Cara Menanam Bunga Semak Azalea Agar Subur dan Berbunga

Apakah Anda mencari tanaman cantik yang mudah dirawat sebagai penghobi tanaman hias pemula? Tanaman semak berbunga azalea adalah pilihan populer bagi banyak gardener, baik mereka telah berkecimpung di dunia tanaman untuk waktu yang lama atau mereka yang baru memulai hobi ini. Azalea menarik dalam berbagai cara, seperti melalui warna-warna indah dan cerah serta umur panjang mereka.

Tanaman Azalea

Mereka sangat populer karena mekarnya, yang bisa hadir dalam berbagai warna, serta aromanya yang agak harum. Ini adalah semak yang sangat baik untuk ditanam di kebun, taman, atau pekarangan karena bunganya begitu indah. Menanam azalea di rumah atau taman Anda sendiri akan memberikan Anda pemandangan bunga-bunga indah di sepanjang tahun.

Azalea termasuk dalam genus Rhododendron. Mereka konon kebanyakan berasal dari daerah di Amerika Utara dan Asia Timur. Mereka telah ada selama beberapa tahun, yang digambarkan dalam sebuah puisi yang berasal dari tahun 772 M. Azalea Jepang pertama kali dibawa ke Belanda pada tahun 1860 dan mulai mendapatkan popularitas di seluruh Eropa.

Tentang Azalea

– Azalea terkenal karena bunganya yang cerah dan berwarna-warni, sehingga mendapatkan julukan “Royalty of the Garden.”

– Ada lebih dari 10.000 varietas azalea yang terdaftar di seluruh dunia, menjadikannya tanaman beragam yang populer di kalangan tukang kebun. Setiap jenis memiliki kombinasi unik dari bentuk, jumlah, dan warna kelopak.

– Kelopak bunganya bisa hadir dalam berbagai warna mulai dari merah, oranye, ungu, pink, putih, dan masih banyak lagi. Bunganya terkadang bisa mekar dua warna tergantung pada varietasnya.

– Azalea biasanya tumbuh di iklim dingin karena sifatnya yang kuat. Beberapa varietas bahkan dapat bertahan dalam suhu beku seperti Pink Azalea.

– Ada dua klasifikasi azalea, yaitu deciduous (musiman) dan evergreen (sepanjang tahun).

– Azalea menghasilkan madu beracun, biasa disebut sebagai “mad honey,” yang bocor ke seluruh tanaman. Sangat disarankan untuk menempatkan tanaman ini jauh dari jangkauan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing karena mereka adalah korban umum keracunan madu.

Gambaran Umum Azalea

– Azalea adalah semak berbunga yang terkenal kuat, mampu menahan suhu dingin, dan tumbuh dengan baik di tanah asam meski dengan tingkat nutrisi yang rendah.

– Mereka terutama terdiri atas dua kelompok, yang deciduous dan evergreen. Kedua kelompok ini terutama dibedakan oleh fakta bahwa azalea deciduous akan menggugurkan daunnya di musim gugur, sedangkan azalea evergreen akan menjaga sebagian besar daunnya sepanjang tahun. Ini terutama berlaku untuk daerah empat musim.

– Pemula kebanyakan lebih menyukai Azalea evergreen karena lebih mudah diperbanyak dan juga memiliki variasi yang lebih besar dalam hal warna. Sisi negatifnya adalah tipe ini kurang kuat dan lebih menyukai iklim yang lebih hangat. Di sisi lain, varietas deciduous lebih kuat, memiliki daun lebih besar, dan dapat tumbuh di lingkungan yang sangat dingin.

– Azalea deciduous juga tumbuh lebih tinggi, mencapai sekitar 2,5 hingga 4,5 meter, dibandingkan dengan evergeeenyang hanya bisa tumbuh hingga maksimal 2 meter.

– Azalea biasanya dijual sebagai tanaman yang ditanam dalam pot atau memiliki bonggol tanah untuk melindungi akarnya yang halus.

– Saat membeli azalea, yang terbaik adalah mempertimbangkan iklim lokal untuk dapat memilih varietas yang tumbuh paling baik di lokasi Anda.

– Meskipun azalea dapat ditanam kapan saja sepanjang tahun di daerah tropis, di daerah subtropis tanaman ini biasa ditanam selama musim gugur sehingga pemilik akan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkannya di musim panas. Satu-satunya kekurangan menumbuhkannya di musim gugur adalah pemilik harus menunggu lebih lama untuk melihat tanaman itu mekar penuh. Jika pemlik ingin segera melihat bunganya mekar, dia harus menanamnya di musim semi. Semua perlu dilakukan dengan hati-gati dan penyiraman yang tepat harus dilakukan untuk memastikan bahwa tanaman akan mampu bertahan di musim panas yang akan datang.

Menumbuhkan Azalea

Hal yang baik tentang azalea adalah tidak memiliki terlalu banyak persyaratan pertumbuhan, meskipun agak spesifik. Azalea harus ditanam di tanah asam, artinya harus memiliki tingkat pH antara 4,5 dan 6,0. Selain itu Azalea juga harus ditanam di tanah dengan drainase yang baik karena perakarannya yang dangkal. Tanah yang kaya akan bahan organik akan sangat bermanfaat bagi azalea Anda selama masih memiliki drainase yang baik.

Anda dapat membuat tanah kaya organik sendiri dengan mencampurkan sejumlah besar lumut gambut ke tanah yang sudah Anda miliki. Jika tanah Anda tidak memiliki drainase yang baik, disarankan untuk menempatkan semak ini di bedengan yang ditinggikan.

Dalam hal sinar matahari, yang terbaik adalah menaruh azalea di tempat teduh sedikit, terutama bila ditanam di tempat dengan iklim hangat. Meski begitu, bunga di iklim yang lebih dingin bisa dibiarkan di tempat terbuka.

Terlalu banyak paparan sinar matahari bisa membakar kelopak bunga, sementara terlalu sedikit bisa mencegah tanaman mendapatkan cukup oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Biasanya disarankan untuk menempatkan bunga di tempat yang dapat terkena sinar matahari di pagi hari dan di tempat teduh pada sore hari.

Tanaman ini dapat bertahan hidup dengan baik pada berbagai temperatur, rata-rata dari -1 ºC sampai 30 ºC). Beberapa azalea, seperti varietas putih, tidak dapat menahan suhu di atas 27 ºC atau bunganya akan layu dan gugur.

Penting juga untuk menjaga azalea bebas dari hama dan penyakit. Serangan hama pada azalea jarang terjadi, tetapi bisa saja terjadi. Lace bug adalah hama yang paling umum. Infestasi kutu ini dapat dengan mudah diidentifikasi sebagai dedaunan kuning atau putih bersama dengan kelompok serangga ini di bawah daun.

Jenis infestasi ini sangat mudah diobati dengan insektisida biasa. Jika menyangkut penyakit, varietas daun mungkin menderita penyakit hawar kelopak, busuk akar, dan bercak daun, yang dapat dicegah dengan menjaga drainase yang tepat di tanah dan menghemat air.

Semak ini tidak membutuhkan terlalu banyak pemangkasan dan Anda biasanya hanya perlu memotong cabang yang terinfeksi, mati, atau sekarat. Selain itu, mulsa sangat dianjurkan karena melindungi sistem akar dan menjaga kelembapan tanah lebih lama.

Penyiraman Azalea

Kebutuhan air dapat bervariasi antara spesies azalea, serta iklim dan jumlah cahaya yang terpapar pada semak berbunga Anda. Jika ditanam di daerah yang lebih dingin atau daerah yang teduh, biasanya yang terbaik adalah mengurangi penyiraman semak, hanya dua atau tiga kali sebulan.

Di daerah yang lebih hangat, Anda mungkin perlu menyiraminya sekali atau dua kali seminggu. Pastikan untuk memeriksa kelembapan tanah sebelum penyiraman karena tanaman ini umumnya tidak tahan terhadap tanah yang direndam terlalu banyak air karena akarnya yang dangkal atau akan tenggelam.

Sangat penting untuk menyediakan drainase yang baik pada tanah untuk menghindari kondisi ini. Ini juga bisa menjadi aturan praktis yang baik untuk menyirami tanaman segera setelah 5 cm bagian atas tanah mulai mengering.

Memperbanyak Azalea

Azalea biasanya diperbanyak melalui dua metode. Metode pertama melibatkan pemotongan bagian batang sedikit di bawah titik tempat menempelnya daun. Buang semua kuncup bunga dan daun dari stek dan celupkan ujung batang yang dipotong ke dalam hormon perakaran.

Kemudian, tempatkan stek pada media rooting yang memiliki drainase yang baik pada kedalaman sekitar sepertiga dari tinggi stek. Letakkan kantong plastik di atas potongan untuk menahan kelembapan dan letakkan di area yang terkena sinar matahari tidak langsung yang terang.

Akar akan mulai berkembang setelah dua bulan. Anda kemudian dapat melepas penutup plastik dan memaparkan tanaman ke sinar matahari langsung di pagi hari. Tanaman dapat dipindahkan ke pot yang berbeda setelah empat bulan dan akan tumbuh cukup untuk ditempatkan di luar ruangan.

Untuk metode kedua, Anda perlu menanam biji azalea. Ini pasti akan membutuhkan lebih banyak waktu daripada metode pertama, tetapi pasti sepadan dengan penantiannya. Menanam benih akan menghasilkan semak baru yang terlihat seperti salah satu induknya atau campuran keduanya.

Azalea yang diperbanyak menggunakan metode pertama akan selalu terlihat seperti induk, jadi metode ini akan lebih baik jika Anda ingin memiliki lebih banyak variasi dan warna di taman Anda.

Kesimpulan

Azalea adalah semak berbunga cantik yang tidak hanya indah tetapi juga sangat mudah dirawat. Sangat mudah untuk melihat mengapa azalea terus menjadi salah satu bunga favorit gardener. Ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk taman Anda serta tanaman hias yang sangat baik untuk dimiliki di dalam rumah. Mereka adalah pilihan yang baik untuk pemula karena mereka hanya membutuhkan sedikit perawatan dan dapat terus tumbuh sepanjang bulan dalam setahun, menjadikannya semak yang kuat dan indah. Bunga mekarnya yang semarak pasti akan menjadi sesuatu yang selalu Anda nantikan!

Komentar