Tips Perawatan Tanaman Sente Hijau Alias Alocasia Macrorrhizos

Tanaman Alocasia dikagumi karena dedaunannya yang menakjubkan. Ada sekitar 79 spesies dalam keluarga tumbuhan Alocasia. Semuanya memiliki daun yang eksotis. Alocasia Macrorrhizos atau dikenal sebagai sente hijau adalah tanaman besar yang dapat tumbuh setinggi 4,5 meter dan lebar 2,4 meter.

Harga Sente

Tanaman ini akan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang terfilter dan kelembaban optimal 60% atau lebih. Untuk media tanam, kami sarankan menyiapkan campuran dengan tanah, cacahan pakis, dan pasir malang. Varietas ini juga membutuhkan suhu rata-rata 10-30 derajat Celsius untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Alocasia Macrorrhizos atau Giant Taro memiliki daun besar yang dramatis yang menambahkan tampilan hijau subur ke dalam ruangan Anda. Daunnya yang besar memiliki kemiripan yang tinggi dengan telinga gajah. Alocasia Macrorrhizos adalah tanaman yang sangat baik untuk naungan atau taman rumah Anda.

Spesies ini berasal dari Asia; sente asli India, Sri Lanka, dan Kepulauan Indonesia. Tanaman tahunan yang lembut ini dapat dengan mudah menjadi pusat perhatian di dalam taman atau ruangan. Pada tahun 1753, spesies ini disebut sebagai Arum Macrorhizum; kemudian pada tahun 1839 mereka dimasukkan dalam genus Alocasia.

Tanaman ini sangat beracun karena mengandung kalsium oksalat. Mengunyah bagian mana pun akan melepaskan kristal ini yang mengakibatkan pembengkakan dan iritasi pada mulut. Ini juga akan menyebabkan kesulitan bernapas. Tanaman alokasia dapat secara singkat digambarkan sebagai tanaman hias yang tumbuh cepat tetapi sensitif.

Oleh karena itu pertahankan perawatan tanaman yang tepat jika ingin menikmati keindahan sejati tanaman ini. Artikel ini akan membantu Anda mendapatkan dasar-dasar yang tepat untuk Alocasia Macrorrhizos yang sehat dan kuat.

Perawatan Tanaman Alocasia Macrorrhizos

Tanah

Tanah merupakan komponen penting dari perawatan tanaman; pastikan Alocasia Macrorrhizos ditanam di media pot yang porous dan memiliki drainase yang baik. Ini akan memastikan retensi air dan drainase yang tepat. Selalu pilih media yang kaya secara organik untuk tanaman Anda guna membantu mereka membangun sistem perakaran yang kuat.

Anda bisa membuat campuran media tanam yang subur dan gembur dengan mencampurkan cacahan pakis, tanah, sekam, dan pasir malang. Sente lebih menyukai tanah yang mudah mengering; oleh karena itu, campuran metan Anda harus memiliki drainase yang baik. Tanaman Anda sangat rentan terhadap busuk akar atau jamur lain karena drainase yang tidak tepat.

Air

Biarkan lapisan tanah atas hampir mengering sebelum penyiraman berikutnya. Ini memastikan tanaman Anda tidak terlalu banyak disiram air. Saat menyiram, pastikan kelembapan tersebar secara merata. Spesies yang menyukai air ini membutuhkan banyak kelembapan sepanjang tahun.

Anda dapat memberikan sinar matahari pagi atau sore beberapa jam untuk mencegah penyiraman berlebihan. Selalu periksa kondisi tanah untuk menentukan apakah tanaman benar-benar membutuhkan air. Masukkan jari Anda ke tanah untuk memastikan tidak ada air di bawah permukaan.

Air keran mengandung klorin atau fluorida dengan konsentrasi tinggi. Karena itu, kami sarankan Anda mengendapkannya dulu selama 24 jam. Jika tidak, zat kimiawi ini akan menyumbat tanah dan merusak kesehatan tanaman.

Cahaya

Tanaman yang terkena sinar matahari yang tepat memiliki warna daun yang bagus. Lingkungan pencahayaan terbaik untuk tanaman ini adalah naungan parsial. Lokasi terbaik adalah jendela dengan cahaya tidak langsung yang terang sepanjang hari.

Paparan sinar matahari penuh merugikan tanaman karena dalam banyak kasus daunnya akan terbakar. Sebaliknya, hindari menempatkannya di tempat yang sangat gelap karena kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan busuk akar atau jamur tanah.

Anda dapat memasang lampu tumbuh di atas tanaman untuk memberikan distribusi cahaya yang merata untuk pertumbuhan vertikal maksimum. Tidak seperti beberapa tanaman hias lainnya, varietas ini tidak mentolerir tingkat cahaya rendah. Pilih tempat terlindung di taman luar ruangan Anda untuk melindungi dedaunan besarnya dari angin kencang. Anda juga harus melindungi Alocasia Macrorrhizos alias sente hijau Anda dari sinar matahari langsung yang keras karena akan mengeringkan tanaman dan menghanguskan daun hijaunya yang indah.

Suhu

Suhu dalam ruangan terbaik untuk tanaman ini adalah antara 15 hingga 30 derajat Celcius. Tanaman Anda tidak akan senang saat suhu mulai turun di bawah 15 derajat Celcius. Hal menakutkan lainnya untuk tanaman ini adalah angin dingin dari jendela atau pintu.

Jika Anda ingin menanamnya di luar ruangan, lakukan hanya jika suhu tetap di atas 15 derajat Celcius. Berasal dari lingkungan yang lembab, varietas ini tidak suka duduk di sebelah AC atau pemanas.

Kelembaban

Setelah air, hal yang paling disukai oleh Alocasia Macrorrhizos selanjutnya adalah kondisi lembab. Anda harus menciptakan lingkungan yang selalu lembab dengan kelembaban setidaknya 60%, mirip dengan habitat aslinya di hutan tropis. Jika Anda menjaga kelembapan udara sangat rendah dengan suhu tinggi, tanaman Anda akan mulai berwarna coklat.

Untuk meningkatkan kelembapan, sebaiknya gunakan baki air. Baki air yang diletakkan di bawah pot Anda memiliki efek yang sama dengan misting. Karena saat air ini menguap, tingkat kelembaban udara meningkat.

Pupuk

Anda dapat menambahkan pupuk cair seimbang untuk memberikan nutrisi yang diperlukan. Pupuk butiran juga dapat digunakan, tetapi Anda harus lebih sering menggunakannya. Kami juga merekomendasikan menggunakan pupuk tanaman rumahan biasa setiap dua minggu sekali dengan dosis yang disesuaikan atau setengah rasio untuk mencegah keracunan.

Tips lainnya adalah melembabkan tanah dengan baik sebelum pemupukan untuk melindungi akar terbakar.

Repotting

Pindah pot setiap tahun dengan menyegarkan campuran tanah. Pastikan ukuran pot baru hanya satu ukuran lebih besar dari yang sebelumnya. Jika Anda tidak mengganti tanah pot setiap tahun, akar tanaman akan tumbuh lebih banyak, tetapi tanah tidak cukup untuk menampung air.

Pemangkasan

Pemangkasan dan pemeliharaan diperlukan untuk mendorong kondisi pertumbuhan yang lebih baik. Anda harus membuang sisa-sisa tanaman dan daun yang sekarat. Untuk mengurangi penyakit bakteri, selalu gunakan gunting setek yang sudah didesinfeksi. Pangkas tanaman Anda dengan sayatan bersih untuk menghindari syok pada tanaman.

Perbanyakan

Perbanyakan memungkinkan Anda tidak hanya memperluas koleksi Anda tetapi juga membantu Anda mempertahankan ukuran tanaman yang dapat dikelola. Alocasia Macrorrhizos bisa diperbanyak dengan metode berikut:

Pembagian Rumpun

– Tanaman seperti Alocasia Macrorrhizos menghasilkan rumpun yang dapat digunakan untuk perbanyakan. Pilih rumpun dengan sistem akar yang sehat dan setidaknya tiga daun.

– Sirami tanaman Anda dengan baik sebelum perbanyakan. Ini akan menghilangkan risiko syok transplantasi.

– Langkah pertama adalah mengeluarkan tanaman dari potnya. Keluarkan tanah di sekitar tanaman untuk akses yang lebih baik.

– Letakkan jari Anda di dekat persimpangan buku dan lepaskan offset atau tanaman anakan dengan hati-hati. Anda juga harus memisahkan sistem akar, daun, dan batang dari tanaman aslinya.

– Pindahkan anakan ke pot baru dengan tanah pot segar. Pertahankan kondisi cahaya, air, dan suhu berdasarkan petunjuk yang diberikan di bagian sebelumnya.

– Jaga secara khusus Alocasia Macrorrhizos yang baru ditransplantasikan selama beberapa minggu pertama.

Bunga

Bunga pada varietas Alocasia ini memiliki seludang hijau kekuningan dengan tongkol. Beberapa petani mengatakan bahwa mereka sangat mirip dengan bunga Calla Lily. Meski bunga sangat tidak menarik, tanaman ini mekar berulang kali setiap beberapa bulan dan hanya bertahan selama lima hari.

Pertumbuhan

Daun hijau yang tebal memiliki pola urat yang menonjol. Ujung daunnya runcing, dan alasnya berbentuk panah. Daun ini menunjuk dan tumbuh ke atas. Dengan kondisi yang tepat, daun dapat tumbuh dengan panjang 90 sampai 180 cm dan lebar 60 sampai 120 cm.

Daun hijau mengkilap menghiasi batang yang kaku untuk menciptakan kesan statement. Spesies ini kira-kira akan membutuhkan 5 hingga 10 tahun untuk mencapai kematangan dan tinggi maksimal.

Alocasia Macrorrhizos Vareigata / Sente Variegata

Versi variegata memiliki percikan warna kuning dan putih bertekstur di sisi atas dan bawah daun. Variasinya sangat menonjol, membuat daun besarnya semakin indah. Terkadang versi variegata menghasilkan daun yang benar-benar putih, tetapi daun ini lemah karena kekurangan klorofil.

Varietas ini membutuhkan sinar matahari tidak langsung medium untuk pertumbuhan dan variegasi daun yang baik. Menurut sebagian besar tukang kebun, versi Alocasia variegata ini juga merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan santai. Tetapi masalahnya adalah tanaman ini lebih jarang dan karenanya lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan versi klasik.

Masalah Umum Alocasia Macrorrhizos

Busuk Mahkota

Busuk mahkota disebarkan oleh jamur yang terbawa tanah. Penyakit ini didukung oleh campuran tanah yang berat dan tergenang air. Tepi daun berwarna kekuningan atau bintik hitam pada daun merupakan tanda utama penyakit. Saat pembusukan menyebar, bagian-bagian di dekat permukaan tanah mulai membusuk.

Jaringan di area yang terinfeksi akan mati, menyebabkannya menjadi coklat tua.

Tanaman yang lebih muda mengalami kesulitan menangani busuk mahkota, tetapi bahkan tanaman dewasa yang sudah mapan pun juga akan mulai layu seiring perkembangan busuk. Langkah pencegahannya:

– Hindari penyiraman berlebih.

– Jangan biarkan daun tanaman Alocasia Macrorrhizos Anda tetap basah terlalu lama.

– Pertahankan sirkulasi udara yang baik di sekitar tanaman.

– Anda juga bisa menggunakan fungisida untuk infeksi awal.

Hama

Jika Anda tidak menjaga kebersihan tanaman dengan baik, tungau akan membentuk jaring di sisi bawah daun. Kutu putih lebih menonjol daripada tungau laba-laba karena massa kapas putih. Periksa secara teratur tempat persembunyian pada tanaman seperti bagian bawah, ketiak daun, dan sambungan daun / batang. Jaga agar tingkat kelembapan tetap tinggi untuk memerangi tungau laba-laba.

Anda harus menyemprot tanaman Anda dengan campuran air sabun lembut setiap minggu untuk mencegah kerusakan hama. Penyemprotan ini juga akan menghilangkan partikel debu dari daun. Insektisida berkualitas baik dapat membunuh hama dan telurnya.

Daun Kuning dengan Halos Coklat

Masalah ini adalah akibat dari beberapa masalah budidaya. Salah satu alasan di bawah ini bisa menjadi penyebab kerusakan ini:

– Tanah yang terlalu jenuh di antara penyiraman.

– Lokasi sangat gelap dengan sedikit cahaya.

– Air keran atau air yang terlalu dingin digunakan.

– Kurangnya pupuk yang tepat.

Pastikan Anda memberi nutrisi Alocasia Macrorrhizos secara teratur untuk mendapatkan daun hijau yang sehat. Anda harus segera membuang semua daun yang terinfeksi dan memberantas masalah di atas.

Hawar Daun Jamur

Anda akan melihat pertumbuhan tidak jelas dan lesi kecil pada daun Alocasia Anda saat terinfeksi penyakit jamur ini. Lesi ini juga mengeluarkan cairan dan berubah menjadi gelap dengan warna ungu atau hitam. Jika Anda tidak mengobati virus ini, seluruh daun akan roboh saat jamur menyebar.

Rawat tanaman Anda dengan mengaplikasikan fungisida berbahan dasar tembaga yang berkualitas baik pada daun. Anda harus mengoleskan fungisida ini dua kali setiap minggu. Jika tanaman Anda berada di luar ruangan dan saat itu sedang musim hujan, kurangi aplikasi menjadi seminggu sekali. Anda juga harus berhenti menyiram tanaman dari atas untuk mencegah daun basah.

Karat Daun

Karat daun adalah penyakit jamur yang tidak akan membunuh Alocasia Anda, tetapi merusak penampilan daun yang indah. Dua gejala umum karat daun pada tanaman hias adalah:

– Bintik coklat berwarna karat di sisi bawah daun.

– Bercak besar dan pudar di sisi atas daun.

Anda bisa memastikan keberadaan karat daun dengan membersihkan daun menggunakan kain putih. Jika berubah menjadi oranye, tanaman Anda terinfeksi karat. Anda harus membuang daun yang terinfeksi karat daun untuk menghentikan penyebaran jamur. Tingkatkan sirkulasi udara di sekitar tanaman Anda dan jaga agar dedaunan tetap kering.

Karat daun merupakan organisme yang bergantung pada tumbuhan hidup untuk kelangsungan hidupnya. Mereka harus dirawat secepat mungkin agar tidak menyebar melalui jaringan tanaman. Anda juga harus mengurangi tingkat kelembapan karena kelembapan yang tinggi mendorong tumbuhnya karat.

Tips Menumbuhkan Alocasia Macrorrhizos

– Selalu gunakan air hangat karena sistem akar Alocasia ini sensitif terhadap fluktuasi suhu.

– Daun cokelat berarti tanaman Anda meminta lebih banyak kelembapan.

– Hindari menggunakan produk pembersih daun kimia; Sebagai gantinya, bersihkan daun secara teratur dengan air hangat.

– Jangan pernah overwater karena pada akhirnya akan menyebabkan kekurangan oksigen.

– Pencahayaan overhead adalah pilihan terbaik berdasarkan struktur pertumbuhan tanaman ini. Cahaya lateral dapat menyebabkan pertumbuhan miring.

– Alocasia Macrorrhizos Anda selalu lebih aman jika kekurangan air, terutama jika berada di lokasi yang teduh atau sejuk.

– Penyiraman yang tidak teratur tidak baik untuk tanaman ini. Jangan biarkan tanaman Anda sering mengalami kekeringan karena hal ini memaksanya memasuki dormansi.

– Anda bisa menambahkan lapisan pasir tipis di dasar tanah untuk drainase yang baik.

– Pastikan ada satu lubang drainase di pot Anda agar air ekstra bisa keluar.

– Basahi tanaman Anda secara teratur menggunakan botol semprot untuk kelembapan yang lebih baik. Jangan biarkan air kabut terlalu lama menempel di daun; ini akan membebani daun dan batang.

Tanya Jawab tentang Alocasia Macrorrhizos

Bagaimana saya tahu jika Alocasia Macrorrhizos saya terendam air?

Gejala utama tanaman hias kekurangan adalah daun kuning, pinggiran daun coklat, dan pertumbuhan kerdil.

Apa yang harus saya lakukan untuk menyelamatkan Alocasia Macrorrhizos saya yang kelebihan air?

Kurangi frekuensi aplikasi air. Anda juga bisa meletakkan tanaman di tempat dengan cahaya yang bagus untuk mengeringkan air yang terperangkap di dalam tanah.

Daun muda baru di Alocasia Macrorrhizos saya berwarna coklat; apa yang salah?

Ini karena tingkat kelembapan udara yang rendah. Anda harus meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman Anda untuk memastikan daun baru tidak tumbuh bercak coklat. Ada banyak cara meningkatkan kelembaban, seperti misting / semprot, nampan kerikil, dan pelembab ruangan.

Saya telah memperhatikan pertumbuhan jamur di tanah tanaman saya; apakah itu normal?

Ini karena terlalu banyak air atau terlalu banyak paparan sinar matahari. Jadi Anda harus segera mengubah jadwal penyiraman dan kondisi cahaya tanaman Anda. Anda juga harus mengganti setidaknya 5 cm teratas tanah dengan campuran media tanam fresh.

Tanaman saya tidak menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan selama beberapa minggu terakhir; apa masalahnya?

Jangan khawatir; tanaman Anda tidak mati. Pertumbuhan yang lambat menandakan sedang memasuki fase dormansi dan bersiap untuk musim dingin. Tetap rawat tanaman Anda karena semua yang ada di bawah permukaan tanah masih aktif.

Apa sajakah gejala kurang nutrisi pada Alocasia Macrorrhizos?

Daun kerdil atau pucat merupakan gejala utama kekurangan unsur hara bagi tanaman ini.

Tanaman saya telah mengembangkan bercak pucat segera setelah saya memindahkannya ke luar ruangan; apa yang dapat saya lakukan?

Daun mengembangkan bercak ini karena Anda telah memindahkan tanaman dari lokasi gelap ke area luar ruangan yang sangat terang. Pastikan tanaman Anda tidak berada di bawah sinar matahari langsung; berikan waktu untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang baru.

Kesimpulan

Tanaman ini cocok untuk orang yang tak mau ribet dalam merawat tanaman dan menyenangkan untuk ditanam di taman luar ruangan atau dalam pot. Ini adalah spesies subtropis dengan pemeliharaan rendah untuk penggemar tanaman hias. Alocasia Macrorrhizos membanggakan dedaunannya yang mencolok di lokasi mana pun. Struktur daun membuat tanaman ini menarik secara visual.

Alocasia Macrorrhizos adalah tanaman yang mudah dirawat yang dapat menghadirkan kesegaran dan kehidupan di rumah Anda, memberikan rasa tenang. Jika Anda menyukai Alocasia, kami sarankan Anda membaca artikel kami tentang Alocasia Polly, atau jika Anda menyukai Alocasia raksasa, kemungkinan besar Anda akan menyukai Alocasia Brisbanensis.

Komentar