Cara Merawat dan Memperbanyak Tanaman Calathea Vittata

Jika Anda pernah melihat tanaman Calathea Vittata, kemungkinan besar Anda mengira itu adalah ornamen yang dilukis dengan tangan. Banyak orang melakukan kesalahan yang sama, berkat pola dan garis yang indah di daunnya. Spesies Calathea Elliptica Vittata, seperti semua spesies lain dalam keluarganya, cenderung “membuka dan menutup” daunnya sesuai dengan waktu. Selama paparan sinar matahari yang baik di pagi hari, daun akan terbuka, sementara daun akan melipat dan menggulung pada malam hari.

Harga Tanaman Calathea Vittata

Walau indah dan unik, perawatan tanaman Calathea Vittata tidak membutuhkan banyak tenaga, waktu, atau uang. Dengan demikian, tidak mengherankan jika penggemar tanaman hias menyukai spesies khusus ini.

Klasifikasi

– Keluarga: Marantaceae

– Genus: Calathea

– Spesies: Calathea Vittata

Tentang Genus Calathea

Dengan beberapa lusin spesies ada dalam kelompoknya, Calathea adalah genus tanaman populer dengan daun indah yang sering digunakan sebagai hasan. Kadang-kadang mereka juga disebut sebagai “prayer plant.” Tidak hanya cantik untuk dilihat, tanaman ini juga memiliki sifat yang mempesona.

Mereka menggulung daunnya pada malam hari dan membuka di pagi hari. Beberapa orang mengatakan mereka “mencari matahari pagi.” Ciri ini adalah hasil dari sambungan kecil antara daun dan batang. Genus ini telah dibudidayakan secara luas dan mencakup beberapa kultivar cantik termasuk Calathea Beauty Star, Calathea Fasciata, Calathea Corona, dan Calathea Misto.

Asal dan Persebaran

Biasanya, genus ini berasal dari Brasil, Kolumbia, dan Thailand. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis, sehingga suka tumbuh di lingkungan seperti itu. Sayangnya, karena perusakan habitat yang sangat parah, beberapa spesiesnya terancam punah.

Ciri Tanaman Calathea Vittata

Dedaunan dan Batang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tanaman ini memiliki garis putih yang indah di daun hijaunya yang membuatnya unik dan membuatnya menonjol di antara tanaman lain. Polanya membuat mereka terlihat seperti mahakarya yang dilukis dengan tangan, yang secara signifikan meningkatkan permintaan di bisnis tanaman hias. Daunnya bisa tumbuh setinggi 50 sampai 60 cm, bentuknya panjang dan runcing.

Evergreen

Kabar baik bagi orang yang ingin membeli tanaman ini untuk keperluan dekoratif: daunnya selalu hijau. Ini berarti Calathea Vittata  etap cantik sepanjang tahun dan musim yang lewat tidak akan mempengaruhi mereka secara negatif. Dengan demikian, Anda dapat menampilkannya di mana saja dan memamerkan kecantikannya sesuai keinginan.

Tinggi

Secara total, Calathea Vittata mampu tumbuh setinggi 60 hingga 65 cm dan lebar dalam ukuran yang sama. Karena ukurannya yang kecil, Calathea Vittata bisa menjadi tanaman meja atau ornamen rak yang indah.

Toleransi Suhu

Calathea Vittata lebih menyukai suhu hangat dan tinggi, dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu minimal 15 derajat celcius. Dengan demikian, tanaman ini memiliki toleransi suhu yang baik secara keseluruhan.

Toleransi Kelembaban

Tanaman Calathea Vittata menyukai kelembapan, jadi pastikan Anda memberinya banyak kelembapan. Anda dapat memasang humidifier dan menyemprot tanaman sesekali untuk memastikannya terhidrasi dengan baik.

Bunga

Meskipun Anda dapat menemukan tanaman Calathea yang mekar di alam liar, ini jarang terjadi pada tanaman dalam ruangan.

Ketahanan Terhadap Kekeringan

Tanaman ini tidak tahan kekeringan. Berikan cukup air dan lingkungan yang layak untuk ditinggali karena kondisi kering dan kekurangan air akan cepat membuatnya sakit.

Toleransi Terhadap Tekanan

Tanaman ini cukup tahan tekanan karena daunnya yang keras. Mereka tidak akan langsung roboh di bawah tekanan, seperti terinjak atau dikelilingi oleh benda lain.

Resistensi Terhadap Penyakit dan Hama

Tanaman ini rentan terhadap dua jenis bercak daun, yaitu bercak daun Alternaria dan bercak daun helminthosporium. Keduanya jamur dan hasil dari kelembapan yang berlebihan pada permukaan daun untuk waktu yang lebih lama. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan Anda membersihkan tanaman secara teratur dan tanaman harus benar-benar kering dalam beberapa jam setelah disemprot atau disiram. Namun dalam kasus seperti itu, Anda dapat memisahkan tanaman dari koleksi Anda yang lain. Kemudian, gunakan fungisida untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertumbuhan

Tanaman ini cepat tumbuh. Di bawah perawatan Calathea Vittata yang tepat, mereka dapat dengan cepat tumbuh hingga ukuran penuhnya.

Toksisitas

Kabar gembira bagi pemilik yang memiliki hewan peliharaan dan anak di rumahnya, tanaman ini tidak beracun. Karenanya, mereka aman untuk diletakkan di sekitar anak-anak dan hewan. Namun tanaman cenderung memiliki semua jenis zat berbahaya di permukaannya, seperti pupuk, pestisida, dan serangga. Jadi, akan lebih baik jika Anda menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan mencegahnya agar tidak tertelan.

Daya tahan

Karena tanaman ini selalu hijau, mereka bisa sangat tahan lama. Berikan perawatan yang tepat dan pastikan mereka tumbuh di lingkungan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir mengganti tanaman untuk waktu yang lama.

Pemeliharaan

Karena mereka tidak meminta banyak perawatan, tanaman Calathea Vittata pemeliharaannya cukup rendah. Jadi mereka bagus untuk pemula atau orang yang tidak punya banyak waktu luang untuk perawatan tanaman.

Dormansi

Tanaman Calathea Vittata cenderung tidak aktif di musim dingin di negara empat musim. Selama beberapa minggu itu, sebaiknya pemilik tidak memperbanyak atau memupuknya. Jagalah agar tanah tetap lembab dan biarkan tanaman “beristirahat.”

Perawatan Calathea Vittata

Calathea Vittata lebih menyukai cahaya rendah tersebar dan tanah lembab untuk hidup. Mereka menyukai suhu hangat mulai dari 18 hingga 23 derajat Celcius dan dapat hidup dalam kelembapan yang tinggi. Anda dapat memberinya pupuk setiap bulan dan merawatnya dengan benar untuk menghilangkan bahan yang tidak diinginkan dari tanaman.

Air

Calathea Vittata menyukai kelembapan di tanah. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa media tetap lembap. Namun tanaman ini sangat rentan terhadap busuk akar, sehingga kelembapan yang berlebihan di tanah juga bisa berbahaya. Cara yang tepat untuk mempertahankan ketinggian air ini adalah dengan sering menyiram sedikit air. Ini berarti Anda perlu memberi tanaman sedikit air tetapi dalam frekuensi yang lebih tinggi.

Periksa juga tekstur tanah sebelum Anda menyiramnya. Jika masih tampak basah, tunggu beberapa hari lagi sebelum Anda menyiramnya kembali. Rata-rata, tanaman ini membutuhkan penyiraman setiap 5 hingga 6 hari, jadi Anda tidak perlu terus-terusan memeriksa setiap beberapa jam. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan air hujan atau air suling karena daunnya cukup sensitif terhadap bahan kimia air ledeng.

Tanah

Idealnya, Anda harus menggunakan campuran gambut dan setengah dari jumlah perlite. Tekstur tanah harus bisa menyerap kelembapan dan menahannya, tetapi juga harus memiliki drainase yang baik. Anda harus mengisi kembali permukaan atas tanah beberapa bulan sekali. Ini akan membantu tanaman mendapatkan pupuk dan nutrisi.

Sinar Matahari

Tanaman ini menyukai cahaya, tetapi Anda harus memastikan semuanya tersaring dan tersebar. Letakkan tanaman di balik tirai tipis atau di ruangan yang cukup terang alih-alih di bawah paparan langsung sinar matahari. Sinar matahari langsung tidak hanya akan merusak daun dan membakarnya, tetapi juga akan memudarkan warna dan corak indahnya. Jika Anda harus meletakkannya di luar ruangan, pilih kain peneduh untuk memfilter cahaya yang mengenai permukaannya.

Suhu

Berasal dari daerah tropis, tanaman Calathea lebih nyaman dengan iklim hangat. Tanaman dapat hidup dengan baik pada kisaran suhu 18 hingga 23 derajat Celcius. Untuk suhu yang lebih rendah, mereka dapat bertahan minimal 15 derajat Celcius.

Kelembaban

Untuk spesies ini, kelembapan tinggi sangat penting. Jika Anda tinggal di daerah yang lebih kering di dunia, pilihlah pelembab dalam ruangan. Jika tidak, Anda bisa meletakkan tanaman dalam pot di nampan kerikil berisi air. Pastikan saja pot tidak langsung berada di atas air. Menempatkannya di kamar kecil adalah cara yang baik untuk meningkatkan kelembapan udara.

Pupuk

Pemberian pupuk nitrogen dosis rendah optimal untuk tanaman ini dua kali setiap bulan atau sesuai pemahaman Anda.

Repotting

Spesies ini secara keseluruhan kecil, tetapi tumbuh dengan cepat, jadi Anda harus memindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar setelah jangka waktu tertentu. Anda bisa menebak kapan saatnya mengganti pot dengan melihat lubang drainase. Jika akarnya sudah mulai keluar, atau tanahnya tidak mengalir dengan baik, mungkin sudah waktunya untuk mengganti ulang pot tanaman. Anda juga bisa membagi tanaman menjadi beberapa bagian dan kemudian mengepotkannya secara terpisah.

Perawatan dan Pemangkasan

Anda bisa menyeka dan membersihkan daunnya dengan kain lembab atau dengan menyemprot tanaman. Ini akan menghilangkan debu dan bakteri di permukaan, yang pada akhirnya membantu tanaman bernapas lega. Lakukan ini secara rutin setiap minggu untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan serangan hama lainnya.

Budidaya dan Perbanyakan

Anda dapat memperbanyak tanaman melalui pembagian. Langkah-langkah berikut akan membuat seluruh prosedur lebih mudah bagi Anda:

– Pilih tanaman yang ingin Anda perbanyak dan pastikan tanaman itu sehat dan bersih.

– Keluarkan tanaman dari pot dan pisahkan batangnya sesuai dengan jumlah tanaman yang ingin Anda tanam. Setiap batang akan menumbuhkan tanaman tersendiri.

– Anda bisa menyiram tanaman setelah menanamnya kembali. Pastikan saja Anda tidak melakukannya secara berlebihan karena tanaman mudah busuk.

– Sabar dan tunggulah tanaman baru tumbuh.

Laju Pertumbuhan

Minggu 1-3: Pastikan tanaman menerima tingkat air dan pupuk yang optimal. Akan tetapi, melakukannya secara berlebihan dapat dengan cepat membunuh tanaman.

Minggu 4-6: Akar kecil akan mulai tumbuh.

Bulan 2-3: Akar akan terlihat panjangnya sekarang.

Bulan 3-6: Anda akan melihat pertumbuhan baru, siap untuk dipotkan.

Memajang Tanaman Calathea Vittata

Tanaman Calathea Vittata terlihat indah dengan sendirinya sehingga Anda dapat memajangnya di hampir semua tempat, dengan atau tanpa ditemani tanaman lain dalam koleksi Anda. Letakkan di sudut yang besar dan biarkan tumbuh dengan damai hingga mencapai potensi penuhnya.

Selain digunakan untuk keperluan hias, daun tanaman Calathea digunakan untuk beberapa keperluan lain di seluruh dunia. Orang-orang menggunakan daun Calathea yang belum diolah untuk membungkus ikan sebelum diangkut ke Brasil. Di Kolombia, mereka digunakan oleh pengrajin untuk membuat wadah. Juga, mereka adalah wadah nasi hias yang sangat populer di desa-desa tertentu di Thailand.

Memilih Calathea Vittata

Cara terbaik untuk membeli tanaman semacam itu adalah dengan terlebih dahulu memastikannya benar-benar sehat. Periksa tanaman apakah ada tanda-tanda hama, infeksi, dan penyakit. Membawa tanaman yang sakit ke rumah juga dapat menginfeksi sisa tanaman Anda, jadi bagian ini sangat penting.

Penutup

Calathea Elliptica Vittata adalah tanaman hias dalam pot yang indah. Mereka terkenal dengan daun-daunnya yang indah dengan garis-garis putih di atasnya, hampir terlihat seperti lukisan tangan. Tanaman ini mudah dirawat sepanjang tahun. Dengan demikian, tidak sulit untuk membiakkannya di dalam ruangan juga. Secara keseluruhan, jika Anda seorang pemula dalam pemeliharaan tanaman rumah, entah Anda adalah orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman mereka, spesies ini sangat cocok untuk Anda.

Komentar