuktikan bahwa buah berbentuk bulat asam tersebut kaya akan antioksidan. Menjadikan buah ini sebagai salah satu bahan konsumsi yang sangat baik bagi kesehatan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Mengkonsumsi buah langsat dengan tidak berlebihan secara rutin, cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anda akan vitamin dan mineral.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, cobalah jadikan buah langsat sebagai camilan malam anda. Kandungan serat dan vitamin C nya yang tinggi berfungsi mengikat lemak dan kotoran pada saluran pencernaan, sehingga anda akan mendapati kondisi pencernaan dan perut yang terasa lebih baik di keesokan harinya.

Anda juga dapat menjadikan buah dengan rasa asam ini sebagai pilihan bahan untuk membuat infused water, yang tentu sama baiknya untuk membantu usaha anda menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, buah langsat juga menjadi pilihan banyak orang untuk melancarkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Obat cacing alami bagi anak-anak

Kemudian ada yang eksklusif dari langsat ini.  langsat yang masih muda kerap kali digunakan masyarakat lokal untuk mengobati atau menghilangkan cacingan secara alami pada anak-anak tanpa efek samping.

Biji langsat yang memilliki rasa agak pahit dapat dicampur dengan madu atau di selipkan kedalam buah pisang agar anak-anak dapat menelannya tanpa merasakan rasa pahitnya. Berikan  langsat pada anak yang memiliki gejala cacingan seperti mudah lesu dan nafsu makan berkurang secara rutin setiap hari hingga kondisi si anak kembali ceria dan sehat.

Sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan kulit

Dewasa kini membuktikan bahwa tidak hanya kaum perempuan saja yang peduli akan kesehatan kulit, tapi juga tidak sedikit kita temukan para pria yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan penampilan kulit yang sehat dan terawat.

Namun mungkin beberapa dari anda yang mambaca atikel ini akan merasa keberatan jika harus mengeluarkan rupiah lebih untuk memiliki kulit yang sehat dan elastis. Lantas apa yang harus dilakukan, para wanita yang memiliki tanaman buah langsat patutnya berbahagia, karena pada  langsat yang sudah masak mengandung senyawa antioksidan, magnesium, potassium dan zinc yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kulit yang sehat dan tampak awet muda.

Obat kampung malaria

Beberapa warga pedesaan yang kesulitan menjangkau pengobatan medis tampaknya bukan lah hal yang sulit ditemui. Pasalnya Indonesia sendiri terdiri dari banyak suku dan daerah terlebih pada wilayah-wilayah penduduk di pedalaman. Meski begitu, Tuhan sudah menyiapkan segala kebutuhan makhluknya termasuk kebutuhan akan obat-obatan.

Biji buah langsat biasa digunakan oleh masyaraat pedesaan untuk mengobati penyakit malaria. Kandungan zat besi, potassium, fosfor dan vitaminnya berfungsi membatu meningkatkan trombosit pada penderita malaria.

Obat nyamuk bakar

Lagi-lagi mengenai manfaat buah asam ini.

Tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan dan membantu melancarkan pencernaan, buah langsat kerap digunakan para warga untuk mengusir nyamuk yang mengganggu.

Beberapa pemuda ditemui sedang membakar kulit buah langsat kering yang kemudian menghasilkan asap seperti obat nyamuk bakar komersil. Diketahui, asap yang dihasilkan dari kulit langsat yang terbakar efektif untuk mengusir nyamuk. Terlebih mengingat keadaan bumi Indonesia yang beriklim tropis merupakan tempat nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak dengan baik.

Mencegah dan mengobati kanker

Yang terakhir adalah yang paling istimewa. Buah langsat adalah tanaman berbuah yang menghasilkan buah dengan rasa sangat asam. Tidak hanya buahnya, batang dan akarnyapun menyimpan rahasia besar dari tumbuh-tumbuhan tropis ini.

Diketahui bahwa benalu yang hidup menumpang pada tanaman buah langsat berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Mengapa demikian? Tanaman yang tumbuh dengan menyerap nutrisi pada pohon langsat menyerap zat-zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlambat hingga menghancurkan sel kanker. Sebut saja antioksidan, jika buah langsat merupakan sumber antioksidan tanaman buah ini, tidak jauh berbeda dengan benalu yang menempel pada pohonnya. Terlebih, benalu tidak hanya menyerap antioksidannya saja melainkan juga tanin, fosfor, zat besi, hingga mineral yang setingkat lebih tinggi dibanding buah Jeruk dan Apel. Hal tersebut membuat beberapa orang yang mengetahui khasiatnya sebagai obat kanker kerap memburu tanaman ini dan membuatnya menjadi semakin jarang ditemukan.

Ternyata buah langsat menyimpan manfaat yang sangat tidak terduga. Mengingat tanaman buah lokal ini semakin tergeser keberadaannya akibat lebih banyak warga yang lebih memilih menanam tanaman buah dengan nilai ekonomi lebih tinggi.

Namun tak perlu khawatir, anda masih dapat melihat dan menikmati tanaman buah dengan rasa asam ini dibudidayakan pada daerah-daerah perkampungan di Sumatra seperti Sumetera Barat dan Utara, dan tidak sulit pula menemukannya di perkampungan-perkampungan pedalaman Kalimantan.

Atau mungkin, anda sendiri tertarik untuk membudidayakan tanaman ini di kebun belakang rumah anda. Yang pasti, setiap apa-apa yang diciptakan Tuhan tidak akan terlepas dari mafaat bagi kehidupan makhluknya.

Tetap lah saling menjaga lingkungan kita dan saling mengingatkan, agar kelak anak cucu kita tetap dapat menikmati sejuta flora Nusantara.