Cara Merawat dan Memperbanyak Dracaena Marginata

Jika Anda mencari tanaman yang menawarkan tampilan Asia, klasik, dan arsitektural, tanaman Dracaena Marginata cocok untuk Anda. Dracaena jenis ini tidak hanya menambahkan tampilan modern ke ruangan mana pun, tetapi juga menghilangkan bahan kimia berbahaya yang mungkin ada di sekitarnya.

Harga Dracaena Marginata

Tanaman berdaun kaku ini tidak rewel; perawatan tanaman rumahan sederhana sudah cukup untuk Dracaena Marginata. Tanaman ini idealnya lebih menyukai bintik-bintik sinar matahari yang cerah dan belang-belang. Mereka menyukai tanahnya dicampur sekam dan pasir. Selain itu, tanaman ini menikmati suhu 21 hingga 26 derajat Celcius dan tumbuh subur dalam suhu rumah tangga normal.

Tanaman Dracaena Marginata juga dikenal sebagai Madagaskar Dragon Tree. Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman Dracaena, dan namanya terinspirasi oleh kerabat dekatnya, Dracaena Draco. Kelompok tumbuhan Dracaena memiliki lebih dari 120 spesies, masing-masing terkenal dengan banyak karakteristik indahnya.

Tanaman ini memiliki beberapa varietas. Namun yang paling umum adalah Dracaena Marginata Tricolor, Dracaena Marginata Colorama, dan Dracaena Marginata Bicolor. Tanaman Dracaena Marginata adalah pilihan tanaman hias yang sangat baik untuk pemula karena mudah dirawat dan cukup tahan penyakit. Ketika ditanam sebagai tanaman hias, Dragon Tree tumbuh dengan batang yang cukup banyak.

Perawatan Tanaman Dracaena Marginata

Tanah

Setiap jenis dan kondisi tanah tanaman memiliki nilai yang sangat besar karena mereka terlibat secara signifikan dalam pertumbuhannya secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tanaman Anda tumbuh di tanah yang ideal. Tanaman Dracaena Marginata, seperti kebanyakan tanaman Dracaena lainnya, menyukai tanah yang subur dan porous.

Dracaena Marginata tumbuh subur dalam campuran sekam, humus, dan pasir. Kombinasi ini memberikan kondisi pertumbuhan yang ideal untuk tanaman, memungkinkannya mencapai potensi penuhnya.

Tanaman ini lebih menyukai pH tanah 6 sampai 7 (sedikit asam ke netral). Jika pH tanah tanaman Dracaena Marginata Anda turun terlalu rendah atau naik secara berlebihan, tanaman kemungkinan besar akan bereaksi negatif dan merontokkan semua daunnya. Oleh karena itu, selalu jaga netralitas tanah.

Tanaman Dracaena Marginata memiliki sistem perakaran yang luas. Oleh karena itu, bila ditanam sebagai tanaman dalam ruangan, pastikan wadahnya memiliki drainase yang baik dan cukup besar untuk menahan akarnya dengan nyaman.

Beberapa varietas Dracaena Marginata indah yang diimpor dari Hawaii bahkan mungkin datang dengan batuan lava. Anda harus membuang sekitar sepertiga tanah untuk tanaman semacam itu dan menggantinya dengan campuran media tanam di atas.

Penyiraman

Tanaman Dracaena Marginata, meskipun sangat tahan penyakit dan kekeringan, peka terhadap air yang berlebihan dan kurang. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan antara kedua ekstrem ini sangat penting untuk perkembangan tanaman Anda tetap sehat.

Idealnya, sirami tanaman Dracaena Marginata, lalu tunggu hingga setengah bagian atas tanah mengering. Lingkungan tanaman berdampak besar pada jadwal penyiramannya. Namun bagian atas tanah biasanya mengering dalam 3 minggu dalam cahaya redup.

Rawat tanaman Dracaena Marginata dan pertahankan dengan pola penyiraman ini. Karena sensitivitas air tanaman, sebaiknya sirami dengan air hangat. Jika Anda melihat daun tanaman Dracaena Marginata menguning, berarti dua haus. Karena itu, segera sirami tanaman Anda.

Sebaliknya, jika Anda melihat tanaman Dracaena Marginata mengembangkan tepi daun berwarna coklat, berarti tanaman Anda terlalu banyak air. Oleh karena itu, keringkan akar tanaman dan tahan penyiraman sampai bagian atasnya 3 hingga 5 cm kering kembali.

Salah satu kesalahan utama yang dilakukan banyak pemilik tanaman Dracaena Marginata adalah menyiram tanamannya dengan air yang mengandung klorin. Selalu pastikan bahwa air Anda tidak mengandung klorin sebelum menuangkannya ke tanaman Marginata Anda. Idealnya, gunakan air suling.

Pencahayaan

Ada daftar panjang alasan mengapa tanaman Dracaena Marginata adalah pilihan tanaman hias yang sangat baik. Salah satu alasannya adalah tidak memiliki satu kebutuhan cahaya yang pasti. Tanaman ini dapat bertahan dalam jumlah tinggi cahaya tidak langsung maupun cahaya rendah.

Idealnya, tanaman Dracaena Marginata menyukai sinar matahari tidak langsung yang terfilter. Daunnya membentuk warna hijau yang indah saat ditempatkan dalam cahaya yang disukai dan bahkan mengembangkan bunga putih halus di musim panas. Tanaman Madagascar Dragon Tree juga dapat tumbuh dalam cahaya redup; namun daunnya biasanya kehilangan warna cerahnya sampai batas tertentu.

Tempatkan tanaman Dracaena Marginata di area yang sebagian teduh, seperti di depan jendela yang menghadap ke timur atau selatan atau pintu balkon berwarna. Ini akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan bunga segar yang lebih sehat.

Kami sarankan untuk menjaga tanaman Dracaena Marginata Anda jauh dari sinar matahari langsung yang keras; mereka cenderung membakar daunnya. Sayangnya, kerusakannya mungkin tidak bisa diubah.

Suhu

Alasan lain untuk segera membawa pulang tanaman Dracaena Marginata adalah preferensi suhunya yang ramah manusia. Tanaman ini tidak menikmati suhu ekstrem dan menikmati suhu sedang yang sangat mudah dirawat.

Kisaran suhu ideal untuk tanaman Dracaena Marginata adalah 21 hingga 27 Celcius. Sebagian besar rumah sudah berada dalam kisaran suhu ini; oleh karena itu tidak diperlukan upaya yang lebih dari sekadar membangun lingkungan yang disukai.

Tanaman Dracaena Marginata cukup sensitif terhadap cahaya; oleh karena itu, harap bawa tanaman Anda ke dalam selama jam sibuk matahari jika Anda meletakkannya di luar. Demikian pula, jika terlalu dingin untuk tanaman Dracaena Marginata, letakkan di dalam untuk melindunginya dari fluktuasi suhu.

Kelembaban

Di habitat aslinya, tanaman Dracaena Marginata tumbuh subur pada kelembaban tinggi. Namun untungnya, tanaman ini juga dapat tumbuh subur dengan baik dalam kelembapan rumah normal. Karena sifatnya yang tahan, mereka dapat beradaptasi dengan baik dalam kelembaban mulai dari 60% hingga 80%.

Bahkan ketika ditempatkan dalam kelembaban 30% hingga 60%, tingkat kelembaban lingkungan yang biasa, tanaman Dracaena Marginata tumbuh subur dengan sangat baik. Anda dapat mengetahui tingkat kelembapan memenuhi persyaratan tanaman saat Anda melihat tanda-tanda seperti tanaman merambat tampak sehat, daun hijau subur, dan bunga putih yang indah.

Namun jika tanaman Dracaena Marginata Anda terlihat kusam atau lebih kecil dari biasanya, Kami sarankan Anda memeriksa tingkat kelembapan rumah Anda. Tanaman Dragon Tree sering kehilangan turgiditasnya ketika ditempatkan di lingkungan yang kering.

Untuk memeriksa apakah rumah Anda terlalu kering, Anda dapat membeli pengukur kelembapan yang secara akurat mengukur tingkat kelembapan. Jika kelembapan Anda terlalu rendah, gunakan humidifier dan letakkan di ruangan yang sama dengan tanaman Dracaena Marginata.

Mereka yang memiliki anggaran terbatas dapat dengan mudah menempatkan tanaman di atas nampan dengan kerikil dan air, dengan air mencapai tepat di bawah tanaman. Atau, Anda dapat memisting area sekitar tanaman Dracaena Marginata Anda.

Pupuk

Untuk membentuk tanaman yang kokoh dan tahan penyakit, Anda mungkin mengira dia membutuhkan pupuk yang banyak. Faktanya justru sebaliknya; Tanaman Dracaena Marginata memiliki nafsu makan yang kecil dan tidak perlu dipupuk berulang kali.

Jenis pupuk yang sempurna untuk tanaman Dracaena Marginata adalah pupuk lepas terkontrol atau pupuk lepas lambat. Pupuk lepas terkontrol mengurangi kemungkinan toksisitas dan membantu penyerapan efisien secara bertahap.

Kami juga menyarankan Anda untuk membeli pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfor dalam porsi yang sama. Fosfor mendorong mekar, sedangkan nitrogen membantu daun tanaman tumbuh. Tanaman ini biasanya dipupuk dua kali sepanjang tahun dengan pupuk terkontrol. Namun untuk pupuk pelepasan instan, pemupukan dua atau tiga kali seminggu sudah cukup.

Sebaiknya Anda menerapkan pupuk lepas lambat ke akar yang lembab, lebih disukai. Pemberian pupuk ke tanah yang lembap memastikan penyerapan yang efisien dan mencegah akumulasi garam berlebih.

Repotting

Tanaman Dracaena Marginata memiliki sistem perakaran yang luas; Oleh karena itu, akarnya biasanya menempati banyak ruang. Namun untungnya pertumbuhan pesat ini tidak terjadi dalam semalam. Akar tanaman Marginata tumbuh secara bertahap, memberikan banyak waktu bagi tanaman untuk merepotingnya.

Sebagian besar, tanaman Dracaena Marginata perlu direpotting setelah dua hingga tiga tahun. Karena akarnya sangat besar, Anda mungkin perlu mendapatkan pot yang lebih besar. Harap diingat bahwa tanaman Dracaena Marginata tidak akan tumbuh dengan baik jika ditanam di tempat yang penuh. Oleh karena itu, ganti dengan pot yang memiliki drainase dan aerasi yang baik.

Tanaman Dracaena Marginata merupakan tanaman hias yang banyak ditanam untuk keperluan dekoratif. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memakai pot putih polos untuk tanaman Dracaena Anda sehingga daun hijau yang cerah dan bunga putih yang menarik dalam wadah putih yang lembut membuat pemandangan yang menarik. Ingatlah untuk membersihkan semua peralatan berkebun Anda sebelum menggunakannya pada tanaman.

Pemangkasan

Tanaman Dracaena Marginata tidak tumbuh masif dalam beberapa hari; namun tanaman ini akan segera meninggi pada satu titik jika tidak dipangkas. Kebanyakan tanaman, termasuk Dracaena Marginata, tidak terlihat menarik jika tidak dipangkas dari waktu ke waktu.

Tidak ada waktu pasti kapan Anda harus memangkas tanaman Dracaena Marginata Anda; potong satu atau dua daun setiap kali menurut Anda tumbuh lebih besar dari ruang yang diberikan atau tanaman merambat tampak tidak rata.

Anehnya, tanaman Dracaena Marginata yang indah berkembang lebih baik jika dipangkas secara teratur. Daunnya umumnya tumbuh lebih sehat dan tanaman tampak lebih kuat. Pemangkasan dari waktu ke waktu juga mendorong pertumbuhan baru.

Kami sarankan untuk mendisinfeksi gunting Anda sebelum menggunakannya pada tanaman Dracaena Marginata Anda. Anda dapat menggunakan alkohol khusus tanaman untuk membersihkan peralatan berkebun.

Perbanyakan

Tanaman Dracaena Marginata tumbuh cukup baik dari stek batang yang berakar di air. Perbanyakannya sangat mudah sehingga sering ditanam di taman indoor. Untuk menumbuhkan anakan Marginata, Anda membutuhkan tanaman Dracaena Marginata dewasa, air, pupuk, dan pot.

Metode Stek Batang

– Mulailah dengan membersihkan semua peralatan berkebun Anda. Ini akan mengurangi penyebaran kemungkinan infeksi bakteri.

– Selanjutnya, pilih tanaman Dracaena Marginata dewasa dan potong 2 hingga 3 tanaman merambat.

– Pilih salah satu tanaman yang perlu dipotong. Idealnya, petik batang dengan dua atau lebih node di ujung bawah.

– Setelah itu, ambil campuran tanah Anda dan isi pot dengan itu. Tutupi pot ini dengan botol plastik.

– Tanam tanaman Marginata dalam campuran tanah itu.

– Anda juga bisa menambahkan bubuk rooting ke dalam campuran ini. Namun hal itu tidak perlu karena tanaman Dracaena Marginata tumbuh dengan baik, bahkan dengan sendirinya.

– Terakhir, tambahkan air dan pupuk ke tanah tanaman Marginata.

Bahkan tanpa hormon perakaran, tanaman Dracaena Marginata biasanya menumbuhkan akar dalam waktu tiga minggu.

Bunga

Tanaman Dracaena Marginata memunculkan bunga putih mungil yang indah yang menghasilkan aroma harum. Tanaman itu juga membentuk buah beri kuning-oranye melingkar. Namun biasanya bila ditanam di dalam ruangan, bunga dan buah beri tidak muncul. Bunganya memiliki berbagai ukuran tetapi secara keseluruhan kecil. Selain itu, mereka hanya muncul di musim panas.

Pertumbuhan

Marginata adalah tanaman menarik yang tingginya mencapai sekitar 6 meter dan menyebar sejauh 3 meter. Sebagian besar pemilik memangkasnya hingga setinggi 1,8 meter. Tanaman ini memiliki batang keabu-abuan ramping yang diatapi dengan daun hijau seperti pedang runcing dan tepi merah. Daunnya memiliki tekstur yang mengkilat dan biasanya berbentuk lengkung. Daunnya memiliki panjang sekitar setengah meter dan lebar 2 cm.

Selain tanaman Marginata asli, ada tiga varietas lagi yang tersedia di pasar:

Dracaena Marginata Colorama – Ini adalah kultivar merah muda kemerahan modern dengan daun triwarna. Warna merah di tepi luar daun sangat menonjol.

Dracaena Marginata Tricolor – Varietas ini menghasilkan daun dalam nuansa merah, kuning, dan hijau yang indah. Kultivar ini memiliki sentuhan emas pada penampilannya.

Dracaena Marginata Tarzan – Varietas ini memiliki daun hijau tebal yang lebih lebar dari versi aslinya.

Masalah Umum Dracaena Marginata

Daun Kuning

Sebagian besar daun tanaman menguning saat disiram air. Namun kasus tanaman Dracaena Marginata adalah sebaliknya. Daun tanaman menguning saat terendam air. Sirami tanaman Marginata Anda saat daunnya mulai menguning. Perhatikan baik-baik kondisi tanaman Dracaena Marginata secara keseluruhan dan pastikan Anda juga tidak menyirami tanaman secara berlebihan.

Ujung daun coklat

Tanaman Dracaena Marginata biasanya membentuk ujung daun berwarna kecoklatan bila diberi air yang tidak mencukupi. Ini adalah tanaman yang tidak rewel, namun cukup sensitif dalam hal kebutuhan penyiraman.

Jika tanaman Dracaena Marginata Anda memiliki ujung daun berwarna coklat, harap jangan menyiraminya sampai bagian atas tanah 3 hingga 5 cm mengering. Selanjutnya, harap gunakan air bersuhu kamar bebas klorin.

Hama

Tanaman Dracaena Marginata merupakan tanaman yang cukup tahan penyakit. Namun kadang-kadang ini dapat terinfeksi oleh hama seperti kutu putih dan tungau laba-laba.

Seseorang dapat mengidentifikasi infeksi kutu busuk dengan mudah karena mereka sering meninggalkan endapan kapas yang lengket pada tanaman. Demikian pula saat suhu naik, tungau laba-laba dapat menyerang tanaman Dracaena Marginata. Sayangnya, tidak seperti kutu putih, tungau laba-laba terlihat ketika mereka telah menyebabkan kerusakan besar.

Untuk menghilangkannya, semprot tanaman Dracaena Marginata Anda dengan semprotan desinfektan atau singkirkan tanaman merambat yang sakit, jika perlu.

Tips untuk Menumbuhkan Dracaena Marginata

– Jangan letakkan tanaman pada suhu di bawah 18 derajat Celcius.

– Potong daun kuning atau tanaman yang coklat, terutama jika terinfeksi.

– Pantau tanaman untuk mencari tanda-tanda overwatering dan underwatering. Ubah jadwal penyiraman jika perlu.

– Lindungi tanaman dari sinar matahari langsung; tempatkan di bawah sinar matahari yang cerah dan berbintik-bintik.

– Lebih disukai, gunakan pupuk lepas lambat.

– Tumbuhkan tanaman di tanah yang memiliki drainase yang baik dan udara yang cukup.

Tanya Jawab tentang Dracaena Marginata

Apakah Tanaman Dracaena Marginata Beracun?

Tanaman Dracaena Marginata sangat beracun bagi hewan, seperti kucing dan anjing, tetapi tidak beracun bagi manusia. Namun yang terbaik adalah menyimpannya hanya sebagai tanaman hias dan tidak menelannya.

Berapa lama tanaman Dracaena Marginata tumbuh?

Tanaman Dracaena Marginata tumbuh dengan lambat. Oleh karena itu, ketika ditempatkan di lingkungan yang menguntungkan, ini biasanya mencapai tinggi 20 cm dalam waktu sekitar sepuluh tahun.

Berapa lama tanaman Dracaena Marginata hidup?

Tidak ada masa hidup yang pasti untuk tanaman Dracaena Marginata. Namun kebanyakan tanaman hias hidup sekitar 2 hingga 3 tahun jika ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman Dracaena Marginata relatif lebih baik bila ditempatkan di luar ruangan.

Kesimpulan

Tanaman Dracaena Marginata adalah spesies yang indah dengan perawatan yang mudah dan sangat membantu lingkungan dengan membersihkan udara. Tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari yang terfilter dan tanah liat. Mereka suka disiram secara teratur dan beradaptasi dengan baik ke tingkat kelembaban normal. Tanaman ini tidak beracun bagi manusia, namun ini sangat beracun untuk hewan peliharaan. Karena itu, kagumi keindahan ini dari jauh.

Komentar