Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Ring of Fire

Salah satu Philodendron yang paling banyak dicari adalah Philodendron Ring of Fire yang luar biasa. Tanaman yang indah ini tidak memiliki dua, tiga, atau bahkan empat warna; Ini adalah kombinasi langka dari lima warna, semua muncul di bagian berbeda selama berbagai musim di sepanjang tahun.

Harga Philodendron Ring of Fire

Philodendron Ring of Fire yang indah tumbuh dengan lambat, namun layak untuk ditunggu setelah dewasa. Mereka suka tanah organik yang kaya seperti campuran media tanam aroid dan lebih menyukai kelembaban rata-rata, mulai dari 30% hingga 60%. Ring of Fire lebih suka area yang teduh sebagian dan suka diberi pupuk tiga kali setahun. Trik yang baik untuk menjaga tanaman cantik ini tetap sehat adalah dengan menjauhkannya dari tanah basah.

Philodendron Ring of Fire awalnya disebut Henderson’s Pride, namun namanya kemudian diubah menjadi yang sekarang. Tanaman tropis ini diyakini merupakan persilangan antara Philodendron Wendlandii dan Philodendron Tortum.

Philodendron Ring of Fire agak mahal, akan tetapi fitur-fitur menarik dan energi positifnya sangat cocok untuk itu. Biasanya ini tumbuh menjadi tanaman tropis yang tampak sangat sehat yang dapat memanjat dinding dan mengambil banyak ruang untuk akarnya.

Perawatan Tanaman Philodendron Ring of Fire

Tanah

Tanaman Philodendron Ring of Fire tumbuh dengan sangat baik ketika ditanam di tanah organik yang lembab. Biasanya tanaman ini mengambil nutrisi secara bertahap dari tanah yang lembab; Oleh karena itu, tanah tanaman harus dijaga agar sedikit lembab sepanjang tahun.

Philodendron Ring of Fire secara khusus menyukai tanah yang kaya nutrisi seperti campuran aroid. Tanah tidak boleh menampung air berlebih dan memungkinkan udara yang cukup untuk melewatinya.

Untuk membantu tanaman Philodendron Ring of Fire Anda tumbuh lebih sehat, sediakan turus berlumut. Sebagai alternatif, Anda bisa memasangkannya ke tiang yang dibungkus kain goni untuk memanjat.

Beberapa varietas tanaman Philodendron Ring of Fire lebih menyukai tanah yang sedikit asam (6,1 hingga 6,5), sementara yang lain tumbuh paling baik di tanah netral (6,6 hingga 7,3). Kami menyarankan Anda untuk menanyakan tentang pH tanah yang disukai tanaman Anda saat Anda membelinya.

Harap ingat untuk menjaga tanaman Philodendron Ring of Fire jauh dari tanah basah dan kotor karena dapat menyebabkan busuk akar. Demikian pula, tanaman juga harus dijauhkan dari tanah kering dan berpasir.

Penyiraman

Tanaman Philodendron Ring of Fire tidak terlalu rewel dalam hal kebutuhan penyiraman; mereka hanya perlu disiram beberapa kali dalam sebulan agar dewasa. Karena sifatnya yang tropis, sedikit penundaan penyiraman tidak menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tanaman.

Idealnya, tanaman Philodendron Ring of Fire harus disiram setiap 7 hingga 9 hari selama musim tanam kemarau. Pada musim hujan, rutinitas penyiraman menurun secara signifikan.

Metode kasar namun akurat untuk menentukan kapan tanaman Philodendron Ring of Fire membutuhkan air adalah dengan menilai kandungan air tanahnya. Jika 5 cm bagian atas tanah tampak kering bagi Anda, berikan air ke tanaman Ring of Fire Anda. Namun jika cukup lembab, hentikan penyiraman tanah hingga kering kembali.

Tanaman Philodendron Ring of Fire memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat karena membutuhkan nutrisi secara perlahan, memungkinkan setiap bagian untuk menyerapnya sepenuhnya.

Agar penyerapan terjadi secara efisien, tanah tanaman Ring of Fire harus dijaga tetap lembab.  Beberapa varietas tanaman Philodendron Ring of Fire mungkin perlu ditreatment sementara sebelum ditanam. Jika kasus Anda sama, letakkan dalam wadah yang diisi dengan 2 cm air saat tiba. Tambahkan sedikit vitamin B1 untuk suplai nutrisi, dan taruh wadah ini di tempat teduh sampai tumbuh sedikit. Setelah beberapa hari, pindahkan ke lokasi sebenarnya.

Pencahayaan

Tanaman Philodendron Ring of Fire dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya. Meskipun lebih menyukai sinar matahari yang terang dan berbintik-bintik, mereka juga dapat bekerja dengan baik di lokasi dengan cahaya rendah. Namun, tanaman yang tumbuh di lingkungan sebelumnya lebih mungkin mengembangkan bagian yang lebih sehat daripada di lingkungan yang terakhir.

Tanaman Philodendron Ring of Fire dapat ditanam di dalam ruangan dengan mudah dalam beberapa pengaturan. Salah satu caranya adalah dengan meletakkannya di dalam pot berwarna netral atau putih yang berkelas; pilihan lain adalah menanamnya dari keranjang gantung dari pintu balkon. Tangkapannya adalah membuat pengaturan ini di tempat di mana hanya cahaya yang difilter yang jatuh.

Tanaman ini juga dapat ditanam di luar ruangan di lokasi yang sebagian teduh sebagai penutup tanah atau pembungkus pohon untuk menambah warna pada batang coklat pohon.

Jika Anda hanya ingin menanamnya secara sederhana, letakkan tanaman Philodendron Ring of Fire Anda di depan jendela yang menghadap timur atau selatan. Sebagai alternatif, Anda bisa meletakkannya di bawah lampu tanam buatan.

Setiap pengaturan yang disebutkan di atas kemungkinan besar akan memberikan kondisi pencahayaan yang ideal bagi tanaman Anda. Meskipun sinar matahari sangat penting untuk tanaman ini, pastikan untuk tidak menempatkan tanaman Ring of Fire di bawah sinar matahari langsung karena akan membakar daun tanaman.

Suhu

Philodendron Ring of Fire adalah tanaman tropis, namun tidak harus ditempatkan pada suhu yang sangat panas. Ini menyesuaikan dengan cukup baik ke suhu sedang dan tumbuh dengan baik. Preferensi suhunya yang ringan adalah salah satu fitur tanaman hias yang ideal.

Tanaman Philodendron Ring of Fire, seperti kebanyakan Philodendron, menyukai suhu mulai dari 13 hingga 27 derajat Celcius. Apa pun yang terlalu tinggi kemungkinan besar akan menyebabkan daun gosong dan hilangnya turgiditas.

Demikian pula, suhu yang terlalu jauh di bawah kisaran ideal akan menyebabkan pembekuan, dan akhirnya kematian tanaman. Oleh karena itu, menjaga suhu yang disukai tanaman Anda sangatlah penting.

Jika Anda tinggal di iklim sedang, mengelola tanaman tropis ini bisa jadi cukup mudah. Namun mereka yang tinggal di suhu ekstrim mungkin harus berusaha lebih keras. Di musim dingin, bawa tanaman Philodendron Ring of Fire Anda ke dalam lingkungan yang lebih hangat. Di bulan-bulan dingin, Anda harus melindunginya dari embun beku dan suhu beku.

Selain itu, hindari menyimpannya di depan AC dan heater karena sering kali menyebabkan fluktuasi suhu yang tiba-tiba.

Kelembaban

Tanaman Philodendron Ring of Fire tidak menyukai yang ekstrim; hal yang sama juga berlaku untuk persyaratan kelembapannya. Tanaman lebih menyukai kelembapan ringan, yang sering ditemukan di sebagian besar rumah tangga.

Perkiraan kisaran kelembapan ideal Philodendron Ring of Fire adalah 30% hingga 60%. Preferensi kelembabannya yang ramah manusia adalah alasan lain mengapa ini adalah pilihan tanaman hias yang cocok, bahkan untuk pemula.

Namun, jika Anda hidup di daerah kering dan dingin, Anda masih dapat menyediakan tanaman Philodendron Ring of Fire kesayangan Anda dengan kisaran kelembaban yang disukai. Kami merekomendasikan membeli humidifier untuk menjaga tingkat kelembapan yang memadai.

Atau Anda dapat menyemprot lingkungan tanaman Anda atau mengelompokkan semua tanaman hias Anda dalam satu ruangan. Pastikan bahwa kelembapan tidak melebihi 80%; tanaman Philodendron Ring of Fire yang ditempatkan di lingkungan seperti itu lebih mungkin menjadi mangsa infeksi bakteri atau jamur.

Pupuk

Tidak ada tanaman yang bisa tumbuh tanpa pakan; oleh karena itu, memberikan pakan berkualitas untuk Philodendron Ring of Fire Anda diperlukan untuk perkembangannya yang sehat dan memadai.

Tanaman Ring of Fire tidak perlu sering diberi nutrisi; memupuknya hanya beberapa kali dalam setahun sudah cukup. Beri nutrisi tanaman Philodendron Ring of Fire tiga kali setahun dengan pupuk berkualitas baik, lebih disukai, dengan pupuk khusus untuk tanaman Philodendron.

Menerapkan pupuk ke tanah yang lembab membantu penyerapan dan mengurangi kemungkinan penumpukan garam, dan akhirnya, toksisitas. Anda dapat menggunakan pupuk slow release. Ini adalah pilihan yang lebih nyaman untuk tanaman Philodendron Ring of Fire serta pemiliknya karena dengan pupuk lepas lambat pemberian pupuk berulang kali tidak diperlukan.

Kami menyarankan Anda untuk memberi pupuk tanaman Philodendron ini hanya selama musim panas dan musim semi. Hindari pemupukan tanaman di musim gugur dan musim dingin karena tanaman tidak tumbuh secara aktif selama ini.

Repotting

Tanaman Philodendron Ring of Fire yang indah ini suka sedikit terikat pada akar saat tumbuh; oleh karena itu, merepotting setiap tahun tidak diperlukan.

Tanaman ini memiliki sistem akar yang ekstensif, yang dapat memakan banyak ruang. Oleh karena itu, meskipun menyimpannya dalam pot berukuran layak itu perlu, pot dalam wadah besar juga merupakan ide yang buruk. Karena tanaman Philodendron Ring of Fire melingkarkan akarnya memenuhi pot, pilihlah pot yang cukup menyeimbangkan kedua ekstrem.

Jika Anda ingin merepotting tanaman Philodendron Ring of Fire Anda, lakukan setelah dua hingga tiga tahun. Periode ini memberi tanaman banyak waktu untuk tumbuh dan berkembang. Indikator repotting lainnya adalah hasil dari akar tanaman Philodendron Ring of Fire dari wadahnya. Kami sarankan Anda merepottingnya jika akarnya mulai tumbuh di luar wadah tanaman.

Harap ingat untuk mencuci atau mengganti tanah tanaman setiap kali Anda merepottingnya. Juga, jika menggunakan alat berkebun apa pun, harap bersihkan terlebih dahulu.

Pemangkasan

Tidak ada waktu yang pasti kapan Anda harus memangkas tanaman Philodendron Ring of Fire. Meskipun merupakan tanaman yang indah dengan warnanya yang mempesona, pemangkasan dan pemeliharaan tetap diperlukan.

Jika Anda merasa tanaman Philodendron Ring of Fire Anda tumbuh dengan daun yang tidak teratur atau tumbuh melebihi ruang yang diberikan, yang terbaik adalah memangkasnya. Demikian pula, jika Anda melihat daun yang tidak normal atau tampak kuning, potonglah dengan gunting pangkas.

Anda juga dapat memangkas tanaman Philodendron Ring of Fire hanya untuk memberikan tampilan segar; Anda dapat melakukannya saat merepotting atau mengubah lokasinya. Kami menyarankan Anda untuk membersihkan gunting setek Anda sebelum menggunakannya pada Philodendron Ring of Fire atau tanaman lainnya; ini akan meminimalisir penyebaran penyakit.

Perbanyakan

Proses perbanyakan tanaman Philodendron Ring of Fire tidak terlalu susah; ini membutuhkan beberapa hal seperti tanaman Ring of Fire dewasa, campuran pot, air, wadah, dan beberapa hormon perakaran, yang bersifat opsional.

Ikuti cara di bawah ini:

Metode Stek

– Mulailah dengan mensterilkan pisau kebun Anda dan potong batang setinggi sekitar 20 cm. Pilih batang dengan dua atau lebih ruas daun.

– Kemudian, siapkan campuran media tanam yang mengandung semua bahan yang tepat dengan perbandingan yang tepat.

– Selanjutnya, potong ujung batang tanaman untuk dicelupkan ke dalam hormon perakaran.

– Untuk mempropagasi batang tanaman Philodendron Ring of Fire, letakkan di air atau tanah.

– Idealnya, letakkan batang di tanah basah dan awasi tanaman; lihat apakah itu bisa berdiri sendiri.

– Setelah itu, letakkan tanaman Ring of Fire di bawah sinar matahari yang cukup; namun eksposurnya tidak boleh langsung.

– Untuk memeriksa apakah tanaman Anda menumbuhkan akar, tarik perlahan dan lihat apakah Anda mengalami resistensi.

– Terakhir, biarkan tanaman itu tumbuh dengan sendirinya.

Biasanya, jika semua langkah di atas telah diikuti dengan benar dan tanaman Philodendron Ring of Fire ditempatkan di lingkungan yang ideal, dia akan menumbuhkan akar dan tunas dalam dua hingga tiga minggu. Rawat tanaman Anda selama ini karena tanaman tersebut rentan terhadap banyak infeksi.

Bunga

Tanaman Philodendron Ring of Fire terkenal karena daunnya yang unik dan menarik; Oleh karena itu, tidak banyak informasi yang tersedia mengenai bunganya. Tidak ada bunga yang dilaporkan dari tanaman Philodendron Ring of Fire. Namun beberapa varietas buatan hibrida dapat menghasilkan bunga selama musim tanam.

Pertumbuhan

Tanaman Philodendron Ring of Fire merupakan salah satu tanaman Philodendron yang lambat. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, hasilnya pantas untuk ditunggu. Tanaman itu bisa tumbuh setinggi satu meter. Mereka adalah pemanjat dan terlihat cantik tergantung di keranjang atau di lantai.

Tanaman Philodendron Ring of Fire terkenal dengan daunnya, yang merupakan kombinasi sempurna dari berbagai warna. Warna daunnya berkisar dari putih hingga krem, dari hijau terang hingga hijau tua, dan dari oranye hingga merah. Daun ini runcing ke atas dan memiliki tepi keriting.

Daunnya juga berukuran lebar 30 sampai 40 cm dan panjang 60 cm. Tanaman Philodendron Ring of Fire sebagian besar tumbuh dengan baik dalam pot berukuran 20 cm.

Masalah Umum Philodendron Ring of Fire

Kutu putih

Kutu putih adalah hama bertubuh lunak yang menempel pada tanaman Philodendron Ring of Fire di pinggirannya. Mereka menghisap sari getah tanaman, terutama selama fase pertumbuhan. Seiring waktu, saat nutrisi menipis, daun tanaman Philodendron Ring of Fire berkerut dan menjadi kuning. Lebih buruk lagi, kutu putih meninggalkan cairan lengket yang menarik hama lain seperti tungau laba-laba.

Untuk menghilangkannya, gunakan sabun insektisida atau cuci kutu putih dengan semprotan air langsung.

Thrips

Thrips mirip dengan kutu putih dan sering memakan nutrisi tanaman. Mereka menyebabkan daun tanaman Philodendron Ring of Fire menjadi pucat dan keperakan. Rawat tanaman Anda dan jaga kebersihannya; taman yang terawat dengan baik cenderung tidak menampung thrips.

Stres Air

Saat tanaman Philodendron Ring of Fire kekurangan air, tanaman itu layu. Oleh karena itu penyiraman setiap 7 hingga 9 hari diperlukan. Ubah rutinitas Anda seperlunya. Daun tanaman juga bisa menjadi kuning atau hangus karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Harap simpan tanaman di area yang teduh sebagian saja.

Tips untuk Menumbuhkan Philodendron Ring of Fire

– Jangan pernah menggunakan air yang sangat dingin atau sangat panas; Anda harus menggunakan air hangat.

– Pupuk slow release paling baik untuk kesehatan Philodendron yang tumbuh lambat.

– Lindungi Philodendron Anda dari sinar matahari langsung.

Tanya Jawab tentang Philodendron Ring of Fire

Kapan akar tanaman mulai tumbuh setelah propagasi?

Setelah perbanyakan, tanaman Philodendron Ring of Fire biasanya membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk menumbuhkan akar.

Apa tanah terbaik untuk tanaman Philodendron Ring of Fire?

Jenis tanah terbaik untuk tanaman Philodendron Ring of Fire adalah yang lembab, kaya, dan organik. Campuran Aroid sering kali sangat baik untuk Philodendron; bagaimanapun, itu harus tetap lembab.

Hama apa yang paling sering menyerang tanaman Philodendron Ring of Fire?

Penyerang tanaman Philodendron Ring of Fire yang paling umum termasuk tungau laba-laba, kutu putih, dan serangga pembentuk sarang laba-laba. Untuk mengurangi kemungkinan serangan, gunakan semprotan insektisida dan debu sesering mungkin.

Kesimpulan

Tanaman Philodendron Ring of Fire mudah dirawat dan dapat mengubah bahkan tempat yang paling membosankan sekalipun dengan warna-warnanya yang cerah. Ini membutuhkan sinar matahari yang terfilter, dengan kelembaban dan penyiraman rata-rata. Meski sedikit berat di kantong, tanaman ini pasti akan menarik perhatian pengunjung. Jangan biarkan hama Anda memakan tanaman beracun ini.

Komentar