Panduan Merawat Tanaman Pachira (Money Tree Plant)

Tanaman money tree mengilhami visi kekayaan tak terbatas. Tapi kita semua tahu bahwa uang tidak tumbuh di pohon, ya kan? Izinkan kami memperkenalkan Anda pada tanaman hias Pachira aquatica. Disebut juga Malabar chestnut atau saba nut, di antara nama lainnya, tanaman ini juga sering disebut sebagai money tree.

Pachira

Diyakini membawa keberuntungan, tanaman berbatang banyak ini sering dikepang dengan hati-hati saat muda. Pohon yang dikepang ini bisa memukau dalam ruangan rumah. Pachira penting bagi mereka yang mempraktikkan Feng Shui. Angka lima penting bagi praktisi karena mewakili elemen. Money tree sering kali menghasilkan lima daun per batang dan itu indah.

Tapi ada banyak hal yang perlu diketahui tentang anggota keluarga mallow ini! Mari kita bahas semua yang perlu Anda ketahui tentang tanaman pachira dan cara merawatnya.

Sejarah Tanaman Money Tree

Konon seorang petani yang tidak punya uang pernah berdoa memohon bantuan. Tak lama kemudian, dia menemukan tanaman baru yang tumbuh di ladangnya. Setelah membawanya ke rumahnya, dia mulai mengalami perubahan keberuntungan.

Benar atau tidaknya dongeng lama ini, memang benar bahwa money tree atau pachira dipercaya membawa rejeki. Berasal dari lahan basah Amerika Tengah dan Selatan, tanamn ini mulai populer di tahun 1980-an. Saat itulah seorang pengemudi truk di Taiwan pertama kali mengepang batangnya menjadi satu. Klaimnya adalah bahwa ini akan “mengunci” keberuntungan dan nasib baik.

Mengepang batang bisa sedikit rumit. Itu harus dilakukan saat tanaman masih muda dan lentur. Setelah bagian batang dikepang, dia akan terus tumbuh seperti itu. Meskipun ranting yang sesekali tersesat mungkin perlu dilatih lagi, itu bagus untuk lebih dari sekadar kepang. Bonsai pachira juga sangat populer.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, praktisi Feng Shui memanfaatkan tanaman pachira. Jika ditempatkan dengan benar, mereka dipercaya dapat menciptakan “chi” atau energi positif. Hasilnya, mereka menjadi tanaman populer di tempat kerja. Pemilik pachira dari Jepang sering menghiasi tanaman mereka dengan ornamen dan pita. Merah adalah warna dominan yang digunakan, yang terlihat mencolok pada daun hijau tua.

Dan ada sejumlah kebenaran dalam kemampuan Pachira untuk membawa keberuntungan. Pada tahun 2005, pachira menghasilkan 7 juta dolar AS ke sektor ekspor pertanian Taiwan. Pohon itu sendiri bisa menjadi sangat berharga, terutama spesimen yang lebih tua!

Menanam Tanaman Pachira

Tidak perlu banyak waktu untuk mulai merawat pachira. Sedikit tanah, sedikit kelembapan, dan suhu hangat yang stabil akan membuatnya bekerja. Namun berikut beberapa hal yang perlu diingat saat Anda menanam pachira!

Kapan Menanam

Di daerah subtropis, pachira umumnya ditaruh di dalam ruangan, sementara di daerah tropis pachira bisa ditaruh di mana saja. Pachira menyukai suhu 18-24 derajat Celsius dan masih dapat menahan suhu rendah hingga 7 derajat Celsius. Di daerah subtropis, pachira umunya ditanam pada musim semi dan panas, tapi di daerah tropis pachira bisa ditanam di sepanjang tahun.

Tempat Menanam

Jika ditanam di dalam ruangan, Anda harus mencari tempat yang agak lembab dengan sinar matahari tidak langsung. Ini mendekati sempurna untuk tanaman pachira untuk berkembang. Jika ditanam di luar ruangan untuk mencoba mendapatkan pohon berukuran penuh, maka Anda perlu meniru habitat aslinya lahan basah. Tanaman pachira lebih menyukai daerah berawa di sebelah sungai atau kali.

Jika Anda tidak dapat menyediakan aliran air atau sungai, pilih daerah yang banyak airnya tetapi terkadang kering. Campuran matahari dan bayangan adalah yang terbaik. Pilih tempat yang terlindung dari angin kencang.

Cara Menanam

Kami akan membahas lebih lanjut di segmen perbanyakan, tetapi pachira atau money tree dapat ditanam dari biji atau stek. Jika Anda menanam benih pachira, tanam dengan kedalaman sekitar setengah cm di tanah yang lembab. Pastikan “mata” pucat pada benih menghadap ke samping.

Ingin menanam langsung di tanah? Mulailah dengan mengubah tanah Anda ke campuran media tanam yang tepat. Setelah tanah Anda siap, Anda bisa menanamnya pada ketinggian yang sama dengan potnya.

Perawatan dan Budidaya Tanaman Money tree

Perawatan tanaman pachira aquatica itu mudah. Daunnya akan menunjukkan apa yang dibutuhkannya dan apa yang harus Anda ubah dalam rutinitas perawatan Anda.

Cahaya dan Suhu

Area atau jendela yang teduh dengan sinar matahari tidak langsung membuat tanaman ini tetap bahagia. Jika daun mulai menguning, cari tempat yang lebih cerah. Meskipun dapat mentolerir sinar matahari penuh, daunnya akan terbakar jika terlalu tersengat sinar matahari.

Jika ditanam di dalam ruangan, perhatikan baik-baik kesehatan tanaman Anda. Ubah lokasinya sesuai kebutuhan sepanjang tahun. Pastikan untuk membelokkannya 45 derajat sesering mungkin sehingga semua daunnya memiliki akses ke cahaya.

Tanaman di luar ruangan akan mencapai ketinggian maksimalnya dan dapat mentolerir lebih banyak sinar matahari. Sedikit peneduhan selama bagian terpanas hari itu akan bagus. Beberapa daun mungkin hangus di bagian atas pohon, tetapi daun bagian bawah akan terlindung sebagian.

Suhu ideal untuk tanaman money tree adalah antara 10-32 derajat Celsius. Tanaman ini dapat mentolerir suhu hingga 7 derajat Celsius tanpa kerusakan parah. Terlalu banyak dingin menyebabkan daun rontok.

Tanaman money tree yang mengalami suhu lebih dingin (-2 sampai 4 derajat Celsius) selama beberapa jam akan tetap bertahan. Bawa kembali ke lingkungan yang bersuhu setidaknya 10 derajat Celsius. Berikan kelembapan di sekitar tanaman sampai tanaman mulai tumbuh, tetapi jangan menyiram terlalu banyak saat tanaman mengalami sengatan dingin.

Air dan Kelembaban

Penyiraman money tree membutuhkan sedikit kemahiran. Tanaman menyukai banyak air, tetapi juga bisa mengalami masalah penyiraman berlebihan. Di lingkungan alaminya, mereka tumbuh di daerah yang menerima banyak air tetapi kemudian mengering. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mensimulasikan itu. Sediakan banyak air sekaligus, lalu biarkan tanah mengering.

Di sebagian besar lingkungan dalam ruangan, Anda akan melakukan penyiraman deras sekitar tiga kali sebulan. Jika lingkungannya kering, penyiraman mungkin harus mingguan. Selama tanah masih lembap, jadwal itu tidak masalah. Di luar ruangan, paling mudah untuk memeriksa tanah di sekitar pangkal tanaman. Jika sudah kering 5-10 cm ke bawah, sekarang saatnya melakukan penyiraman besar lagi.

Tanaman pachira menyukai kelembapan lingkungan. Di dalam ruangan, mudah untuk menyediakan pelembab tanaman yang bagus. Anda juga mungkin menemukan bahwa menempatkan pot di atas nampan kerikil dan air akan memberikan kelembapan yang baik. Hindari membiarkan pot menyentuh permukaan air.

Terlalu banyak penyiraman dapat menyebabkan daun berguguran, seperti kondisi dingin. Tampaknya kontra-intuitif untuk menghindari penyiraman saat daun mulai rontok, tetapi lakukanlah!

Pada musim gugur dan musim dingin di daerah subtropis ketika pertumbuhan aktif melambat, Anda perlu menyiram lebih sedikit lagi. Pertahankan kehangatan yang baik di sekitar tanaman Anda dan pastikan memiliki kelembapan tentunya. Anda mungkin merasa hanya membutuhkan air dua kali sebulan di musim dingin ini.

Tanah

Tanaman pachira dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Kebutuhan primernya adalah tanah yang dapat mengalirkan kelebihan air dengan mudah. Tanah seperti tanah liat cenderung menjadi jenuh dan berlumpur. Jika tanah Anda seperti tanah liat, sebaiknya perbaiki dengan banyak bahan organik atau gambut. Menambahkan perlite juga akan membantu drainase.

Campuran tanah yang ideal untuk tanaman money tree Anda adalah tanah bergambut dan liat. Ini bisa memiliki beberapa kandungan pasir juga tanpa masalah. Meskipun mereka dapat mentolerir banjir di alam liar untuk waktu yang singkat, namun air harus segera mengalir. pH tanah harus antara 6,0 dan 7,5, pada kisaran netral. Mereka dapat mentolerir tanah asam dan basa, tetapi tidak akan memiliki pertumbuhan terbaik di kisaran tersebut.

Pupuk

Di awal musim kemarau, Anda bisa memberikan pupuk NPK 12-6-6 yang cukup untuk menujang pertumbuhannya. Setelah musim kemarau berlalu, Anda dapat beralih ke pupuk seimbang seperti 10-10-10. Di puncak musim hujan, kurangi jumlah nitrogen menjadi sekitar 3-10-10. Ini mendorong sistem akar yang sehat dan kalium membantu pembungaan juga.

Sasaran Anda harus menyebarkan nutrisi musiman yang sesuai selama satu bulan. Anda dapat mengencerkan pupuk cair untuk menghasilkan kekuatan seperempat dan memupuk setiap minggu. Bergantian, encerkan setengahnya dan beri pupuk setiap dua minggu.

Karena Anda tidak ingin menyiram tanaman Anda secara berlebihan, yang terbaik adalah memodifikasi salah satu penyiraman terjadwal Anda. Beri tanaman sekitar setengah dari air yang biasa Anda berikan, lalu beri pupuk.

Memilih untuk menggunakan pupuk granular slow release? Jika ya, sirami seperti biasa, tetapi pastikan Anda telah mengerjakan pupuk ke permukaan tanah terlebih dahulu. Lewati pemupukan di bulan-bulan musim dingin (di daerah subtropis). Tanaman Anda tidak akan membutuhkannya.

Perbanyakan dari Stek

Tidak seperti banyak stek lainnya, sebaiknya jangan mempropagasi Pachira aquatica Anda di dalam air. Gunakan media tanam sebagai gantinya. Pasir Malang, campuran 50/50 lumut gambut dan pasir, atau campuran 50/50 lumut dan sekam akan cocok.

Mulailah dengan memilih cabang yang sehat untuk dipotong. Anda membutuhkan setidaknya potongan berukuran 15 cm dengan daun yang sehat dan 2-3 simpul daun. Usahakan untuk menyiapkan stek di pagi hari saat suhu masih dingin.

Buat potongan Anda menggunakan gunting kebun yang disterilkan untuk mencegah potensi penyebaran penyakit. Jika Anda tidak dapat segera menanam potongan Anda, bungkus dengan handuk kertas yang dibasahi. Tempatkan di dalam kantong plastik agar tetap lembab dan tahan hingga 24 jam.

Buang semua daun dari sepertiga bagian bawah potongan Anda, lalu celupkan ke dalam air untuk melembabkannya. Singkirkan air yang berlebih, lalu celupkan ke dalam bubuk hormon perangsang akar. Gunakan pensil untuk membuat lubang pada media tanam Anda. Anda harus menempatkan sepertiga bagian bawah potongan Anda ke dalam media. Ambil potongan Anda dan letakkan dengan hati-hati di lubang.

Sirami potongan Anda, lalu letakkan kantong plastik di atas cuttingan Anda. Kami sarankan menggunakan sumpit atau tiang pendek agar tas kantong menekan bagian atas potongan. Kantong plastik ini akan meningkatkan kelembapan di sekitar cuttingan. Jaga media stek tetap lembab, tetapi tidak basah. Jika tidak ada kondensasi di bagian dalam plastik, mungkin perlu disiram. Jauhkan dari sinar matahari langsung, dan 4-6 minggu kemudian akar akan tumbuh.

Perbanyakan dari Biji

Untuk memperbanyak tanaman pachira dari biji, Anda membutuhkan bijinya. Ini paling baik dipanen tepat saat polong biji tanaman yang lebih tua telah mengering dan mulai terbuka. Biji yang seperti kacang harus diperiksa secara menyeluruh dan yang rusak dibuang.

Siapkan wadah Anda. Setiap benih membutuhkan pot 10-15 cm media sendiri. Pastikan pot memiliki lubang drainase. Campurkan lima bagian tanah dengan dua bagian pasir kasar dan 1 bagian sekam. Isi pot lalu sirami hingga tanah benar-benar jenuh.

Setelah kelebihan air terserap (yang akan memakan waktu setidaknya 15 menit), sekarang saatnya menanam biji Anda. Lihatlah bijinya. Akan ada titik pucat di salah satu ujungnya, yang disebut sebagai “mata.” Tempatkan biji Anda sedalam 0,5 cm dengan mata mengarah ke samping. Siram sedikit benih untuk mengendapkan tanah di atasnya, dan tambahkan lebih banyak tanah jika perlu.

Tanaman pachira Anda membutuhkan tanah yang hangat untuk berkembang biak. Anda juga harus menjaga tanaman Anda dalam cahaya terang dan tidak langsung. Saat 5 cm atas tanah mengering, sirami lagi. Setelah Anda melihat pertumbuhan baru, pindahkan tanaman Anda dari alas semai. Hindari memercikkan air ke tanaman semai, tetapi pastikan tanah tetap lembab saat tanaman Anda berkembang.

Jaga tanaman muda Anda di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah untuk musim tanam pertama. Anda kemudian dapat memperkuat tanaman untuk memindahkannya ke luar ruangan atau memindahkannya ke pot permanen.

Repotting

Mulailah proses repotting dengan mengambil pot baru. Anda perlu pot yang sedikit besar dari pot Anda yang sekarang. Jika memiliki lubang drainase besar di bagian bawah, letakkan sesuatu di atasnya untuk mencegah tanah tumpah. Sirami pachira Anda di pot yang ada dan tunggu sekitar satu jam sebelum memindahkan. Hal ini memungkinkan tanah menyerap kelembapan dan mengeringkan kelebihannya.

Tempatkan sedikit tanah di dasar pot baru. Kemudian, dengan hati-hati cabut tanaman pachira Anda dari pot lamanya, jaga tanah dan massa akar tetap utuh. Atur ke dalam pot baru, periksa kedalamannya. Tanaman harus berada sekitar 3 cm di bawah tepi lingkaran pot. Tekan tanah untuk mengencangkan media, tetapi jangan memadatkannya.

Sirami tanaman. Jika perlu, tambahkan tanah tambahan untuk mengisi kembali media yang tenggelam saat disiram. Jangan heran jika tanaman Anda merontokkan beberapa daun dalam prosesnya. Mereka tidak suka dipindahkan dari wadahnya yang nyaman.

Pemangkasan dan Pengarahan

Tanaman luar ruangan berukuran penuh harus dipangkas untuk menghilangkan batang mati. Selain itu, satu-satunya pemangkasan yang diperlukan adalah mengontrol ukurannya. Anda dapat memotong beberapa batang tertua dan tertinggi jika perlu untuk mengontrol ukurannya.

Tanaman dalam ruangan jarang perlu dipangkas karena banyak yang dikepang. Tetapi mengepang itu sendiri bisa sedikit rumit. Anda membutuhkan tanaman yang sangat muda dengan setidaknya tiga batang fleksibel untuk dijalin bersama.

Kepang keduanya dengan lembut. Hindari memaksa tanaman mengepang atau merusak batang. Jika tidak semua bisa dikepang dalam satu hari, gunakan benang untuk menahan tanaman di tempatnya sampai rileks menjadi bentuknya. Kemudian Anda bisa mengepangnya lebih jauh ke batangnya.

Anda juga bisa menggunakan kawat untuk mengarahkan tanaman Anda menjadi bentuk bonsai. Bonsai bisa sangat rumit, tetapi seiring waktu Anda bisa mengarahkannya untuk tumbuh dalam ukuran miniatur. Kawat bonsai menstabilkan dan mengarahkan pertumbuhan tanaman ke dalam pola tertentu.

Saat menanam tanaman pachira, Anda juga perlu memangkas lebih teratur. Ini membuat tunas muda tetap terkendali. Ini juga mendorong tanaman untuk mengembangkan daun di tempat yang Anda inginkan.

Pemanenan

Tunggu, panen? Dari tanaman pachira? Ini tidak benar-benar mengeluarkan biji, bukan? Faktanya, pachira mengembangkan polong biji yang terbuka ketika biji di dalamnya sudah cukup besar. Setelah polong biji mengering, mereka akan mulai terbuka untuk mengeluarkan biji. Penting untuk membiarkannya tetap di tempatnya sampai mulai muncul sendiri!

Tempatkan kain lanskap di sekitar pangkal tanaman Anda untuk menangkap benih saat benih mulai jatuh. Periksa setiap hari untuk ketersediaan benih setelah polong mulai terbuka. Biji pachira bisa dipanggang, digoreng, atau dimakan mentah. Konon rasanya seperti kacang saat mentah dan lebih mirip chestnut saat matang. Ini juga bisa dijadikan tepung roti yang bagus saat digiling.

Penelitian tentang efek biji-bijian ini pada manusia masih dilakukan. Meskipun biasanya disebut kacang saba atau kastanye Malabar, namun ini bisa aman atau bisa pula tidak. Ada beberapa kekhawatiran tentang kadar asam lemak siklopropenoid dalam bijinya.

Meskipun banyak orang telah mengonsumsi biji ini tanpa efek buruk, berhati-hatilah. Cicipi terlebih dahulu dalam jumlah terbatas dan pastikan Anda tidak memiliki efek buruk saat memakannya!

Masalah dengan Tanaman Pachira

Meskipun tanaman ini cukup kuat melawan sebagian besar serangga dan penyakit, ada beberapa yang bisa menjadi masalah. Inilah yang harus dilakukan untuk setiap masalah!

Masalah yang Berkembang

Sebagian besar masalah yang berkembang yang muncul pada pachira terkait dengan daun. Mari kita bahas beberapa di antaranya sekarang!

Daun menguning adalah gejala dari salah satu dari dua masalah potensial. Kelembaban yang terlalu sedikit di sekitar tanaman Anda adalah penyebab paling umum. Kekurangan pupuk adalah kemungkinan lain, tetapi biasanya terkait dengan kelembapan.

Demikian pula, daun coklat dan kering adalah tanda pasti dari kekurangan air. Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab!

Daun hijau yang terkulai biasanya merupakan tanda terlalu banyak air. Mengurangi frekuensi penyiraman merupakan salah satu cara untuk memperbaikinya. Pilihan lainnya adalah memastikan tanah bisa mengalirkan kelebihan air.

Bercak daun mungkin merupakan tanda kekurangan kalium. Periksa label pupuk Anda dan tambahkan sedikit kalium untuk mencoba mengatasi masalah ini.

Jamur di permukaan tanah mungkin menandakan Anda terlalu banyak menyiram. Kurangi frekuensi penyiraman untuk mencegah pertumbuhan jamur dan kemungkinan busuk akar.

Hama

Kutu daun yang mengerikan adalah serangga penghisap getah yang dapat berkembang biak dengan cepat. Hama satu ini memang kecil, tetapi bisa menyebabkan kerusakan besar. Paling sering mereka akan menyebabkan daun menjadi lemas dan akhirnya rontok.

Kutu putih atau coklat dan serangga bersisik lunak lainnya juga dapat menyerang tanaman Anda. Ini mengelompok di bawah daun atau di batang, dan mereka juga menyebabkan kerusakan karena pengisapan.

Penggunaan minyak neem secara teratur akan mengusir kutu daun, kutu sisik, dan kutu putih. Untuk kutu daun dalam jumlah besar, Anda mungkin bisa mencucinya dengan semprotan air bertekanan. Serangga sisik juga dapat dihilangkan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Agas jamur juga dapat masuk. Larva agas jamur dapat menyebabkan kerusakan pada akar tanaman pachira Anda. Untuk mencegahnya, biarkan tanah tanaman Anda mengering di antara penyiraman. Larva lebih menyukai tanah yang selalu lembab atau basah dan tidak akan berkembang saat tanah mulai mengering. Minyak neem yang disemprotkan ke permukaan tanah dan tanaman dapat membantu menjauhkan spesimen dewasa.

Penyakit

Antraknosa adalah kemungkinan penyakit pachira aquatica. Entah itu berupa bercak daun, hawar, atau masalah lain, itu melemahkan tanaman Anda. Mencegah antraknosa dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Jaga agar daun tanaman Anda tetap kering saat menyiram. Buang daun yang sakit atau daun yang menunjukkan tanda-tanda coklat, bercak tidak rata. Dan jika perlu gunakan fungisida tembaga untuk membersihkan antraknosa.

Tanah yang basah terlalu lama dapat mendorong perkembangan busuk akar. Biasanya berasal dari jamur, pembusukan ini akan menyebabkan tanaman kehilangan daun, layu, dan menguning. Seiring waktu, mereka dapat menyebar untuk mematikan tanaman Anda.

Mencegah busuk akar ternyata sangat mudah. Pastikan media tanam Anda mengalirkan kelebihan air dengan baik. Ini bisa tetap lembab, tetapi tidak boleh basah atau berlumpur.

Akhirnya, embun tepung putih bisa berkembang di daun. Ini juga berasal dari jamur, tetapi mudah diobati! Semprotkan minyak neem secara merata pada daun, baik bagian atas maupun bawah. Ini mencegah perkembangan jamur serta membunuh jamur yang ada.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

T: Apa nama lain yang dimiliki tanaman money tree?

A: Selain pachira, tanaman ini punya banyak nama! Berikut daftar singkatnya:

Money tree, money plant, kastanye malabar, kastanye Guyana, kacang prancis, kacang saba, monguba, pumpo, pohon kapuk liar, pachira aquatica, dan glabrum bombax.

T: Apakah pachira tanaman kecil atau besar?

J: Pachira aquatica bisa dibuat miniatur, kecil, sedang, besar, atau raksasa. Itu semua tergantung bagaimana Anda ingin menumbuhkannya! Di lingkungan asalnya, pohon-pohon ini dapat mencapai tinggi hingga 18 meter.

T: Bentuk mana yang harus ditanam, bonsai atau ukuran penuh?

J: Ada banyak faktor yang harus diperhatikan saat merawat pachira. Apakah Anda lebih suka tanaman yang besar atau kecil? Apakah Anda menanamnya di dalam atau di luar ruangan? Apakah Anda menanam untuk memanen kacang saba atau hanya untuk menikmati tanamannya?

Teknik bonsai membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai. Jika Anda sudah mengetahui cara membuat bonsai, Anda bisa membudidayakannya sendiri. Jika Anda tidak terbiasa dengan prosesnya, mungkin yang terbaik adalah membeli yang sudah terbentuk dengan ukuran miniatur. Namun Anda masih perlu memangkasnya sesekali untuk membentuknya.

Pohon yang lebih kecil dan dikepang mungkin lebih mudah bagi seseorang yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pemangkasan bonsai. Ini bisa ditanam di dalam atau di luar. Dan terakhir, jika Anda menginginkan tanaman besar, menanam pohon di luar ruangan sudah pasti menjadi pilihan. Pastikan Anda tidak ada kondisi beku di daerah Anda sebelum mengambilnya. Ingat, mereka tidak toleran terhadap dingin yang ekstrim!

Komentar