Panduan Merawat dan Membesarkan Calathea Ornata

Dengan daun hijau tua berukuran besar dengan aksen garis-garis merah muda halus, calathea ornata (juga dikenal sebagai tanaman “pin stripe” untuk alasan yang baik) menawarkan penampilan yang menambahkan intensitas dan daya tarik pada ruangan di dalam rumah; oleh karena itulah mengapa tanaman ini menjadi tanaman hias yang populer.

Harga Calathea Ornata

Meskipun tak disangkal sangat indah, perawatan Calathea ornata bisa sedikit rumit dan agak sulit. Entah Anda baru saja membeli tanaman ini untuk diri sendiri atau seseorang telah memberikannya kepada Anda, mengetahui cara merawatnya dengan benar sangatlah penting.

Meskipun bisa jadi cerewet, dengan tips dan saran yang tepat, Anda dapat merawat Calathea ornata yang sehat dan indah dengan sukses. Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang tanaman hias yang luar biasa ini, termasuk tips penyiraman, kebutuhan tanah, kebutuhan pupuk, dan banyak lagi.

Calathea Ornata: Gambaran Umum

– Calathea ornata adalah tanaman berdaun tahunan dan anggota famili tanaman yang dikenal sebagai “prayer plants,” karena daunnya naik dan turun sebagai respons terhadap sinar matahari. Berasal dari negara-negara Amerika Selatan di Columbia dan Venezuela, ini adalah tanaman tropis yang tumbuh di hutan yang hangat dan lembab.

– Calathea ornata sering disebut sebagai tanaman “pin stripe” karena daun ornamentalnya. Daunnya berwarna hijau tua dan diberi aksen garis keputihan atau merah muda. Kontras kedua warna tersebut menjadikan tampilan menawan yang tentunya enak dipandang. Saat daun naik dan turun sebagai respons terhadap matahari, bagian bawah keunguan-magenta terbuka, yang semakin menambah keindahan tanaman ini.

– Daunnya berbentuk lonjong dan memiliki corak yang mengkilap. Pertumbuhan baru muncul dari bagian tengah tanaman, dan daun terletak di ujung batang yang panjang. Tanaman dewasa sepenuhnya dapat mencapai tinggi 90 hingga 270 cm di habitat aslinya. Namun ketika ditanam di dalam ruangan, tanaman ini biasanya tidak berdiri lebih dari 90 cm dan lebarnya lebih dari 90 cm.

– Sebagai tanaman tropis, Calathea ornata harus tetap berada di dalam ruangan selama cuaca dingin; karenanya itulah ornata menjadi pilihan yang populer untuk taman indoor. Namun selama suhunya tepat, tanaman ini dapat menahan kondisi luar ruangan dan akan memberi aksen yang indah di teras atau pelataran rumah Anda. Sebaiknya simpan tanaman ini di dalam pot agar dapat dipindahkan dari dalam ruangan ke luar ruangan, sesuai kebutuhan.

– Di alam, tanaman Calathea ornata dapat menumbuhkan bunga. Namun di dalam ruangan, bunga ini jarang mekar. Ketiadaan bunga bukanlah masalah, karena dedaunannya begitu mencolok sehingga daunnya memberi statement yang tegas dengan sendirinya. Antara bulan Maret dan Oktober, tanaman ini tumbuh aktif dalam lingkungan aslinya karena tanah paling lembab antara bulan-bulan ini di lingkungan asalnya.

– Untuk memastikan bahwa Calathea ornata mencapai potensi maksimalnya, penting untuk memastikan bahwa tanaman ini diberikan perawatan yang diperlukan. Karena agak rewel seperti yang disebutkan di atas, ini mungkin tidak ideal untuk indoor gardener pemula karena memang membutuhkan sedikit lebih banyak perawatan.

Menumbuhkan dan Merawat Calathea Ornata

Dari menyiram hingga memupuk, dan dari kebutuhan cahaya serta pengaturan yang optimal, di bawah ini Anda akan menemukan cara menanam dan merawat tanaman Calathea ornata atau pin stripe dengan benar.

Lokasi yang Ideal

Lokasi memainkan peran besar dalam kesuksesan Anda dalam merawat tanaman pin stripe, karena pengaturan menentukan kondisi yang akan terjadi. Karena merupakan tanaman tropis, Calathea ornata lebih menyukai sinar matahari yang cerah, namun tidak langsung. Pencahayaan adalah salah satu alasan mengapa tanaman ini sangat cerewet.

Jika tanaman ini tidak mendapatkan cukup cahaya, pertumbuhannya akan terhambat; Namun jika terkena sinar matahari langsung dalam jumlah banyak, daun tanaman yang lembutnya akan terbakar.

Calathea ornata berasal dari hutan hujan Amerika Selatan. Dengan demikian mereka telah beradaptasi untuk dinaungi oleh tanaman dan pohon yang lebih tinggi. Jika diletakkan di bawah sinar matahari langsung, daunnya akan terbakar dan akhirnya tanaman akan mati.

Saat memilih lokasi untuk tanaman Calathea ornata, pastikan tanaman tidak akan terkena sinar matahari langsung yang cerah. Jika Anda tidak terlalu yakin tentang jumlah sinar matahari yang diterimanya, perhatikan daunnya dengan cermat. Jika daun tampak seperti mulai kehilangan belang, berarti terlalu banyak terkena sinar matahari dan perlu dipindahkan.

Lokasi yang ideal adalah yang cerah, namun tidak menerpa langsung ke tanaman. Jendela menghadap ke timur yang ditutupi oleh naungan atau tirai akan menjadi lokasi yang ideal untuk tanaman dalam ruangan ini. Saat membahas lokasi Calathea ornata, jenis pot juga menjadi faktor penting untuk dibahas. Tanaman ini dapat ditempatkan di dalam pot, wadah, atau jenis planter lain yang menawarkan banyak ruang untuk pertumbuhan akar dan dilengkapi lubang drainase di sepanjang bagian bawah.

Persyaratan Tanah

Sebagai tanaman tropis, Calathea ornata tumbuh subur di tanah yang lembap dan memiliki drainase yang baik. Meskipun tanah harus menahan banyak air, tanah tidak boleh menggenang dan tanaman harus bernapas. Tanah yang padat dan keras tidak ideal karena dapat menahan terlalu banyak kelembapan dan sifat ultimat, akar dapat menjadi busuk dan mati, atau hama dapat tertarik ke tanaman. Pilih media tanam yang dibuat khusus untuk tanaman tropis.

Ini harus memiliki tingkat pH yang sedikit asam. Jika perlu, Anda dapat mencampur gambut atau sedikit sekam bakar ke dalam tanah. Namun hindari menambahkan gambut terlalu banyak karena tanah bisa menjadi padat, yang akan menyebabkan retensi air dalam jumlah tinggi.

Menyiram Calathea Ornata

Air sangat penting untuk semua spesies tumbuhan, begitu pula Calathea ornata. Sebagai tanaman tropis, mereka menyukai kelembapan. Tanah harus selalu lembap, tetapi tidak boleh terlalu jenuh. Untuk menentukan kapan perlu disiram, rasakan tanahnya. Jika beberapa cm bagian atas tanah terasa kering, maka saatnya menyiramnya. Rata-rata, tanaman ini harus disiram setidaknya sekali seminggu, jika tidak lebih; tergantung di mana tanaman itu berada dan di jenis tanah tempat tanaman itu tumbuh.

Tingkat Kelembaban

Sekali lagi, karena ini adalah tanaman tropis, kelembapan berperan penting dalam kesehatan tanaman Calathea ornata. Untuk meniru kondisi asli, tanaman ini membutuhkan kelembapan yang tinggi.

Untuk mencapai tingkat kelembapan yang sesuai, Anda bisa menyemprot bagian bawah dan pucuk daun setiap hari di pagi hari. Misting (semprot halus) di pagi hari itu penting, karena hal itu akan membuat daun mengering sepanjang hari. Sebagai alternatif, Anda dapat menyiapkan pelembab udara, yang akan memungkinkan tanaman menerima kelembapan yang dibutuhkannya tanpa menuntut pekerjaan ekstra dari Anda.

Masalah Hama

Sayangnya, Calathea ornata rentan terhadap beberapa hama. Tungau laba-laba adalah hama yang paling mengganggu; Namun dengan perawatan rutin, Anda bisa mencegahnya menyusup ke tanaman Anda.

Membersihkan daun dengan campuran sabun cuci piring dan air dalam botol semprot adalah cara yang mudah dan efektif untuk mencegah tungau laba-laba. Kombinasi keduanya akan membunuh hama yang mungkin bersembunyi di daun. Setelah Anda menyelesaikan perawatan, seka daunnya untuk menghilangkan sabun. Ulangi proses ini setiap beberapa minggu sekali.

Tanda peringatan

Tanaman Calathea ornata bisa sedikit “temperamental.” Untungnya, tanaman ini akan mengirimkan beberapa tanda peringatan bahwa dia perlu bantuan sebelum benar-benar mati. Jika warna daun tampak hijau muda kebalikan dari hijau tua, jika garis-garis khasnya mulai memudar, atau jika daun tampak menguning atau putih, itu semua adalah tanda-tanda tanaman Calathea ornata Anda butuh bantuan.

Tarik napas dalam-dalam, karena tanaman Anda belum sekarat… Selama Anda melakukan perubahan pada perawatan yang Anda berikan, Anda akan dapat menyembuhkan tanaman Anda dan mengembalikannya ke keadaan berkembang.

Beberapa masalah yang mungkin berperan meliputi:

– Lingkungan yang kering. Ingat, tanaman ini tropis dan karena itu mereka membutuhkan kelembapan yang cukup.

– Kekurangan air. Selain kelembapan, tanaman Calathea ornata membutuhkan air yang cukup banyak. Jika tanaman Anda mulai menunjukkan tanda-tanda masalah, mungkin itu pertanda Anda kurang menyiramnya.

– Drainase yang buruk. Calathea ornata yang gagal bisa menjadi tanda bahwa tanah tidak bisa mengalirkan air dengan baik. Meskipun tanaman ini memang membutuhkan banyak air, tanah perlu memiliki drainase baik. Jika drainase tidak memadai, tanaman bisa tenggelam.

– Hama. Jika Anda mulai melihat lubang di tengah atau pinggiran di tepi daun, hama mungkin sudah menyusup ke tanaman Anda.

Jika Anda mengalami salah satu masalah ini, pastikan Anda mengatasinya secepat mungkin. Jika tidak, Anda bisa kehilangan tanaman ini.

Kesimpulan

Tanaman Calathea ornata atau pin stripe adalah tanaman hias menakjubkan yang dapat memberikan kenikmatan bertahun-tahun jika dirawat dengan benar. Dengan tips yang disebutkan di atas, Anda akan dapat menjaga tanaman pin stripe Anda tetap sehat dan indah selama bertahun-tahun yang akan datang.

Komentar